Resep dan Cara Membuat Tumis Sapi Pedas

Orang Indonesia memang terkenal dengan masakannya yang kaya akan bumbu dan rempah. Selain itu kebanyannya memiliki bahan campuran cabai sebagai penambah rasa dan warna. Oleh sebab itu para pecinta makanan pedas sangat banyak disini, termasuk saya. Penambahan rasa pedas dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan dan membuat badan terasa lebih hangat.

Dari banyak sekali daftar makanan pedas khas indonesia yang aku suka, salah satunya adalah tumis sapi pedas. Daging memang menjadi makanan favorit aku nih, apalagi dimasak pedas seperti ini. Selain praktis dan bumbunya juga sederhana banget jadi easy cook, easy taste juga. Rasa Tumis Sapi pedas ini sekilas mirip rasa rawon setan yang terkenal di jogja sana. ( Baca juga : Kuliner di jogja yang wajib dicicipi )



Selain memiliki rasa yang enak, daging sapi juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Dalam 100 gram daging sapi mengandung Protein, Kalori, Lemak, Karbohidrat, Seta, Yodium, Kalium, Kolestrol dan kandungan lainnya.

Daging sapi juga berkhasiat untuk membantu mencerdaskan otak, meningkatkan kualitas sperma, membantu pembentukan sel darah merah dan juga khasiat lainnya yang tak kalah menakjubkan.  Meskipun begitu banyak orang yang mengurangi memakan daging sapi ini dikarenakan mengidap riwayat penyakit tertentu atau dalam program diet. Padahal Daging juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh selama dikonsumsi dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

( Baca juga : Nasi Jamblang Kuliner khas Cirebon yang menggugah selera )

Berikut bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan untuk memasakan TUMIS SAPI PEDAS .

Resep dan Cara Membuat Tumis Sapi Pedas



Bahan yang dibutuhkan  :


  • Daging sapi 500 gram
  • Cabai merah 20 butir untuk rasa pedas / bisa dikurangi sesuai selera
  • Cabai merah 5 buah
  • Bawang merah 5 butir
  • Bawang putih 4 butir
  • Bawang bombay 1 siung
  • Tomat
  • Saus tiram 3 sendok makan
  • Penyedap rasa, gula, garam, air
  • Bawang goreng untuk pelengkap

Cara membuat :

Rebus daging sapi sampai empuk setelah empuk, angkat dan tiriskan. Jika ingin lebih empuk , daging sapi juga bisa direbus dengan dibalut daun pepaya dan ikat agar tidak lepas saat direbus
Setelah itu potong-potong daging dalam bentuk dadu kecil sesuai selera
Siapkan wajan, tumis bawang merah, bawang putih, cabai, tomat sampai harum kemudian masukkan saus tiram dan beri air sedikit
Setelah mendidih masukkan bawang bombay dan daging sapi, masak sampai air dan bumbu meresap
Jangan lupa tambahkan sedikit garam, gula dan atau penyedap rasa jika ingin, setelah rasanya pas angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Mudah kan, selamat mencoba...


2 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak