7 Cara Membuat Cafe atau Tempat Makan Mu Laris Manis di Serbu Pembeli

Sahabat Qoeching,
Di jaman sekarang cafe atau tempat makan sudah menjadi kebutuhan bersosialita bagi semua kalangan baik anak muda bahkan sampai yang sudah  berumur. Hal ini cendrung selain karna meningkatnya standar gaya hidup seseorang saat ini juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Apalagi saat liburan, malam minggu atau saat akhir bulan biasanya jumlah orang yang datang ke cafe atau tempat makan semakin bertambah
7 Cara Membuat Cafe atau Tempat Makan Mu Laris Manis di Serbu Pembeli
Sumber gambar : Instagram/chargemewithcoffee


Cafe sendiri sekarang banyak bermunculan di banyak tempat dengan banyak ragam dan variasi begitu juga tempat makan. Oleh karna itu buat kamu yang sedang menjalankan bisnis cafe atau tempat makan coba cek beberapa tips dibawah ini agar cafe atau tempat makanmu laris manis di serbu pengunjung.

1.    Harga yang Kompetitif dan Terjangkau

Harga yang terjangkau dan kompetitif membuat cafe atau tempat makanmu cocok untuk semua kalangan. Apalagi anak muda seperti mahasiswa dan pelajar kebanyakan dari mereka mempertimbangkan harga sebagai acuan pertama.
Tidak perlu menurunkan harga seekstream mungkin, cukup membuat harga dari menu makananmu terjangkau oleh mereka.


2.    Buat Ciri khas Makananmu sesuai dengan tema yang kamu inginkan

Kenapa membuat ciri khas makanan itu menjadi penting ? karna mungkin saja  cukup banyak orang yang juga menjual menu yang sama dengan menu dari cafemu atau tempat makanmu. Jadi ciri khas membuat menu makananmu sedikit berbeda dengan yang lainnya.

Contoh saja, misalkan kamu menjual bakso, tambahkan varian bakso keju atau bakso sosis dalam menu kamu untuk menciptakan minat dan rasa keingin tahuan bagi para calon pembeli.
atau kamu menjual menu ayam goreng, buat varian rasa yang berbeda dari lainnya seperti ayam saus spageti atau sesuai dengan kreasimu.

Dan pastikan rasanya juga bisa dinikmati dan membuat orang mengingat masakanmu tersebut. Dijamin, setelahnya mungkin dia akan kembali untuk mencobanya lagi.

( Baca juga : 6 Jajanan jaman dulu yang berhasil berevolusi menjadi jajanan kekinian)

3.    Kreasikan Menu di Cafemu dengan tampilan semenarik mungkin

Tidak dipungkiri bahwa perkembangan teknologi membuat gaya hidup orang kebanyakan juga berubah. Seperti yang kita tau bahwa trend istagram sedang membuming, banyak orang berlomba menampilkan sesuatu yang dianggapnya unik atau menarik dipostingkan disana termasuk juga soal makanan yang dimakan.

Kebanyakan dari para instagramer bahkan sengaja mencari cafe atau tempat makan yang memiliki menu unik atau lucu hanya untuk memuaskan keinginan mereka di sosial media.

Ini menjadi peluang baru bagi para pengusaha kuliner, jadi coba kreasikan menu di cafe atau tempat makananmu seunik dan secantik mungkin untuk memikat para pembeli.

Contohnya saja, ada sebuah cafe yang bertema hello kitty dari mulai tempat sampai makanan yang dihidangkan pun berbentuk hello kitty. Kamu bisa menerapkan tema sesuai dengan yang kamu inginkan.


4.    Ciptakan suasana nyaman

Selain harga, menu, tempat yang unik unsur kenyamanan sebuah cafe penting untuk diperhatikan. Selain masalah penataan dekorasi ruangan, pemilihan tempat duduk, jarak antara satu meja dengan meja lain, ke privasian, dan lain sebagainya perlu diperhatikan.

Kebanyakan calon customer yang membutuhkan suasanya nyaman adalah mereka yang cukup berumur atau mereka yang memiliki anak usia balita.
Coba fikirkan hal hal apa yang kebanyakan customer kamu inginkan. Misalnya memisahkan antara ruangan AC dan non AC, menyediakan tempat duduk khusus untuk balita, membuat sekat antara satu meja dengan meja lainnya , membuat tempat duduk yang nyaman dan lain sebagainya.

( Baca juga : 5 minuman teh yang harus kamu coba )


5.    Desain Cafe atau tempat makan seunik mungkin

Kamu pernah mendengar cafe berbentuk penjara ? atau rumah sakit ? atau cafe yang berbentuk villa atau caffe ditengah danau ? dan banyak lagi cafe unik lainnya. Banyaknya persaingan membuat owner berfikir keras untuk meningkatkan jumlah pengunjung, salah satunya adalah membuat desain cafe atau tempat makan semenarik mungkin.

Sama halnya seperti menu makanan unik, tempat makan yang unik pun membuat sensasi yang berbeda bagi pengunjungnya. Selain bisa makan mereka juga bisa berfoto-foto dengan background pemandangan yang tidak biasa.

6.    Promosikan Cafe atau Tempat Makan di Media Sosial  

Nah, untuk yang satu ini tidak kalah penting. Mempromosikan cafe atau tempat makanmu ke media sosial menjadi satu bentuk promosi yang cukup efektif dan dengan harga yang cukup terjangkau.
Jangan lupa menyiapkan fanspage khusus agar mereka bisa mengecek cafe atau tempat makan kamu lebih mendetail.

                                                                                                                            
7.    Berikan promo atau diskon tertentu untuk menarik minat pembeli

Nah, promosi ini cukup efektif mengikat calon pembeli datang ke cafe atau tempat makanmu. Misalkan pemesanan 1 paket A gratis 1 gelas soft drink.

Atau kamu juga bisa melakukan promosi lain dengan  bekerjasama bank-bank ternama.
Sekian tips dari saya, semoga bisa menjadi ide untuk kamu yang sedang menjalankan bisnis cafe atau tempat makan.

( Baca juga : 10 Teh herbal unik dan khasiatnya )

Inti dari semua pembahasan diatas adalah pelayanan yang baik dan memuaskan kepada para pelanggan, jadi mulailah bebenah dan melakukan yang terbaik untuk para pelanggan. seperti kata pepatah "pelanggan adalah raja".

Terimakasih sudah membaca

0 Comments