Resep Kripik Jagung Geprek Rumahan yang Enak

Kripik Jagung Geprek Rumahan

Bunda jagung merupakan sayuran yang sering kita temukan di pasar maupun di supermarket. Kebanyakan jagung yang dikonsumsi adalah jagung manis, sesuai dengan namanya jagung manis memiliki rasa yang manis bahkan sebelum pengolahan. Akan tetapi rasa jagung yang manis ini hanya bertahan sekitar 2 – 4 hari sesuai dengan tempat dan suhu penyimpanannya.

Kandungan gizi pada jagung antara lain karbohidrat, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, Vitamin B1 dan air.  Karbohidrat merupakan kandungan tertinggi dalam jagung yaitu sebesar 80% jadi tak salah jika beberapa kota tertentu di indonesia jagung menjadi makanan pokok pengganti nasi.



Lain kali kita bahas tentang beberapa resep tradisional olahan jagung di berbagai daerah. Sekarang saya ingin memberikan resep bagaimana membaut kripik jagung rumahan yang enak.
Cek resepnya ya

BAHAN :
4 buah jagung ukuran besar
4 siung bawang merah
2 siung bawang putih
Air
Gula, garam

CARA MEMBUAT :
  • Rendam jagung selama semalaman, usahakan jagung terendam semua agar empuk dan kering
  • Kemudian haluskan bawang merah dan bawang putih, sisihkan
  • Rebus air sampai mendidih kemudian masukkan bumbu yang dihaluskan, tambahkan gula dan garam kemudian masukkan jagung rebus selama 30 menit atau sampai jagung matang
  • Setelah matang angkat, sisihkan dan biarkan sampai dingin
  • Pipil jagung dari bonggolnya, setelah semua jagung selesai di pipil, geprek atau dipipihkan dengan menggunakan ulekan sampai gepeng, tapi jangan terlalu tipis
  • Setelah semua jagung dipipihkan jemur dibawang terik matahari selama 1 -2 hari sampai benar-benar kering
  • Setelah kering merata, goreng dengan minyak panas sampai kering kecoklatan


Mudah kan bunda

SELAMAT MENCOBA

0 Comments