Resep dan Cara Membuat Ayam Kentucky Saus Keju

Resep dan Cara Membuat Ayam Kentucky Saus Keju
Resep dan Cara Membuat Ayam Kentucky Saus Keju


Bunda, Siapa yang tidak tau olahan ayam yang satu ini ya. Ayam Kentucky bahkan menjadi makanan favorit anak  -  anak jika sedang makan diluar. Tekstur ayam bagian dalam yang empuk dan lapisan tepung di bagian luar yang krispy membuat makanan ini selalu bisa menggugah selera tanpa mengenal cuaca dan suasana. Tak heran banyak sekali tempat makan yang menjual varian ayam yang satu ini, terutama restoran fast food.

Anakku, Rio termasuk salah satu penggemar berat ayam tepung yang satu ini. Bahkan hampir setiap hari rio bisa memakannya. Soal urusan dompet bapaknya anak seusia Rio mungkin belum mengerti. Tapi aku yang bingung, karena selain tempatnya yang jauh dan butuh waktu untuk mendapatkannya ya fulus juga jadi pertimbangan.

Sebenarnya ada banyak gerai Ayam kentucky KW yang bertebaran di pinggir jalan. Tapi kadang – kadang tepungnya keras atau ayam bagian dalamnya belum matang sempurna. Jadi males makan kan kalau udah liat darahnya.

Nah karna itulah aku sering buatin bahkan stok ayam dikulkas buat makanan rio. Yuk langsung cek resep ayam kentucky saus keju ya bunda.




BAHAN – BAHAN yang diperlukan :

8 buah sayap ayam atau Paha
1 buah telur
100 gram tepung terigu
2 bungkus Tepung Bumbu Ayam kentucky
2 sdt Lada bubuk
1 sdm soy sauces / saus tiram
Kaldu ayam bubuk secukupnya

BAHAN SAUS :

150 gram keju cheddar
200 ml susu full cream
1 sdt lada bubuk
Kaldu ayam secukupnya
Gula ½ sdt
Mentega
½ siung bawang putih

Resep dan Cara Membuat Ayam Kentucky Saus Keju
Resep dan Cara Membuat Ayam Kentucky Saus Keju


CARA MEMBUAT :

Lumuri sayap ayam dengan lada bubuk, soy sauces dan kaldu ayam bubuk aduk rata dan diamkan didalam kulkas selama 30 menit agar bumbu meresap

Siapkan dua wadah untuk tepung ayam, wadah pertama adalah tepung basah . Kocok telur sampai lepas, tambahkan kaldu ayam bubuk, lada aduk rata dan berikan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai adonan mengental jika kurang encer bisa ditambahkan air sedikit

Untuk wadah kedua, tuangkan tepung ayam kentucky instan dalam wadah yang cukup lebar

Pertama balurkan ayam pada adonan basah kemudian masukkan kedalam adonan kering, tepuk dan cubit cubit daging ayam agar tepung semakin crispy

Setelah semua ayam dilumuri dengan tepung , goreng dengan minyak yang panas dan pastikan agar semua bagian ayam tenggelam didalam minyak agar daging ayam matang sempurna. Untuk itu dibutuhkan minya yang banyak dalam menggoreng ayam krispy ini.

Goreng ayam sampai berwarna kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan

Untuk sausnya, siapkan wajan anti lengket kemudian cairkan mentega, ulek bawang putih sampai halus kemudian tumis dengan mentega sampai harum dan kecoklatan

Setelah itu tambahkan susu full cream, keju , dan masak sampai keju meleleh. Setelah keju meleleh tambahkan sedikit gula dan kaldu ayam bubuk untuk menambahkan rasa.

Cicipi, setelah rasanya pas langsung siramkan pada ayam sebelum keju mengeras

Ayam saus keju siap disantap, jangan lupa juga sediakan nasi hangat dan sambal sebagai pelengkapnya




Tips :
Saya menggunakan keju  ceddar yang quick melt, jadi saat pemasakan keju cepat meleleh. Tapi jika bunda menggunakan keju ceddar biasa bunda bisa memarutnya terlebih dahulu sebelum dimasak agar proses larutnya lebih cepat.
Tapi jika memang saus kejunya masih menggumpal, bunda dapat menyaringnya sampai halus.




Mudahkan bunda,

SELAMAT MENCOBA


0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)