RESEP : Es Kopyor Kolang Kaling Segar Untuk Teman Berbuka

Sahabat Qoeching,

Pasti tidak asing dengan kolang kaling kan. Makanan  yang satu ini memang cukup terkenal dan diminati khususnya saat musim ramadhan. Ada banyak olahan menu kolang kaling yang dijajakan di jalan sebagai menu berbuka puasa. Seperti Kolak, Es cocopandan, dan banyak makanan dan minuman lain yang menggunakan kolang kaling sebagai pelengkap sajiannya.

Kolang kaling memiliki Teksture  yang kenyal dan manis, oleh karena itu kolang kaling disukai oleh seluruh orang baik dewasa maupun anak-anak. Dipasaran kolang kaling dijual perkilogram, untuk saat ini harga kolang kaling di pasaran menginjak harga Rp. 20.000 sampai dengan Rp. 25.000 per-kilogram. Lebih mahal dari tahun sebelumnya.

Tak banyak yang tau kalau kolang kaling ini sebenarnya adalah biji buah pohon aren yang diolah sedimikian rupa sehingga menghasilkan panganan yang nikmat. Kolang kaling juga memiliki beragam sebutan di berbagai daerah di Indonesia.

( Baca juga ; Resep Es  Selasih Cocopandan )

Buah yang banyak digunakan sebagai pelengkap minuman es campur dan es buah ini juga ternyata memiliki kandungan vitamin dan mineral yang cukup banyak, seperti Karbohidrat, potassium, iron, zink, Vitamin  A, B, C , Protein, Serat, Kalsium, Lemak, Fosfor, Zat Besi dan Air.

Dalam resep kali ini kita juga mencampurkan kolang kaling dengan kelapa, Karna resepnya disebut dengan ES KOPYOR KOLANG KALING. jadi tentu kita juga membutuhkan kelapa muda kopyor sebagai bahan utamanya.

Tapi sahabat sebenarnya kelapa kopyor itu berbeda dengan kelapa biasa pada umumnya. Kelapa kopyor atau orang jawa juga sebut dengan kelapa bulan, adalah kelapa yang memiliki daging buah yang empuk dan cendrung bergelebembung dikulitnya dan sudah terlepas dari batok kelapa dengan sendirinya. Airnya pun cendrung lebih sedikit dan memiliki rasa yang khas. Kelapa kopyor asli memang sulit ditemui atau dibudidayakan karena kelapa kopyor sendiri adalah suatu kelainan genetik pada proses pertumbuhan buah kelapa. Nah, karena kelapa ini cukup sulit didapatkan. Kita bisa menggantinya dengan kelapa muda atau kelapa hijau yang ada disekitar kita.

( Baca juga : Resep Ayam saus nanas praktis )



Cek resepnya ya,




Bahan yang dibutuhkan :



  •  1 butir kelapa tua, kupas kemudian parut
  •  350 cc air kelapa muda atau sesuai selera
  •  200 gr gula pasir
  •  ½ sdt garam
  •  1 bungkus agar-agar bubuk warna putih
  •  Es batu 
  •  Syirup Cocopandan
  •  250 gram Kolang Kaling
  •  2 sdm Pewarna makanan sesuai selera,
  •  Air


Cara Membuat :


Rebus kolang kaling dengan 150 gram gula pasir dan pewarna makanan sampai mendidih dan air serut atau selama kurang lebih 20 menit, setelah matang, sisihkan agar dingin.

Campur kelapa parut dengan 350 cc air kelapa muda, remas-remas. Ambil santannya sebanyak 400 cc

Campur santan dengan gula sebanya 50 gram dan garam, didihkan sambil diaduk perlahan. Masukan larutan agar - agar, aduk sampai mendidih, sisihkan sampai dingin

Siapkan wadah  masukkan es batu kemudian ambil larutan santan tuangkan santan , kemudian campurkan dengan air kelapa muda aduk sampai semua tercampur,

Siapkan gelas, taruh gelas kedalam es batu tuangkan sirup Cocopandan, tambahkan kolang kaling sesuai selera kemudian terakhir tambahkan larutan santan kedalamnya.

Es kopyor siap disajikan.

Mudahkan cara membuatnya,
Selamat Mencoba


0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)