RESEP SEGAR : Cara Praktis Membuat Es Kacang Merah



Beberapa hari lalu saat makan di salah satu restoran di jakarta, gak sengaja ketemu si Es Kacang Merah ini di Menunya. Aku pribadi sih sudah sering makan, tapi si jagoan rasanya belum pernah mencicipinya. Meskipun kacang merah bukan lagi rasa yang asing dilidah si kecil , karena saat MPASI juga banyak varian bubur rasa kacang merah. Tapi untuk mencobanya langsung, bisa jadi tantangan tersendiri. Dan saat si kecil mencoba es kacang merah aslinya, LANGSUNG SUKAK. Malah minta nambah.

Es Kacang Merah memiliki rasa yang manis, gurih dan empuk, gak heran kalau si kecil sampai minta nambah. Selain itu juga daging kacang merah yang cukup tebal jadi rasa dagingnya cukup terasa dilidah, apalagi dicampur susu dan es serut yang membuat rasanya semakin meleleh dilidah. 

( Baca juga : Resep Piscok Keju rumahan yang dijamin meleleh dilidah )

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kacang merah banyak dijadikan varian rasa makanan khususnya produk MPASI karena dipercaya memiliki kandungan gizi yang baik bagi tumbuh kembang anak. Beberapa kandungan kacang merah antara lain,  Karbohidrat, serat, Asam lemak Omega 3, protein, Vitamin A, Viamin C, Asam Fola, Kalium, Fosfor, Kalsium dan Magnesium. Selain itu 100 gram kacang merah mampu mencukupi kebutuhan protein harian dan salah satu makan diet rendah kalori. Kacang merah juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolestrol dalam darah. Jadi selain enak, es kacang merah juga memiliki banyak manfaat dalam tubuh.

Es kacang merah banyak dijajakan di jalan dan restoran. Tapi biasanya di restoran dengan masakan khas Makassar dan Palembang, Es kacang merah ini selalu ada dalam menu. Sayangnya, Es Kacang Merah diluaran agak mahal ya. Satu porsinya berkisar antara Rp. 15.000 sampai 25.000. Itupun dengan porsi yang hanya cukup dimakan sendiri.






(  Baca juga : Resep es kpyor kolang kaling segar ) 



Bahan  yang dibutuhkan:




  • 300 gram kacang merah
  • 2 liter air atau 2000 ml air
  • ½ sdt garam
  • 5 sdm gula
  • ½ sdt vanili bubuk
  • 1 sdm cokelat bubuk, larutkan dengan air
  • 3 sdm gula merah, iris-iris
  • 1 sdm maizena
  • 300 ml santan atau bisa menggunakan santan0siap pakai atau susu cair UHT 250 ml








Cara Membuat Es Kacang Merah :


Pertama-tama, rendam kacang merah terlebih dahulu selama semalam sampai pecah terbuka dan memanjang (merekah)



Setelah merekah, rebus kacang hingga empuk, setelah itu masukkan garam, gula, vanili, gula merah, serta cokelat bubuk yang sudah cair. Aduk dan masak sampai kental dan air menyusut.


Pada panci terpisah, masak santan atau susu cair bersama maizena masak sampai mengental.


Setelah mengental campur cairan santan tadi dengan kacang merah yang sudah direbus. Aduk rata sampai mendidih. Matikan api dan sisihkan.


Siapkan es serut dalam wadah, kemudian tuangkan dengan kacang merah yang telah dingin tambahkan susu kental manis diatasnya sebagai penambah cita rasa. Bisa juga ditambahkan dengan taburan messes atau keju parut yang membuat rasanya semakin menggoda.

Es kacang merah siap disajikan.


SELAMAT MENCOBA

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)