Lezatnya kuliner Nusantara Sop Konro khas Makasar

Kali ini, kita membahas tentang salah satu makanan favoritku nih yaitu Sop Konro. Mungkin juga bunda sudah pernah mendengar bahkan mencobanya. Karna makanan yang satu ini cukup banyak ditemukan di jakarta, apalagi saat acara bazaar kuliner.  Dan saya termasuk orang yang sangat menyukai makanan khas nusantara kita, karena cita rasanya yang khas dan kaya akan rempah. Apalagi untuk makanan yang bercita rasa pedas, Indonesia Juaranya.

Indonesia sendiri terdiri dari beragam suku dan adat istiadat di setiap tempatnya. Dan disetiap daerah pasti memiliki makanan khasnya tersendiri.  Mungkin ada ribuan makanan khas indonesia yang tersebar dari sabang sampai marauke, akan tetapi tidak semuanya terekspos dan dikenal dengan baik oleh orang lain diluar suku atau daerahnya. Dan event-event seperti bazar kuliner dan acara-acara perkenalan adat ke masyarakat luas seharusnya menjadi ajang promosi budaya, makanan dan adat istiadat bukan hanya ke skala nasional tapi juga internasional.

Sumber Gambar: Instagram/qoechingphie


Sedikit aku jelaskan , Sop konro adalah makanan khas kota Makassar, sumatera selatan. Sop konro menjadi makan tradional yang banyak digandrungi. Selain rasanya yang kaya akan rempah, sop konro memiliki rasa yang unik dan berbeda dari sop kebanyakan. Karena memang indonesia awalnya merupakan penghasil rempah nomor satu didunia , yang menjadi salah satu daya tarik penjajah untuk menguasainya zaman dulu. Bahan dasar sop konro adalah daging sapi atau iga sapi yang dimasak dengan kuah rempah yang berwarna coklat kehitaman. Warna hitamnya sendiri berasal dari biji kluwek, yaitu rempah yang memiliki cangkang keras dengan warna daging kehitaman. Kluwek juga digunakan dalam pembuatan masakan lainnya seperti rawon dan brongkos.

Sebenarnya kluwek adalah makanan yang beracun, karena mengadung asam sianida dalam konsentrat yang cukup tinggi.  Selain itu kluwek juga bisa menyebabkan mabuk jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Zaman dulu kluwek dipakai sebagai racun di panahan atau tombak saat ingin berburu. Akan tetapi biji kluwek yang akan dikonsumsi sebelumnya harus melewati beberapa proses terlebih dahulu untuk menghilangkan racun didalamnya. Pertama-tama untuk membuat warna hitam dalam bijinya, dilakukan perebusan selama beberapa jam. Kemudian kluwek yang sudah matang akan ditimbun dalam tanah selama beberapa hari untuk menetralisir racunnya. Setelah itu dikeringkan kembali, barulah kluwek bisa dimanfaatkan sebagai bumbu masakan. Kluwek juga dikenal dengan nama kepayang, salah satu asal usul pribahasa “ Mabuk kepayang”. Wah, saya fikir malah kepayang itu apa... ternyata kluwek, alias mabuk sianida.

Selain kluwek bumbu rempah lain yang turut mempengaruhi cita rasa dari sop konro antara lain ada kapulaga,  kelapa sangrai, kayu manis, pekak, jinten, dan kawan-kawannya.
Kembali membahas soal Sop konro, favorit saya adalah Sop Konro Kareboshi. Memang banyak outlet Sop Konro kareboshi yang tersebar dijakarta, seperti salah satunya di kelapa gading dan Mall Sumarecon bekasi. Tapi saya lebih sering makan yang ada di Mall Sumarecon Bekasi. Biasanya selain makan juga bisa cuci mata disana.

Letaknya berada di foodcort belakang dekat parkiran motor, disini selain tersedia Sop Konro juga ada Konro bakar. Harga yang ditawarkan pun terbilang “tidak terlalu mahal”. Cukup merogoh kocek Rp. 35.000 /porsi untuk ukuran kecil . ditambah sepiring nasi putih dengan harga Rp. 5.000/ porsi. Untuk saya pribadi yang memiliki lambung yang tidak terlalu besar bisa dibilang KENYANG  makan seporsi sop konro dengan nasi. Karena daging iganya pun cukup banyak, selain itu terkstur dagingnya yang empuk dan lembut membuat saya semakin cinta, karena memang saya tidak bisa makan makanan yang terlalu keras. Kuahnya sih untuk saya pribadi kurang banyak, sayangnya kalau makan disini selalu minus kerupuk ikan, karna saya termasuk orang yang selalu harus ada kerupuk saat makan. Dan dioutlet sini tidak ada yang menjual kerupuk , rasanya memang harus bawa dari rumah . hahha..

( Baca juga : 7 Manfaat kemiri untuk kecantikan wanita)


Tapi karna setiap makan sop konro tidak pernah puas dan kenyang, saya mencoba membuatnya sendiri dirumah. Meskipun bumbu yang dibutuhkan cukup beragam dan membuat pusing, tapi itulah yang membuat rasanya LUAR BIASA.
Buat yang ingin mencobanya sendiri dirumah, bunda bisa membaca resepnya disini ya.

Jangan lupa share tempat favoritmu makan sop konro ya,
Selamat berkuliner

Salam



0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)