Resep Membuat Masakan Korea Haemul Jeongol ( korean spicy seafood hot pot )


Bunda,

untuk para pecinta drama korea,  khususnya saya. Saat melihat drama korea kita bukan hanya menyukai alur film atau para pemainnya saja. Tapi terkadang juga penasaran dengan budaya dan makanan mereka, banyak sekali adegan di drama korea yang mempertontonkan ke khasan makanannya. Dan terkadang hal itu yang membuat saya penasaran ingin mencobanya.
Resep Membuat Masakan Korea Haemul Jeongol ( korean spicy seafood hot pot )
Sumber Gambar : ww.instagram.com/noviagarnella


Masakan korea belum terbilang banyak diindonesia, di jakarta pun memang cukup jarang di temukan. Tidak seperti makanan jepang yang sudah menjamur, kalaupun ingin membuatya sendiri dirumah bumbu-bumbunya pun cukup sulit ditemukan. Tidak semua supermarket menyediakan bumbu-bumbu has korea.


Resep yang akan dibagikan adalah Haemul Jeongol ( korean spicy seafood hot pot )Sup ini semacam sup seafood pedas tapi dengan bumbu-bumbu khas Korea tapi gak pedes banget rasanya. Gochugaru meskipun penampilan nya serem banget tapi gak sepedas cabe bubuk biasa walau pake banyak. Rasanya kuahnya mirip kaya kuah Ramyun seafood yang kemasan. Resepnya dari web korean bapsang, tapi aku skip doenjang nya karena gak punya. Tapi tetep enak dan tetep Korea rasanya. 

( Baca juga resep masakan korea lainnya : Resep bibim gguksu, Sun dubu JIggaeJjam Ppong, Tteok Bokkie )



Bahan-bahan :
2 ekor kepiting uk sedang 
250 gr udang 
200 gr cumi, potong cincin
1 pack jamur Enoki, buang pangkalnya 
3 lembar sawi putih, potong-potong 
1 Batang daun bawang, rajang

Bahan kuah kaldu :
960 ml air 
2 sdm gochugaru ( cabai bubuk korea )
1 sdt gochujang ( fermentasi pasta cabai Korea )
1 sdt doenjang ( pasta kedelai )
1 sdm soy sauce
1 sdm kecap ikan
3/4 sdt minyak wijen 
3 siung bawang putih, cincang 
Sedikit jahe parut 
1 sdt Kaldu jamur
Secukupnya garam gula

Cara membuat :


Pertama-tama kita bersihkan kepiting terlebih dahulu dengan cara disikat bagian cangkang dan perutnya, setelah itu cuci bersih dan belah menjadi dua bagian. Sisihkan

Untuk udang, buang bagian kepala udang agar tidak menyakiti saat dimakan. Kalau bunda lebih suka memakan udang yang praktis kulitnya boleh dikupas agar mudah memakannya. Cuci bersih udang, kemudian sisihkan

Didihkan air kurang lebih 300 ml atau secukupnya, setelah mendidih masukkan kepiting , udang dan bawang putih. Masak sampai udang dan kepiting berubah warna.

Buang busa dan kotoran di air rebusan kepiting dengan saringan, kemudian matikan api kompor. Angkat kepiting dan udang yang telah masak, kemudian sisihkan.

Untuk membuat kuah kaldunya, saring air rebusan kepiting kemudian tambahkan 960 ml air , gochugaru, gochujang ( fermentasi pasta cabai Korea ), doenjang ( pasta kedelai ), soy sauce, kecap ikan, minyak wijen,bawang putih, jahe parut , Kaldu jamur, garam dan gula secukupnya.

Masak bumbu kaldu sampai mendidih, kemudian cicipi. Jika rasanya sudah pas matikan api.

Di wadah yang lain, bisa menggunakan hotplate, atau panci kramik. Masukkan semua bahan sayuran, jamur, kepiting dan udang . setelah itu tuangkan kuah kaldu dan rebus kembali selama kurang lebih 10 – 15 menit sampai sayuran matang.

Haemul Jeongol siap disajikan hangat,


Selamat mencoba

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)