Minuman Segar Untuk Berbuka Puasa, Es Sarang Burung praktis dan Mudah


Berbicara soal minuman yang menyegarkan tentu banyak sekali jenisnya, mulai dari es krim, es kelapa, es buah, es jus, es cendol , es campur, es teler dan es durian, es cincau , es kopi dan masih banyak lagi varian es yang beraneka ragam bertebaran di sekeliling kita. Apalagi saat ramadhan datang, hampir disepanjang jalan bertebaran kuliner khas ramadhan yang sangat menggoda, apalagi es nya.


( Baca juga : Jangan lewatkan 9 kuliner unik dijogja ini)
Resep Es Sarang Burung Segar dan Mudah
Sumber gambar : www.instagram/echi_raffani2016
Nah saat berbuka memang  rasanya enak minum minuman yang menyegarkan. Tapi bukan sembarang segar, minuman juga harus menyehatkan dan memberikan khasiat bagi tubuh kita. Supaya kita bukan hanya menenggak kalori dan lemak tapi juga vitamin yang membantu memulihkan tubuh dari dehidrasi ringan selama musim panas.

( Baca juga : 6 Jajanan jaman dulu yang berhasil berevolusi menjadi jajanan kekinian)

Tapi dari pada membuatnya dan hanya bisa dinikmati sendirian, tidak ada salahnya membuat es segar sendiri dirumah yang bisa dinikmati oleh banyak orang atau kalaupun kita ingin meminumnya sendiri, kita bisa meminum sepuasnya. Resep minuman kali ini adalah es sarang burung segar, memang terdengar agak janggal dan tidak banyak pedagang yang menjual es ini di pasaran ya. Tapi itulah yang membuatnya istimewa.

Es sarang burung ini juga terdapat beberapa campuran lain sepeti buah leci, agar-agar, rumput laut dan biji selasih. Dan semua bahannya memiliki kandungan yang baik bagi tubuh kita. Contohnya saja, agar – agar dapat melancarkan buang air besar. Biji selasih berhasiat untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh, menurunkan kadar gula dalam darah, membantu menyembuhkan sembelit dan perut kembung, dan juga di percaya dapat membantu mengurangi gangguan insomnia atau susah tidur pada penderitanya. Sedangkan rumput laut sendiri khasiatnya sudah tidak perlu di ragukan, karena selain banyak digunakan sebagai bahan makanan, rumput laut juga dipakai sebagai bahan baku di beberapa kosmetik dan menjadi bahan baku agar-agar, jadi khasiatnya tidak jauh berbeda.

Jadi gimana, percaya kan kalau minuman yang satu ini salah satu minuman yang tidak Cuma enak tapi juga sehat dan mudah cara membuatnya. Yuk langsung cek resepnya ya .

,
Bahan yang dibutuhkan ;

1 bungkus agar – agar plain
200 ml Air
2 sdm gula pasir

Bahan Pelengkap :

2 bah minuman kaleng  burung wallet
1 buah lechi kaleng
Rumput laut secukupnya atau bisa di skip jika tidak ada
Selasih secukupnya
Gula pasir
Air
Es batu

Cara membuat :

Pertama –tama membuat agar-agar nya, masak air , garam dan  agar –agar plain. Masak sampai mendidih. Setelah mendidih matikan api kemudian tuangkan kedalam wadah. Biarkan sampai dingin dan mengeras.

Setelah keras, potong berbentuk panjang seperti korek  api atau jika ingin praktis bisa menggunakan parutan keju atau parutan wortel dengan ukuran yang kecil. Sisihkan

Siapkan wadah cukup besar, masukkan leci dengan airnya, kemudian minuman kaleng burung walet, agar – agar yang telah diiris tipis, selasih dan gula, Aduk rata.. Setelah itu tambahkan es batu.

Dan es sarang burung walet pun siap dinikmati.

Selamat mencoba,

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)