Resep membuat Pempek Kapal Selam dan Lenjer

Sahabat Qoeching,
siapa yang suka empek – empek angkat tangannya.....
Aku tuh suka banget sama empek-empek bund, dan gak pandang bulu sukanya. Mau empek-empek ala restoran mau empek-empek ala abang-abang dorongan pinggir jalan, sikat ajalah pokoknya gak pake syarat dan ketentuan.

Pempek merupakan makanan khas Palembang yang cukup terkenal sampai ke berbagai plosok di Indonesia. Hadirnya pempek di Palembang juga memiliki sejarah yang cukup pajang pada masanya. Konon, pempek pertama kali dibuat oleh pedang yang berasal dari tiongkok yang merasa iba pada melimpahnya hasil ikan di sebuah kota di Palembang kala itu, Hasil tangkapan yang tidak terjual biasanya hanya diolah menjadi pindang atau di asap. Oleh sebab itu dia membuat sebuah makanan dari campuran tepung dan daging ikan yang kemudian di rebus.

Kemudian kakek ini menjajakan kue ikannya keliling kampung, orang-orang memanggil beliau dengan sebutan apek. Dan darisitulah nama pempek berasal. 

( Baca juga : Antara legenda dan rasa tahu gejrot khas Cirebon)


Sumber Gambar : https://www.instagram.com/p/BW7OjYGDeTj/?taken-by=noviagarnella
Biasanya pempek terbuat dari ikan tenggiri, ikan cangkalang, dan beberapa ikan lainnya yang memiliki daging yang cukup tebal dan kenyal. Jenis pempek pun beraneka ragam mulai dari pempek kapal selam, pempek adaan, pempek lenjer dan lainnya.

( Baca juga : Lezatnya Kuliner Khas makasar ini bikin kamu ketagihan )

Nah, buat kamu penggemar pempek gak ada salahnya membuat pempek sendiri dirumah. Cek resepnya dibawah ini ya

BAHAN  :

  • 500 gr ikan tenggiri giling 
  • 500 gr tepung sagu
  • 2 sdm garam
  • 2 sdt gula pasir
  • Secukupnya Telur ayam untuk isi
  • Bahan bubur tepung/biang :
  • 80 gr tepung terigu 
  • 400 ml air
  • 4 bawang putih haluskan 

Bahan kuah cuko :


  • 350 gr gula merah, disisir
  • 100 gr asam Jawa
  • 1500 ml air
  • 1/2 sdt garam 
  • 8 cabe rawit merah, haluskan 
  • 1 1/2 sdm tongcai, haluskan 
  • 2 sdm ebi haluskan 
  • 8 siung bawang putih, haluskan



CARA MEMBUAT :

Untuk biang encerkan tepung terigu dengan air tambahkan bawang putih halus. Nyalakan api, aduk terus sampai jadi bubur yang sangat kental. Dinginkan.

Siapkan wadah masukkan ikan giling, garam gula, lalu tuang bubur tepung. Uleni hingga kalis

Tambahkan tepung sagu bertahap. Aduk rata menggunakan sendok kayu.


Ambil sedikit adonan (aku 130 gr) atau sesuai selera, bulatkan. Tekan tengahya dengan jari berbentuk mangkuk tinggi. Masukkan telur yang sudah dikocok. Rapatkan. Ulangi sampai seluruh adonan habis. Untuk empek-empek lenjer, cukup gulang adonan memanjang.


Panaskan air sampai mendidih kemudian, Rebus Pempek sampai matang dan mengapung.


kuah cuko :

didihkan air masukkan gula dan asam Jawa. Setelah larut masukkan bumbu halus dan garam, didihkan sebentar. Matikan api. Diamkan sampai dingin agak lama atau inapkan semalaman lebih enak, baru saring.





Tips

** supaya gak bocor, sebelum membentuk kapal selam, Pecahkan dulu 1 telur lalu tuang ke gelas kecil, tuang/ambil sedikit putih telurnya ke wadah lain. Ini buat mencegah kalau telur meluber. Setelah telur nya dituang ke adonan, jika dirasa masih ada ruang baru deh tuang putih telur yang sebagian lagi.



**Jika ada sedikit telur yang merembes keluar saat merapatkan adonan, Taburi sedikit tepung supaya kering lagi, jangan ditambal adonan malah tidak akan menempel.



**Setelah tepung masuk jangan diuleni lagi, cukup diaduk pake sendok kayu. Biar gak alot.



SELAMAT MENCOBA



0 Comments