Resep Membuat Ikan Tongkol Suwir Pete Pedas

kadang agak dilema ya kalau satu rumah tapi seleranya beda- beda apalagi soal makanan, jadi agak repot harus mikir masakan yang semuanya bisa makan atau juga harus dimasakin semua makanan sesuai seleranya masing – masing. Selain boros uang, waktu dan juga tenaga. Sama nih kaya aku, suamiku seneng makan tongkol , jadi sering banget request masak ikan tongkol. Bisanya tongkolnya Cuma dimasak balado atau di bumbu kuning. Tapi aku gak suka, karena teksture daging tongkol yang tebal dan agak keras . Selain itu jadi males makan juga karena bumbunya kurang meresap kedalam dagingnya.


Resep Membuat Ikan Tongkol Suwir Pete Pedas
Resep Membuat Ikan Tongkol Suwir Pete Pedas. Sumber gambar : Instagram/Qoechingphie


Tapi setelah akhirnya ketemu juga resep masakan ikan tongkol yang enak dan nyaman dilidah buat aku khususnya dan tentunya tetep bercita rasa pedas. Resep Ikan tongkol Suwir ini terbilang sangat mudah dan gampang, rasanya pun gurih, empuk dan bumbunya meresap sampai kedalam. Ditambah dengan pete jadi melengkapi rasanya yang luar biasa. Gak sadar pas mateng langsung makan pakai nasi hangat dan nambah. Luar biasa... padahal biasanya porsi makanku tuh sedikit.

Kalau bunda kurang suka pete pun gak masalah, akupun kebetulan nemu pete sisa lalapan di kulkas dan langsung dicampur tanpa pake mikir.

Ikan tongkol juga termasuk jenis ikan yang banyak ditemukan di pasar tradisional maupun di swalayan, karena menjadi salah satu tangkapan utama terbesar bagi nelayan indonesia. Harganyapun relatif cukup terjangkau bagi masyarakat pada umumnya. Nah jenis masakan indonesi yang terbuat dari ikan tongkol pun banyak seperti :  Ikan Tongkol Balado, Ikan Tongkol Sambal, Ikan Tongkol Bumbu Kuning, dan masih banyak lagi resep olahan dari ikan tongkol.

Oke langsung cek resepnya yuk bund,

Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 – 4 sisir ikan tongkol kukus, suir suir searah dengan serat daging ikan
  • 1 papan petai, kupas kulitnya dan belah menjadi dua bagian
  • 3 siung bawang merah,
  • 2 siung bawang putih
  • 4 buah cabai merah atau bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera
  • 8 buah cabai rawit merah  atau bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera
  • ½ buah tomat ukuran besar
  • 1 lembar daun salam
  • 1 sdm air asam / jika tidak ada bisa di skip
  • 1 sdm kecap manis
  • Minyak untuk menggoreng
  • Gula, garam dan kaldu ayam bubuk


Cara Membuat :

Pertama – tama siangi bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat, kemudian cuci semua bahan sampai bersih dan tiriskan

Panaskan minyak goreng tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum dan berwarna kecoklatan, kemudian masukkan cabai merah, cabai rawit, tomat dan daun salam. Aduk rata 

Masukkan daging ikan yang telah di suir aduk rata, tambahkan gula, garam, kaldu ayam bubuk, kecap asin, air asam. Aduk sampai semua bahan tercampur rata . Usahakan selalu mengaduk ikannya agak tidak gosong di bagian bawah

Setelah ikan  berwarna kecoklatan, tambahkan petai dan masak kembali kurang lebih selama 10 menit

Setelah semua matang, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.

Selamat Mencoba



loading...
loading...

0 Comments