Resep Membuat Chocolate Lava Cake


Siapa yang tidak kenal dengan coklat, makanan yang satu ini punya banyak sekali penggemar dari berbagai kalangan di seluruh dunia dari yang muda sampai yang tua. Semua menyukai coklat karena memiliki rasa yang manis dan sedikit pahit dan memiliki aroma harum yang khas. Coklat yang biasa kita temui dipasaran biasanya adalah produk – produk olahan coklat dan perasa coklat. Kebanyakan orang menyukai coklat karena rasanya yang manis, padahal rasa coklat yang sebenarnya cendrung pahit seperti kopi. Produk coklat yang dijual dipasaran biasanya telah ditambahkan gula, susu atau bahan lainnya sehingga rasanya lebih ringan.

Coklat berasal dari biji buah pohon Kakao atau nama latinnnya Theobroma Cacao L yang asal usul utamanya berasal dari Amerika Latin.  Bahkan pada masa Kolombia – Meso Amerika atau pada beberapa suku seperti Suku Maya, Suku Toltec dan Aztec, biji coklat digunakan sebagai mata uang. Karena pada masa itu biji coklat dianggap sebagai bahan pangan yang berharga untuk diolah menjadi minuman. Dan minuman yang dibuat dari ekstrak biji coklat itupun disebut sebagai minuman para dewa dan hanya dihidangkan untuk acara-acara penting tertentu. Barulah sekitar pada tahun 1847 dibuatlah coklat padat yang kita tau sekarang ini.
Perubahan cara pengolahan dan komposisi coklat semakin lama semakin berubah dan setiap orang memiliki caranya tersendiri dalam mengolah coklat.  Kalau bunda pernah merasakan coklat yang pahitnya terasa sekali,  itu tandanya kandungan coklatnya tinggi.  Tapi kebanyakan coklat yang kita temukan sekarang ini lebih banyak mengandung susu atau gula dan menonjolkan rasa manis dengan sedikit sekali cita rasa pahit. Tentunya hal itu disesuaikan dengan selera dan permintaan pasar pada umumnya.

Resep Membuat Chocolate Lava Cake
Sumber Gambar : Instagram/noviagarnella

Nah setelah tau sejarah coklat, sekarang aku mau kasih tau salah satu resep makanan dengan bahan dasar coklat YAITU Chocolate Lava Cake.  Resep ini untuk 7 porsi ya



( Baca juga resep lainnya ; Resep Tongkol Suir Pedas )


Bahan-bahan  yang dibutuhkan :


  • 340 gr dark compound chocolate
  • 165 gr butter
  • 120 gr gula halus 
  • 3 butir telur utuh 
  • 1 butir kuning telur 
  • 100 gr tepung terigu protein sedang 
  • 1 sdt pasta vanilla


Cara membuat :

Cairkan dark compund choholate dengan butter dengan cara double boiler, yaitu dengan cara memasak coklat diatas air yang mendidih. Caranya siapkan panci dengan gagang kemudian rebus air setengah panci, setelah mulai bergelembung siapkan pinggan / wadah untuk ditaruh diatas panci usahakan wadahnya lebih besar jadi tersangga dengan baik. Iris iris coklat kemudian letakkan diatas wadah tadi, jangan sampai tercampur dengan air. Aduk – aduk coklat dengan spatula sampai  meleleh sempurna. sisihkan


Kocok telur, gula halus dan Vanilla sampai berbusa, masukkan cokelat leleh, aduk rata dengan whisk.

Masukkan tepung terigu sambil diayak, aduk sampai rata  dan kental.

Tuang ke dalam ramekin / cetakan  yang telah dioles margarin

Panggang dengan suhu 220°C selama 10 -15 menit atau sampai matang, tandanya pinggiran cake sudah set tapi tengahnya masih soft.

Tata diatas piring saji, tambahkan strowberry segar sebagai toping atau juga bisa menggunakan buah lain sesuai selera. Jika suka bisa juga ditambahkan es krim diatasnya.

Sajikan panas/hangat agar coklat masih mencair.


Selamat Mencoba

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)