Resep Membuat Oseng Kulit Melinjo Nikmat

Apakah bunda suka makan melinjo ? sayuran yang satu ini biasanya dijadikan tambahan atau pelengkap di sayur Asem. Dan biji melinjo juga biasa dijadikan emping yang gurih. Tapi siapa sangka kulit melinjo yang matang juga ternyata enak untuk di olah menjadi masakan, salah satunya masakan yang dapat dibuat dengan kulit melinjo adalah Oseng tumis melinjo.

Resep Membuat Oseng Kulit Melinjo Nikmat
Sumber Gambar : https://www.instagram.com/endahpalupid

Beberapa orang biasa menambahkan teri asin atau teri basah pada masakan ini. Tapi ada juga yang menambahkan cumi asin, semua tergantung selera masing – masing ya bunda. tapi apapun campurannya tidak mengurangi rasa kekhasan dari melinjo itu sendiri.


Pohon melinjo sendiri bukan hanya dimanfaatkan buahnya tapi juga daun dan batangnya. Jadi melinjo memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi, selian itu juga buahnya tumbuh tampa mengenal musim. Emping melinjo memiliki harga yang cukup tinggi di pasaran , dan di beberapa daerah di Indonesia limbah kulit melinjo juga di manfaatkan sebagai olahan keripik. 

For your information ya bunda, ternyata melinjo ini mengandung protein yang cukup tinggi selain itu kandungan antioksidan dalam melinjo mampu menangkal radikal bebas. Antioksidan ini mampu melindungi tubuh kita dari pengaruh buruk baik dari polusi lingkungan, udara dan makanan yang kita makan. Tapi tentu saja hal ini juga harus diimbangi dengan olah raga yang cukup dan asupan makanan lain sebagai penunjang. Meskipun banyak yang beranggapan bahwa melinjo dapat memincu terjadinya asam urat, tapi tenang saja jika dikonsumsi dalam batas wajar dan tidak berlebihan tentu tidak berbahaya.

Oke, langsung cek resepnya ya bunda.



Bahan yang diperlukan :

1 papan pete 200 gram kulit melinjo  
7 buah cumi asin
5 btr bawang merah
4 siung bawang putih
20 buah cabe rawit
1 sdt kecap manis
gula, garam, air secukupnya



Cara membuat :

Pertama – tama kupas pete dan buang kulitya, kemudian  belah menjadi dua bagian. sisihkan
Cuci bersih cumi asin kemudian rebus sebentar agar tidak terlalu asin ,tiriskan

Cuci bersih kulit melinjo, kemudian jika terlalu besar bisa dipotong menjadi dua bagian, sisihkan

Siapkan wajan, tumis bawang dan cabe sampe layu kemudian masukkan pete,cumi asin dan kulit melinjo,aduk rata

beri garam,gula, kecap dan air secukupnya, aduk rata

Masak sampai cumi empuk dan kulit melinjo layu, cicipi setelah rasanya pas angkat dan sajikan 

Selamat mencoba

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)