5 Tanaman Hias Yang Cocok Ditanam Didalam Ruangan Untuk Menyerap Polusi Udara


Sekarang ini polusi udara  menjadi masalah yang harus dihadapi setiap hari apalagi untuk masyarakat yang tinggal dikota – kota besar. Polusi terbanyak di perkotaan disebabkan karena asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan pembakaran sampah . Kurangnya kesadaran masyarakat akan dampak yang ditimbulkan akibat kebisaannya sehari – hari itulah yang menyebabkan angka polusi terus naik.  Selain itu minimnya ruang hijau di perkotaan juga ikut berpengaruh langsung pada kualitas udara disekitarnya.  Kendala lain yang dihadapi masyarakat di perkotaan adalah minimnya lahan untuk menanam tanaman apalagi pohon,  membuat mereka berfikir dua kali untuk memasukkan tanaman kedalam rumah.


Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO, dalam 5 tahun terakhir polusi udara tercatat mengalami kenaikan sebanyak 8% khususnya di negara – negara berkembang. Menurut numbero.com indonesia menduduki peringkat ke 48 untuk indeks pencemaran udara dengan kadar polusi sebesar 58,02. Akan tetapi ini nilai rata-rata keseluruhan seluruh daerah, sedangkan tentu di kota-  kota besar polusi udaranya lebih tinggi.

Mungkin kita sudah sering mendengar kata polusi udara, tapi taukah kamu apa efeknya bagi kesehatan kita ?. Dampak yang ditimbulkan akibat polusi udara sangat berbahaya baik jangka pendek maupun jangka panjang. Polusi udara dapat menyebabkan :

Efek Jangka Pendek :
Iritasi mata, hidung, tenggorokan beberapa orang juga dapat mengalami gangguan sakit kepala, mual, dan alergi. Juga bisa menyebabkan infeksi saluran pernafasan seperti bronkitis , pneumia, asma dan emfisema.

Efek Jangka Panjang :
Dapat menyebabkan penyakir pernafasan kronis , kanker paru – paru, penyakit jantung , bahkan kerusakan pada otak, saraf, hati atau ginjal.

Jadi tentu polusi udara bukan lagi hal sepele yang harus diabaikan karena memiliki dampak buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan diri sendiri dan keluarga tentunya. Bisa dibayangkan bagaimana jika anak – anak kita terkena salah satu penyakit tersebut diatas, tentu sangat sedih bukan.

Maka dari itu mulai hari ini jangan ragu lagi untuk menanam pohon di rumah kita. Jika tidak memungkinkan untuk menanam pohon , juga bisa menanam tanaman lain dengan ukuran yang cukup kecil sehingga memungkinkan ditanam di halaman yang sempit. Dan beberapa tanaman hias ini juga memiliki manfaat untuk menyerap polusi udara disekitarnya. Selain itu bentuknya yang lucu dan unik juga bisa menjadi dekorasi rumah.

Selain diluar rumah tanaman ini juga bisa ditanam di dalam rumah, di kantor dan tempat – tempat yang diinginkan.

KAKTUS

Siapa yang tidak kenal kaktus, tanaman kecil ini sangat menarik perhatian dengan bentuknya yang lucu dan unik. Tapi jangan salah, dibalik bentuknya yang lucu dan unik ini ternyata kaktus memiliki manfaat lain selain sebagai tanaman hias. Ternyata kaktus mampu menyerap radiasi dari lingkungan sekitarnya loh, jadi cocok di tanam di kantor ataupun dirumah.  Apalagi teknologi yang kita gunakan saat ini seperti seperti handphone, TV, Komputer memancarkan radiasi yang berdampak buruk bagi kesehatan jika dibiarkan dan tidak ditanggulangi untuk jangka waktu yang lama.

Kaktus terkenal dengan tanaman padang gurun sehingga tidak perlu penyiraman dan perawatan tertentu setiap hari.

Bahaya Polusi Udara dan  5 Tanaman Hias untuk Menyerap Polusi Udara
Sumber gambar : Instagram/exploreandeye

LIDAH MERTUA

Lidah mertua atau sansevieria adalah tanaman yang dapat hidup dengan sedikit cahaya dan air, jadi sangat cocok ditempatkan didalam ruangan apalagi untuk orang yang sibuk karna tidak perlu setiap hari menyiramnya. Selain itu lidah mertua juga dipercaya mampu menyerap polusi disekitarnya.  Bentuk daunnya yang panjang dan menjulur keatas membuatnya cantik ditempatkan disudut sudut ruangan sebagai hiasan.

Tanaman ini sekarang sudah banyak di tanam dirumah – rumah sebagai dekorasi ruangan. Cukup tambahkan pot cantik dan taruh ditempat yang diinginkan.

Bahaya Polusi Udara dan  5 Tanaman Hias untuk Menyerap Polusi Udara
Sumber gambar : Instagram/la.blomst



MONSTERA DELICIOSA

Tanaman ini banyak juga digunakan sebagai tanaman hias baik di dalam maupun diluar ruangan. Bentuk daunnya seperti  hati lebar, tapi berlubang membuat tanaman ini terlihat unik. Bahkan banyak juga orang yang membuat wallpaper dengan motif daun monstera ini.

Bahaya Polusi Udara dan  5 Tanaman Hias untuk Menyerap Polusi Udara
Sumber gambar : Instagram/oyankdaely



SIRIH GADING
Sirih gading adalah tanaman yang rambat yang dapat hidup di berbagai media tanam baik tanah, air maupun lainnya.  cara perawatannya pun terbilang cukup mudah, meskipun tidak membutuhkan banyak sinar matahari akan tetapi jika ditanam didalam ruangan sebaiknya dikeluarkan dua minggu sekali untuk mendapatkan cahaya matahari langsung.

Sirih gading ini juga dipercaya sebagai tanaman yang mampu menyerap polusi udara dan menghasilkan oksigen yang membuat kualitas udara  sekitar lebih baik.

Bahaya Polusi Udara dan  5 Tanaman Hias untuk Menyerap Polusi Udara
Sumber Gambar : Instagram/qoeching_phie



LILY PARIS

Menurut studi yang dilakukan NASA pada tahun 1989 bahwa lily paris atau spider plant adalah salah satu tanaman yan gmampu menyerap racun didalam udara . Selain itu juga studi lain yang dilakukan oleh University of Technology Sydney pada tahun 2013 menyebutkan bahwa menempatkan lili paris pada ruangan kerja mampu meningkatkan produktifitas kerja. Lili paris mampu menyerap karsinogen yaitu zat yang dapat menyebabkan penyakit kanker, dan mengurai banzena dan nikotin tembakau. Jadi sangat cocok ditempatkan didalam ruangangan para perokok.
 
Bahaya Polusi Udara dan  5 Tanaman Hias untuk Menyerap Polusi Udara
Sumber Gambar : Instagram/witwikan

Jadi mulai sekarang jangan ragu lagi untuk menanam tanaman seperti tanaman hias ini dirumahmu untuk membantu kesehatan anggota keluarga dan lingkungan.




7 Comments

  1. Wah baru tau kalau kaktus bisa menyerap polusi dan debu, kalau lidah mertua memang sudah aku tanam di pinggiran rumah

    ReplyDelete
  2. Kaktus lebih ke menyerap polusi radiasi yang ada disekitar kita mba, aku juga awalnya kurang suka tanaman lidah mertua. pas tau kegunaannya untuk keluarga, jadi tanem dalem rumah pakai pot kecil.

    ReplyDelete
  3. Wah kaktus itu unik dan indah ternyata manfaat nya keren juga ya. Lain waktu mau berburu kaktus juga ah. Makasih infonya mbak

    ReplyDelete
  4. Dulu di toilet kantor saya selalu ada tanaman Lidah Mertua. Saya kenal karena itu.

    Sepertinya bagus juga ya kalau jadi pelengkap dekorasi di ruang tamu.

    ReplyDelete
  5. wah bagus juag ay , saayngnya aku kurang bisa merawat tanaman

    ReplyDelete
  6. Di rumah, saya punya sirih gading dan dibikin anakannya supaya hemat hehe. Tanaman paling lucu yang saya punya masih sirih gading, tapi untuk lili paris, boleh juga nih dicoba :)

    ReplyDelete
  7. Suka banget sama kaktus. Tapi tanaman ini gampang banget busuknya. Apalagi kalau ditaruh di dalam ruangan ��

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)