Nikmatnya Resep Ikan Asap Bumbu Pecak

Ikan Pe memiliki banyak sebutan di berbagai daerah, di jakarta sendiri terkenal dengan nama ikan asap. Jenis ikan yang digunakan untuk membuat ikan asap ini beraneka ragam, ada yang menggunakan ikan pari, ikan cangkalang, ikan cucut, ikan , ikan patin dan lainnya.  Saat tangkapan ikan melimpah, tentu hal ini membuat harga ikan menurun dipasaran. Oleh karena itu metode pengasapan dinilai cukup membantu nelayan yang memiliki kelebihan pasokan ikan. Metode pengasapan ini dilakukan agar ikan lebih tahan lama dan memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Di pasaran harga asap perbuah mulai dari Rp. 2.000 sampai dengan Rp. 8.000 dengan ukuran kurang lebih 5 x 5 cm atau bisa juga dipotong sesuai selera. Itupun tidak banyak pedagang yang menjual ikan ini dipasar tradisional apalagi di supermarket besar. Karena biasanya pengrajin atau pembuat ikan pari ini menyesuaikan dengan hasil tangkapan nelayan setempat, jadi wajar kalau keberadaannya tak sebanyak ikan – ikan lain di pasaran.

Salah satu ikan asap yang sering saya makan adalah Ikan pari karena memiliki cita rasa yang unik dan khas. Temiliki daging yang empuk dan tulang rawan yang renyah membuat sensasi kriuk-kriuk saat dimakan.
Meskipun ikan pari asap cukup lezat, tapi saya priadi cukup kesulitan saat mengolah ikan pari dalam keadaan segar, rasanya harus menggunakan teknik khusus untuk mengolah dagingnya karena daging ikan pari memiliki bau yang kurang sedap. Mirip – mirip saat  kita mengolah bebek. Hehehe..


Sebenarnya proses pengasapan ikan pari terbilang cukup sederhana dan mudah. Pertama- tama ikan pari yang sudah di cuci bersih di potong-potong dengan ukuran 5 x 5 cm  atau sesuai dengan selera. Kemudian tusuk ikan yang sudah dipotong menggunakan tusuk sate dan berikan penahan diujung tusukan dengan batang pohon pisang. Setelah itu rebus dengan air garam selama kurang lebih selama 2 menit. Baru kemudian dilakukan pengasapan. Proses pengasapan itu sendiri tidak boleh terlalu lama karena malah akan menimbulkan racun yang berbahaya akibat kandungan fenol dan formaldehida pada asap. 

Ikan pari asap biasanya dimasak dengan kuah santan dan cabai hijau, tapi resep kali ini membuat pecak ikan pari asap yang rasanya tidak kalah nikmat. Bumbu – bumbu nya pun cukup sederhana dan mudah di buat jadi bisa langsung di coba dirumah.


Resep Membuat Pecakan Pe / Ikan Pari Asap
Sumber Gambar : Instagram/endahpalupid



Bahan yang di butuhkan :



  • 1/2kg iwak pe, goreng
  • 100 gr cabe merah keriting
  • 10 buah cabe rawit merah atau sesuai selera
  • segenggam kacang tanah goreng
  • 4 btr bawang merah,iris
  • 1 sdm air asam jawa -garam,gula merah secukupnya
  • 250 ml air






Cara membuat :
Rebus cabe merah keriting dan cabe rawit kemudian haluskan bersama kacang tanah goreng,sisihkan


Tumis bawang merah iris sampe harum,masukkan cabe dan kacang tanah yg sdh dihaluskan sampe harum


Masukkan air , gula merah, garam dan air asam jawa, tes rasa, biarkan agak mengental


Masukkan iwak pe yang sudah digoreng, aduk sampai ikan tercampur rata dengan bumbu

angkat, sajikan

Bagaimana mudahkan membuatnya. Jangan lupa juga membaca artikel masakan lainnya ya sahabat. Resep Mie aceh yang menggoda

Terimakasih sudah membaca

2 Comments

  1. Sy penggemar ikan asap.
    Sering sy pecak namun tanpa kacang..
    Bumbu nya juga harus di panggang/bakar sebelum di ulek.
    Jadi nuansa aroma bakaran nya lebih dashyat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang banyak juga ya mom variasi bumbu pecak,

      Kalau pecak yg enggak pake kacang bumbu nya apa aja mom ?

      Boleh sharing disini ?😁

      Delete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)