Resep Membuat Kue Onde – Onde yang Mudah


Sahabat Qoeching,
Siapa yang tidak kenal onde – onde, makanan yang satu ini memiliki penggemar dari berbagai usia, dari mulai anak kecil sampai orang tua. Rasanya yang gurih dan manis membuat makanan yang satu ini cocok dijadikan cemilan  atau teman minum teh.   Kue onde – onde terbuat dari tepung beras yang diisi dengan kacang hijau yang sudah dilumatkan kemudian dilumuri dengan biji wijen yang membuat rasanya semakin gurih dan enak. kue onde – onde dipasaran biasanya berwarna kuning kecoklatan tapi ada juga yang berwarna hitam , atau hijau.

Onde – onde juga menjadi jajanan pasar atau makanan tradisional yang masih terus eksis tanpa banyak perubahan. Mungkin kita sering mengira bahwa onde – onde adalah jajan khas betawi, tapi ternyata onde – onde ini adalah kue khas mojokerto yang terkenal sejak zaman Majapahit. Wah, sudah dibayangkan kan keberadaan kue onde – onde ini bahkan lebih lama daripada kita. Selain di jajakan di pasar – pasar tradisional , kue onde – onde juga banyak di jual di kaki lima, terutama tukang gorengan. Heheh..

Entah di kota lain, tapi di jakarta banyak sekali pedagang kaki lima yang menjajakan onde – onde dalam bentuk yang kecil. Mungkin sebesar biji kelereng, namanya onde – onde mini. Biasanya onde – onde mini ini dijual bersama dengan molen yang tak kalah mini. Meskipun bentuknya mini, tapi rasanya tetap luar biasa. Bahkan menurut saya pribadi lebih enak, karna bisa dimakan sekali gigit. Harga yang ditawarkan untuk kue onde – onde besar biasanya Rp. 1.500 sampai Rp. 2.000 per buah. Tapi onde – onde mini dengan Rp 2.000 saja bisa mendapatkan satu plastik kecil onde – onde dan molen. Wah MURAH BANGET KAN.

( Baca juga resep lainnya : Resep membuat choholate lava cake )

Tapi kalau ingin mencari yang lebih murah lagi adalah membuatnya sendiri dirumah. karena sebenarnya untuk membuat kue onde  onde ini pun tidak begitu sulit. Yuk langsung cek resepnya dibawah ini ya.

Resep Membuat Kue Onde – Onde yang Mudah
Sumber Gambar : Instagram/endahpalupid

Bahan yang dibutuhkan :

  • 125gr tepung ketan putih
  • 30gr tepung segitiga biru
  • sejumput garam
  • 125ml air hangat ( bisa kurang/lebih sesuai dengan kekentalan adonan )
  • secukupnya wijen



Bahan isian :

  • 300 gram kacang hijau
  • 150 gram gula pasir,
  • Santan secukupnya
  • Daun pandan,
  • Garam
( Baca juga : Resep membuat ayam saus nanas praktis)

Cara membuat :

Pertama –tama buat adonan isian terlebih dahulu. Rendam kacang hijau selama semalaman, kemudian rebus sampai matang, angkat dan tiriskan.

Setelah kacang hijau dingin, kemudian hancurkan kacang hijau dengan blender atau food prosessor. Sisihkan

Siapkan panci, masukkan kacang hijau yang sudah diblender, santan, daun pandan, gula dan sedikit garam. Masak sampai kalis atau air surut. Usahakan agar dimasak dengan panci anti lengket agar lebih mudah memasaknya. Setelah kalis sisihkan dan biarkan dingin

Setelah dingin bulatkan adonan kacang hijau sebesar 15 gram atau sebesar bola kelereng ,  buat sampai seluruh adonan habis, sisihkan

Siapkan wadah yang cukup besar, Campur rata tepung ketan dan tepung terigu beserta garam dgn air hangat sampe kalis dan bisa dipulung, kemudian Bulatkan sebesar masing – masing sebesar 25 gram.



Pipihkan adonan kemudian isi dengan bahan isian,bulatkan kembali sampai seluruh isian tertutup adonan tepung

Celupkan adonan ke air dan gulingkan ke wijen dan lumuri sampai semua bagian kue terkena wijen,



Panaskan wajan dan goreng di api sedang sambil dibolak balik agar matang merata

Mudahkan, Selamat Mencoba

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)