10 Jenis Teh Herbal Unik dan Khasiatnya



Teh merupakan salah satu minuman yang cukup terkenal di Indonesia, bahkan minum teh sudah menjadi satu tradisi  di masyarakat yang sudah dilakukan sejak dulu kala sampai sekarang ini. Teh sudah masuk ke Indonesia sejak tahun 1684, Jauh sebelum Indonesia mengumandangkan kemerdekaannya.  Pada awalnya teh di bawa oleh Andreas Cleyer, yang ditanam sebagai tanaman hias dirumahnya. Berkembangnya jenis teh di Indonesia juga tidak terlepas dari campur tangan pemerintahan Hindia Belanda dulu, dimana teh mulai banyak didatangkan dan ditanam ditempat-tempat lain seperti Kebun raya Bogor, Cisurupan Garut, Purwakarta dan Banyuwangi. Pada awalnya teh hanya disuguhkan untuk para Bangsawan, Raja,  dan para petinggi atau pejabat daerah. Tetapi setelah kemerdekaan, banyak para pedagang yang mulai menjajakan teh di pasar-pasar tradisional sehingga mulai bisa dikonsumsi oleh semua kalangan.



Sumber gambar : instagram/modern_indonesia_mall


Pada umumnya teh terbuat dari daun Camellia Sinensis, yang dipetik kemudian dikeringkan. Teh yang sangat terkenal di Indonesia adalah Teh Melati. Dimana selain pucuk daun teh, ditambahkan juga kuncup bunga melati sebagai penambah rasa dan keharuman teh saat di seduh. Teh yang sudah dikeringkan dan diseduh dengan air panas akan menciptakan aroma khas yang menenangkan.  Setelah proses pemetikan, daun teh akan mengalami oksidasi dinama terjadi proses pemecahan krolofil pada daun dan juga terlepasnya unsus tanin . Sehingga jenis daun teh bisa ditentukan menurut proses oksidasinya apakah ingin teh yang berwarna terang, gelap, atau kehijauan. Menurut proses oksidasinya teh dibagi menjadi beberapa kelompok antara lain Teh Hitam, Teh Oolong, Teh Hijau dan Teh Putih.


Teh Hitam
Teh hiitam merupakan jenis teh yang paling banyak dijual dipasaran. Baik berbentuk bubuk ataupun masih berupa daun kering. Meskipun dinamakan teh hitam, tapi sebenarnya teh yang dihasilkan berwarna kemerahan, penamaan teh hitam berasal dari daun teh yang berwarna gelap dan kehitaman . Teh hitam dibuat dari daun teh yang mengalami proses oksidasi penuh dimana teh di angin-angin selama kurang lebih selama  16 jam atau ada juga yang sampai 1 hari sebelum melanjutkan ke proses selanjutnya.

Teh hitam dipercaya mendung kafein tertingi dibandingkan jenis teh lainnya. Dalam segelas teh hitam mengandung cafein sebesar 14 -70 mg. Teh ini banyak digemari karena memiliki aroma dan rasa yang lebih pekat dan kental. Teh hitam memiliki rasa yang sedikit pahit, tapi kebanyakan orang menyeduhnya bersama sedikit gula pasir untuk menambahkan cita rasa manis , sehingga lebih nikmat.

Teh Hijau
Teh hijau banyak diberitakan memiliki banyak sekali khasiat yang baik bagi tubuh, selain itu teh hijau juga dipercaya mampu menurunkan berat badan dan beragam khasiat lainnya. Tapi tak banyak yang tau mengapa teh hijau digadang-gadang lebih berkhasiat sedangkan pada dasarnya daun teh yang digunakan dalam pembuatan teh hijau maupun teh hitam itu sama.

Sedikit berbagi informasi, daun teh mengandung senyawa polinenol yang cukup terkenal yang dinamakan katekin dan flavanol. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang mampu menghalau radikal bebas dan juga mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh. Senyawa Katekin dan falvanol bisa menguap dan bahkan terpecah menjadi turunan senyawa lain pada proses oksidasi. Oleh karena itu Pada proses pembuatan teh hijau, daun teh yang telah dipetik segera dilakukan proses pelayuan atau pemanasan sehingga senyawa tersebut tidak banyak hilang pada proses oksidasi yang teralu lama. Oleh karena itu teh hijau mengandung lebih tinggi polifenol daripada teh lainnya.

Teh Oolong
Teh olong merupakan pertengahan antara teh hijau dan teh hitam, dimana pada saat pembuatan teh olong proses oksidasinya dilakukan lebih lama dari pada saat pembuatan teh hijau dan lebih cepat daripada saat pembuatan teh hitam.

Teh Putih
Teh Putih berasal dari daun teh yang tidak mengalami oksidasi, daun teh yang dipetik harus terlindungi dari paparan sinar matahari untuk mencegah terjadinya pembentukan klorofil daun. Oleh sebab itu pemetikan teh putih dilakukan sebelum mata hari terbit. Teh yang dipilihpun tidak sembarangan , diperlukan pucuk teh yang paling muda dan belum terbuka sempurna.  Selain itu setelah proses  pemetikan, daun teh langsung diolah ketahapan berikutnya demi menjaga kesegaran teh.

Teh putih ini memang belum banyak ditemui dipasaran, dikarenakan sedikitnya para pengrajin dan harganya yang tinggi masih menjadi kendala sulitnya masuk ke pasaran umum. Teh putih dipercaya memiliki kandungan kafein lebih rendah daripada teh jenis lainnya, karena rendahnya tingkat oksidasi daun saat pemetikan. Oleh karena itu teh putih dianggap lebih sehat dan lebih aman bagi lambung.

Selain berasal dari daun Camellia Sinensis, saat ini  banyak orang yang mengkonsumsi teh dari tanaman herbal lainnya yang memiliki manfaat yang beragam bagi tubuh. 10 Jenis teh herbal yang bagi bagi kesehatan antara lain :

1.       Teh  Rossella

Rossella merupakan nama tanaman hiasa yang berbunga merah cantik dengan nama latin Hibiscus Sabdariffa. Bunga ini berasal dari benua Afrika yang banyak dijadikan seduhan untuk  minuman hangat dimusim dingin.  Dalam pembuatan teh rosella yang diperlukan adalah bunga rosella yang sudah dikeringkan.  Adapun khasiat teh rosella antara lain :
  • Menjaga kesehatan kulit dan membuat kulit lebih kencang,  karena bunga rossella mengandung asam amino, protein esensial, dan Vitamin C
  • Menormalkan tekanan darah
  • Mencegah pengeroposan tulang, kandungan kalsium, kalium , Vitamin D dan Zat besi membantu mencegah pengeroposan tulang
  • Melindungi penyakit degeneratif, kandungan senyawa seperti zat fenolik berguna sebagai antioksidan yang melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit degeneratif yang sering muncul pada tubuh manusia seperti diabetes sampai kolestrol.


2.       Teh Chamomile

Chamomile adalah nama bunga yang memiliki kelopak bunga berwarna putih kecil. Khasiat teh chamomile bagi tubuh antara lain dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati sakit perut, mukositis dan dapat dijadikan sebagai pembersih mulut. Pada sebuah penelitian baru –baru ini juga ditemukan fakta bahwa teh chamomile dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah, yang artinya baik untuk mengontrol gula darah dan penderita diabetes.

3.       Teh Pappermint

Daun papermint memang sudah banyak digunakan baik sebagai penambah rasa pada minuman maupun makanan. Selain cantik dijadikan tanaman hias daun papermint juga bisa dijadikan teh yang memiliki rasa yang unik. Daun Papermint yang telah dikeringkan biasanya akan diseduh dengan air panas kemudian ditambahkan beberapa sendok madu sebagai pemanis alami.

Teh papermint bermanfaat memperbaiki pencernaan, mengurangi rasa sakit, dan menghilangkan peradangan. Selain itu teh papermint mampu mengobati mual muntah, demam, batuk, pilek dan aromanya membantu merelaksasi fikiran dan tubuh.

4.       Teh Mangrove

Teh ini memang unik, karena yang kita tau mangrove merupakan tanaman pinggir pantai untuk mencegah abrasi laut. Tapi siapa sangka daun pohon mangrove juga memiliki khasiat untuk tubuh. Daun mangrove ini memang masih jarang diketahui dan digunakan oleh masyarakat. Karena dalam daun mangrovedipercaya dapat meredakan asam lambung, menurunkan kolestrol dan mengandung antioksidan tinggi.

5.       Teh Genmaicha

Teh ini merupakan teh asli jepang yang terbuat dari daun teh yang dicampurkan butiran beras yang dipanggang, sehingga menghasilkan aroma yang harum dan berwarna hijau terang bahkan cendrung bening.

Teh genmaicha mampu mengobati migrain,  mengotol diabetes dan kolestrol dalam tubuh. Kandungan teh hijau didalamnya juga membantu melancarkan metaboliseme tubuh, dan kaya antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas dan polusi.

6.       Teh Mengkudu

Mengkudu atau nama latinnya Morinda Citrifolia merupakan tanaman yang mudah ditemui di Indonesia. Buah mengkudu juga dipercaya mampu mengobati berbagai macam penyakit. Daun muda pada pohon mengkudu juga banyak dijadikan olahan sayur dan makanan. Saya sendiri lebih suka membuat nasi goreng dengan tambahan irisan daun mengkudu muda, rasanya pahit gurih tapi tetap enak.

Teh mengkudu dipercaya mampu menyembuhkan asam urat, rematik dan kesemutan. Selain itu juga mampu menurunkan darah tinggi, menyeimbangkan kadar gula dalam tubuh, menghilangkan darah kotor , dan menyembukan sakit kepa, sariawan dan batuk flu.

7.       Teh Kelor

Pada tahun 2005 seorang peneliti asal Amerika Serikat bernama Jed W. Fahey, meneliti kandungan daun kelor. Kelor mengandung zat fitokimia yang dikandung didalamnya antara lain tanin ketekol, tanin galia, steroid, triterpenoid, flavonoid, saponin antrakuinon, alkaloid, dan gula pereduksi.  Sejak saat itu kelor mulai banyak diakui dan digunakan sebagai obat .

Teh kelor Berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan kerja otak , menurutkan kolestrol darah, mengontrol kadar gula, menyembuhkan asam urat dan meningkatkan satamina tubuh.

8.       Teh Lavender

Siapa yang tidak kenal bunga lavender, bunga yang satu ini banyak digandrungi karena memiliki warna yang cantik dan aromanya yang harum. Lavender memiliki aroma yang ringan namun membuat nyaman. Tak heran banyak produk kecantikan dan perawatan yang menggunakan aroma lavender sebagai variannya. Bahkan pada produk kebutuhan rumah tangga seperti sabun cuci piring, pembersih lantai dan pengharum ruangan wangi lavender tetap menjadi primadona.

Selain memiliki aroma yang menawan. Lavender juga bisa dijadikan teh yang memiliki manfaat bagi tubuh. Teh lavender dipercaya mampu mengatasi gangguan sulit tidur dan stress. Lavender memang terkenal memiliki aroma yang lembut dan menenangkan, tak jarang lavender dijadikan pilihan aroma relaksasi. Aroma nya yang harum juga membuat teh lavender ini mampu mengatasi bau mulut, menghaluskan kulit dan rambut. Selain itu teh lavender juga mampu mengatasi masalah pencernaan seperti perut kembung dan sakit perut.

9.       Teh Kulit  Manggis

Manggis dinobatkan sebagai ratu buah tropis. Bahkan manggis telah dikenal sebagai buah dengan kandungan antioksidan tertinggi. Tak heran saat ini banyak sekali produk kesahatan  dari ekstrak kulit manggis yang mulai bermunculan. Kulit buah manggis sudah dikenal memiliki manfaat yang sangat baik bagi tubuh antara lain : meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah penyakit kanker, mengandung antioksidan tingi untuk menangkal radikal bebas dan polusi serta mampu menurunkan darah tinggi.

10.   Teh Daun Tin

Buah tin adalah salah satu buah yang tertulis dalam Alquran. Dikatakan memiliki banyak sekali kandungan yang baik bagi tubuh seperti kaya serat, kalium, kalsium dan senyawa  benzadehida yang mampu mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.

Teh Daun tin Berkhasiat menguatkan tulang, melancarkan buang air kecil, memperkuat tulang dan gigi, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah kanker, menyehantakan jantung dan paru-paru, menyehatkan prostat, menjaga kesehatan kulit dan kaya anti oksidan.

Sebenarnya ada banyak jenis teh herbal lain yang berbedar , mungkin nanti akan dibahas di artikel selanjutnya.

Terimakasih sudah membaca


4 Comments

  1. Nice Artikel....

    ReplyDelete
  2. yang aku sudah coba hanya teh hijau , teh hitam dan teh putih

    ReplyDelete
  3. saya kok malah suka teh earl grey ya tapi itu sudah mengandung campuran buah bargamont

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)