Cara Mengubah Baju Bekas Menjadi Rupiah



Sahabat Qoeching,

Pakaian menjadi salah satu kebutuhan pokok kedua yang wajib dipenuhi setelah pangan,  meskipun pakaian yang dibutuhkan tak sebanyak dan serutin makanan tapi tetap saja pakaian menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Rasanya sulit dibayangkan melakukan aktifitas sehari-hari tanpa dibalut pakaian. Jangankan untuk berinteraksi dengan orang lain, untuk melakukan pekerjaan didalam rumahpun rasanya tidak nyaman. Hal ini dikarenakan faktor budaya masyarakat sekitar pada umumnya, dan kebiasaan yang telah dilakukan seumur hidup. Karena memang masyarakat kita menganggap orang yang tidak berpakaian hanya orang yang kurang akalnya.



Oleh karena itu sempat viral sebuah video seorang turis asing yang berbelanja ke sebuah toko tanpa mengenakan pakaian sehelai benangpun. Viralnya video dikarenakan “keanehan” prilaku pelaku bagi masyarakat, tapi mungkin bagi turis tersebut “bertelanjang” adalah hal yang biasa dinegaranya. Spanyol menjadi salah satu negara  yang membebaskan warga dan turis asing untuk “telanjang” didepan umum. Tapi di Indonesia, jangankan bertelanjang ria didepan umum. Menyebarkan foto “topless” saja bisa diancam hukuman pidana terkait konten pornografi. Jadi sudah terbayangkan betapa pentingnya sebuah pakaian bagi status sosial dimasyarakat. Selain itu pakaian juga melindungi tubuh dari paparan sinar matahari, angin dan debu.

Nah, kembali lagi soal pakaian tentu setiap orang memiliki stok pakaian bekas yang tidak terpakai dengan berbagai alasan, seperti kekecilan, kusam, bosan, robek, terlalu besar dan banyak alasan lain yang membuat pakaian itu tidak terpakai. Daripada membuat pakaian bekas menumpuk dilemari lebih baik manfaatkan pakaian-pakaian bekas tersebut untuk mengais pundi-pundi rupiah. Dengan cara berikut :
Lakukan Ini Untuk Mengubah Baju Bekas Menjadi Rupiah
Sumber Gambar: www.kidspot.com.au

JUAL PAKAIAN BEKAS LAYAK PAKAI

Pakaian bekas layak pakai yang sudah tidak kamu inginkan, bisa jadi menjadi pilihan bagi orang lain untuk memakainya. Kamu bisa menjual pakaian bekaskamu di beberapa situs online seperti olx, carousell, tokopedia dan banyak situs online lainnya.

Sebelum dijual sebaiknya periksa kembali pakaian yang ingin dijual, buat daftar kekurangan dari pakaian tersebut. Misalkan kamu temukan ada satu kancing yang hilang, atau sedikit robek dibagian tertentu. Tulisakan semua kekurangan atau cacat yang ada dipakain tersebut dengan rinci agar pembeli tau secara detail pakaian yang kamu jual dan tidak menyesal setelah membelinya. Jika kamu sudah menuliskan keterangan tersebut dan pembeli masih menerimanya, berarti kekurangan tersebut masih bisa ditolelirnya dan kamu tidak perlu merasa bersalah karena konsep transaksi jual beli tersebut memang sudah terbuka dan apa adanya.

Jangan lupa untuk mencuci baju bekas yang ingin kamu jual sebelum memasangnya disosial media, pastikan juga baju tidak memiliki bau yang tidak sedap dan noda . Dan pasang foto terbaikmu agar orang yang melihatnya bisa tertarik. Atau kamu juga bisa membuat bazar kecil-kecilan jika memiliki cukup banyak pakaian bekas dirumah.
Harga yang ditawarkan sangat bervariatif tergantung merk, kondisi dan jenis pakaian yang kamu jual. Jadi pertimbangkan dengan cermat berapa harga yang pantas.


PERMAK PAKAIANMU MENJADI LEBIH CANTIK

Kalau kamu memiliki pakaian yang masih layak tapi sedikit ketinggalan jaman, atau terlalu kuno maka sebaiknya kamu melakukan beberapa modifikasi kecil pada pakaianmu. Kamu bisa menambahkan beberapa manik-manik, kancing atau  renda bermotif pada pakaianmu sehingga membuat gaya baru yang lebih fresh dan tentunya lebih menarik. Jika kamu memiliki mesih jahit, kamu bisa menambahkan beberapa kantung atau mix match dengan pakaian lain yang tidak terpakai. Pakaian yang dibuat kembali biasanya memiliki harga yang lebih tinggi jika kamu terampil memadukan dan memiliki jahitan yang rapih dan layak pakai. Untuk harga kamu bisa memperhitungkannya sendiri sesuai dengan ongkos yang sudah dikeluarkan, tapi jangan terlalu tinggi ya karena berasal dari barang bekas, tentu nilainya tidak sama dengan barang baru.


Kamu bahkan bisa membuat pakaian baru dari pakaian bekas yang sudah tidak terpakai. Kalau sudah cantik begini, rasanya sayangkan untuk dimiliki orang lain.

Sumber gambar : Instagram/apajashop_mochie



UBAH PAKAIAN BEKAS MENJADI BARANG YANG LEBIH BERGUNA

Jika memang pakaianmu sudah tidak layak pakai, kamu bisa mengubahnya menjadi barang yang lebih berguna. Ada banyak sekali kerajinan yang berasal dari pakaian bekas seperti keset dari kaos, tas ransel dari celana leviz bekas, sendal , dan banyak lagi kerajinan lain yang dapat mengubah pakaian bekasmu  memiliki nilai lebih.

Dalam hal ini dibutuhkan sedikit kreatifitas dan improvisasi, tapi jangan takut jika kamu belum bisa menjualnya ke orang lain, kamu bisa memakainnya sendiri dirumah. Setidaknya pakaianmu bisa lebih berguna daripada hanya disimpan dilemari.

Barang yang paling mudah dibuat dari pakaian bekas adalah keset dari kaos. Untuk membuatnya pertama-tama mari kita siapkan alat dan bahan yang diperlukan.

Sumber gambar : amijindan_niah

Alat dan Bahan :
  • 2 buah kaos bekas dengan motif atau warna berbeda
  • Gunting
  • Lem tembak
  • Jarum
  • Benang



Langkah Pembuatan :

  • Pisahkan lengan kaos dengan bagian badan, kemudian gunting kaos secara horizontal setebal 10 -15 cm sampai bagian kaos habis.
  • Gunting satu sisi kaos yang sudah dipotong sehingga berbentuk memanjang, dan berbentuk tali.
  • Bagi menjadi tiga bagian dan sambungkan tali yang satu dengan tali yang lain dengan menggunakan jarum,
  • Setelah itu ambil 3 buah tali dari potongan kaos tersebut kemudian buat simpul mati diujungnya, buat simpul kepang sampai ke ujung tali dan ikat kembali,
  • Setelah tali teranyam, lilit tali melingkar dan rekatkan dengan lem tembak disisinya, jahit kembali keset dengan menyambungkan bagian satu dan lainnya agar lebih kuat.


Nah ternyata mudahkan membuatnya, dipasaran keset kaos seperti ini berkisar antara Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 20.000 / buah tergantung ukurannya.

Pakaian bekas masih memilki nilai komersial yang tinggi jika kita memberikannya sedikit saja kreatifitas. Jadi jangan biarkan pakaian tidak terpakai telalu lama bertengger dilemari.

Selamat Mencoba


2 Comments

  1. Saya juga biasanya menyulap baju bekas menjadi lap atau keset. Tetap bisa dipakai untuk keperluan sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaaa... selain memanfaatkan kembali, itu juga termasuk pengiritan ya bund. jadi gak perlu beli lap lagi ..

      Delete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)