Wisata Jakarta : Berenang Murah Meriah di Waterpark Bekasi


Lebaran tahun ini memang saya dan suami memilih untuk tidak ikut pulang kampung, baik ke kampung mertua atau pun orang tua. Karena memang banyak PR yang harus dikerjakan dan memang sedang berusaha meminimalisir pengeluaran bulan ini.  Maklum walaupun hanya sekedar bersilaturahmi, acara pulang kampung memang menyedot cukup banyak pengeluaran dari yang besar sampai yang kecil. Jadilah kami berlibur di Jakarta saja, sekalian menjaga benteng  ibu kota tetap terlihat hidup walaupun sedikit sunyi.


Tapi itulah yang saya sukai,  setiap lebaran Jakarta menjadi kota tentram. Tidak ada lagi macet, polusi, bising kenalpot, dan kehirukpikukannya yang setiap hari melanda. Saat lebaran Jakarta menjadi lebih nyaman, Sedikit sunyi, dan lancar. Meskipun begitu tetap butuh waktu cukup lama untuk sekedar mencari makan, bukan karena macet tapi karena memang pedagang yang buka memang lebih sedikit dari biasanya.

Saat anak-anak dan masmisua mulai protes liburan yang cuma dirumah, barulah saya sedikit memutar otak mencari tempat rekreasi didalam kota sekedar mengisi waktu, tapi tetap terjangkau dengan dompet yang mulai kembang kempis. Mamak dari dulu memang selalu jadi pantia tersibuk soal apapun, mulai dari perencanaan sampai eksekusi lapangan, dan bapaknya cuma terima beres sampai soal pendanaan. Sebenarnya banyak tempat di Jakarta yang bisa didatangi, mulai dari rekreasi alam, wisata sejarah, pemandian, Mall, dan banyak lagi. Tapi balik lagi ketema awalnya, MURAH MERIAH tentunya.

Dikutip dari Viva.co.id , Jakarta menjadi kota dengan mall terbanyak didunia saat ini, dengan jumlah mall mencapai 173 unit. Bisa dibayangkan bahwa Jakarta menjadi surga belanja dan hiburan bagi para penduduknya. Di Mall anak-anak bisa bermain, makan, dan orang tua berbelanja sekaligus dalam satu tempat. Tapi meskipun saya pribadi juga sering ke Mall,  sebenarnya saya lebih suka kegiatan dan aktifitas diruang terbuka hijau, apalagi untuk anak. Jadi saya fikir, terlalu biasa (baca : Boros) rasanya kalau anak-anak liburan cuma main ke mall. Hahah.. apalagi kalau di mall, Gen orang tua yang menurun ke anak mulai nampak. Anak – anak jadi hobi tunjuk sana sini, mau ini itu, bikin pusing sendiri. Belum lagi masalah menahan diri dari diri sendiri yang juga lapar mata lirik kanan kiri. Itulah MASALAH sebenarnya. Oke fix, Mall saya skip.


Selain mall, di Jakarta juga cukup banyak wisata sejarah dan ilmu pengetahuan. Contohnya saja di TMII disana terdapat banyak musium dan contoh rumah adat yang ada di Indonesia. Ada juga Museum Bank Indonesia di kota tua, atau pelabuhan sunda kelapa. Dan Taman Marga Satwa Ragunan juga menjadi tempat yang masih banyak dipilih sampai saat ini. Beberapa tempat wisata ini sempat saya ajukan, tapi ditolak bahkan sebelum saya sempat memberikan penjelasan kegunaan berwisata kesini.

Sedangkan wisata alam, Jakarta juga memiliki wisata hutan mangrove di Pantai Indak Kapuk, Pantai Indah Ancol yang juga menawarkan parorama pantai yang indah dan Permainan yang menantang. Dan dari beberapa tempat yang diajukan untuk liburan, anak-anak lebih memilih untuk berenang dan didukung masmisua akhirnya.

Jadi malam itu saya sibuk mencari beberapa tempat renang yang nyaman, seru, tapi tetap terjangkau. Ekspektasi anak-anak memang cukup tinggi, seperti biasanya. Rio bahkan sudah request ban double bahkan sebelum kami menentukan pilihan tempat renangnya. Yang intinya Ban double hanya ada di WATERBOOM. Tapi Harga Tiket Waterboom saat High Season seperti sekarang ini pasti jauh lebih tinggi, belum lagi jarang ada kupon promo yang bisa dipakai saat musim liburan seperti ini.

Masmisua menyerngitkan dahi, minimal kita beli 6 tiket kali ini tinggal dikalikan HTM. Biasanya memang selalu begini, tapi tahun ini kami benar – benar dalam level krisis yang diambang mengkhawatirkan jadi kami mencari alternatif lain yang lebih aman.

sumber gambar : Instagram/hujansorre


Setelah membaca kesana kemari, plilihan akhirnya sampai ke Galaxy Tirta Mas yang ada dibekasi. Tempat ini jadi pilihan karena memang kami belum pernah kesini, jadi anak-anak tidak akan bisa menolak dan membuat alasan “ketidaksukaan”. Selain itu jaraknya cukup dekat dan yang terpenting harganya cukup terjangkau. HTM nya dibandrol Rp. 35.000 / orang, dan anak-anak usia diatas 2 tahun diwajibkan membayar tiket. Masmisua bahkan double checking dengan menelpon langsung ke officenya, sekedar berjaga-jaga kalau informasi harga yang kami dapatkan dari situs online memang benar. Di hari biasa Harga tiketnya hanya Rp. 30.000 / orang, sedikit lebih mahal tapi masih terjangkau.

Galaxy Tirtamas Waterpark ini berada di Jln. Boulevard Barat Raya Blok D No. 1, Jaka Setia, Bekasi Selatan. Jangan tanya saya soal keluar tol mana, dan patokannya ya. Cukup Tanya Mbah google di smartphone, beliau pasti tau dan memberikan peta lokasinya. Banyak juga artikel ulasan tentang tempat ini di internet, dan hampir rata-rata memberikan penilaian “CUKUP”,  atau sebanding dengan harganya. Saya juga tidak memberikan ekspektasi terlalu tinggi mengingat harga yang ditawarkan.


Soal fasilitas yang ada rasanya kurang fair kalau saya mengomentari saat pertama kali datang di musim liburan. Karena tentu semahal apapun HTMnya, saat high season seperti ini baik fasilitas dan pelayanan jadi sedikit lebih menurun dari hari biasanya. Tapi intinya, di Galaxy Tirtamas ini ada beberapa kolam untuk anak, mulai dari kiddy poll, kolam arus, kolam anak dan seluncuran. Ada juga kolam orang dewasa di sisi kiri. Anak-anak cukup senang bermain disini, meskipun tanpa ban double. Yes, Mamak sukses.

Disini juga ada beberapa outlet makanan yang menawarkan jajanan seperti ayam fried chicken, gorengan, lauk pauk, Pop mie , es dan lainnya. Diperaturan tertulisnya memang tidak diperkenankan membawa makanan dari luar, jadi saya hanya membawa beberapa botol minuman untuk didalam dan lolos. Tapi setelah masuk ternyata banyak juga pengunjung yang membawa makanan dari luar bahkan dari rumah. Terbukti rendang dan opor ayam hadir di setiap meja pengunjung. Ah... jadi sedikit menyesal meninggalkan makanan di mobil tadi.

Disini tempat duduk pun tersedia hampir disepanjang tepian kolam. Hanya saja saat musim liburan seperti ini, saya kurang gesit untuk berebut tempat. Alhasil sekeluarga duduk ngampar beralaskan plastik, Tapi bersyukur masih nyaman.

Kekurangan yang memang agak sulit ditolelir bagi saya pribadi adalah kurangnya fasilitas toilet dan bilas. Saya mengantri cukup lama untuk sekedar bilas dan berganti pakaian, belum lagi pasokan air yang minim di toilet wanita. Hulft.....

Petugas kebersihan juga jarang berkeliling mengecek sampah, jadi banyak pengunjung yang meninggalkan sampah ditepian kolam. Bak-bak sampah penuh. Hulft... apalagi saya yang harus duduk dibawah, rasanya agak risih harus duduk dan makan sedangkan disampingnya banyak sampah berserakan.


Terlepas dari ketidaknyamanan saya yang duduk menunggu anak-anak dipinggir kolam, anak-anak malah enjoy bermain dalam kolam. Dan itu tujuan utamanya.

Jadi saat pulang mereka tidur nyaman di kursi belakang saking lelahnya bermain air. Liburan kali ini memang cukup sederhana, tapi setidaknya kita sudah bersenang-senang hari ini.

Jadi dimana liburanmu kali ini, sahabat ?

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)