Implementasi Cinta Tanah Air Pada Kehidupan Modern



“ Tanah airku tidak kulupakan
Kan terkenang selama hidupku
Biarpun saya pergi jauh
Tidak’kan hilang dari kalbu
Tanahku yang ku cintai
Engaku ku hargai “
Judul : Tanah Airku , Pecipta: Ibu Sud.



Lagu Tanah Airku merupakan salah satu lagu yang didalamnya terdapat banyak sekali pesan yang mendalam. Bahkan entah kenapa setiap kali mendengar lagu ini hati saya seperti meleleh haru. Zaman dulu, lagu nasional banyak diputar di radio bahkan ditelevisi jadi tak heran anak-anak zaman itu sudah familiar dengan lagu-lagu nasional, termasuk saya. Di sekolah pun pada saat upacara bendera baik upacara rutin setiap Senin atau dalam acara tertentu  lagu-lagu nasional juga kerap dinyanyikan oleh paduan suara sekolah. Jadi mau tidak mau mereka akhirnya menghafalnya diluar kepala.

Sumber gambar : Instagram/qoechingphie

Sekarang ini lagu-lagu nasional sudah sangat jarang terdengar, kecuali diacara-acara kenegaraan atau upacara bendera, itupun tak semua lagu nasional dibawakan hanya beberapa lagu saja mungkin. Anak-anak lebih menghafal nyanyian dari band atau penyanyi kesanyangannya daripada lagu-lagu nasional Indonesia. Padahal lagu nasional sarat akan makna dan bisa menambah rasa cinta terhadap tanah air Indonesia.

Dulu karena cintanya terhadap tanah air Indonesia, Para pahlawan rela berkorban jiwa dan raga untuk membebaskan Indonesia dari para penjajah. Rela mati , bertempur digaris depan agar anak cucunya nanti bisa hidup dengan tenang tanpa perlu lagi ditindas dan diintimidasi orang asing yang hanya ingin menguasai Indonesia untuk kepentingan mereka sendiri. 17 Agustus 1945 bukan hanya tanggal kemerdekaan. Lebih dari itu, hari Kemerdekaan  17 Agustus 1945 adalah simbol puncak rasa cinta dan keikhlasan ribuan pahlawan yang rela mati untuk Indonesia. Jadi, Selayaknya kita sebagai generasi penerus bangsa yang menikmati kemerdekaan dan hidup dalam keadaan merdeka bisa lebih menghargai jasa para pahlawan,  Serta turut serta menjaga tanah air Indonesia.

Berbicara mengenai cinta tanah air, dizaman modern sekarang ini tentu memiliki makna yang sangat luas. Mencintai tanah air bukan hanya berarti  rela berkorban jiwa dan raga, cinta tanah air itu bukan selalu harus berada di garis depan dalam pertempuran melawan para penjajah karena kita sudah merdeka saat ini. Cinta tanah air juga bisa diartikan melakukan hal yang terbaik sepenuh hati untuk tanah air ini, untuk Indonesia.

Bentuk Kecintaan terhadap tanah air dijaman sekarang bisa diimplementasikan diberbagai sektor kehidupan akan tetapi tujuannya satu, Untuk menjadikan Indonesia lebih baik.

KEHIDUPAN SOSIAL
Dalam kehidupan sosial, kecintaan terhadap tanah air bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti :

Menghargai dan menghormati perbedaan yang ada di Indonesia
Indonesia adalah negara majemuk yang terdiri dari berbagai macam suku, budaya, agama yang tersebar dari Sabang sampai Meraoke. Tercatat menurut sensus BPS tahun 2010 Indonesia memiliki lebih dari 1.340 suku bangsa. Dan tentu setiap sukunya memiliki kultur dan adat istiadat tersendiri. Indonesia tidak menggambarkan satu budaya saja, atau hanya satu agama atau satu suku saja, Indonesia adalah indentitas bersama.

Dalam pidatonya di Surabaya pada september 1955, Presiden Soekarno yang saat itu menjadi presiden pertama bagi Indonesia mengatakan bahwa Indonesia adalah wadah pemersatu keberagaman dari semua penduduknya. Wadah dimana setiap orang, baik yang beragama Islam, Katolik, Kristen Protestan, Hindu-Bali dan lainnya bisa diterima oleh setiap orang. Karena bapak presiden kita tau betul, bahwa Indonesia terbentuk dari keberagaman itu sendiri.

Jadi sudah sepatutnya kita untuk saling menghormati perbedaan yang ada di Indonesia, saling menghargai dan meyangayi satu sama lain sebagai saudara sebangsa dan setanah air. Serta tidak membeda-bedakan orang lain  berdasarkan suku, agama, kelompok. Karena pada dasarnya kita adalah satu, Indonesia.

Menjaga kesatuan dan persatuan antar sesama
Ketika masyarakat mampu untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan yang ada, maka tentunya akan mempererat rasa persatuan dan kesatuan antar sesama. Saling bantu dan saling menjaga menjadikan lingkungan kondusif dan aman dari berbagai serangan hoax,  sara atau tindakan lainnya yang memecah belah masyarakat.

sumber gambar : Pinterest
Mereka yang melakukan trik tertentu untuk memecah pelah masyarakat tentu memiliki tujuan khusus dibaliknya. Kita sadar betul bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alamnya, Negara yang memiliki banyak sekali potensi didalamnya. Jadi jangan hanya karena urusan sepele, kita memusuhi saudara sebangsa kita dan sehingga dengan mudahnya mereka yang memiliki kepentingan menjajah Indonesia tanpa kita sadari.

Dijaman modern seperti ini, penjajahan tidak lagi berbentuk fisik. Tapi lebih jauh dari itu, diera modern penjajahan dilakukan pada akal, emosi bahkan kehidupan secara langsung tanpa kita sadari.

Rakyat kita begitu mudahnya dipengaruhi oleh isu-isu perpecahan, padahal jelas bahwa semboyan negara kita adalah Bhineka Tunggal Ika, yang artinya berbeda-beda tapi tetap satu juga. Tapi nyatanya, sejak jaman penjajahan Belanda dulu rakyat Indonesia dengan mudahnya saling menyerang satu sama lainnya hanya karena diiming-imingi segelintir kekuasaan dan harta. Inilah strategi adu domba yang sukses dilakukan oleh Belanda kepada rakyat kita pada masa itu. Dan setelah lebih dari 73 tahun Indonesia merdeka, Ironisnya kita masih memiliki mental yang sama.

Untuk merubahnya, dibutuhkan kemauan yang tulus dari dalam hati , belajar menghormati perbedaan yang ada, menjalin hubungan yang erat dan saling mengasihi dalam kehidupan bermasyarakat. Dan itu semua bisa dilakukan berawal dari diri sendiri.

BUDAYA
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa Indonesia memiliki lebih dari 1.340 suku yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dan tentunya setiap suku tersebut memiliki kebudayaan khas yang berbeda disetiap tempat. Baik bahasa, makanan khas, baju adat daerah, nyanyian , dan bahkan gaya hidup masyarakatnya. Tak heran kalau UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menyebut Indonesia sebagai negara super power dalam bidang budaya. Karena tidak ada negara manapun didunia yang memiliki kekayaan budaya yang beragam seperti Indonesia. Sayangnya, dari ratusan budaya Indonesia yang kita miliki hanya 17 budaya yang diakui UNESCO sebagai budaya asli milik Indonesia. 
sumber gambar : Pinterest

Mencintai tanah air juga berarti mencintai semua budaya yang ada di Indonesia. Jadi kita sebagai gernerasi penerus bangsa memiliki kewajiba untuk menjaga dan mengangkat budaya Indonesia ke mata dunia dengan cara :

Bangga dengan budaya Indonesia
Berkembangnya teknologi membuat semua orang dapat dengan mudah berbagi dan mengakses informasi dari berbagai belahan dunia hanya dengan handphone atau PC. Selain itu masuknya berbagai produk luar ke Indonesia juga ikut mempengaruhi gaya hidup orang-orang jaman sekarang ini. Pada akhirnya sedikit demi sedikit mengakibatkan budaya Indonesia tersisihkan oleh oleh serangan budaya asing dari berbagai sektor.

Contoh kecilnya saja, generasi muda jaman sekarang lebih mencintai musik barat atau musik luar negeri lainnya daripada musik khas Indonesia. Padahal Indonesia memiliki musik khas yang unik dan kental akan budayanya, banyak turis datang ke Indonesia hanya untuk belajar dan mengenal alat musik Indonesia tapi kita sebagai generasi penerus malah mengabaikannya.

Selain itu, banyak generasi muda di era modern sekarang ini menggunakan bahasa gaul buatan mereka sendiri yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang benar. Padahal diluar negeri sana bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa yang banyak dipelajari di beberapa Universitas, seperti Hankuk University di Korea Selatan, University of Shouthern dan Tokyo University of Foreign Studies di Jepang. Tidak hanya belajar bahasa Indonesia, mereka juga belajar tentang budaya yang ada di Indonesia. Mereka faham betul bahwa kebudayaan Indonesia adalah bagian dari kebudayaan dunia yang harus dilestarikan.
Jadi, kita sebagai anak bangsa seharusnya merasa bangga dengan kekayaan budaya yang dimiliki oleh negara kita karena mereka yang bukan dari Indonesia pun sangat antusias ingin mempelajari budaya kita.

Ikut melestarikan budaya Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung
Sebagai warga negara kita juga harus berperan aktif melestarikan budaya Indonesia dengan berbagai cara tentunya sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Contohnya seperti saya yang suka menulis blog, dengan mengenalkan budaya Indonesia dari sektor kuliner yang yang sangat kaya dan sangat beragam. Atau mungkin anda seorang musisi, juga bisa membuat aransemen lagu dari alat musik Indonesia dan mengenalkannya pada dunia. Atau mengenalkan budaya Indonesia dengan fashion yang dipadukan dengan kain adat khas dari berbagai daerah di Indonesia. Beberapa fashion designer dari Indonesia seperti Dian Pelangi, Vivi Zubaedi, Yurita Puji dan Agus Lahinta, dan desaigner lainnya juga ikut serta melestarikan budaya Indonesia dan sekaligus mengenalkan budaya Indonesia kepada dunia lewat karya-karyanya.


Ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk melestarikan kebudayaan Indonesia, coba tanyakan pada diri sendiri apa yang bisa saya lakukan untuk Indonesia.

Belajar tetang keanekaragaman budaya Indonesia
Mungkin kita hanya terlahir dari keturunan satu atau perpaduan dua suku di Indonesia, tapi tidak lantas kita hanya mengenal dan melestarikan suku tersebut.

Belajar mengenal keanekaragaman suku di Indonesia bermanfaat bukan hanya untuk diri sendiri sebagai sarana menambah wawasan, tapi juga untuk negara. Kepunahan tradisi daerah saat ini dikarenakan minimnya jumlah generasi muda yang melestarikan budaya atau tradisi tersebut karena dianggap kuno atau sudah ketinggalan jaman. Akhirnya budaya yang ada semakin hari semakin menghilang bahkan dari tempat asalnya karena tidak ada yang meneruskan.

SEKTOR EKONOMI
Tidak hanya dalam kehidupan sosial dan budaya, kecintaan terhadap tanah air Indonesia juga seharusnya tercermin dalam prilaku kehidupan ekonomi sehari-hari. Karena bagaimanapun perekonomian suatu negara juga menjadi satu hal yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Dikutip dari CNBC Indonesia pada Februari 2018, Indonesia masuk kedalam 20 negara yang memiliki ekonomi yang kuat ditinjau dari nilai PDB (Produk Domestik Bruto). Indonesia berada di urutan ke-16 dengan jumlah nilai PDB sekitar US$ 4.940 miliar. Oleh itu kita sebagai warga negara dan juga konsumen, diharapkan mampu mendukung perekomian indonesia dengan cara :

Membatasi penggunaan produk import
Saat negara mengalami kondisi surplus negatif, dimana nilai impor lebih besar daripada nilai ekspor. Maka negara tersebut akan mengalamin inflasi atau melemahnya nilai tukar mata uang rupiah terhadap Dolar Amerika. Dan yang terjadi kemudian adalah kenaikan harga produk yang tak terkendali dipasaran.


Oleh karena kita sebagai pelaku ekonomi sebaiknya membatasi penggunaan barang-barang import, baik produk mentah maupun produk barang jadi.

sumber gambar : Pinterest

Menggunakan produk lokal Indonesia 
Masih banyak orang yang beranggapan bahwa produk impor lebih baik daripada produk lokal Indonesia. Padahal banyak juga produk Indonesia yang sudah diakui dunia karena kualitas dan nilai seninya yang tinggi.

Pemikiran seperti inilah yang harus dirubah dari masyarakat sekarang ini. Menggunakan produk lokal asli Indonesia tidak hanya bermanfaat bagi kita sebagai pembeli yang mengguakan barang/jasanya, tapi juga untuk penjual dan masyarakat di sekitar tempat usaha. Karena dengan suburnya usaha lokal diharapkan mampu menyerap sumber daya manusia disekitarnya. Selain itu juga produk-produk lokal yang dijual keluar negeri bisa menjadi pemasukan bagi negara itu sendiri.


Jadi menggunakan produk lokal Indonesia adalah salah satu langkah yang baik untuk membangun ekonomi baik dari sisi pengusaha maupun untuk negara.

Menggunakan Rupiah dalam transaksi pembayaran
Setiap orang yang melakukan transaksi pembayaran diseluruh wilayah Indonesia diwajibkan menggunakan mata uang Rupiah. Hal ini sesuai dengan Undang – Undang No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang. Di dalam Pasal 23 ayat (1) diatur bahwa rupiah menjadi alat pembayaran atau penyelesaian kewajiban dalam transaksi keuangan di dalam negeri. Namun, ketentuan dalam UU itu mengecualikan adanya penerimaan rupiah dalam hal adanya keraguan atas keasliannya. Hal ini juga kembali ditegaskan dalam Peraturan BI No. 17/3/PBI/2015. Sebagai lembaga Keuangan negara, BI memiliki tugas yang penting dalam menjaga nilai rupiah ini tetap stabil dipasaran.

LINGKUNGAN
Sebagai warga negara dan wujud cinta tanah tanah air Indonesia, kita memiliki peranan penting dalam menjaga kelestarian Alam Indonesia. Karena memiliki iklim yang tropis, Indonesia menjadi surga bagi para hewan dan tumbuhan. Ada banyak sekali tempat di Indonesia yang menyuguhkan keindahan alamnya mulai dari hutan, pegunungan, patai, dunia bawah laut, serta keanekaraman flora dan faunanya. Tak heran banyak wisatan mancanegara yang datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan alamnya.


sumber gambar : Pinterest

Tapi yang sangat disesali adalah ada banyak sekali kerusakan alam yang disebabkan oleh para oknum yang tidak bertanggung jawab, seperti penebangan hutan secara liar, tercemarnya air laut atau sungai akibat limbah pabrik dan sampah yang akhirnya merusak ekonsistem lingkungan.


Padahal, Menjaga kelestarian alam memiliki banyak sekali manfaatnya dalam hidup. Baik untuk diri sendiri, orang lain, lingkungan bahkan untuk negara kita. Dengan menjaga kelestarian alam diharapkan kedepannya Indonesia dapat menjadi negara yang sehat dan Asri untuk ditinggali dengan cara :

Tidak membuang sampah sembarangan,
Saat acara ASEAN games 2018 lalu,  ada sedikit pristiwa yang sebenarnya cukup membuat linu yaitu ketika para supporter asal jepang memunguti sampah di Area Stadion. Ironinya, kenapa bukan kita yang melakukan hal tersebut sebagai tuan rumah.

Kebiasaan membuang sampah sembarang memang menjadi satu hal yang masih sulit dirubah oleh masyarakat Indonesia. Banyak orang masih menyepelekannya, padahal sampah yang berserakan selain merusak keindahan juga menyebabkan pencemaran lingkungan.

Meskipun pemerintah daerah sudah membuat sebuah peraturan tentang larangan membuang sampah sembarangan lengkap dengan ancaman denda untuk pelanggarnya, tetap saja tidak membuat kita sadar atau bahkan sekedar takut.

Perlunya edukasi menyeluruh tentang larangan membuang sampah sembarangan keseluruh lapisan masyarakat memang perlu digalakkan lebih keras. Kita sebagai warga negara yang mencintai Indonesia sebagai tempat hidup harusnya ikut menjaga lingkungan kita sebagai wujud rasa terimakasih. Dan banyak hal lain yang bisa dilakukan seperti : 
  • Melakukan pemisahan sampah organik nonorganik secara mandiri
  • Menggunakan sarana transportasi umum dalam berpergian guna mengurangi polusi udara
  • Menggunakan air bersih secukupnya
  • Hemat Lisrik

Selain hal-hal yang bisa kita lakukan sendiri diatas, kita juga bisa mengajak para generasi muda penerus bangsa untuk belajar mencintai Indonesia. Dengan begitu diharapkan muncul rasa nasionalisme yang tinggi dan rasa cinta terhadap tanah air.

Untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti menceritakan kisah para pahlawan yang ada di Indonesia diharapkan dapat membangkitkan rasa nasionalisme pada jiwa anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. Menceritakan kisah para pahlawan juga mengajarkan nilai-nilai kehidupan karena tentu pada setiap cerita memilki tujuan yang ingin disampaikan.

Bersyukurnya, sekarang ini banyak produser film dan Penerbit yang menyajikan kisah para pahlawan Indonesia. Tentu selain menjadi hiburan, film dan buku ini juga menjadi sarana pembelajaran bagi generasi penerus bangsa. Semoga kedepannya, Industri film maupun buku lebih banyak mengangkat kisah hidup para pahlawan dari berbagai daerah dari Sabang sampai Merauke. Agar bisa mengenal dan belajar bagaimana para pahlawan berjuang untuk tanah air tercintanya.

Selain itu kita juga dapat mendukung adik-adik kita dalam berbagai keterampilan yang dimiliki untuk mengikuti perlombaan skala internasional agar dapat mengharumkan nama bangsa Indonesia dimata dunia.

Jadi, Sebagai bentuk rasa cinta kita dapat melakukan apapun yang kita bisa, untuk tanah air Indonesia.

Salam Jaya Indonesiaku

Referensi :



Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tantangan :
#OneDayOnePost
#ODOP_6
#nonfiksi

loading...
loading...

3 Comments

  1. Saya baca panjang-panjang begini, saya sangkain Mbak Silvie lagi ikutan lomba. Ternyata one day one post tho..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaaa...
      Emang awalnya buat lomba kak,
      Eh aku ketiduran,
      Lewat deh deadlinenya..


      Yasudahlah jadi post dimari aja..
      Kok tauuuuuuaaann sih,
      Mbah dukun ya ?
      Heheheheh

      Delete
  2. Jadi semakin berkaca diri dan introspeksi diri bahwa kita itu sama dan hidup di tempt yang sama, kita tidak bisa tanpa mereka dan saling membutuhkan satu sama lain. Andai saja emosi dan keegoisan itu bisa diredam mungkin kita bisa menjadi negara dengan bangsa yang terkuat...

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak