Jadi Blogger itu Bikin Pinter loh



Malam ini mamak terpaku di teras depan seperti biasa, ditemani laptop, colokan, handpone, kipas angin, kopi, dan angin malam yang aduhai. Enggak ada cemilan hari ini, soalnya mamak lagi diet dompet. Heheh



Kali ini entah  saat menulis kenapa otak rasanya seperti ngelag, stuck tanpa pencerahan sama sekali. Jari-jemari berdiam diri cukup lama diatas keyboard menunggu perintah, tapi tidak ada satupun kata yang keluar. Mungkin karena harus memikirkan hal-hal yang tidak terlalu dikuasai, Jadi otak harus bekerja lebih keras untuk menguraikan materinya. Hasilnya, ngelag MODE ON.

Jadi sambil stabilisasi otak , mamak curhat disini. Lari-lari kecil dulu sebelum sprint nantinya. Jadi mohon bersabar mendengarkannya ya. 

Yang membuat otak sampai panas seperti karena  mamak sedang mengurai topik soal ekonomi, Dasyat. Padahal  kuliah dulu cuma ambil administrasi perkantoran, meskipun memang ada benang merahnya tapi skala kemiripannya kecil dan konfilknya pun tidak terlalu rumit.

Tapi  walaupun kadang memusingkan, meruwetkan dan sampai bikin enggak bisa makan, menurut mamak pribadi, ngeblogg itu bikin pinter loh. Serius !!

Ngeblog itu bukan cuma jadi sarana curhat, atau keinginan meluapkan perasaan atau fikiran dalam bentuk kata-kata. Lebih dari itu, ngeblog juga menjadi salah satu sarana mentransfer informasi atau pandangan dari penulis ke pembaca. Tak heran media massa seperti  web, koran dan lainnya yang sejenis,  sekarang ini memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap kehidupan masyarakat meskipun secara tidak langsung.

Tidak semua tulisan bisa disebut berita ya, tapi setiap tulisan setidaknya memiliki muatan infromasi. Contohnya, seorang ibu menuliskan tentang pengalamannya mengimunisasi anaknya diblog. Meskipun bukan berbentuk berita tapi pembacanya  mendapatkan infromasi  tentang imunisasi, walupun memang informasi tersebut mungkin tidak bersifat umum.  


Sebagai pembaca sebaiknya kita tidak menelan bulat-bulat informasi tersebut. Kita juga butuh mengkaji lebih jauh dan membandingkan dengan  informasi lain yang ada. Karena bisa jadi informasi tersebut  keliru, kurang tepat bahkan tidak benar. Dan tentu menerapkan informasi yang salah juga memiliki dampak yang merugikan meskipun tingkat kerugiannya relatif.

Bahkan memberikan informasi yang tidak lengkap pun bisa menimbulkan masalah tersendiri. Jadi untuk para pembaca sebaiknya lebih bijak dalam mengambil informasi yang tersebar di online. Cross check juga dengan berita sejenis, dan utamakan cross check dengan media milik instansi pemerintah. Misalkan kita mengecek soal bahaya kandungan cacing dalam sarden, pasti banyak artikel yang membahas tentang hal tersebut kan ?. Jadi pembandingnya adalah situs resmi departemen kesehatan. Kenapa tidak langsung saja cek ke situs-situs resmi pemerintah ?. Tidak semua hal atau isu dimasyarakat juga diangkat oleh situs-situs resmi pemerintah. Jadi pada akhirnya diri sendirilah yang menjadi filter terakhir, apakah mau percaya atau tidak.

Dan sebagai penulis atau blogger, sebaiknya juga mencantumkan referensi link atau sumber informasi apabila tulisan tersebut juga dikembangkan atau dikutip dari tulisan lain. Hal ini bertujuan agar pembaca bisa mengetahui dengan jelas dari mana sumber berita ini berasal dan tingkat kebenarannya. Kalaupun memang dirasa mumpuni untuk mengulas sebuat tema tanpa referensi pihak manapun tidak masalah. Tapi tetap hati-hati, setiap kata juga memiliki pertanggung jawabannya sendiri. Jika itu mungkin lolos dari pengadilan manusia, Pengadilan Allah tidak pernah luput.


Untuk mamak pribadi biasanya mamak lebih senang menulis tentang nice yang ringan seperti reverensi tempat wisata dan kuliner, tips resep masakan, atau tentang kehidupan sehari-hari. Tapi terkadang ada waktu-waktu tertentu dimana kita sebagai blogger menulis sesuatu yang yang diluar ilmunya, sehingga butuh lebih banyak membaca untuk menunjang materi tersebut.

Dan dari proses membaca tersebut akhirnya kita mendapatkan lebih banyak informasi, lebih banyak ilmu. Dan Dengan menulis ulang informasi yang didapatkan itu seperti melafalkan informasi ke alam bawah sadar sehingga informasi dapat tertanam lebih lama.
Jadi percaya kan kalau nge’blog itu bukan Cuma mengeluarkan unek-unek tapi juga bisa bikin pinter. 
Mulai sekarang, ayo rajin membaca untuk meningkatkan kualitas ilmu kita. Dan berbagi pengetahuan yang kamu miliki dengan menulis.

Karena sharing is caring.

Terimakasih sudah membaca,

Salam


2 Comments

  1. Pertamax

    https://syamrockford.blogspot.com/2019/01/hikikomori-fenomena-mengurung-diri-di.html?m=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. MAKASIH hisyam sudah mampir,
      jangan lupa baca artikellnya ya... jangan cuma copy link di komentar
      wkwkwkkwkw

      Delete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)