Ragam Kuliner Bakso yang Menggoda



Tanpa perlu dijelaskan secara detail, kamu pasti sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk dan rasa bakso yang sungguh luar biasa. Ya, bakso sudah menjadi makanan yang cukup populer di Indonesia. Kehadiran bakso di Indonesia sendiri tidak terlepas dari sejarah panjang pada masa sebelum penjajahan dulu, dimana bakso pertamakali diperkenalkan oleh para pedagang dari thionghoa, cina. Yang pada akhirnya turut mempengaruhi kuliner di Indonesia sampai saat ini.
Sumber gambar : Instagram/baksokalap
Aslinya bakso hanya disajikan dengan kuah kaldu bening dan dimakan saat hangat. Tapi kemudian seiring berjalannya waktu pada setiap sajiannya,  bakso selalu didampingi dengan beberapa pelengkap seperti, bihun, mie, tahu, tauge dan sawi. Dan dengan selera orang indonesia yang suka pedas tentunya,  banyak orang yang menambahkan sambal, saus, lada atau cuka yang membuat rasa bakso semakin berwarna. Tentu setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda dalam menyantap makanan yang satu ini, dan kelebihan lain saat menyantap bakso adalah kita bisa memesan bakso sesuai dengan selera masing-masing .

Bakso menjadi makanan yang disukai oleh banyak orang bukan hanya karna bakso memiliki rasa yang enak, akan tetapi harga bakso tergolong cukup terjangkau oleh semua lapisan masyarakat. Karna teksturnya yang kenyal tapi lembut hampir semua orang menyukainya baik orang dewasa maupun anak – anak. Bakso juga mudah ditemukan disetiap tempat, baik di pinggir jalan dan pedagang keliling,  bahkan bakso sudah banyak di sajikan di restoran dan Pusat perbelanjaan. Dengan berkembangnya teknologi dan kuliner saat ini bakso juga sudah banyak di jual dengan kemasan instan berbentuk frozen food, yang sangat praktis dan dapat dibuat sendiri dirumah dengan mudah.


Bakso pada umumnya terbuat dari campuran tepung tapioka dan daging sapi giling yang kemudian dibentuk bulat dan direbus sampai matang. Bakso yang cukup banyak beredar di masyarakat adalah bakso urat dan bakso yang berisi telur ayam. Ada juga bakso yang terbuat dari daging ayam dan daging ikan sebagai pilihan lain bagi orang yang mungkin tidak menyukai bakso daging sapi. Rasanya memang tidak terlalu jauh berbeda antara bakso ayam dengan bakso daging , hanya saja bakso ayam biasanya memiliki tekstur yang lebih lembut dari pada bakso yang terbuat dari daging sapi.

Saat ini banyak sekali pedagang dan pengusaha kuliner yang membuat inovasi berbeda dan unik pada varian menu bakso. Selain memiliki varian beragam baik dari bahan bakunya, seperti bakso daging sapi, daging ayam dan ikan.  Bakso juga memiliki banyak varian lain menurut cara penyajian dan bentuknya yang sangat unik. Berikut beberapa jenis bakso yang beredar dan  cukup banyak diminati oleh masyarakat saat ini, antara lain :

BAKSO  BAKWAN MALANG
Bakso yang satu ini memang tidak terlalu jauh berbeda dengan bakso lain kebanyakan, hanya saja saat penyajiannya ditambahkan kerupuk pangsit yang renyah berwarna kuning kecoklatan. Beberapa outlet bakso bakwan malang juga menambahkan siomay basah dan batagor sebagai pelengkapnya.

Sajian bakso, mie, tahu,  siomay, batagor dan kerupuk pangsit , menurut saya menjadi paket komplit yang sangat pas saat dilanda kelaparan.

BAKSO BERANAK
Bakso Beranak sempat menjadi buah bibir di masyarakat beberapa waktu lalu, berawal dari sebuah kedai bakso di kota bogor yang menyajikan bakso dengan ukuran yang tidak biasa. Ukuran bakso beranak bisa sebesar bola takraw, dan yang membuat bakso tersebut dinamakan bakso beranak adalah saat bakso tersebut dibelah muncul bakso lain didalamnya, selain itu ada juga tetelan, sambal, sosis dan telur rebus yang membuat isiannya semakin padat.

Viralnya Bakso Beranak ini latah membuat kota-kota lain mengikuti jejaknya, bahkan di kota Cirebon muncul Bakso Buaya Beranak. Bakso berbentuk buaya ini juga sukses menarik perhatian pembeli.

BAKSO GEPENG
Tidak semua bakso berbentuk bulat loh, salah satu outlet bakso di jakarta utara menjual bakso berbentuk bulat pipih. Bentuknya seperti bakso yang gepeng ditindih oleh sesuatu yang berat, makanya disebut bakso gepeng. Rasanya sih tidak terlalu jauh berbeda, hanya saja bentuknya yang unik ini membuat bakso lebih mudah dikunyah.

BAKSO KLENGER
Bakso Klenger ini paling cocok untuk orang yang memiliki porsi makan yang besar . Bahkan belum tentu bisa dihabiskan dalam sekali makan untuk satu orang. Bayangkan saja biasanya bakso hanya berukuran 5 sampai 10 cm. Tapi bakso  yang satu ini diameternya kurang lebih 40 cm dengan berat 20 kilogram, benar –benar bisa membuat orang klenger untuk menghabiskannya. Salah satu kedai bakso di jalan Rembang Raya – Surabaya, menyajikan bakso klenger sebagai menu andalannya. Harga yang dibandrol untuk bakso ukuran raksasa ini adalah Rp. 300.000,-  per porsinya. Tidak hanya di Surabaya, bakso klenger juga dapat di temukan dibeberapa kota lain seperti Jakarta, Bogor, Sidorjo, Semarang dan mungkin akan menyusul kota-kota lain yang mengikuti jejak kepopuleran bakso klenger.

Bakso ini memang bukan bakso yang dimakan untuk diri sendiri, mungkin kamu bisa mengajak teman atau saudara untuk mencoba menghabiskan bakso klenger bersama.


BAKSO MOZARELA
Bakso dengan isi telur atau tetelan daging itu sudah biasa, yang luar biasa adalah bakso yang berisi keju mozarela yang langsung meleleh dan lumer dimulut saat dimakan. Para pecinta keju mungkin sudah menunggu – nunggu salah satu terobosan makanan yang satu ini, rasa bakso yang kenyal di padukan dengan keju yang meleleh membuat sensasi yang berbeda saat memakan bakso. Mungkin sebagian orang ada yang kurang suka rasa keju dengan alasan yang beragam, tapi meskipun begitu peminat dari bakso mozarela ini  juga  tidak terbilang sedikit. Kebanyakan bakso Mozarela disukai oleh kalangan anak muda karena rasanya yang ringan dan lebih girly dengan tema kejunya.

BAKSO MERCON
Makanan pedas sering dinamakan dengan nama yang ekstream dan menyeramkan, contohnya saja rawon setan yang dibuat dari puluhan kilo cabai rawit merah, atau ceker iblis dan banyak lagi makanan pedas lainnya yang memiliki nama unik. Salah satu makanan pedas yang memiliki nama yang selaras dengan rasanya adalah Bakso Mercon. Dinamakan Bakso mercon karena bakso ini memiliki  ukuran yang agak besar kemudian  didalamnya berisi daging cincang pedas dan rawit dimana-mana. Dijamin membuat mulut seperti diledakkan oleh mercon saat memakannya, bahkan meskipun tanpa tambahan sambal sekalipun.

BAKSO BAKAR 
Dari beberapa jenis bakso diatas, Bakso Bakar lah yang 180 derajat jauh berbeda. Biasanya bakso disajikan dengan kuah hangat dan dengan berbagai macam pelengkapnya. Tapi Bakso Bakar disajikan tanpa kuah, Bakso akan  di tusuk  bambu dan dibakar dengan bumbu kecap. Setelahnya disajikan dengan banyak pilihan menu saus seperti saus sambal, saus lada hitam, mayonais dan banyak lagi. Bakso Bakar menjadi pilihan alternatif memakan bakso dengan cara yang berbeda.

Sebenarnya ada banyak sekali varian bakso lain di Indonesia yang patut dicoba, dan mungkin perkembangan kuliner bakso akan semakin beragam nantinya. Mengingat saat ini makanan bukan hanya sekedar kebutuhan perut saja, akan tetapi lebih dari itu, makan menjadi satu gaya hidup bahkan mata pencaharian bagi banyak orang.

Terimakasih sudah membaca.


Salam

5 Comments

  1. Jadi laparr, pengen bakso klenger wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..
      Ayuk ayuk mba..
      Jgn lupa ajak aku ya kalau makan

      Hehehe

      Delete
  2. Bikin lapar. Penasaran sama bakso klenger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pun mau makan,
      Aku saranin jgn makan sendirian mba,
      Kamu gak akan kuat,
      Ajak aku aja

      Wkwwkwkwk

      Delete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)