Gak Takut Lebam Saat Bermain Diluar #AksiFlashBunda


Memiliki anak super aktif menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ibu, termasuk saya yang alhamdulillah dikaruniai seorang anak yang sangat aktif dan sedang dalam masa kaingintahuan yang tinggi. Tahun ini Rio menginjak usia 5 tahun, diusianya saat ini dia sedang berada dalam fase mengeksplore keingintahuannya terhadap banyak hal.  Rio termasuk anak yang cerdas dan kritis terhadap berbagai hal. Bahkan Rio hampir selalu menanyakan hal yang dilihatnya atau  hanya sekedar  berbicara mengulang informasi yang dia ketahui. Alhasil setiap menit selalu ada saja kata yang keluar dari mulutnya, alias Super ceriwis.
sumber gambar : Dok. Pribadi
Setiap harinya selalu dipenuhi dengan kecerewetannya yang kadang tak terkendali, hanya disaat tidur celotehannya itu bisa berhenti. Jadi saya memang harus ekstra sabar menghadapi anak dalam masa- masa kritis seperti sekarang. Meskipun tidak bisa dipungkuri terkadang saat mood sedang turun, celotehannya itu bisa menjadi boomerang bagi emosi yang labil.

Selain itu, aktifitas fisiknya pun semakin meningkat.  Apalagi saat ini Rio sudah mulai senang berinteraksi dengan teman sebayanya baik dirumah maupun disekolah.  Jadi banyak sekali aktifitas yang dilakukan diluar rumah Bersama temannya seperti bermain bola, petak umpet, bersepeda, dan banyak lagi permainan lain yang dilakukannya.

Tentu sebagai seorang ibu saya merasa senang bahwa Rio bisa bersosialisasi dengan baik dengan lingkungan dan teman-teman sebayanya. Apalagi bermain diluar juga memiliki banyak sekali manfaatnya, antara lain :

Merangsang kreativitas Anak
Saat anak bermain diluar ruangan mereka biasanya memanfaatkan barang-barang yang ditemukan disekelilingnya untuk bermain, oleh karena itulah anak cendrung menjadi lebih kreatif. Seperti bermain lempar sodor dari pecahan genting atau sandal, bermain pedang pedangan dari kayu bekas, dan banyak lagi permainan lainnya yang memanfaatkan barang yang ada disekelilingnya.

Jaman saya kecil dulu malah saya bermain dengan bekas pelepah daun pisang yang banyak ditemukan di kebun samping rumah. Hihih…

Memperbaiki mood dan mengatasi stress
Saat bermain diluar anak akan terkena paparan sinar matahari langsung yang dapat membantu kerja kelenjar pineal menghasilkan hormon serotonin yang dapat menciptakan perasaan bahagia. Jadi tak heran ya kalau banyak anak yang susah diajak pulang saat sedang asyik bermain, karena mereka merasa bahagia saat bermain diluar meskipun bermain permainan sederhana.

Selain itu beraktivitas diluar ruangan juga mampu menurunkan hormon kortisol yang menyebabkan stress dalam tubuh. Jadi saat melihat anak kita mungkin jenuh dengan rutinitas belajarnya, salah satu alternatif solusi yang murah dan mudah adalah membiarkan anak bermain diluar bersama temannya, asalkan tentu harus punya batasan waktu agar anak juga tidak terlalu banyak bermain.

Membantu pertumbuhan tulang
Seperti yang kita tau bahwa sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi, dan tentunya kita bisa mendapatkan sumber vitamin tersebut secara percuma alias gratis. Jadi jangan khawatir saat anak bermain diluar dan terkena paparan sinar matahari, hanya saja yang harus diperhatikan adalah lamanya anak bermain dibawah sinar matahari langsung. Jika matahari sedang terik pastikan juga anak tidak terlalu lama bermain karena bisa menyebabkan pusing dan dehidrasi.

Merangsang motorik anak
Bermain diluar bisa merangsang motorik halus dan motorik kasar pada anak.  Kegiatan bermain diluar sangat bermanfaat bagi anak khususnya anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Biarkan anak bermain pasir, menaiki tangga, melempar batu, dan berlarian kesana kemari. Tapi pastikan bahwa tempat bermain anak tidak terdapat sesuatu yang berbahaya seperti benda tajam, lubang besar dan hal-hal lain yang  membahayakan.

Membantu melancarkan metabolisme tubuh
Saat bermain diluar anak akan lebih aktif bergerak sehingga membantu melancarkan metabolisme tubuh anak. Dengan sirkulasi metabolisme tubuh anak yang baik,  kecendrungan anak mengalami obesitas pun menurun dan juga kekebalan tubuhnya meningkat.

Saat anak bermain permainan diluar ruangan pastikan ada orang dewasa yang mendampingi untuk mengawasi anak-anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tetapi sayangnya saat bermain diluar seringkali Rio mengalami luka lebam karena terjatuh atau terbentur sesuatu.  Saya memang khawatir saat anak luka lebam seperti itu, tapi bukan berarti saya harus melarang anak bermain dengan temannya. Apalagi mengingat manfaatnya yang sudah saya terangkan diatas.  Jadi untuk menanggulangi luka lebamnya biasanya  saya selalu mengoleskan Thromboflash pada lukanya. Cukup oleskan Thromboflash tipis-tipis ke luka yang lebam atau memar kemudian biarkan, jangan di urut ya bunda.


sumber gambar : Dok. pribadi
Sebagai informasi, Thromboflash adalah obat luar yang membantu mengurangi luka dalam / lebam / memar yang diakibatkan karena benturan benda tumpul yang mengakibatkan pecahnya pembuluh darah kapiler dibawah kulit. Saat pembuluh darah pecah darah akan menyebar ke jaringan sekitarnya sehingga mengakibatkan timbulnya rasa nyeri dan perubahan warna kulit di area sekitar benturan. Thromboflash mengandung heparin 200 IU yang berasal dari ekstrak mucosa sapi atau disebut Bovine, jadi sudah pasti thromboflash halal dan sudah tersetifikasi juga di Majelis Ulama Indonesia (MUI) sehingga aman dan nyaman digunakan.


Heparin sendiri bekerja dengan cara melarutkan gumpalan darah yang berada di bawah permukaan kulit akibat memar, membantu mengurangi peradangan, serta melancarkan peredaran darah untuk mempercepat penyembuhan.

Cara pemakaian Thromboflash juga sangat mudah, cukup oleskan pada luka lebam atau memar sampai sembuh. Teksture krimnya yang ringan sehingga tidak lengket saat digunakan. Akan tetapi jangan gunakan thromboflash pada luka terbuka ya bunda, karena Thromboflash hanya mengobati luka dalam/ lebam/ memar saja.

Kadang  bukan cuma Rio yang mengalami luka lebam, saya atau suamipun suka mengalami memar. Apalagi suami yang hobinya bermain bola, sering sekali mengalami memar dibetis karena adu kaki saat berebut bola. Jadi tromboflash wajib ada dikotak P3K dan sudah menjadi sahabat keluarga kita untuk mengobati luka lebam. Dengan Tromboflash GAK TAKUT LEBAM.

sumber gambar : Dok.pribadi

Untuk informasi lebih jelas mengenai Thromboflash bunda bisa mengunjungi websitenya di http://www.fahreinheit.co.id/. Atau akun instagramnya di @thromboflash.id.

#AksiFlashBunda #LombablogThromboflash #GakTakutLebam
.
.

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Thromboflash dan momblogger community.

loading...
loading...

0 Comments