Menjadi Narablog Penyebar Virus Positif di Era Digital


Narablog atau Blogger adalah orang yang membuat suatu konten atau tulisan yang mengangkat topik-topik tertentu untuk dapat dibaca dan dinikmati oleh banyak orang. Singkatnya , Narablog adalah penulis blog. Nah saat berbicara soal blog mungkin saat ini sudah banyak orang yang mengenal dan cukup familiar dengan istilah blog, karena saat ini blog sudah banyak digunakan oleh berbagai lapisan usia dari remaja sampai orang dewasa.




Blog biasanya berisi buah fikiran penulis dari berbagai aspek kehidupan. Bisa curhatan perasaan, bisa juga  tulisan tentang hal yang diminatinya seperti olah raga, otomotif, rumah tangga, gaya hidup, politik, ekonomi, dan banyak lagi topik bahasan yang diangkat para blogger kedalam sebuah tulisan.

Selain dijadikan sebagai tempat mencurahkan buah fikiran si penulis, blog juga banyak dipakai sebagai company profile perusahaan-perusahaan baik perusahaan kecil maupun besar, baik perusahaan swasta maupun pemerintah. Sehingga memberikan kemudahan bagi para koleganya untuk mencari informasi tentang perusahaan-perusahaan tersebut.

Oleh karena semakin luasnya fungsi dari blog itu sendiri membuat jumlah pengguna blog dari tahun ke tahun juga mengalami Peningkatan. Tercatat pengguna blog pada tahun 2011 sebanyak 17,5 juta dan pada tahun 2019 pengguna blog sudah berada di kisaran 456,1 juta pengguna. Melonjaknya pengguna blog setiap tahunnya  juga disebabkan oleh perkembangan teknologi yang semakin modern dan gaya hidup yang serba praktis membuat masyarakat kemudian lebih senang mencari informasi menggunakan perangkat pintar seperti PC, Laptop atau smartphone daripada harus datang ke tetempat penyedia informasi.
Meskipun bukan termasuk orang yang begitu menguasai dunia blog. Tapi  saya termasuk salah seorang yang juga memanfaatkan blog sebagai salah satu media mencurahkan isi fikiran dan terkadang unek-unek yang mengganjal.

Awal mula saya mengenal blog itu dizaman kuliah dulu. Jadi saat itu blog hanya dijadikan bahan untuk mendapatkan nilai praktik mata kuliah  dan  saya pun pada waktu itu merasa kurang begitu tertarik untuk mengembangkan blog lebih jauh. Beberapa tahun kemudian setelah booming seorang blogger yang curhatannya viral didunia maya dan diangkat menjadi buku dan best seller, mulai ramai pengguna amatiran semacam saya ikut berbondong-bondong memanfaatkan blog. Salahnya, kebanyakan orang mencoba mengikuti jejak kesuksesan dengan cara yang sama. Latah curhat di blog berharap penerbit mampir dan mengangkat kisahnya untuk dijadikan buku. Karena motivasi yang kurang dan cuma semangat ikut-ikutan, akhirnya setelah beberapa bulan menulis curhatan yang dipaksakan dramatis saya mulai Lelah, dan  blog kembali terbengkalai.

Setelah mendengar beberapa cerita para blogger yang sudah sukses, Sempat juga terbersit keinginan menjadikan blog untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dengan adsense dan metode lainnya. Tapi setelah difikir-fikir  tujuan utama saya bermain blog bukan untuk mencari uang, meskipun kalau bisa mendapatkan penghasilan dari blog juga menggiurkan. Tapi itu bukan yang utama, Selain itu  memang untuk menghasilkan uang dari blog dibutuhkan waktu dan kerja keras yang tidak sebentar. Mungkin alasan yang tepat untuk saya  saat ini menggunakan blog lebih ke kesenangan, hobi, dan penyaluran fikiran. Jadi sekarang blog lebih dimanfaatkan sebagai tempat berbagi cerita, pengalaman pribadi dan informasi yang mungkin bisa menjadi insipirasi atau minimal sebuah pembelajaran untuk para pembaca. Barulah setelah menemukan alasan yang tepat untuk menulis, saya bisa kembali menghidupkan blog yang lama terbengkalai, meskipun mungkin dari sisi kualitas konten masih jauh dari kata sempurna.

Tapi saat ini yang membuat saya bangga menjadi seorang narablog adalah  saya bisa menjadi salah satu orang yang ikut mengampanyekan banyak sekali kegiatan atau hal-hal positif dari tulisan yang dibuat. Menjadi narablog ternyata bukan cuma memiliki dampak untuk diri sendiri, tapi juga orang lain khususnya para pembaca yang menyimak tulisan kita.

Meskipun tulisannya mengangkat topik-topik umum yang cukup sederhana, tapi jika konten yang dibuat bermuatan positif diharapkan mampu menularkan energi positif juga kepada para pembaca. Saat menulis pengalaman tentang bagaimana menangani kecanduan anak terhadap gadget, secara tidak langsung juga memberikan ilmu lewat pengalaman kepada para pembaca dan memberikan edukasi tentang dampak gadget bagi anak diusia dini.  Saat menulis tentang dampak penggunaan plastik dan bahayanya bagi lingkungan, secara langsung  juga ikut mengkampanyekan kesadaran menjaga lingkungan hidup dan pembatasan penggunaan plastik kepada para pembaca. Saat menulis tentang resep masakan khas Indonesia, selain memberikan informasi  juga turut memperkenalkan dan melestarikan makanan khas Indonesia meskipun hanya lewat tulisan. Bahkan saat mengikuti salah satu lomba tentang marketplace yang khusus menjual produk lokal, tanpa disadari juga merupakan salah satu bentuk dukungan bagi produk lokal agar bisa dikenal luas dimasyarakat. Meskipun saat itu tidak berhasil menang, tapi setidaknya dengan tulisan mampu membuat pembaca sadar dan perduli produk-produk asli buatan Indonesia khususnya produk dari para pengusaha menengah kebawah.


Dan diawal tahun ini tentunya sebagai seorang blogger saya juga memiliki resolusi di tahun 2019 yang ingin dicapai, seperti :

Ingin terus konsisten memberikan tulisan yang bermanfaat untuk para pembaca,
Kalau sekedar menulis mungkin satu dua kali membuat tulisan sudah cukup. Tapi untuk konsisten menulis dibutuhkan tekad yang kuat dan kesabaran melawan kejenuhan dan kebuntuan mencari ide –ide tulisan baru. Di 2019 ini semoga  saya terus bisa menulis dan menyuguhkan tulisan yang bermanfaat untuk pembaca.

Meningkatkan kualitas konten
Mungkin saat pertama kali membuat postingan diblog tata bahasa yang digunakan tidak terstruktur dengan baik. Selain itu konten yang dibahas pun terkadang kurang menarik, tapi setiap harinya saya pribadi berusaha memperbaiki diri dan berusaha menyuguhkan konten yang berkualitas bagi para pembaca. jadi selain bermanfaat tulisan yang dibuat juga ringan dan enak dibaca oleh semua orang.

Meningkatkan ilmu tentang dunia Blogging
Saat ini  saya sadar masih banyak  sekali kekurangan diblog yang saya miliki, baik dari segi konten tulisan, layout, dan lainnya. Oleh karena itu salah satu resolusi di 2019 adalah meningkatkan ilmu tentang dunia blogging. Agar kedepannya saya bisa mengelola blog lebih baik lagi.

Meningkatkan Prestasi dan pengalaman di dunia Blog
Setelah beberapa tahun mengenal blog akhirnya sadar bahwa sebuah blog juga bisa dijadikan referensi untuk mendapatkan beberapa pekerjaan seperti penulis freelance, editor, pembicara dan sebagainya. Dengan meningkatkan prestasi dan pengalaman di dunia blog tentunya juga akan menambah referensi prestasi di CV nanti.

Semoga saya terus bisa menjadi narablog yang menyebarkan virus positif bagi para pembaca. Terimakasih sudah membaca.
Salam


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Narablog yang diselenggarakan oleh Mas Adhi Nugroho.

sumber gambar : instagram/nodi_harahap


 #KompetisiBlogNodi #NarablogEraDigital

0 Comments