Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Sambal Dabu-Dabu

Meskipun bukan berasal dari Manado tapi saya salah satu orang yang gemar masakan manado. Sayangnya di Jakarta rumah makan khas masakan Manado cukup jarang ditemukan, padahal menu dari salah satu kota yang terkenal dengan keindahan lautnya ini cukup unik dan memiliki cita rasa yang cendrung pedas. Kalaupun ada jaraknya cukup jauh dari rumah. Jadi kadang suka malas untuk beli, pakai ojek online pun berat diongkos akhirnya. Jadi kadang saat ingin makan masakan Manado lebih baik membuatnya sendiri dirumah. Beberapa masakan Manado yang sering saya buat sendiri seperti ayam woku-woku, ikan sambal dabu dan panada.

Resep dan Cara Membuat Ikan Kembung Sambal Dabu-Dabu
Sumber gambar : Instagram/qoechingphie

Kali ini saya ingin berbagi resep Ikan kembung sambal dabu-dabu. Ikan kembung atau ikan macarel ini termasuk ikan yang cukup mudah ditemukan dipasar dan diswalayan. teksture dagingnya yang padat dan gurih punya penggemarnya tersendiri. Selain itu harganya pun tergolong sangat terjangkau. 



Selain di masak dabu-dabu saya juga kadang suka sekali membuat ikan kembung saus asam manis, bisa baca resepnya disini ya. Bahkan jadi salah satu masakan favorit keluarga dirumah.

Oke , langsung aja cek resepnya ya.

Bahan :
  • 4 ekor ikan kembung ukuran sedang
  • 2 buah jeruk nipis / jeruk limo
  • 25 buah cabai rawot merah
  • 15 buah cabai rawot hijau
  • 1 buah tomat
  • 3 siung bawang merah
  • Gula, garam secukupnya
  • Minyak goreng

Cara membuat :

Pertama-tama bersihkan ikan kemudian cuci bersih dan rendam dengan perasan air jeruk nipis dan sedikit garam selama 15 menit

Setelah itu goreng sampai kuning kecoklatan, angkat dan sisihkan

Potong-potong cabai rawit, bawang dan tomat dengan ukuran kecil kemudian taruh dalam wadah, tambahkan gula, garam, dan perasan air jeruk nipis ,aduk rata

Panaskan minyak goreng kemudian tuangkan kedalam potongan cabai yang telah dibuat sebelumnya

Tata ikan dalam wadah kemudian tuangkan sambal dabu diatasnya

Ikan siap disajikan

Cukup mudah kan membuatnya, terimakasih sudah mampir dan membaca blog ini.
Salam


0 Comments