Indahnya Berbagi di Bulan Ramdhan Bersama Shopee


“ sahur…… Sahur…… Sahur…. Sahur…..”

Suara teriakan para anak remaja kampung mulai terdengar, diiringi dengan suara dentuman drum, dan suara benda lain yang ditabuh seperti kaleng, kayu, kentongan, dan entah alat apa lagi yang ditabuh bersamaan. Iramanya unik, sedikit nyetrik, bahkan kadang gaduh tak beraturan tapi itulah yang membuat rindu.

Setiap malam sebelum tidur selama bulan ramadhan semua alarm di handphone di setting jam 3 subuh, tapi sahur tetap saja hampir adzan subuh. Meskipun rasanya berat mata terbuka tapi harus tetap sahur walau makan sebisanya. Pernah bahkan karena mata masih ngantuk, kuah kolak dikira sayur. Hahaha..

Ah, ramadhan itu selalu saja meninggalkan cerita yang membuat rindu.


Indahnya Berbagi di Bulan Ramdhan Bersama Shopee
Buka bersama dengan keluarga lengkap menjadi tradisi dan moment kebersamaan yang harus selalu ada setiap tahunnya


***
Setiap tahunnya ramadhan menjadi bulan yang paling dinanti oleh setiap umat islam diberbagai belahan dunia, tak terkecuali saya.

Sejak kecil ramadhan menjadi waktu yang paling ditunggu karena ada banyak sekali hal yang hanya bisa dilakukan saat bulan ramadhan seperti tarawih, ngabuburit dan sahur bersama keluarga.Beruntungnya kita tinggal di Indonesia yang mayoritas penduduknya adalah muslim, jadi saat bulan ramadhan datang banyak orang yang ikut berpuasa dan meramaikan datangnya bulan suci ini.

Ibadah puasa sendiri merupakan salah satu rukun islam yang wajib hukumnya bagi seorang muslim. Sebagaimana Allah swt berfirman dalam Al-quran :
Allah SWT berfirman:

Hai orang – orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa. Sebagaimana diwajibkan kepada orang – orang sebelum kamu. Agar kamu bertaqwa.
 ( Albaqarah : 184)

Tapi bukan hanya berpuasa saja, selama ramadhan juga kita dianjurkan untuk memperbanyak ibadah lainnya seperti membaca Al-quran, tarawih, bersedekah dan menjaga diri dari amarah.  Ramadhan menjadi moment untuk memperbaiki diri dan lebih mendekatkan diri dengan sang pencipta. Jadi ramadhan sejatinya bukan hanya tentang berpuasa menahan haus dan lapar, lebih dari itu. Ramadhan untuk saya pribadi menjadi sekolah tahunan yang melahirkan pribadi yang lebih baik.

Ramadhan Mengajarkan Kepedulian


Saat sedang berpuasa dan tetap melakukan aktifitas seperti biasanya itu rasanya luar biasa, apalagi di hari-hari pertama puasa di Jakarta yang memiliki cuaca yang cukup panas. Menahan lapar dan haus memang sudah biasa, tapi mengendalikan emosi yang cepat sekali tersulut saat kondisi lapar dan lelah itu adalah hal yang paling sulit selama menjalankan puasa.

Laper bikin Baper, itu bukan lagi jadi alasan saat puasa. Karena menahan hawa nafsu selama menjalani puasa juga bagian dari ibadah. Tapi dengan begitu setidaknya saya jadi tau betul bagaimana nasib saudara-saudara kita yang kurang beruntung diluar sana. Yang setiap harinya mungkin harus menahan lapar karena keterbatasan, yang setiap harinya mungkin harus tidur dengan perut kosong karena tidak memiliki makanan. Apalagi harus bekerja dengan perut kosong, itu bukan perkara mudah.

Saya jadi ingat beberapa bulan kemarin, saat pergi kepasar saya melihat seorang kakek yang sudah sangat tua berjualan sepatu dipojokan pasar. Awalnya saya hanya melihat sekilas, kemudian melanjutkan belanja. Setelah selesai belanja, kebetulan saya melihat kakek penjual sepatu tadi masih ada ditempatnya padahal hari sudah siang, saya lihat dagangannya pun tak banyak yang melirik. Sepatu yang dijual terlihat masih baru tapi sudah usang dan ketinggalan jaman jadi tak banyak orang yang tertarik. Si kakek berjongkok diujung dagangannya sambil memeluk lutut bersandar disamping kios sembako yang banyak dilalui orang.

Ketika saya menghampiri si kakek bergegas bangun, badannya sudah agak bungkuk rupanya. Kulit keriputnya terlihat menggelambir karena kurus.

“ berapa mbah ?” tanyaku sambil mengambil salah satu sandal yang dijualnya

“ dua puluh ribu neng” jawab si kakek

“ satu ya mbah”

Si kakek kemudian beringsut mengambil tas kecil tempat menaruh kantong plastik hitam yang sudah kusut kemudian memasukkan sandal kedalamnya.

“ belum ada kembalinya neng, belanja aja dulu” kata si kakek setelah menerima uang

“ kembalinya buat si mbah aja, boleh ya ?” ucapku

“ Alhamdulillah, makasih ya neng. Semoga rejekinya lancar terus.” ucap si kakek sambil terus bergumam doa yang entah apa lagi yang dipanjatkannya. Tapi saya yakin itu doa yang baik. Tak lama pergi terlihat si kakek membeli uli bakar disampingnya, masyallah mungkin seharian ini si kakek menahan lapar karena belum ada yang membeli dagangannya.

Ramdhan membuat saya bersyukur atas kehidupan yang dimiliki saat ini, karena ada banyak orang diluar sana yang berpuasa bukan hanya saat ramadhan. Ada banyak orang diluar sana yang setiap hari harus menahan lapar dan haus karena tidak memiliki makanan untuk dimakan. Bahkan di Negara tertentu banyak orang yang  mati kelaparan.

Saat bulan ramadhan banyak orang yang berbaik hati membagi-bagikan takjil meskipun hanya segelas air dan sebutir kurma untuk membatalkan puasa. 

Ramadhan mengajarkan saya dan mungkin banyak orang lainnya untuk saling perduli satu sama lain, berawal dari hal-hal sederhana seperti menawarkan air untuk berbuka.


Orang yang memberikan hidangan berbuka puasa kepada orang lain yang berpuasa, ia akan mendapatkan pahala orang tersebut tanpa sedikitpun mengurangi pahalanya.
(HR. At Tirmidzi no 807)


Ramadhan itu Moment Terbaik Untuk Berbagi

Ramadhan menumbuhkan semangat berbagi para umat muslim, bahkan tak jarang non muslim pun juga ikut serta memberikan bantuannya. Berlipat gandanya pahala dibulan ramadhan membuat orang berlomba-lomba menjalankan ibadah dan berbuat kebaikan kepada sesama. Bahkan sudah menjadi tradisi pada saat ramadhan datang banyak orang melakukan berbagai acara untuk berbagi kepada saudara-saudara yang kurang beruntung seperti buka bersama dengan anak yatim, membagi-bagikan makanan untuk berbuka, dan kegiatan lainnya.


" Barang siapa berbuat baik, sesungguhnya kebaikan itu untuk dirinya sendiri, dan jika berbuat jahat maka kejahatan itu untuk dirinya sendiri"


 (QS Al Isra ayat 7).

Berbagi ke sesama juga sejatinya memiliki dampak positif baik bagi pemberi maupun penerimanya. selain dapat membantu mensejahterakan orang lain, berbagi juga dapat membuat perasaan kita lebih bahagia karena merupakan salah satu bentuk rasa syukur terhadap apa yang dimiliki. Dikutip dari indt.times, Dalam buku yang berjudul "Why Good Things Happen to Good People" karya Stephen Post, seorang profesor kedokteran pencegahan di Stony Brook University, menulis bahwa memberi kepada orang lain telah terbukti meningkatkan kualitas sehat pada tubuh seseorang dan bisa meringankan penyakit kronis, termasuk HIV dan multiple sclerosis.


Indahnya Berbagi di Bulan Ramdhan Bersama Shopee
Apalagi  setelah ramadhan kita akan menyambut hari raya idul fitri dengan suka cita dengan membagi-bagikan hadiah untuk saudara, kerabat dekat maupun tetangga. Ada yang berupa uang, pakaian, makanan dan lainnya. Jadi biasanya sebelum ramadhan datang pun orang-orang sudah mulai sibuk berbelanja menyambut hari yang fitri termasuk saya.

Biasanya untuk lebaran saya mempersiapkan beberapa kue serta minuman untuk lebaran, dan tentunya baju baru untuk kami sekeluarga. Selain itu kami juga mempersiapkan THR untuk orang tua, adik, keponakan dan suadara-saudara. Jadi bisa dipastikan setiap bulan ramadhan menjelang lebaran, pengeluaran rumah tangga pasti membengkak.

Mencari diskonan di mall saat malam lebaran supaya dapat harga yang murah pun rasanya sudah tidak mungkin lagi saat ini, karena selain harus berebut dengan yang lain kasihan juga si kecil yang harus begadang sampai malam menunggu orang tuanya belanja. Apalagi sekarang sudah ada anggota baru dikeluarga yang masih bayi.

Jadi solusi terbaik untuk persiapan lebaran tahun ini adalah belanja online. Jadi belanja kebutuhan lebaran bisa dari rumah, sambil masak, sambil beres-beres rumah dan pastinya  enggak perlu senggol-senggolan berebut barang.


Indahnya Berbagi di Bulan Ramdhan Bersama Shopee

Salah satu marketplace yang selama ini aku pakai dan terpercaya aman adalah Shopee. Dan kabar baiknya saat ini ada program keren dari shopee yaitu ramadhan big sale. Dimana kita bisa belanja barang apapun mulai dari perlengkapan rumah, baju untuk lebaran, kue, dan banyak lagi produk lainnya dengan diskon yang gila gilaan.



Shopee Ramadhan Big Sale


Indahnya Berbagi di Bulan Ramdhan Bersama Shopee
Untuk memeriahkan semangat berbagi di bulan ramdhan ini shopee mengadakan pesta belanja ramadhan bigsale. Kita dimanjakan dengan banyak sekali promo menarik yang hadir selama ramadhan ini mulai dari 22 April sampai dengan 6 Juni 2019. Mulai dari promo diskon 90% untuk produk terfavorit. Promo serba 10 ribu, Gratis ongkos kirim sebanyak 10 kali dan yang paling menarik adalah Program Goyang Shopee senilai 10 Milyar rupiah, dengan hadiah promo paket UMROH GRATIS, untuk yang beruntung.

Indahnya Berbagi di Bulan Ramdhan Bersama Shopee

Bagi pengguna shopee pasti sudah tau dong ya kalau shopee punya program flashsale yang menarik, di ramdhan kali ini juga shopee punya program flashsale yang seru dan menarik dan tentunya dengan diskon  dan cashback yang menggiurkan juga.

Jadi tunggu apa lagi, buka aplikasi shopee di handphone kalian. Untuk yang belum memiliki aplikasi shopee juga bisa download di play store atau Appstore. Kalian juga bisa log in di website shopee di https://shopee.co.id.

Untuk info lebih mengenai shopee ramadhan bigsale klik disini.

Tunggu apa lagi buruan belanja mumpung ada banyak diskon dari shopee, dengan banyak promo diskon yang ditawarkan berbagi tahun ini bisa lebih indah karena uang belanja bisa sisa banyak, iya kan ?. heheh

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca, salam.


loading...
loading...

0 Comments