Tak Perlu Bingung, Berikut 5 Tempat Terbaik untuk Menjalankan Bisnis Food Truck


Tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu kiat sukses dalam menjalankan bisnis, khususnya bisnis kuliner, ialah memilih tempat strategis yang mudah ditemukan oleh masyarakat luas. Semakin banyak orang-orang yang melewati lokasi tersebut, maka peluang untuk mengumpulkan pelanggan pun akan semakin besar pula. Walaupun tentu hal ini juga tidak luput dari promosi dan strategi marketing yang dilakukan oleh para pelaku usaha.

Seiring dengan semakin berkembangnya dunia bisnis kuliner, berbagai inovasi-inovasi baru pun mulai bermunculan. Nah, salah satu inovasi yang tengah marak dilakukan atau dijajal oleh banyak pelaku usaha ialah bisnis food truck. Sesuai dengan namanya, bisnis food truck merupakan sebuah bisnis kuliner yang dilakukan di dalam truk berjalan. Mengusung konsep yang sedikit unik dan berbeda, tidak terelakan lagi bahwa inovasi baru ini juga mampu menggaet para konsumen dan menjadi daya tarik tersendiri bagi bisnis kuliner masa kini.

Hanya saja, lokasi yang tidak tetap sering kali menjadi salah satu kendala para pelaku bisnis food truck dalam memiliki tempat-tempat terbaik untuk mengumpulkan calon pelanggan. Dari pada anda bingung memilih lokasi, yuk kita simak mengenai 5 tempat terbaik untuk menjalankan bisnis food truck yang bisa dijadikan sebagai pilihan.
Sumber gambar : pixabay


5 Tempat Terbaik untuk Menjalankan Bisnis Food Truck

1. Pusat Perbelanjaan

Daerah pusat perbelanjaan memang tidak akan sepi dari pengunjung. Entah itu hanya sekadar menghabiskan waktu ataupun memberli berbagai kebutuhan, tempat pusat perbelanjaan akan selalu ramai dengan pengunjung. Nah, anda bisa memanfaatkan hal ini untuk menarik minat pengunjung yang tengah berada di lokasi. Lahan parkir bisa dijadikan pilihan untuk menggelar food truck anda.

Hanya saja, sebelum memutuskan untuk memanfaatkan lahan pusat perbelanjaan, ketahui dulu pengelola lahan tersebut dan pastikan bahwa mereka memang sudah memberi anda izin untuk berjualan di tempat tersebut. Di tempat-tempat seperti ini, makanan cepat saji seperti burger atau sosis bisa dijadikan sebagai pilihan tepat, dibandingkan menu makanan lengkap.

2. Festival atau Pameran

Ada beberapa festival atau pameran yang memang menggaet banyak pelaku bisnis food truck untuk menyewa lahan untuk berjualan makanan. Hal ini bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan keuntungan. Meskipun terkadang sewa lahan tidaklah murah, namun dapat dipastikan acara-acara seperti ini akan selalu ramai dan padat pengunjung. Banyak pelaku bisnis food truck yang langsung balik modal ketika berjualan di festival atau pameran.

Maka dari itu, ada baiknya bila anda mulai mencari tahu jadwal-jadwal event atau pameran yang akan datang dan persiapkan dana untuk sewa lahan di acara tersebut. Selain itu, pastikan pula untuk membawa stok yang lebih banyak karena biasanya permintaan akan lebih meningkat pada acara-acara seperti ini.

3. Area Pendidikan

Ketika jam istirahat sekolah ataupun kuliah, banyak pelajar yang mencari makanan di area dekat kampus maupun sekolah mereka. Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk memenuhi kebutuhan perut mereka dengan membuka bisnis food truck di area-area pendidikan. Sediakanlah menu yang sedang trend karena pada umumnya mereka akan menyukai makanan yang sedang hits. Selain itu, jangan lupa pula untuk mendesain food truck semenarik mungkin agar para pelajar bisa menikmati makanan sambil berfoto ria. Tentunya hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

4. Gedung Perkantoran

Sama halnya seperti sekolah, ketika jam istirahat pun karyawan kantor akan keluar untuk mencari makan siangdi daerah kantor mereka, baik itu untuk dibawa maupun makan di tempat. Hal ini juga bisa anda manfaatkan untuk menarik minat pelanggan. Cobalah untuk mulai membuka food truck dari rentang waktu 11 siang hingga jam 2 siang. Karena waktu istirahat karyawan kantor terbatas, pastikan pula unutk tepat waktu ketika membuka food truck anda.


5. Ruang Terbuka Hijau

Taman kota bisa dijadikan sebagai salah satu tempat yang bisa anda pilih. Dipenuhi oleh pohon-pohon rindang, tempat ini juga sering kali dimanfaatkan oleh masyarkaat untuk berolahraga maupun berekreasi. Waktu terbaik untuk membuka food truck biasanya mulai dari sore setelah jam atau pagi hari ketika akhir pekan. Ada baiknya pula untuk menjual makanan-makan ringan yang tidak ribet untuk disantap.

Dikarenakan lokasinya yang cenderung berhubungan dengan alam, jangan lupa untuk menyediakan tempat sampah guna menjaga kebersihan taman dan para pengunjung pun bisa langsung membuang sampah ke tempatnya tanpa perlu bingung mencari tempat sampah.

Menjalankan bisnis food truck memang gampang-gampang susah. Gampang karena bentuk truk yang sering kali menjadi daya tarik untuk para pelanggan, namun yang namanya bisnis pasti ada kendala yang harus dihadapi. Tetapi, janganlah jadikan kendala tersebut sebagai penghalang anda dalam meraih kesuksesan. Yuk cari tahu tips sukses menjalankan bisnis food truck dengan membaca informasi berikut ini https://www.cekaja.com/info/sukses-bisnis-food-truck/ dan raihlah kesuksesan anda.

Post a Comment

2 Comments

  1. Kalau di kotaku mulai banyak jual makanan pakai mobil. Food truck dulu pernah ada. Jual minuman milkshake sebelum booming. Gak tahu kenapa cuma bertahan sebentar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang kalau bisnis foodtruck butuh area lokasi yg strategis, selain itu juga harus getol ikut event event mba. Kalau cuma ada satu jadi kurang menarik kayanya

      Delete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak