Kenali Lebih dalam Manfaat Berenang dan Biayanya

Sejak usia 4,5 tahun si kakak sudah aktif dan mulai ada  keinginan yang tinggi untuk bersosialisasi. Meskipun begitu lingkungan disekitar rumah memang kurang mendukung. Kebanyakan anak-anak dikomplek lebih memilih bermain di dalam rumah, pun kalau mereka main diwaktu sore si kakak jarang sekali mendapatkan teman yang cocok.

Alhasil si kakak selama dirumah uring-uringan, bosan katanya. Karena hal itulah aku dan suami berusaha mencarikan kegiatan yang positif untuk kakak. Sebenarnya sudah banyak opsi yang kita jadikan pilihan. Seperti les berhitung, les bahasa, les musik, bela diri dan les renang.

Dan dari beberapa pilihan tersebut yang aku dan suami sepakat dan si kakak juga suka adalah les renang. Jadi mulailah pencarian kita mencari tempat les renang yang terjangkau, dekat dari rumah dan banyak temannya itu yang penting karena memang tujuan utamanya adalah memberikan kakak kegiatan positif dan belajar bersosialisasi.

Biaya les renang di Jakarta Utara khususnya daerah koja, memang sangat bervariatif, jadi supaya tidak terlalu memberatkan pengeluaran bulanan, kami cari biaya les renang yang terjangkau.

Selain itu Manfaat berenang untuk anak ternyata sangat banyak loh, seperti :


Melatih keberanian dan kepercayaan diri
Bagi anak-anak bermain adalah hal yang menyenangkan. Tapi kalau bicara soal berenang, itu soal lain. Karena beberapa anak ada yang ketakutan saat diminta masuk kedalam air, nah disinilah latihan berenang bisa melatih keberanian dan kepercayaan diri anak.

Melatih otot dan sendi
Berenang bisa melatih Otot dan sendi anak, asalkan dilakukan dengan baik dan sesuai dengan prosedur ya. Teknik berenang pada umumnya melatih gerakan otot kaki, tangan, kepala, dada dan pernapasan.

Menjaga kesehatan kardiovaskular
Ternyata selain mengasyikkan berenang juga bisa menyehatkan jantung dan paru-paru anak. Menurut penelitian

Bekal keahlian yang berguna untuk masa depannya
Berenang bisa menjadi bekal keahlian anak dimasa mendatang, karena beberapa pekerjaan khusus juga membutuhkan keahlian berenang. TNI AL misalnya, atau pelaut. Bahkan kalau tidak masuk dalam syarat pekerjaan sekalipun, berenang menjadi bekal keselamatannya saat didalam air.

Baca juga :



Berenang punya banyak sekali manfaat selama dilakukan dengan benar. Jadi aku fikir tidak ada salahnya memasukkan anak ke les berenang.

Disini memang ada beberapa Gelanggang Olah raga seperti GRJU di jalan Yos Sudarso, GOR Rawa badak dan GOR Semper. Ketiganya memiliki fasilitas kolam renang umum.

Di GRJU sendiri ada les renang, dengan jadwal Selasa Kamis untuk kelas private, biayanya kurang lebih sekitar 1 jutaan. Meskipun tertarik, aku masih mencari tempat les dengan harga yang lebih bersahabat.

Di GOR Rawa badak, ada dua jenis les renang yang bisa dipilih anak. Pertama, club yaitu kelas renang umum untuk anak, tapi kebanyakan yang mengikuti kelas ini adalah anak-anak yang sudah siap berani, cakupan usianya mulai dari 5 tahun keatas. Biaya pendaftaran nya 200.000 dan bulanannya Rp. 200.000 / bulan dengan 3 kali pertemuan setiap minggunya.

Sedangkan untuk kelas private dikenakan biaya Rp. 500.000/ bulan tanpa biaya pendaftaran dengan 2 kali pertemuan perminggu. Aku fikir aku lebih condong ke kelas private karena memang di kelas ini anak akan diajarkan teknik renang dari dasar, apalagi untuk anak usia dini yang kadang masih mengikuti mood, kelas private ini memang cocok diperuntukkan untuk para pemula. Pelatihnya Alhamdulillah sabar dan berusaha mengikuti mood anak, memotivasi anak supaya berani sambil mengajarkan anak teknik berenang yang menyenangkan.

Saat pertama kali aku datang ternyata cukup banyak peminat kelas private ini, setiap anaknya diberikan waktu 30 menit untuk diajarkan dan sisanya si anak boleh bermain atau mengulang pelajaran.


Lokasi :
Untuk yang tinggal di daerah Tanjung Priok, Koja dan sekitarnya mungkin sudah tau dengan tempat ini. Lokasinya memang tidak jauh dari Plumpang Pasar Ular, salah satu pasar yang cukup terkenal dengan  barang import yang dijual miring disini.

siapa tau berniat berenang disini, jangan lupa mampir belanja ya.



Fasilitas :

Di GOR Rawa Badak ini memang tergolong cukup baik untuk segi fasilitasnya. Ada ruang bilas yang cukup banyak , toilet, ruang ganti, kantin, tempat duduk, 2 kolam anak , dan 1 kolam Olimpiade. Didalam kolam anak juga ada permainan anak yang cukup menghibur. Dengan biaya masuk Rp. 10.500 rasanya  kita juga tidak bisa menuntut terlalu banyak.


Baca Juga:


Review renang di GOR Rawa Badak

Setelah les berenang hampir 3 bulan si kakak sudah banyak mengalami kemajuan. Si kakak sudah bisa berenang sejauh 5 meter, pernafasan juga baik dan lebih berani saat bermain air di kolam renang. Setiap bulannya setelah anak menguasai satu gaya berenang, dan setelah di tes lancar makan guru akan memberikan materi pengajaran baru.

Sekarang kakak sedang belajar berenang menggunakan kaki katak. Mungkin setelah beberapa gaya dikuasai , saya akan pindahan ke club renang. Supaya bisa ikut kompetisi dan belajar bersama teman-teman. Selain itu biayanya pun lebih murah. Hehehe ..


Sekian sharing dari saya, kalau bunda ada pengalaman les berenang anak juga bisa sharing disini ya supaya bisa menjadi referensi bunda yang lain.

Terimakasih

Post a Comment

0 Comments