Tips Mengisi Kegiatan Anak Dirumah Selama Liburan Sekolah

Tsay,
Sejak diberlakukannya libur sekolah sejak 16 - 27 Maret 2020 karena covid anak-anak mulai belajar dari rumah. Kakak juga sama belajar dirumah. Untungnya meskipun masih TK tapi sekolahnya mengadakan video confrence untuk belajar, selain itu juga diberikan beberapa tugas untuk dikerjakan dirumah. Jadi 2 Minggu dirumah bisa diisi waktunya dengan belajar. Tapi ya meskipun begitu durasi belajarnya hanya 1 - 2 jam paling lama. Hal yang paling bikin orang tua pusing adalah kejenuhan anak-anak saat kalau sudah terlalu lama dirumah. Mulai bete, dan cerewet karena jenuh terlalu lama dirumah. Si kakak juga mulai ngomong Mulu minta jalan-jalan, dan main sama temannya. Saat dilarang main keluar, kakak malah mau ngundang teman-temannya kerumah. Ya sama aja bohong dong ya kalau begitu. Makanya aku coba beberapa ide untuk mengisi liburan anak dirumah, dan ternyata cukup membantu.

http://www.qoechingphie.com/2020/03/tips-mengisi-kegiatan-anak-dirumah.html

Merapihkan dan memilah mainan

Selama ini anak-anak saat diminta merapihkan mainan itu asal tumplek, pokoknya semua barang masuk jadi satu. Entah apa kategorinya pokoknya masuk. Nah karena cara membereskannya juga kadang terburu-buru dan asal, akhirnya ada banyak banget mainan yang rusak. Dan masih disimpan disatu tempat.

Liburan kali ini aku berusaha mengajak si kakak untuk memilah mainan dan merapihkannya kembali dengan benar. Memilah mainan rusak yang sudah tidak bisa dipakai dan mainan yang perlu diperbaiki seperti ganti baterai, dan mainan yang bisa dipakai. Setelah selesai memilah mainan kemudian ditaruh ditempat yang benar.

Sebenarnya kalau dikerjakan sendiri, proses pilah memilah ini terbilang mudah dan enggak butuh waktu yang lama sih. Tapi karena dikerjakan dengan anak sambil quality time dan mengisi waktunya, sambil beresin kita juga main sama anak. Jadi butuh waktu yang cukup lama sih buat ngeberesin semua mainan kakak, apalagi maianan kakak lumayan banyak.


Membereskan buku pelajaran dan perlengkapan sekolah

Sebenarnya buku pelajaran memang itu-itu  aja sih ya, karena biasanya setiap kenaikan tahun baru emang sudah pembersihan massal. Jadi memang gak terlalu banyak yang bisa diberesin. Tapi enggak ada salahnya mencoba membersihkan dan membereskan buku. Mengelap meja belajar dan merapikan perlengkapan sekolah.

Nah, kakak juga aku ajak untuk membantu mencuci sepatu dan tas sekolah. Meskipun gak maksimal mungkin hasilnya dan disempurnakan oleh emaknya. Tapi kegiatan ini cukup membantu mengisi waktu. Apalagi anak-anak kan paling seneng diajak main air.

Dilibatkan dalam pekerjaan rumah yang ringan

Daripada anak-anak terlalu banyak main handphone enggak ada salahnya mengajak anak untuk membantu pekerjaan ringan dirumah, seperti menyapu, membereskan sampah, dan pekerjaan ringan lainnya.

Apalagi kalau dikerjakan sama-sama anak-anak senang loh tsay, si kakak paling suka bantu aku ngepel lantai. Karena memang alat untuk ngepel lantai itu lucu, ada semprotannya. Jadi asumsi mereka itu menyenangkan bisa semprot semprot lantai. Tapi memang yang perlu digaris bawahi adalah jangan terlalu menuntut kesempurnaan pada pekerjaan yang anak lakukan. Boleh diberitahu dan diarahkan tapi jangan sampai menuntut ya, mereka juga sedang dalam proses belajar. Jangan sampai mungkin karena kita sering ngomel terhadap pekerjaan yang anak kita lakukan mereka jadi malas melakukan pekerjaan rumah dan membantu.


Ikut Belajar membuat kue

Beberapa bulan kemarin aku lagi suka sukanya bikin kue, iseng- iseng sih untuk konsumsi pribadi. Nah ternyata selama aku bikin kue, si kakak ribut minta bantuin. Orang tua jaman dulu ada yang ngelarang kalau anak laki-laki masuk dapur, katanya enggak pantes lah, pamali, dan mitos lain entah apa. Tapi buat aku pribadi, aku sih santai aja. Toh banyak chef sekarang yang begender laki-laki. Apalagi sekarang pekerjaan sebagai cheft juga menjadi salah satu pekerjaan keren dan berpeluang mendapatkan karir yang oke kok, bahkan banyak cheft Indonesia yang sudah go Internasional.

Tips Mengisi Kegiatan Anak Dirumah Selama Liburan Sekolah

Selain itu membuat kue juga membantu mengasah motorik anak dengan membantu membuat adonan kue. belajar anak mengenal angka dan berhitung juga saat anak menakar bahan-bahan makanan. Dan melatih kedisiplinan, misalkan harus mencuci tangan sebelum membantu dan lainnya.

Membantu membuat kue juga bisa membantu bounding antara ibu dan anak loh. Wah mengisi waktu sambil membuat kue ternyata banyak sekali manfaatnya ya.


mengisi waktu dengan Bermain bersama anggota keluarga dirumah

Karena libur kali ini serentak, dan seluruh kegiatan belajar juga dirumahkan. Jadi seluruh anggota keluarga berkumpul di rumah, kecuali memang anggota keluarga yang bekerja. Nah moment seperti ini bisa dimanfaatkan untuk bermain bersama nih, biasanya kan main masing-masing dan sibuk sendiri. Liburan kali ini coba deh ajak main anggota keluarga  bersama dengan permainan sederhana seperti bermain Ludo, ular tangga, atau memanfaatkan permainan yang ada dirumah. Si kakak karena hobinya main air, jadi aku bikinin kolam renang mini dirumah. Jadi dia sama adik Rara bisa main air dirumah.
Tips Mengisi Kegiatan Anak Dirumah Selama Liburan Sekolah



Berkebun dirumah

Aku pribadi termasuk orang yang suka tanaman, dulu waktu rumahku enggak punya halaman selain garasi mobil aja aku tetep maksain menanam tanaman di pot. Sekarang sudah punya sedikit lahan malah makin banyak potnya. Hahahaha

Buat aku berkebun itu bisa jadi metime sederhana di rumah, dan enaknya lagi saat tanamanku menghasilkan itu seneng banget bisa nyobain hasilnya.

Nah, liburan begini daripada enggak ada kegiatan pagi aku suka ajak kakak berkebun, sekedar menyiram tanaman atau memberikan pupuk.

Membuat prakarya dari barang-barang bekas yang ada di rumah

Saat anak-anak dirumah coba deh isi liburannya dengan hal-hal yang mengasah kreativitasnya, ajarkan dia membuat barang barang bekas disekitar rumah menjadi barang yang bisa digunakan kembali. Contohnya kaleng susu dirubah jadi tempat pensil dan lainnya. Ajarkan caranya kemudian biarkan anak berekspresi dengan imajinasinya sendiri.

Tips Mengisi Kegiatan Anak Dirumah Selama Liburan Sekolah

Semua kegiatan diatas sebenarnya adalah kegiatan sederhana, tapi yang harus diperhatikan bagi orang tua adalah bagaimana kegiatan tersebut dikemas semenarik mungkin sehingga anak tertarik dan mau melakukannya. Cara mengajaknya pun harus juga dengan penuh semangat , jangan sampai kita yang mempelopori malah terlihat malas malasan. Atau malah menyuruh anak mengerjakan ini itu dengan nada suara memerintah dan penuh amarah, ini BIG NO banget ya. Bukannya refreshing si anak malah tertekan nanti.

Kebanyakan orang tua zaman dulu mengajarkan anak melakukan pekerjaan rumah dengan cara yang kurang menyenangkan jadi membuat anak malas membantu orang tuanya, atau malah terlalu sering dikritik tanpa pernah memuji atau memberi arahan juga bisa membuat anak malah tidak suka melakukannya. Jadi saat melakukan pekerjaan rumah atau hal-hal sederhana dirumah jangan menuntut kesempurnaan, puji dia meskipun tidak sempurna dan terus berikan masukan agar dia bisa lebih baik.

Sekian tips dari aku, terimakasih sudah membaca. Semoga Indonesia segera terbebas dari virus Corona ini, dan kita semua baik aku pribadi, keluarga dan semua orang yang membaca tulisan ini diberikan kesehatan, keselamatan dan ketabahan menghadapi cobaan ini.

Semangat ya tsay, semangat para ibu, bunda, ayah dan semua orang. Kita pasti bisa melalui ini semua.




Post a Comment

19 Comments

  1. Boleh juga nih idenya. Anakku libur tapi banyak tugas. Jadinya bosan. Ga boleh jalan-jalan pula. Makasih sharingnya mbak.

    ReplyDelete
  2. Kalau anak saya main sama adiknya sih, bongkar mainan, beresin mainan, gangguin adiknya, hahaha.

    Adiknya senang minta ampun ada kakaknya tiap saat, mamaknya naik mulu tanduknya hahaha

    ReplyDelete
  3. Makasih tipsnya mba. Emang membosankan ya di rumah terus tp selama ada kegiatan n menyenangkan ga bosan laah

    ReplyDelete
  4. Suka kalau anaknya menurut. Lah anak saya bukannya bereskan mainan, yang ada justru bikin semua berantakan. Hehehe...
    Mentang-mentang belajar di rumah, malah gak fokus. Dikit dikit ke toilet, dikit dikit minum, Halah... Banyak ini itunya hehehe

    Tipsnya harus dipraktikkan nih

    ReplyDelete
  5. Sebenarnya itu kegiatan biasa kalo dirumah ya mbak, tapi karena dikemas dengan baik jadinya anak anak tertarik. Semoga virus Corona segera berlalu sehingga kegiatan sekolah bisa kembali seperti biasanya.😊

    ReplyDelete
  6. Tipsnya bermanfaat bngt loh secara skrang semenjak ada virus anak2 lama dirumah ..pastinya mereka bosan bngt dan harus diisi kegiatan spaya mereka nyaman stay at home

    ReplyDelete
  7. Selain tugas sekolah yang lumayan belum lagi life skill dan habitnya yang kudu report, aku juga sama siapin tugas buat bikin prakarya kalau aku pulang kerja sama2 deh bikin tapi anakku wes bosen mba di rumah hehehe

    ReplyDelete
  8. Sekolah di rumah memnag mesti kreatif memilih kegiatan agar anak enggak bosan dan tetap positif aktivitasnya ya Mnbak..Terima kasih denya, bisa diikuti nih:)

    ReplyDelete
  9. Baru ngerasain jadi guru gimana, selama dirumah berusaha anak2 selalu di temanin belajar tp banyak banget halangan dan gangguannya...tp happy bisa ngumpul

    ReplyDelete
  10. Idenya keren keren banget mom 😍 aku mau terapin juga ah dengan anakky

    ReplyDelete
  11. Saat dihadapkan dengan kondisi seperti ini, para ortu khususnya emak jadi dituntut harus lebih kreatif dan peka ya mba. Nah, keren nih mba idenya, bisa jadi inspirasi buat aku dan si kecil di rumah.

    ReplyDelete
  12. aku minggu depan juga kena jadwal WFH nih. Semoga aja bisa diisi dengan kegiatan yang berarti dan nggak melulu ngasih hape ke anak. heu

    ReplyDelete
  13. laagi masa di rumah aja saatnya gunakan waktu semaksimal mungkin bareng anak, biasanya kan sibuk kegiatan masing-masing ketemu cuma waktu sore sampe pagi hari aja yaa, kegiatan kaya gini bisa dicontoh nih

    ReplyDelete
  14. membuat prakarya bareng anak seru ya mom. selain lagi gak bisa ke sekolah juga gak bisa pergi keluar rumah ide membuat prakarya bisa dicontek nih biar anak gak bosen dirumah aja.

    ReplyDelete
  15. Kebetulan banget anakku belum sekolah, jadi aku memang sudah terbiasa walau kadang suka keabisan ide.. Kayanya hari ini aku mau contek kegiatan km buat kipas dari kertas mbak

    ReplyDelete
  16. Wah keren banget nih. Aku dan anak-anak juga banyak ngelakuin aktivitas. Walopun kadang mereka bosen kepengen main ke luar. Semoga semua ini segera berlalu ya.

    ReplyDelete
  17. Banyak ya kegiatan yang bisa dilakukan di rumah bareng anak. Biar walau libur anak gak bosen.

    ReplyDelete
  18. minggu depan saya mulai WFH juga nih, mom. PR-nya nih gimana caranya biar si sulung nggak minta main hape melulu sementara saya harus jaga adiknya juga. heu

    ReplyDelete
  19. Anak2 bisa tambah kreatif yah bila kita salurkan dan kembangkan. Harusnya anak tidal usah terlalu banyak di beri tugas dari sekolah, biar bisa melakukan kegiatan yg lain

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak