Rawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDO



Hello bebs,
Kemarin baru aja aku habis imunisasi adik Rara di rumah sakit,  aku sendiri bingung ya apa mau imunisasi atau enggak. Maunya sih ditunda sampai pandemi Corona berakhir, tapi ada beberapa vaksin yang punya batasan usia. Jadi kalau kita melakukan vaksin melebihi dari usia yang direkomendasikan,  vaksinnya enggak akan bekerja sempurna. Jadi meskipun takut, tetap vaksin dengan usaha pengamanan semaksimal mungkin.

Mengingat biasanya rumah sakit tempat Rara vaksin di dokter anak langganan penuh, aku sama suami sepakat mengalihkan ke rumah sakit lain di dekat rumah. Difikir, biasanya rumah sakit itu, enggak terlalu ramai. Jadi mungkin saat seperti ini akan sepi. Jadilah akhirnya kita berangkat kesana jam 11 siang, sebelumnya suami juga sudah membuat pendaftaran by telpon supaya tidak menunggu terlalu lama.

Tapi memang kadang keadaan tidak selalu berjalan sesuai rencana. setelah sampai di sana,  ternyata  sudah banyak orang mengantri didepan pintu masuk. Meskipun semua tertib menggunakan masker dan duduk di bangku dengan jarak sesuai dengan protokol kesehatan, tapi tetap saja disitu ada lebih dari 30 orang mungkin dengan jarak yang tidak terlalu jauh. 

Aku memilih menunggu didekat parkiran motor, sedangkan pak suami mengurus pendataan didepan pintu rumah sakit. Karena  untuk masuk ke dalam, ada beberapa tes dan pertanyaan yang diajukan ke setiap orang yang hendak masuk, baik pasien maupun si pengantar. Beberapa standar pengecekan Covid 19  Seperti pengecekan suhu dan riwayat mobilitas sehari-hari, selain itu ditanyakan juga ingin berkonsultasi dengan siapa dan sakit apa. Pokoknya, lebih ribet dari biasanya. Meskipun kita sudah melakukan janji temu, tapi tetap saja ditanyakan ulang.

Barulah setelah selesai suami memberikan aba-aba aku mulai mendekat. Tapi tidak berakhir disitu, sampai didalam saat kami bertemu resepsionis kami harus  registrasi ulang. Setelah itu kami mendapatkan stiker hijau karena tanda bahwa suhu tubuh kami normal. Setelah itu barulah aku dipersilahkan langsung ke bagian poli anak. Sedangkan paksuami harus mengisi beberapa data lagi didepan. 

Dan Aku baru sadar kalau dirumah sakit ini setiap poli disekat dengan pintu, jadi untuk menuju poli anak aku harus melewati poli paru, loket pembayaran, apotek dan beberapa poli lainnya. Jadi mau tidak mau aku harus buka-tutup pintu berkali-kali. Kebayang banget kan ngerinya pegang gagang pintu di Rumah Sakit.

Meskipun semuanya sudah lulus scaning suhu tapi belum tentu mereka negatif Corona. 

Dengan susah payah setelah sampai di poli anak aku langsung cuci tangan dengan tisu basah, karena tidak ada handsanitizer diruangan ini, aku harus ke ruang sebelah. Dan itu otomatis harus pegang pintu lagi.  Jadi percuma dong...

Tapi saat kami sampai dipoli anak ternyata ruangannya kosong, tidak ada dokter maupun perawat. Setelah bertanya ke bagian informasi ternyata dokter anak sedang kunjungan pasien di lantai 3.  Tidak lama kemudian pak suami datang lagi memintaku balik lagi ke tempat pengecekan suhu didepan, katanya untuk pengecekan suhu ke 2 .

Ya Tuhan,
Kenapa enggak bilang dari awal, kalau tau begitu aku akan tetap memilih di resepsionis sampai semua pendataannya selesai. Jadi enggak perlu lewat beberapa poli yang penuh sesak orang -orang.  Setelah menunggu kurang lebih selama 1,5 jam dokter anak datang dengan seragam APD lengkap. 

Kami masuk, memeriksa dan memberikan buku vaksin. Tapi ternyata rumah sakit tersebut tidak menyediakan vaksin yang dibutuhkan Rara, harus pesan dulu beberapa Minggu apalagi saat PSSB begini mungkin pengiriman akan lebih lama dari biasanya. Aku dan pak suami keluar dari rumah sakit dengan wajah memerah. Hampir 2 jam dirumah sakit bolak-balik dengan resiko tinggi, dan tanpa hasil.

Aku sendiri enggak menyalahkan pihak rumah sakit soal ketidaktersediaan obat, karena setiap rumah sakit mungkin punya pertimbangan sendiri dalam penyetokan obat dan vaksin. Tapi yang aku kurang suka adalah pelayanannya yang bertele-tele.

Akhirnya karena sudah terlanjur keluar rumah, kami akhirnya ke rumah sakit tempat Rara biasa vaksin. Jaraknya memang tidak terlalu jauh dari rumah sakit ini, sekitar 15 menit perjalanan menggunakan motor. 

Alhamdulillah semua lancar, Saat kami tiba di Rumah sakit kedua, tetap ada pengecekan suhu dan pendataan. Penempelan stiker hijau tanda kami bersuhu normal, untungnya rumah sakit tidak terlalu ramai jadi kami bisa langsung naik ke lantai 3. Ke pendaftaran dan menunggu sebentar. Dokter anak kesayangan kami menggunakan APD lengkap, dengan memperhatikan juga jarak meja antara dokter dan pasien.Dan akhirnya Rara sukses di imunisasi hari itu. 

Perjuangan yang cukup panjang, dan melelahkan cuma sekedar untuk imunisasi. Biasanya kita cukup telpon, registrasi ulang dan pemeriksaan. Sesimpel itu, tapi sekarang karena covid 19. Orang orang yang masuk rumah sakit didata dan diukur suhu tubuhnya untuk meminimalisir penyebaran virus covid 19. Yang jadi masalah adalah apakah kemudian yang bersuhu normal kemudian negatif covid. Karena banyak juga orang yang ternyata positif Covid tapi tanpa gejala.

Hari ke 2 setelah kerumah sakit, Rara demam dan diare. Tapi untungnya setelah dikonfirmasi ini hanya efek dari imunisasinya, dan Alhamdulillah turun setelah minum obat.

Nah sejak saat itu aku mulai berfikir, gimana dong kita yang mungkin sakit ingin bertemu dokter tapi takutnya kerumah sakit ingin sembuh malah berpotensi terjangkit penyakit baru. Apalagi untuk para orang tua, atau anak-anak yang masih rentan terhadap penularan penyakit, khususnya covid 19 ini.

Untungnya, sekarang aku udah tau nih ada aplikasi yang namanya AIDO. Dimana kita bisa konsultasi kesehatan dengan dokter berpengalaman hanya lewat handphone. Jadi enggak perlu lagi tuh yang namanya antri dirumasakit apalagi harus bertemu dengan orang-orang yang bisa berpotensi sepagai perantara covid 19.

Rawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDO

Rawat Jalan Online dari Aplikasi AIDO 

AIDO adalah aplikasi yang memudahkan kita untuk berkonsultasi dengan dokter dan tenaga medis profesional. Aido juga sudah bekerjasama dengan rumah sakit Siloam hospital dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) jadi sudah terpercaya dan aman. 
Rawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDO

Rumah sakit Siloam merupakan salah satu jaringan rumah sakit swasta yang didirikan oleh Lippo Group. Awalnya Rumah Sakit ini bernama Rumah Sakit Siloam Gleneagles yang yang merupakan kerjasama antara Lippo Group dan Rumah Sakit Gleneagles, didirikan pada 3 Agustus 1996 melalui PT Sentralindo Wirasta yang bergerak di bidang layanan kesehatan.  Saat ini Rumah Sakit Siloam telah memiliki beberapa rumah sakit, klinik spesialis, dan pusat pengobatan kanker.  Kini rumah sakit siloam sudah memiliki cabang dan klinik hampir diseluruh Indonesia dan mendapatkan berbagai pernghargaan.

Rawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDORawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDO

Rawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDO

Dengan AIDO health kita bisa berkonsultasi dirumah dengan dokter spesialis dan tenaga ahli profesional dari Siloam hospital yang sudah berpengalaman dibidangnya. Dan tentunya lebih sehat dan lebih nyaman daripada harus kerumah sakit dimasa seperti sekarang ini.

Salah vitur yang ada di AIDO yang bisa kita gunakan adalah Rawat Jalan online, dimana Rawat Jalan Online atau Konsultasi Online adalah layanan konsultasi via video call dengan dokter-dokter spesialis dari rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan aido health.

Rawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDO

Biaya dokter di aplikasi AIDO juga sangat kompetitif dan transparan. Dengan begitu kita bisa memperkirakan jumlah biaya yang harus dikeluarkan. 

Berikut Cara menggunakan aplikasi rawat jalan online menggunakan AIDO health :
  • Download Aplikasi aido health di Play Store (android) atau App Store (iOS)
  • Registrasi akun baru dengan menggunakan nomor ponsel Anda, lalu isi data diri
  • Jika sudah registrasi, tinggal log in
  • Klik menu “Rawat Jalan Online” di aplikasi aido health
  • Pilih Rumah Sakit yang diinginkan
  • Pilih Dokter Spesialis yang diingin
  • Pilih slot atau sesi konsultasi yang diinginkan (Setiap Dokter bisa memiliki durasi konsultasi yang berbeda-beda. Durasi Dokter kamu bisa di-cek langsung di Aplikasi)
  • Pilih profile pasien (sesuai nama di KTP. jika sudah pernah ke Siloam, nama pasien ditulis sama dengan yang terdaftar di Siloam)
  • Masukkan keluhan yang dialami
  • Klik tombol “Lanjut Pembayaran”
  • Masukkan informasi tambahan mengenai pasien dan emergency contact
  • Baca Syarat & Ketentuan, lalu klik “Saya setuju”
  • Pilih metode pembayaran (Kartu Kredit/Debit Visa/MasterCard atau OVO atau Virtual Account BRI/Mandiri/BNI)
  • Klik “Konfirmasi Pembayaran”
  • Jika pembayaran berhasil, konsultasi online terkonfirmasi
  • Buka inbox kamu untuk melihat email konfirmasi yang berisi jadwal konsultasi online dan Zoom meeting link untuk akses video call sesuai yang sudah terjadwal

Selama konsultasi online dengan dokter kita bisa mengutarakan apa keluhan yang kita miliki dan berkonsultasi langsung. Jika dokter meresepkan obat, akan muncul notifikasi di aplikasi aido health "PESANAN OBAT BARU". atau bisa mengeceknya langsung di menu "Activity untuk melihat progress pemesanan obat baru. Setelah melakukan pembayaran nantinya obat yang diresepkan akan dikirimkan kerumah melalui jasa kurir. 

Jadi memang kita tidak perlu keluar rumah untuk bertemu dokter dan mendapatkan obat. Lebih aman, nyaman berkonsultasi dengan dokter profesional dengan aplikasi AIDO.  


Selain berkonsultasi, kita juga bisa membuat janji temu dengan terapis profesional, yang nantinya terapis yang kita pilih akan datang kerumah sesuai dengan janji temu.
Rawat Jalan Dengan Dokter Profesional Dari Rumah Lewat Aplikasi AIDO

Aplikasi AIDO ini memang membantu sekali, apalagi disaat seperti sekarang.  Selain itu AIDO juga memeliki keunggulan seperti :

  • Lebih nyaman karena bisa konsulitasi dengan dokter profesional dari rumah
  • Biaya Dokter Transparan
  • Pemesanan dan pengiriman obat hanya lewat satu aplikasi
  • mudah, aman dan terpercaya

Kalian bisa download aplikasi AIDO  di play store dan IOS. Selain konsultasi kesehatan, di aplikasi AIDO kita juga bisa membaca berbagai artikel kesehatan yang berguna banget dan menambah pengetahuan. Untuk info lebih lanjut mengenai AIDO kalian bisa kunjungi Instagramnya disini ya.


Terimakasih sudah membaca.
Salam


24 Comments

  1. mudah banget ya sekarang. makin canggih. konsultasi dengan dokter bisa langsung dengan aplikasi, keren euyy,. coba ahh

    ReplyDelete
  2. Oh terapis di aido itu bsa datang kerumah toh .. ku piikir cuma konsultasi online doank.. ga oernha nyobain yg nyuruh kerumah🤣

    ReplyDelete
  3. Untung ada aido health ya mba...
    Semua bisa diatasi saat pendemi kayak gini. Sehat trs utk adik rara

    ReplyDelete
  4. artikelnya bagus banget aku jadi tau tentang aido makasih mom

    ReplyDelete
  5. Wah mantap banget ka.. jadi konsultasi dengan ahlinya langsung bisa memalui aplikasi, makin canggih deh

    ReplyDelete
  6. Aid memudahan kta konsultasi dengan dokter ya kak. Nice banget. Apalagi dmasa pandemi seperti ini yang nggak bisa langsung ke Rumah Sakit

    ReplyDelete
  7. Wah aku baru tau ada aplikasi aido, jadi lebih mudah untuk bertanya masalah kesehatan apalagi saat pandemi seperti ini ya bun...

    ReplyDelete
  8. Jaman sekarang serba mudah ya, konsultasi dengan dokter kini tak perlu datang langsung cukup melalui aplikasi sudah bisa, hebat makasih infonya ya

    ReplyDelete
  9. keren ini aplikasinya jadi gk perlu waswas kalau mau konsultasi. Ternyata dari Siloam ya aplikasi ini. Pas bgt Siloam RS langganan ku. Makasi infonya kak

    ReplyDelete
  10. Dokter profesional dan dari rumah sakit yang bagus sekelas siloam memang membantu kita percaya
    Dan tidak perlu mempertanyakan kualitas dokternya pada sebuah aplikasi dokter.

    ReplyDelete
  11. Wah aku baru denger bun aplikasi kesehatan Aido ini. Allhamdulillah ya ada aplikasi aido ini. Soalnya kalau lagu pandemi gini kita jadi suka khawatir kalau mau ke rumah sakit, jadi kalau bisa rawat jalan di rumah kenapa nggak. Kecuali kalau udah mendesak

    ReplyDelete
  12. Senang banget deh sekarang jadi banyak aplikasi untuk kesehatan yang mempermudah kita saat harus rawat jalan ke rumah sakit.

    ReplyDelete
  13. Aku juga punya aplikasi AIDO ini mbak karena memberikan kemudahan untuk tips dan artikel kesehatan. Nah untuk cari rumah sakit terdekat juga bisa sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. Ya ampun, masa pandemi begini, perjuangan banget ya mau imunisasi... Untuk rawat jalan untung udah ada aido ya...

    ReplyDelete
  15. Wah iya ya, aido ini sangat membantu..
    Apalagi di tengah pandemi spt ini, ke rs itu jadi pilihan yg bnr2 terakhir yaa

    ReplyDelete
  16. Kalau berobat gigi gimana yaa, kak?
    Aku ada masalah gigi niih...masih bisa ditahan-tahan sih...tapi kalau ada layanan dokter online gini belum kebayang.

    ReplyDelete
  17. Sekarang makin mudah ya cek soal kesehatan, apalagi ada aplikasi AIDO yang berbagi tips tentang kesehatan. Tinggal buka aplikasi dan koneksi internet.😃

    ReplyDelete
  18. Sudha banyak ya RS yang bermitra dengan Aido Health ini. Walau terbilang baru tapi progresnya lumayan.

    ReplyDelete
  19. Saat kondisi kayak gini bikin takut kalau mau konsultasi ke RS, untung udah ada aplikasi konsultasi online kayak gini. Jadi bisa tetap rawat jalan gak perlu keluar rumah.

    ReplyDelete
  20. Bagus appsnya yaya menjawab masalah yg terjadi sekarang. Apakah cuman bisa RS Siloam ya hehe. Soalnga dI Malang belum ada hehe

    ReplyDelete
  21. Bersyukur makin hari makin banyak inovasi mengenai kesehatan dan kemudahan dalam mencari fasilitas kesehatan ya

    ReplyDelete
  22. Makin dimudahkan sja ya kita tuh termasuk mau rawat jalan pun bisa by app yah, wajib donlod nih Aido.

    ReplyDelete
  23. di masa pandemi begini, saya sekeluarga mengurangi keinginan keluar rumah. termasuk ke faskes. jd kalaupun sakit,sebisa mungkin ditangani sendiri dulu.untung yaa di era kini kita udah gak kesulitan berkomunikasi dg dokter yg lbh ahli

    ReplyDelete
  24. Saya baru tau ada aplikasi ini, bagus dan pastinya sangat membntu buat yg ingin melakukan rawat jalan dari rumah ya mbak

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)