Pelajaran yang bisa dipetik dari Drama Korea The World Of Married 2020

Bebs,
Sudah menonton drama korea The World of Merried ?.

Aku udah. Baru beberapa hari lalu selesai,  meskipun terlambat sedikit tapi setidaknya aku nonton drama yang bikin geger seantero bumi. Hehehe

Awalnya aku juga agak ragu ya nonton drama ini karena banyak sekali reaksi masyarakat yang terlalu baik dalam drama ini, maksudnya drama ini bisa mengaduk ngaduk perasaan khususnya kaum perempuan sampai akhirnya lupa " mana drama mana realita". Sampai banyak sekali warga kita yang spam komentar negatif ke salah satu pemain antagonisnya.

Sudah tau kan. Berita ini, heboh loh warga korea artis kesayangannya disebut PELAKOR. nah kan macam drama indo*** aja.

Sinopsis
Ji Sun Woo (Kim Hee ae) adalah dokter keluarga, Dia menikah dengan Lee Tae Oh ( Park Hae Joon) dan memiliki seorang putra. Mungkin Jin sun woo terlihat sempurna, memiliki karir yang bagus dirumah sakit, suami yang tampan dan anak yang baik dia berfikir bahwa kehidupannya akan berjalan normal tanpa kendala yang berarti. Tapi semuanya berubah saat dia mengetahui kalau dirinya telah dikhianati oleh suaminya sendiri, bahkan teman-temannya juga ikut membantu suaminya dan menutupi penghianatan tersebut.

Sejak saat itu kehidupan Ji Sun Woo berubah drastis, dia mulai tidak memperpercayai orang-orang diseklilingnya. Perasaan yang timbul hanyalah kebencian yang membabi buta kepada suaminya. Sampai dia akhirnya sadar bahwa, bukan hanya dia yang tersakiti dalam kasus perselingkuhan ini tapi juga anaknya. Tapi saat dia berusaha untuk hidup normal bersama anaknya, semua tak semudah yang dibayangkan.

Para Pemain

Kim Hee Ae (Ji Sun Woo) 



Park Hae Joon (Lee Tae Oh) 



Han So Hee (Yeo Da Kyung)



Jeon Jin Seo (Lee Joon Young) 

 

Park Sun Young (Go Ye Rim) 


Kim Young Min (Son Je Hyuk) 



Chae Gook Hee (Seol Myung Sook) 


Lee Kyung Young (Yeo Byung Kyu) 


Kim Sun Kyung (Eom Hyo Jung) 




Lee Moo Saeng (Kim Yoon Ki) 

 
Shim Eun Woo (Min Hyeon Seo)


Sutradara 
Film drama the world of meeried sendiri diarahkan oleh sutradara  Mo Wan Il, sutradara di balik drama Misty (2018), Beautiful Mind (2016), Dream High 2 (2012), hingga Smile Again (2010). Mo Wan Il bekerja sama dengan penulis naskah Joo Hyun.

Review
Pertama kali aku nonton film ini di VIU. Kebetulan aku dapet akses premium gratis dari salah satu aplikasi premium,   jadi cukup bayar sekali terus bisa nikmatin premium selamanya. infonya ada di IG ku deh ya aku enggak mau promo disini, enggak dibayar juga soalnya . Hahaahah

Cuma karena ngabisin banyak kuota. Akhirnya aku beli kasetnya. Yang terbukti lebih murah menurutku, ya kan emak emang enggak mau rugi.

Waktu itu karena pengen nonton dengan khusyuk aku nontonnya tiap malam beb, begadang kadang sampe jam 1 atau jam 2 malam. Pernah juga sampe jam 3 malam, ini juga sih salah satu efek drakor yang enggak aku suka, penasaran dan akhirnya bikin begadang. Apalagi siang kan aku juga harus jaga anak-anak, masak beberes, dan itu bikin mood swing seharian.

The world of married ini menceritakan tentang perselingkuhan suami dengan seorang perempuan yang lebih muda. Buat aku yang pernah ngalamin sendiri diposisi yang sama dan sudah melewati fase fase terberat. Nonton kaya gini tuh kaya ngasih aku banyak banget pelajaran, dan input tambahan tentang rumah tangga. Apalagi sejak konfliknya sudah dimulai sejak episode pertama - enggak ada scan mesra mesra dulu atau apa. Pokoknya awal episode langsung konflik dan terus konflik sampai di episode terakhir. Jadi wajar kalau banyak orang yang lelah dan emosinya terus dipancing tanpa ada cooling down karena memang setiap episodenya cendrung penuh emosi. Enggak ada episode lucu-lucuan ala drama korea yang bikin kita gemes, enggak ada. Itulah kenapa banyak orang akhirnya terbawa suasana.

Bahkan saat nonton episode ke 2 atau 3 aku malah hampir ribut sama suami karena menanyakan pertanyaan aneh. Efeknya memang dalam banget sih buat aku pribadi.

Meskipun penuh kotroversi dan dram, tapi aku menangkap beberapa pembelajaran penting yang bisa kita ambil dari cerita ini, seperti :


Menjadi diri sendiri itu perlu, tapi terkadang kita juga harus mengerti keinginan pasangan terhadap diri kita

Dalam satu hubungan kadang kita perlu saling mengerti dan introspeksi diri, mungkin bisa jadi ada sikap kita yang tidak disukai pasangan. Kebanyakan pasangan cendrung tertutup dan diam pada awalnya, takut dibilang tidak menerima apa adanya tapi akhirnya malah ketidaksukaan yang berulang dan dipendam akhirnya menimbulkan perasaan kesal dan berujung pertengkaran tanpa sebab. Jika memang ada sifat pasangan yang dirasa kurang baik, atau mengganggu sebaiknya bicarakan baik baik. Bukan berarti kita tidak bisa menerima pasangan apa adanya, tapi kita ingin dia menjadi lebih baik dan kita juga merasa nyaman ada didekatnya.

Salah satu scane adegan di film the world of merried, lee tae oh mengaku dirinya merasa lebih hiduo saat bersama selingkuhannya. Karena dia merasa lebih dimengerti, didengarkan dan diperhatikan.

Laki-laki menurut aku pribadi cendrung aneh sih, mereka tidak suka kalau terlalu diperhatikan bahkan sampai diikuti terus. Tapi kalau terlaku cuek pun mereka bisa lari, masalahnya menjadi biasa biasa aja tuh sulit, apalagi wanita itu cendrung posesif kalau gak ya cuek. Cuma itu pilihannya. Kalau ketemu yang biasa biasa aja cuma ada dua kemungkinan, pertama dia belum pernah disakiti laki-laki. Atau dia pernah punya kesalahan yang tidak ingin terulang dimasa lalu.

Baca juga :

Perempuan itu mungkin bisa memaafkan, tapi mereka tidak benar benar melupakan.

- Ini fakta loh, berapa banyak perempuan diluar sana yang sudah disakiti suaminya masih mau memaafkan. Meskipun disakiti berkali kali  dia tetap mencintai dengan tulus.

Itulah wanita, didominasi dengan perasaan. Terkadang bahkan membuatnya sulit berfikir dengan jernih. Tapi sisi baiknya, karena sifat inilah banyak rumah tangga terselamatkan.

Tapi meskipun begitu, perasaan sakit, kenangan buruk, dan kepahitan yang dia rasakan tidak bisa hilang seumur hidupnya. Akan selalu diingat dan mungkin akan selalu diungkit dalam setiap pertengkaran.

Jadi enggak heran kalau laki-laki yang pernah selingkuh dulu - tapi sampai sekarang saat berantem masalah itu masih diungkit. Atas kesalah-kesalaham pria yang terjadi di masa lampau, meskipun sudah caseclose tapi pembahasan akan tetap berjalan tanpa akhir, dan pastinya akan berkorelasi dengan masalah lain di kemudian hari. Hahahah..

Misal : 
Bulan februari  melakukan kesalah ketahuam bohong soal uang gaji (case close)

Bulan desember,  makan bareng temen tanpa sepengetahuan istri. Padahal di traktir temen. Tapi asumsi istri adalah kenapa mesti bohong ? Jangan jangan kamu bohong soal gaji supaya  bisa foya - foya sama temen tanpa sepengetahuan istri. 

Ada korelasinya sih menurut versi cewek, kalau versi cowok yg sebenarnya ya belum tentu juga. Tapi dia diposisi yang salah. 
😁

Makanya ya, aku berharap banget tulisanku yang satu ini juga dibaca para kaum adam khususnya yang berstatus suami. Tolong jangan pernah kalian bohongi istri istri kalian. Karena mereka itu menyeramkan kalau udah marah. 

Lelaki itu wajib bekerja, berpenghasilan dan menafkahi istrinya. Meskipun istrinya mungkin lebih kaya darinya.

- Salah satu adegan yang cukup "menegur" dalam film ini adalah ketika ji sun woo memberitahu mertuanya tentang perselingkuhan suaminya. Tapi dari respon yang diberikan ji sun wo seolah mertunya itu pun sudah tau apa yang dilakukan anaknya, tapi malah memintanya memaafkan dan menerimanya kembali.

Disaat ji sun woo bersumpah serapah akan menghancurkan kee tae oh, barulah mertuanya mengatakan bahwa selama ini anaknya sudah tersiksa menikah dengan dirinya.

Konfilk awal rumah tangga dalam film ini memang kurang begitu jelas digambarkan, tapi dari beberapa adegannya kita bisa menarik beberapa prediksi, soal masalah keuangan, sifat dominan ji sun woo dalam rumah tangga.

Mungkin kalau diawal alasan utama lee tae oh berselingkuh, masalahnya mungkin lebih jelas. Tapi mungkin bisa jadi, lee tae oh merasa bahwa istrinya tidak membutuhkannya lagi, atau merasa tidak dihargai, apalagi semua kebutuhan rumah ditanggung oleh istrinya. Dia merasa tidak memiliki harga diri, dan rasa kepemimpinan.

Sebenarnya kasus kasus seperti ini banyak terjadi di masyarakat kita, banyak istri yang menjadi tulang punggung keluarganya disaat dia memiliki suami.

Dalam pandangan islam, seorang suami wajib hukumnya memberi nafkah kepada istrinya. Nafkah tersebut meliputi sandang, pangan, dan papan. Artinya semua kebutuhan istri , suami wajib memenuhinya, bahkan sampai kebutuhan psikis dan biologisnya.

Nah dari situlah kemudian timbul cinta dan ketaatan. 

Jika perempuan menafkahi dirinya sendiri sedangkan dia memiliki suami, akan timbul rasa "menyepelekan" bahkan merendahkan suami, karena kedudukan suami dimata dia tidak lagi tinggi, sejajar bahkan mungkin bisa jadi dia merasa suaminya lebih rendah daripada dia.

Baca juga :

Dalam setiap pertengkaran, mungkin suami istri bisa saling memaafkan. Tapi ketika melibatkan anak, lukanya mungkin lebih dalam dari pada apa yang kita rasakan.

- Ada kemarahan, kekecewaan, dan merasa sendiri. Dan inilah yang kadang membuat anak broken home menjadi merasa tidak berharga dan kurang percaya diri, meskipun memang tidak semua anak broken home demikian. Tapi ada kencendrungan ke arah sana.

Sebagai orang dewasa kita mampu menyelesaikan setiap masalan sendiri, anak-anak hanya tidak pernah diajak berbicara dan berusaha meluruskan fikiran. Bisa jadi mereka telah salah menilai selama ini, atau bisa juga selama ini kita yang salah. Saat pertengkaran antara pasangan yang memiliki anak, mereka merasa yang paling menderita, tapi sebenarnya anak-anaklah yang selalu menjadi korbannya.

Hal yang paling sulit bagi wanita adalah memaafkan kesalahan pria yang pernah berselingkuh darinya , karena sekuat apapun dia berusaha hatinya tidak pernah benar-benar bisa percaya lagi.

-  untuk yang satu ini aku enggak mau terlalu banyak komentar beb, karena kamu wanita, dan pasti tau banget gimana rasa sakitnya.

Nah beb, kalau menurut kamu sendiri drama ini tuh gimana sih ?. Sharing ya dikolom komentar.

Semua tulisan ini bersifat opini pribadi ya beb, mohon maaf kalau ada salah kata atau hal yang kurang berkenan. Terimakasih sudah membaca,

Salam




---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram
https://www.instagram.com/qoechingphie ( Lifestyle and Parenting)


Untuk pertanyaan lebih lanjut, atau info kerjasama bisa kirim ke email silviepermatasari.91@gmail.com.



26 Comments

  1. ini salah satu drama yang nontonnya tuh naik turun. apalagi peran tae oh yang konsisten dari awal sampai akhir jadi lelaki brengsek. greget nontonnya.. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih bener banget... Brengseknya kok konsisten ya, bahkan saat udah ancur ancuran masih aja ngeselin...


      Gemes aku mba liatnya lelaki begitu

      Delete
  2. Iya bener banget nih kalo soal selingkuh itu menyakitkan ya. Jadi merasa dihianati. Lihat film ini aja aku sebel sendiri deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haahahah iya mbak. Gimana ngalamin sendiri ya. Duh udah unyeng uyeng tuh pala orang.
      Hehehe

      Delete
  3. Aku nggak nonton drama ini mbak, nggak berani..
    Takut g kuat mental, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahah...

      Eemang film begini sebenernya lebih horror daripada film horror.

      Apalagi film joker kemaren tuh. Parah,

      Delete
  4. Setelah sekian lama aku nggak nonton drakor. Begitu nonton lagi eh nontonnya yg satu ini.. wuih sampe kebawa mimpi mbak XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahab

      Kalah kayanya dinetron azab Indosiar ya mba gregetnya.

      Aku jg penasaran gak bisa berhenti berenti nonton. Gregetan soalnya

      Delete
  5. Banyak pelajaran yang dipetik dari drama ini mbak. Apalagi bagaimana kita mencintai dengan tulus serta tetap mengasihi keluarga tercinta. Perannya keren semua dan benar-benar totalitas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mba, meskipun pemainnya enggak ada pemain bintang tapi ratingnya tertinggi di korea. Memang murni jalan cerita dan penjiwaan karakter pemainnya yg keren

      Delete
  6. Awalnya aku biasa aja nonton ini drama, makin kebelakang episodenya makin greget dan akhirnya bisa tamat juga. Banyak sekali yang memang bisa dipelajari termasuk urusan rumah tangga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurutku malah dari awal udah greget mba..
      Soalnya konfliknya gak pake basa basi di film ini

      Delete
  7. Saya belum nonton, tapi udah kebayang pasti bakal kesel banget huhuhu...

    ReplyDelete
  8. Daku ndak nonton drakor ini sih kak, belum cukup umur 😁. Semoga tercapai ya kak artikelnya ini dibaca kaum adam agar lebih memahami 👍

    ReplyDelete
  9. Belum ninton drakor ini, etapi dari review ini sih kelihatannya seru, banyak pelajaran yg dipetik. Perannya keren semua dengan totalitas yg ada di masing masing pemain

    ReplyDelete
  10. Kurang ajar teman-teman mendukung dan mengetahui perselingkuhan suaminya. Ih bikin kesel dan penasaran drama Korea the world of married

    ReplyDelete
  11. Iyayaa...
    Semacam trauma gitu yaa...kalau suaminya pernah ada hati untuk selain dirinya.

    Seru sih..nonton drama tentang pelskors gini.
    makin muntup-muntup rasanyaaa...

    ReplyDelete
  12. temen-temen pecinta drakor sering bener membicarakan drama ini.. hits banget ya.. perselingkuhan emang satu topik yang sering diangkat jadi film.. karena topik ini lekat sama kehidupan kita.. selain bisa dibikin jadi cerita yang makin banyak permasalahannya.. betewe jangan sampai yaaa kita mengalami berselingkuh atau diselingkuhi.. syerem

    ReplyDelete
  13. Ini ending-nya gimana ya? Aku nonton tapi ga sampai habis. Aku suka ga sabaran kalau nonon drakor, banyak adegan yang bertele-tele menurutku hahaha

    ReplyDelete
  14. aku nggak nonton drama ini. mungkin karena terlalu banyak spoiler jadinya malas nonton. he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya juga sih ya..
      Aku juga gitu sih mba..
      Kemaren pas awal awal males nonton. Soalnya banyak yg review dan bilang "mendingan jangan ditonton" takut gak kuat mental.


      Tapi setelah lama terus redup akhirnya aku baru nonton.

      Delete
  15. Banyaaak banget pelajaran yang bisa aku ambil dari sini. Bener-bener bagus sih, apalagi liat dampak perceraian terhadap anak :(( bikin sedih tapi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Emang nyesek banget sih. Mungkin suami istri bisa saling emmaafkme suatu hari nanti. Tapi luka anak belum tentu bisa sembuh ya

      Delete
  16. samaaa ternyata efek buruknya sama dengan aku heheh yang begadang demi rasa penasaran sampe jam 3an hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang drakor bikin kita begadang ya mba.. makanya aku juga kalau abis nonton drakor suka pusing karena kurang tidur tapi gak bisa berenti nonton sebelum abis.
      Heheheh

      Delete
  17. Setuju lelaki emang kudu banget ya berpenghasilan soalna ada sodara yang akhirnya diceraikan karena hanya mengandalkan istrinya yang karirnya itu melesat sementara dia habisin uang gemes banget aku

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)