Pengalaman Mengatasi Cacingan Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex

Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex


Moms,

Pernah enggak sih anggota keluarga kita khususnya anak-anak mengalami cacingan ? Atau  jangan - jangan kita enggak tau kalau anggota keluarga kita, dan bahkan diri kita sendiri yang mengalami cacingan. Uuuhhhh...

 Kali ini aku mau sedikit sharing pengalaman aku mengatasi cacingan pada anak dan keluarga dengan obat cacing konvermex. Tapi sebelum berbicara panjang lebar soal pengalamanku sendiri mengobati cacingan, aku mau sedikit menyegarkan fikiran kita tentang apa sih itu cacingan ?  Apa aja yang menyebabkan cacingan, apa dampak dari penyakit cacingan ini dan tentunya bagaimana cara mengatasi cacingan.

 Oke.... Duduk dulu yang nyaman ya moms. Karena menurutku ini adalah salah satu pembahasan penting yang wajib diketahui oleh para ibu. Karena cacingan bukan hanya menjangkiti anak-anak tapi juga orang dewasa. Dan penyakit cacingan ini tidak terlalu terlihat jadi sering kali dianggap sepele oleh kebanyakan orang, padahal cacingan itu berbahaya loh jika tidak ditangani dengan baik. Cacingan pada anak dapat mempengaruhi pertumbuhan anak, oleh karena itu sebaiknya tangani cangingan dengan tepat agar anak-anak bisa tumbuh optimal.

 

 Apa itu Cacingan ?

Cacingan adalah penyakit infeksi cacing atau parasit yang tinggal dalam usus manusia. Cacing yang menetap di usus kita akan bertahan hidup dengan mengambil sari-sari makanan yang masuk ke usus. Jadi usus manusia ini menjadi inang bagi para cacing untuk bertahan hidup.

Ada banyak sekali penyebab orang bisa terkena cacingan, tapi memang umumnya dikarenakan gaya hidup atau lingkungan yang kurang bersih. Biasanya cacing - cacing masuk ketubuh manusia melalui berbagai macam cara, misalkan larva cacing bersarang di tanah atau air dan kita menyentuhnya atau tidak sengaja terinjak dan akhirnya masuk kedalam tubuh. Atau dari kotoran atau fases hewan yang bercampur ketanah dan tidak sengaja memepel di tangan dan masuk kedalam tubuh manusia. Bahkan dari barang yang kita anggap bersih sekalipun seperti sayuran segar bisa menjadi peratara cacing untuk masuk kedalam tubuh kita, biasanya itu biasanya berasal dari bahan makanan mentah yang cara pengolahannya kurang bersih. Makanya sebaiknya cuci sayuran dengan bersih di air yang mengalir.


Selain itu beberapa hal yang bisa menjadi perantara penularan cacingan pada anak dan keluarga antara lain :

  •  Larva cacing kremi bisa menulai melalui sprei tempat tidur dan handuk
  • Kuku yang kotor bisa jadi tempat tinggal larva cacing, dan menularkannya melalui barang-barang yang dipegang
  • Fasilitas umum juga menjadi salah satu perantara penularan cacing, oleh karena itu sebaiknya biasakan cuci tangan sebelum makan dan setelah beraktifitas.

Bisa dilihat ada banyak sekali potensi "cacingan" yang bisa menyerang keluarga kita kapan saja dan dimana saja, termasuk dirumah. Oleh karena itu sebagai orang tua kita wajib nih mom untuk mengingatkan anak-anak dan orang terdekat kita untuk menjaga kebersihan terutama selama berada diluar rumah, karena biasanya anak-anak saat main diluar itu AMPUN DEH !.  Apalagi anakku tuh cowok jadi hobi banget main bola sama teman-temannya. Berangkat dari rumah rapih tapi pas pulang sudah entah kaya apa. Belum lagi kadang mungkin anak-anak bermain lari-larian ditaman tanpa sendal yang mungkin saja ada larva cacing ditanahnya, atau pegang tanah dan lupa cuci tangan saat makan camilan. Karena aku sendiri enggak bisa mengawasi 100% apalagi anak-anak yang sudah mulai dewasa dan punya dunianya sendiri.

 

Makanya mengajarkan pola hidup bersih pada anak seperti mencuci tangan sebelum makan itu bukan cuma untuk etika, tapi juga kesehatan.


Tanda Tanda Orang Mengalami Cacingan


Banyak dari kita tidak menyadari kalau kita terkena cacingan, karena memang penyakit cacingan ini awalnya memang tidak menimbulkan tanda-tanda yang serius seperti :

  •  Diare
  • Muntah
  • Penurunan berat badan
  • Sakit perut
  • Mudah lelah
  • Nafsu makan menurun
  • Gatal pada anus bahkan keluar darah pada fases pada kasus cacing tambang yang serius

Seperti yang sudah aku bilang sebelumnya, Cacing sebenarnya menjadi parasit dalam tubuh inangnya, dalam hal ini adalah manusia. Cacing mengambil nutrisi dari makanan yang masuk dan dari tubuh termasuk darah. Itulah sebabnya, penyakit cacingan dapat menyebabkan kehilangan darah yang jika dibiarkan dalam waktu yang cukup lama bisa menyebabkan anemia. Selain itu cacing dalam tubuh juga menghisap berbagai asupan berbagai nutrisi penting lainnya yang berasal dari makanan yang dimakan, seperti protein, karbohidrat, dan vitamin A juga akan berkurang, sehingga penderitanya dapat mengalami kekurangan nutrisi (malnutrisi). Dan ini bisa mengakibatkan tubuh penderita cacingan menjadi kurus dan mudah lelah.

Tentunya meskipun gejala yang ditimbulkan cukup ringan tetapi jika terjadi dalam jangka waktu yang panjang juga akan mempengaruhi kualitas hidup, apalagi pada anak-anak cacingan bisa mempengaruhi tumbuh kembang anak dan bisa menyebabkan stunting pada anak.


Stunting adalah kondisi dimana anak tidak tumbuh optimal seperti yang seharusnya akibat kekurangan gizi, Kasus stunting pada anak membuat anak memiliki perawakan lebih pendek, lambat mengelola informasi karena kerja otak yang tidak optimal. Hal ini dikarenakan kurangnya nutrisi tubuh sehingga mempengaruhi tumbuh kembang anak.


Pada kasus cacingan, nutrisi yang didapat dari makanan malah diserap oleh cacing dalam usus sehingga tubuh kekurangan nutrisi, oleh karena itu penting untuk menangani cacingan pada anak agar mereka terhindar dari resiko stunting.

Dan aku baru tau ternyata ada banyak sekali jenis cacing yang bisa hidup ditubuh kita, dan gejala yang ditimbulakpun berbeda-beda biasanya.  Khusus untuk penyakit cacingan biasanya parasit tersebut  hidup di saluran pencernaan, tapi tidak menutup kemungkinan kalau cacing tersebut bisa berpindah bagian organ lain di tubuh kita melalui berbagai cara, berikut beberapa parasit yang bisa hidup ditubuh manusia :

 

Cacing kremi (Enterobius vermicularis)

Eefek dari cacing kremi ini adalah rasa gatal yang sangat dibagian dubur, karena memang cacing kremi ini hidup di usus besar. Selain itu cacing kremi mampu bertelur 11.000 sampai 15.000  butir per ekornya setiap enam jam sekali. Luar biasa para cacing kremi ini ya…. Meskipun ukurannya kecil 2- 13 mm saja, tapi kalau sebanyak itu … ya…..

 

Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex

Cacing gelang (Ascaris lumbricoides)

Salah satu cacing yang cukup panjang yang bisa hidup ditubuh manusia adalah cacing gelang, karena panjang tubuh cacing gelang jantan sekitar 10-30 cm sedangkan betina bisa mencapai panjang 22-35 cm.  Cacing gelang biasa hidup di usus halus yang kemudian menyerap sari-sari makanan, tapi jangan salah cacing gelang juga bisa jalan-jalan sampai ke paru-paru yang menyebabkan batuk-batuk. Perharinya cacing gelang bisa bertelur sekitar 200.000 telur.  Luar biasa…

Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex


Cacing tambang (Ancylostoma duodenale dan Necator americanus)

Cacing tambang memiliki dua jenis yaitu Ancylostoma duodenale dan Necator americanus, cacing tambah memiliki panjang sekitar 0,8 mm – 1 cm. karena ukurannya yang cukup kecil sering kali cacing tambang ini bisa masuk kedalam tubuh manusia melalui pori-pori kulit dan akhirnya masuk ke aliran darah dan berdiam di usus halus. Atau bisa jadi seperti kasus yang dialami pak suami, cacing tambah hidup dibawah jaringan kulit.

Cacing tambang yang masuk kedalam tubuh bisanya hidup di usus halus dan menghisap darah di dinding usus, meskipun kecil tapi cacing tambang bisa bertelur sekitar 9.000 – 10.000 telur perhari.

 

Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex

Cacing Cambuk (Trichuris trichiura)

Cacing jenis ini memiliki panjang sekitar 4 – 5 cm dan hidup di usus besar, cacing cambuk dewasa umumnya akan menampel di dinding usus halus dan menghisap darah. Dan setiap harinya cacing cambuk bisa bertelur sebanyak 3.000 – 10.000 telur.  Cacing cambuk bisa menimbulkan sakit perut, nafsu makan berkurang dan anemia.

Uuuh… aku aja yang enggak pernah melihat cacing secara langsung bergidik ngeri membayangankan kalau didalam tubuh kita ada banyak sekali cacing parasit yang diam-diam mengambil semua nutrisi yang kita makan. Dan terus tumbuh menghisap darah dan tinggal didalam usus kita.

 Mengerikan enggak sih bayanginnya ?. Terus mau biarin aja gitu  para parasit ini tinggal ditubuh kita. ? Enggak dong pastinya.

 

Cara Mencegah Cacingan

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan sebagai langkah prefentif mencegah cacingan, seperti :

Menjaga Kebersihan diri dan Lingkungan

Menjaga kebersihan diri dan lingkungan adalah kunci utama terbebas dari berbagai penyakit termasuk cacingan. Lakukan kebiasaan baik seperti mandi secara teratur, mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah beraktifitas, rutin membersihkan kuku kaki dan tangan, dan bersihkan toilet dengan benar setelah digunakan, dan banyak lagi.



Menjaga kebersihan diri dan lingkungan bukan cuma bermanfaat untuk diri sendiri tapi juga untuk keluarga dan orang lain. Putuskan resiko penularan cacingan dengan menjaga kebersihan diri dengan benar.



Memasak dengan benar

Larva cacing bisa tinggal di buah dan sayur, oleh karena itu sebaiknya cuci bersih buah dan sayur di air mengalir sebelum memasak untuk membersihkannya dari larva cacing yang mungkin menempel pada permukaan buah dan sayur.

Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex

Selain itu masak sayur sampai benar-benar matang, untuk membunuh kuman dan bakteri pada makanan. Jika memang pengolahan sayur dimakan dengan mentah sebaiknya cuci sayur dan buah sampai benar-benar bersih dan tiriskan airnya sebelum dikonsumsi.

 

Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex

Minum Obat Cacing Konvermex untuk semua anggota keluarga

Bukan cuma anak-anak  tapi orang dewasa pun berpotensi mengalami cacingan. Oleh karena itu, untuk menghindari penyakit cacingan aku dan keluarga selalu rutin minum Konvermex setiap 6 bulan sekali. Kovermex Obat Cacing Keluarga yang tersedia untuk anak dan orang dewasa.

Konvermex adalah obat cacing keluarga yang aman dikonsumsi mulai dari anak usia 2 tahun sampai orang dewasa. Meminum Konvermex dengan dosis yang tepat dan rutin untuk seluruh anggota keluarga, maka bisa menjaga keluarga dari cacingan. Seperti yang sudah aku bilang diatas cacing bisa menular dengan berbagai cara salah satunya melalui penggunaan fasilitas umum seperti toilet, gagang pintu dan lainnya. Selain itu cacingan juga mudah menular, apalagi pada orang yang tinggal serumah. Jadi sebaiknya jika mengkonsumsi obat cacing maka seluruh keluarga juga ikut meminumnya, hal ini untuk menghindari penularan cacing ke orang lain dirumah. Dengan meminum Konvermex kita bisa menghancurkan cacing yang ada didalam tubuh dan memutus mata rantai penularannya.

Oh iya, Obat cacing Konvermex tersedia dalam bentuk tablet dan cair. Konvermex 125 diperuntukkan untuk anak tersedia dalam bentuk tablet dan suspensi rasa jeruk yang manis. Sedangkan untuk orang dewasa ada Konvermex 250 suspensi  rasa vanilla dan Konvermex 250 tablet.  Konvermex ini aman dikonsumsi dan sudah terdaftar di BPOM loh.

Konvermex bisa mengobati penyakit kecacingan yang disebabkan oleh parasite-parasit saluran pencernaan berikut, baik tunggal maupun campuran  seperti Cacing kremi (Enterobius vermicularis), Cacing gelang (Ascaris lumbricoides), Cacing tambang (Ancylostoma duodenale), Cacing tambang (Necator americanus), Cacing Trichostrongylus colubriformis dan Orientalis

 



Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex

KONVERMEX 125

Konvermex 125 diperuntukkan sebagai obat cacing anak, Tersedia dalam kemasan tablet dan suspensi rasa jeruk yang disukai anak-anak.

Kandungan Pyrantel Pamoate pada Konvermex bekerja melumpuhkan cacing dengan cara mendepolarisasi senyawa penghambat neuromuskuler dan mengeluarkannya dari dalam tubuh biasanya tanpa memerlukan pencahar. Jadi cacingnya akan keluar melalui fases.


ATURAN PAKAI

TAKARAN SUSPENSI 125 mg

Dalam setiap 5 ml Konvermex 125 suspensi mengandung Pyrantel Pamoate setara dengan Pyrantel base 125 mg.

  • Umur 2 – 6 tahun,  ½ - 1 takaran (5 – 10 ml)
  • Umur  6 – 12 tahun , 1 - 1½ takaran (10 - 15 ml)
  • Lebih dari 12 tahun, 1½ - 2 takaran (15 - 20 ml)

 

TAKARAN TABLET 125 mg

  • Umur 2 – 6 tahun,  1-2 tablet sekali minum
  • Umur  6 – 12 tahun , 2-3 tablet sekali minum
  • Lebih dari 12 tahun, 3 – 4 tablet sekali minum

 Pengalaman Mengatasi Cacingan  Pada Anak dan Keluarga dengan Obat Cacing Konvermex

KONVERMEX 250

Konvermex 250 diperuntukkan untuk obat cacing orang dewasa tersedia dalam kemasan tablet dan suspensi rasa vanilla.

 

ATURAN PAKAI

Dalam setiap 5 ml Konvermex 250 suspensi mengandung Pyrantel Pamoate setara dengan Pyrantel base 250 mg.

TAKARAN SUSPENSI 250 mg

  • Umur 2 – 6 tahun,  ¼ - ½ takaran (2,5 – 5 ml)
  • Umur  6 – 12 tahun , ½ -  ¾  takaran (5 – 7,5 ml)
  • Lebih dari 12 tahun, ¾ - 1 takaran (7,5 – 10 ml)

 

TAKARAN TABLET 250 mg

  • Umur 2 – 6 tahun, ½ - 1 tablet sekali minum
  • Umur  6 – 12 tahun , 1 - 1½ tablet sekali minum
  • Lebih dari 12 tahun, 1½ - 2 tablet sekali minum



Dengan rutin minum Konvermex setiap 6 bulan sekali bisa menjaga seluruh keluarga dari cacingan. Konvermex obat cacing yang tepat untuk seluruh anggota keluarga. Selain itu juga selalu jaga kebersihan diri dan anggota keluarga, selalu cuci tangan sebelum makan apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini. Hentikan penularan cacingan  dengan menjalani hidup bersih dan sehat. Yuk, SALING JAGA dengan  ikutan Gerakan Bebas Cacing bersama Konvermex.

 

Terimakasih sudah membaca artikel ini, Salam.

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram


Untuk pertanyaan lebih lanjut, atau info kerjasama bisa kirim ke email silviepermatasari.91@gmail.com.


Part of :


Referensi :

https://www.liputan6.com/health/read/2361248/waspadai-4-jenis-cacing-penyebab-cacingan

https://www.konimexstore.com/produk/detail/kode/KONVERMEX+250+-+KAPLET

https://www.konimexstore.com/produk/detail/kode/KONVERMEX+125+-+SUSPENSI

 

 

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)