Mengenal Pentingnya Gut Brain Asix Dalam Tumbuh Kembang Anak

Mengenal Pentingnya Gut  Brain Asix Dalam Tumbuh Kembang Anak

Hi Moms,

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya, Berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang dan masa depan mereka. Tapi sebagai orang tua bukan berarti aku tau segalanya, masih banyak hal yang tidak aku tau dan mengerti tentang dunia tumbuh kembang anak.

Seperti beberapa bulan kemarin, aku merasa anakku yang berusia 1,8 tahun semakin hari semakin rewel, gampang marah, susah makan dan tingkahnya menjadi sangat menyebalkan. Awalnya aku fikir, ini biasa namanya juga anak-anak, meskipun kakaknya dulu tidak seperti ini. Jadi karena aku fikir ini hal yang wajar tidak ada metode khusus yang aku lakukan untuk menyelesaikan masalah ini. Sampai pada jadwal imunisasi, Dokter menyatakan kalau grafik berat badan rara selama 4 bulan  ini tidak memenuhi target dan Rara diminta cek darah untuk mengetahui masalah yang terjadi dalam tubuhnya.

Dan aku benar-benar kaget setelah cek darah ternyata Rara mengalami kekurangan Zat besi, atau disebut Anemia. Meskipun memang bukan penyakit yang terlalu serius tapi kekurangn zat besi dalam tubuh anak apalagi dimasa pertumbuhannya bisa menyebabkan banyak hal seperti stunting, terganggunya perkembangan tubuh dan otak anak.

Sejak hari itu Rara yang awalnya 100% ASI dibantu dengan susu formula, karena kandungan yang terdapat pada ASI tidak mencukupi semua kebutuhan nutrisinya. Harus dibantu melalui makanannya, termasuk pemberian susu formula.

Dan kemarin aku berkesempatan mengikuti webminar dari bebelac tentang “ Pentingnya Gud Brain Asix untuk menumbuhkan anak hebat”, dan jujur tema ini sangat pas dengan apa yang aku sedang alami selama ini. Dan aku jadi tau lebih jelas kenapa sih anakku selama ini kok sering uring-uringan. Dan kali ini aku akan sharing ilmunya supaya semua ibu tau dan sama-sama belajar.

Mengenal Pentingnya Gut  Brain Asix Dalam Tumbuh Kembang Anak

Pentingnya Gut Brain Asix Dalam Menumbuhkan Anak Hebat

Dalam webminar yang diselenggarakan oleh bebelac kemarin menghadirkan para expert di bidangnya, seperti Dr. Rita  Ramayulis DCN, M,Kes, Ahli Gizi dan Penulis Buku Tentang Gizi. Ada juga Ye Vian Quah , Head of Bebelac dan Putri Titian seorang ibu yang juga public figure.

Menurut Dr. Rita,  Sekarang ini orang tua tidak bisa berfokus hanya pada kognitif anak tapi juga prilakunya. Jadi selain pintar, anak juga sebaiknya memiliki kemampuan mengelola emosi yang baik. Apalagi dalam kondisi kita sekarang ini dimana anak-anak jadi lebih mudah stress, belum lagi tekanan dari teman-temannya, sekolah dan lingkungan sekitarnya. Pengelolaan emosi yang baik pada anak membantunya tumbuh optimal bukan hanya secara fisik tapi juga psikis.

Selain memberikan edukasi yang baik kepada anak, orang tua juga harus memberikan asupan makanan bernutiri kepada anak, Karena pencernaan anak juga sangat berpengaruh kepada emosi dan tingkah laku anak.  Pencernaan yang sehat dapat mempengaruhi perkembangan otak, begitupun sebaliknya.

Mengenal Pentingnya Gut  Brain Asix Dalam Tumbuh Kembang Anak
Menurut Dokter Rita, Secara umum saluran cerna memengaruhi otak dalam hal mengatur perilaku, emosi, dan logika; sedangkan otak  memengaruhi saluran cerna dalam hal penyerapan nutrisi yang dikonsumsi. Keterkaitan antara keduanya ini dikenal dengan istilah gut-brain axis.

Melalui gut-brain axis, saluran cerna akan memengaruhi otak untuk memproduksi  neurotransmitter yang berkaitan dengan sosial emosional anak, salah satunya hormon serotonin  yang menghasilkan perasaan senang dan nyaman. Sedangkan otak akan memberikan perintah kepada semua jaringan tubuh untuk melakukan tugasnya, termasuk kepada saluran cerna.  Saluran cerna dan otak ini melakukan komunikasi Homeostatis dalam tubuh anak, dimana kedua jaringan tubuh sama-sama memberikan informasi yang saling mempengaruhi.  Dan pencernaan yang baik akan sangat berpengaruh terhadap kinerja otak anak dalam tumbuh kembangnya. Iinteraksi sehat antara sistem pencernaan dan otak tergolong krusial dalam mendukung kebaikan hati si Kecil, seperti kecerdasan intelektual dan emosional anak.

Salah satu nutrisi utama untuk memungkinkan proses gut-brain axis adalah prebiotik yang berperan untuk memberi makan mikrobiota pada saluran cerna seperti bifidobacterial yang menstimulasi pertumbuhan spesies Bifidobacterium dan lactobacillus tertentu, dan mengurangi bakteri patogen. Mikrobiota ini juga bertugas untuk berkomunikasi dengan otak, termasuk meminta otak untuk mengatur emosi dan perilaku anak.

Apa yang anak konsumsi dapat memperkuat kesehatan pencernaan, otak, hingga kebesaran hatinya, sehingga dapat memberikan dampak positif yang menyeluruh bagi anak, Salah satu nutrisi untuk pencernaan sehat yang dapat dikonsumsi anak adalah prebiotik atau makanan bagi bakteri baik. Sebagai contoh, prebiotik dapat ditemukan pada sayur, buah, atau susu pertumbuhan yang diperkaya dengan prebiotik.” 

Anak-anak kita perlu dibekali dengan kesehatan tubuh, kemampuan berpikir, serta hati yang baik agar ia dapat menyebarkan aksi kebaikan ke lingkungan sekitarnya dan menjadi anak hebat. Dan kehebatan seorang anak perlu dimulai dari makanan dan minuman yang dikonsumsi.

 

 

Mengenal Pentingnya Gut  Brain Asix Dalam Tumbuh Kembang Anak

Ye Vian Quah, head of Bebelac juga memaparkan bahwa selama ini Bebelac memiliki kominten untuk mendampingi orang tua membesarkan anak-anak hebat yang memiliki empati, mampu bersosialisasi, berani menghadapi masa depan dan juga membawa kebaikan kelingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, Bebelac mengajak orang tua untuk mengenal konsep happy tummy, happy brain, dan happy heart yang merupakan keterkaitan antara pencernaan, otak, dan hati si Kecil.

Ye Vian mengatakan bahwa “ kami percaya  anak hebat berawal dari happy tummy (pencernaan yang sehat), happy brain (kemampuan berpikir yang baik) dan happy heart (hati yang baik). Hal ini  dikarenakan happy tummy dan happy brain akan berpengaruh pada happy heart yang akan menjadi penggerak si Kecil melakukan kebaikan bagi sekitarnya. Maka dari itu, kami terus menghadirkan produk berkualitas berdampingan dengan wadah edukasi bagi orang tua tentang bagaimana ketiga organ ini saling terhubung.”

Selain itu Bebelac berkomitmen untuk terus mengedukasi orang tua tentang happy tummy, happy brain, dan happy heart. Salah satunya melalui rangkaian webinar melalui akun Facebook  @BebeclubIndonesia yang dapat diikuti secara gratis.

“Melalui berbagai inisiatif dan kegiatan edukatif, kami berharap dapat ikut berkontribusi melahirkan generasi penerus yang cerdas dan memiliki kebaikan hati di masa depan,”

Bebelac bukan hanya memberikan edukasi tapi juga solusi dengan menghadirkan susu Bebelac yang mengandung FOS GOS 1:9, Omega 3, Omega 6, Fish Oil, 13 vitamin dan 6 mineral yang  mendukung pencernaan dan pertumbuhan si Kecil.

Mengenal Pentingnya Gut  Brain Asix Dalam Tumbuh Kembang Anak
Putri Titian yang juga seorang ibu dan 2 orang anak dan juga public figure juga sangat setuju terhadap konsep happy tummy, happy brain dan happy heart. Menurut putri titian Selain nutrisi, membesarkan anak hebat yang dapat membawa kebaikan bagi lingkungannya juga membutuhkan pola asuh yang baik dari orang tua.

Sebagai orang tua kita juga harus mulai menanamkan nilai-nilai kebaikan, perilaku positif, serta growth mindset pada dua buah hati saya sejak usia dini untuk mendukung perkembangan sosial emosional.

“Dengan mengetahui pentingnya gut-brain axis bagi kesehatan, daya pikir dan suasana hati si Kecil, saya juga menjadi semakin paham atas kebutuhan nutrisi anak-anak untuk menyiapkan mereka anak hebat yang memiliki kebaikan hati,”

Mengenal Pentingnya Gut  Brain Asix Dalam Tumbuh Kembang Anak

 

Sekarang aku jadi mengerti bahwa mungkin selama ini Rara rewel adalah kode yang dia berikan kalau dia sedang tidak nyaman, dan grafik berat badannya yang tidak naik selama beberapa bulan ini mungkin akibat aku kurang peka dan kurang tanggap terhadap kode yang dia berikan tersebut. Jujur, aku menyesal kurang peka dan kurang ilmu terhadap tumbuh kembang anak mungkin. Tapi sekarang aku tau apa yang harus aku lakukan untuk menciptakan gut brain asix yang baik melalui pencernaan yang sehat, seperti :

  • Memberikan makanan sehat dan gizi lengkap, seperti buah, sayur, dan protein dari daging ikan dan telur
  • Mengurangi jumlah asupan gula pada makanan anak
  • Memberikan susu sebagai pelengkap gizi anak, apalagi untuk kasus anakku rara yang memang sulit makan sampai harus dibantu pemenuhan gizinya melalui susu formula

Dan sebagai orang tua aku sangat terbantu sekali dengan program edukasi yang diberikan Bebelac seperti sekarang, ada banyak ilmu yang aku dapatkan dan dipaparkan secara jelas dan gamblang. Aku jadi tau apa yang terjadi pada anaku dan apa yang harus dilakukan untuk menanggulanginya.

Untuk moms juga yang ingin mendapatkan ilmu atau informasi lebih lanjut mengenai produk bebelac bisa langsung mengunjungi website bebelac di www.bebelac.co.id. Atau juga bisa mengunjungi instagramnya di @bebeclub.

Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua ya, Salam

 


---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram


Untuk pertanyaan lebih lanjut, atau info kerjasama bisa kirim ke email silviepermatasari.91@gmail.com.












15 Comments

  1. Susu bebelac memang uda terbukti makan kandungan nutrisinya yang sangat bagus untuk pertumbuhan anak-anak. Nggak rugi lah dengan harga yang ada di pasaran untuk produk yang

    ReplyDelete
  2. Produk bebelac memang sudah terbukti bagus banget kandungan nutrisinya untuk pertumbuhan anak-anak. Setara dengan harganya di pasaran, gak mengecewakan pokoknya... Program2nya pun bagus utk diikuti...

    ReplyDelete
  3. Wah, dapat ilmu baru nih tentang gut brain asix. Memang sebagai ibu kita harus terus belajar ya dalam membersamai anak-anak. Karena kadang tantangannya beda-beda antara anak pertama dan selanjutnya.Tapi dengan program edukasi dari Bebelac ini, kita jadi bisa terus belajar ya.

    ReplyDelete
  4. Memang ya mbak, nutrisi terbaik ini memang sangat dibutuhkan buat anak ya
    agar anak bisa tumbuh dengan baik

    ReplyDelete
  5. mbaa aku juga pernah baca di web nya bebelac, mengenai kehebatan perut. ternyata terkoneksi juga dengan gut brain asix yaa.

    ReplyDelete
  6. anakku juga sempat anemia mba, dan setahuku, kalau anemia salah satu solusinya sebetulnya bukan susu formula tapi suplementasi zat besi. susu formula mungkin bisa ngebantu nambah kebutuhan kalori harian kali ya :)

    ReplyDelete
  7. Udah sering banget denger tentang pentingnya saluran pencernaan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Bebelac terus mengingatkan ini ya :)

    ReplyDelete
  8. Anemia emang momok banget ya Mbak, ngga cuma dewasa tapi juga balita :')
    Btw aku juga ikut webinarnya ini lho. Insightful sekali!

    ReplyDelete
  9. Baru tahu aku dengan istilah Gut Brain Asix ini. Semoga ya, dengan banyaknya sosialisasi seperti ini, para ibu jadi aware. Penting banget soalnya ini buat anak. terutama balita.

    ReplyDelete
  10. Wah penting bgt ini ilmunya anemia emang bener2 momok bgt ya mba

    ReplyDelete
  11. anakku juga beberapa hari terakhir rada rewel sampai bingung menghadapinya. memang penting banget ya kita memperhatikan asupan makanan buat anak soalnya sangat berpengaruh buat tumbuh kembangnya

    ReplyDelete
  12. Memberikan makanan sehat bergizi memang sangat penting ya mbak agar anak memiliki gut brain yang optimal

    ReplyDelete
  13. Anak-anak nih di masa tumbuh kembangnya ini harus dipenuhi nutrisi dan gizinya ya. Biasanya aku juga suka menambahkan susu untuk asupan tambahan hariannya.

    ReplyDelete
  14. Baca ini jadi dapet ilmu lagi tentang gut-brain Axis. Ternyata saking terkait antara kesehatan saluran cerna, daya pikir, dan kebaikan hati si kecil. Makasih sharingnya Mbak. Nutrisi emang harus diperhatikan banget ya buat si kecil. Semoga sehat2 anaknya

    ReplyDelete
  15. Memang bagi anak kesehatan perut tu penting sekali ya mbak.
    Karena efeknya bisa ke mana-mana. Dan setiap orang tua harus paham mengenai hal ini, agar tumbuh kembang anak optimal..

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)