Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Hi moms,

Berbicara mengenai menstruasi kita sebagai perempuan pastinya sudah sangat familiar dan bahkan mengalaminya setiap bulan. Akan tetapi, Tahu kan mom manfaat Pentignnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi. Sebagai orang tua kita juga harus mengedukasi kepada anak kita tentang menstruasi ini, baik cara penanganan dan hal lain mengenai menstruasi. 


Dan beruntung banget kemarin aku bisa ikutan webminar yang diselenggarakan oleh @BetadineIndonesia dan juga komunitas Mom Blogger Community yang membahas Pentingnya Sehat dan Bersih Saat Menstruasi. Dengan nara sumber para expert dibidang ini, Webminar kali ini membuka mata aku banget sebagai perempuan sekaligus  orang tua kalau selama ini kita itu jarang sekali mendapatkan edukasi  mengenai hal ini. Padahal hal-hal seperti ini juga adalah ilmu pengetahuan yang wajib diketahui oleh semua kalangan.

Dan Dalam rangka menyambut Hari Kebersihan Menstruasi, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman perempuan mengenai pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM). Selaras dengan hal ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat  dan sesuai kebutuhan.

Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Dan disini, aku mau sharing sedikit ilmu yang aku dapat dari webminar kemarin di blog ini. Harapanya semoga semakin banyak orang yang faham tentang Menstruasi.

Webminar ini dihadiri oleh para Expert, Seperti :

  • Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid 
  • Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH
  • Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH
  • Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi.,

Dipandu dengan host Novita Anggie, yang tentunya sudah kita tau pengalamannya sebagai public Figure.

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak


Edukasi Menstruasi Pada Anak


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid mengatakan, “Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Akan tetapi faktanya dilapangan tidak semua anak perempuan mengerti apa itu menstruasi, bagaimana cara penanganan yang benar saat menstruasi, apa saja yang harus dilakukan dan bagaimana.


Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.”

Selain itu juga Pemerintah juga ikut mendukung kesehatan reproduksi remaja dengan mengadakan berbagai kesehatan seperti, Posyandu Remaja, UKS, Kegaitan ABAT ( Aku Bangga Aku Tau) , Dan Vaksinasi Remaja.

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak


Meski pengetahuan mengenai MKM sangat penting bagi perempuan, data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke; hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya. Ironisnya ibu justru menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan; hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari; dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut. 

Oleh karena itu baik remaja putri maupun wanita dewasa harus mendapatkan informasi tentang Manajemen Kebesihann Menstruasi Sejak dini agar dapat menjaga kesehatan reproduksinya dengan baik. Selain itu para orang tua khususnya ibu juga dapat memberikan informasi yang tepat terkait Manahement Kebersihan untuk putra-putrinya. Informasi yang disampaikan pun harus bersifat Valid bukan katanya atau mitos, hal ini bisa didapatkan atau dikonfirmasi ke puskesmas terdekat untuk menghindari berita hoax atau mitos selama menstruasi.


Pentingnya Sehat dan Bersih Pada Saat Menstruasi

Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH menjelaskan bahwa menstuasi adalah hal yang normal terjadi pada seorang perempuan, Pada fase ini biasanya perempuan mengeluarkan darah dari organ intimnya selama beberapa hari ( 3-7 hari), atau satu periode setiap bulannya setiap 21,28 atau 35 hari. Tergantung pada masing-masing individu karena biasanya periode setiap perempuan sedikit berbeda.

Akan tetapi meskipun dialami setiap bulannya oleh wanita tapi kesarapan perempuan Indonesia akan pentingnya manajemen kebersihan  masih sangat rendah.

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Padahal Jika tidak ditangani dengan baik dan benar, periode mestruasi bisa menumbulkan berbagai resiko kesehatan seperti infeksi saluran reproduksi, infeksi saluran kemih, infeksi jamur dan peningkatan resiko kanker serviks.

“Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM di antaranya membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala; menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi; menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik; serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.”

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak


Lebih lanjut Prof. Dwiana menerangkan, “Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. 


Cara Merawat vagina  juga terbilang sangatlah mudah, yaitu :

  • Membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar; 
  • Hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan;
  • Gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina; 
  • Cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina; 
  • Menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. 
  • Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Ketika Ibu Bicar Menstruasi Pada Anak

Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memaparkan, “Anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. 

Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat, padahal berharap bisa membicarakan hal ini dengan ibunya. 

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Sebagai seorang ibu juga terkadang kita merasa tabu membicarakan tentang menstuasi pada anak, apalagi menstruasi ini erat hubungannya dengan sex education. Sebagai orang tua kita juga harus membekali anak dengan pengetahuan dasar sex education, apalagi dijaman seperti sekarang. Tentunya dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak sesuai dengan usianya.

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak


Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi. Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak : 

  1. Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar; 
  2. Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya; 
  3. Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap; 
  4. Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan; 
  5. Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi; 
  6. Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan; 
  7. Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.

Gunakan Produk Yang Benar Saat Menstuasi

Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menyampaikan, “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.”


Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable. 

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak


Tentang BETADINE®  

BETADINE® adalah produk yang sudah dipercaya lebih dari 50 tahun di seluruh dunia untuk mencegah dan mengobati infeksi. Sebuah merek terpercaya di antara konsumen rumah tangga untuk mengobati luka kecil dan luka gores, sakit tenggorokan, infeksi kewanitaan, dan untuk menghentikan masalah kecil agar tidak meningkat menjadi masalah besar.

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

BETADINE® Feminine Care merupakan rangkaian lengkap untuk mendukung kebersihan dan kesehatan area kewanitaan, mulai dari sehari–hari, menstruasi dan juga infeksi area kewanitaan. Untuk sehari–hari, BETADINE® Feminine Wash dilengkapi dengan Prebiotik yang merupakan makanan dari bakteri baik dan memberikan perlindungan alami sehari–hari. Untuk infeksi di area kewanitaan, BETADINE®  Feminine Hygiene dengan Povidone–Iodine yang memiliki spektrum luas dan terbukti mengatasi keputihan berlebih, gatal, bau tak sedap dan iritasi ringan yang kerap terjadi saat menstruasi. 


Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak

Edukasi Pentingnya Sehat Dan Bersih Saat Menstruasi Pada Anak


Semua Produk Betadine ini bisa digunakan oleh orang dewasa maupun remaja ya mom, jadi mungkin anaknya sudah mengalami menstruasi juga bisa menggunakan produk pembersih dari Betadine.

Gimana, bermanfaat sekali kan infonya. Bukan cuma untuk anak-anak, kita orang dewasa pun terkadang masih perlu diingatkan tentnag pentingnya Sehat dan bersih Saat Menstruasi. Terimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bisa jadi  informasi yang bermanfaat untuk kita semua. Salam

---------------------------------------------

Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram


Untuk pertanyaan lebih lanjut, atau info kerjasama bisa kirim ke email silviepermatasari.91@gmail.com.



1 Comments

  1. Betadine Feminin Care bisa digunakan untuk anak remaja juga ya ternyata, jadi bisa gunakan bareng anak dirumah.
    Gak salah deh pilih produk ini,karena dapat membersihkan yang sesuai dengan ph daerah kewanitaan kita.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)