Kawal Tumbuh Kembang Anak Dengan Susu Kambing Formula Karihome

 Kawal Tumbuh Kembang Anak Dengan Susu Kambing Formula Karihome 

susu karihome


Moms,

Enggak terasa banget Rara sekarang sudah menginjak usia 2,5 tahun. Padahal rasanya baru kemarin aku ngerasain sakit sehabis operasi Caesar buat menghadirkan dia ke dunia ini. Rasanya baru kemarin begadang setiap malam gara-gara jam tidur Rara yang belum normal, eh enggak lama mulai sibuk ngurusin menu MPASInya yang wajib banget super lengkap nutrisi. Haha… Sekarang Adik Rara yang cerewet bahkan sudah  belajar jalan, bahkan sudah bisa ditinggal bareng Paksu walaupun cuma 1 jam. Moment berharga ini enggak akan pernah bisa terulang, oleh karena itu setiap suka dukanya aku lewati dengan sadar bahwa ini adalah bagian dari perjalanan sebagai seorang ibu. Termasuk pas Rara disapih kemarin, drama banget sih emang urusan sapih menyapih ini. Rara rewel berhari-hari sampai susah tidur karena memang kan selama ini Rara full ASI, jadi belum terbiasa minum susu dalam botol. Dan bersyukur, masa itu juga terlewati dengan baik.

Lepas ASI memang bikin aku sedikit lebih nyaman sih saat berpergian, jadi enggak perlu cari ruangan menyusui kalau Rara mulai rewel. Tapi di sisi lain aku juga khawatir dong dengan kebutuhan nutrisinya. Apalagi sekarang Rara sudah mulai kenal camilan dan memang lagi GTM. Alhasil aku sebagai seorang ibu khawatir dengan tumbuh kembangnya apalagi di usianya sekarang. 

Banyak orang merekomendasikan untuk mengkonsumsi SUSU untuk memenuhi tumbuh kembang Rara, termasuk dokter anak yang sering aku kunjungi. Tapi jujur, jaman sekarang bingung banget kan pastinya memilih susu untuk anak. Karena ada puluhan jenis produk susu yang ditawarkan di pasaran, dengan klaim yang bagus-bagus tentunya.

Di antara pencarian susu aku, aku menemukan produk Karihome. Awalnya aku juga cukup asing dengan brand yang satu ini, Apalagi saat dibaca lebih lanjut ternyata Karihome ini juga merupakan SUSU Kambing bukan Susu sapi seperti pada produk susu kebanyakan. Tapi saat dilihat kandungan gizi dan klaim yang diberikan sebagai orang tua akhirnya aku tertarik dong. Dan awalnya, berharap banget setidaknya Rara doyan dengan rasanya.

susu kambing karihome

Karihome Susu Kambing Formula Anak

Karena memang produk Karihome ini masih cukup awam di Indonesia, jadi sekalian aku jelaskan ya bund. Karihome adalah susu kambing formula premium yang  diproduksi di Selandia Baru (New Zealand). Karihome ini merupakan susu kambing formula untuk anak pertama di Indonesia, dan dibuat sesuai standar global yang disahkan dan diawasi oleh Kementrian Industri Primer NZ. Meskipun begitu produk susu Karihome ini sudah terdaftar di BPOM RI dan Majelis Halal MUI, Jadi bunda enggak perlu khawatir lagi soal produknya.

Selain itu, Karihome juga bisa menjadi solusi untuk ibu yang sudah selesai menyusui dan ingin tetap memberikan nutrisi sedekat mungkin dengan ASI untuk anaknya seperti aku. Aku percaya bahwa ASI adalah terbaik untuk anak. Demikian pula Karihome yang memang sejak 30 tahun yang lalu telah berdedikasi mengembangkan produk susu formula yang sedekat mungkin dengan ASI. Apalagi alasannya kalau bukan ASI memang yang terbaik. Aku juga paham perjuangan kita sebagai Ibu juga terkadang  memiliki keterbatasan. Karena ada banyak faktor yang membatasi seorang Ibu tidak dapat memberikan ASI full untuk anaknya, tapi tenang Moms tidak perlu berkecil hati karena Karihome bisa menjawab pergumulan tersebut.

Oh ya sebagai informasi juga, selama ini kita sering sekali mungkin mendengar Negara Selandia Baru. Tapi apakah moms tau kalau Selandia Baru adalah kerajaan produk susu kualitas terbaik? Negara Selandia Baru ini memang dikenal karena cuacanya yang cocok untuk pertanian dan peternakan - musim panasnya hangat, lembap dan cerah, dan musim dinginnya menyenangkan. Wilayah Waikato, tempat asal Karihome, memiliki sungai terpanjang di Selandia Baru. Dengan lingkungan yang mendukung ini, padang rumput tumbuh subur dan kambing-kambing di sana dikembangbiakkan dengan baik, menghasilkan susu yang kaya nutrisi. Moms jangan salah membayangkan kambing-kambing di sana sama dengan kambing-kambing bandot atau Ettawa di Indonesia ya, kambing-kambing sumber susu Karihome warnanya putih bersih cantik, jenisnya Saanen goat. Bisa dicek di website www.karihome.co.id.

Kenapa harus memilih susu kambing ?

Tidak seperti sapi, kambing dan manusia memiliki metode sekresi susu yang sama (jujur baru tau!) Sekresi yang dimaksud sekresi disini adalah proses pengeluaran zat yang dibutuhkan oleh tubuh oleh suatu kelenjar, bisa berupa hormon atau enzim. Dan sama halnya seperti proses sekresi ASI kita, pada kambing juga terdapat banyak bioaktif yang dikeluarkan selain cairan susunya, seperti Poliamina, Asam Amino, Nukleotida, Asam Glutamat, dan Taurin. Ternyata jumlah Nukleotida, Taurin, dan Asam Glutamat alami susu kambing 3x lipat lebih banyak daripada susu sapi. Pas aku pelajari lagi manfaatnya, ternyata Nukleotida itu berperan dalam pembentukan respons imun alami tubuh. Taurin sih aku udah lebih familiar ya, aku tau Taurin bagus untuk perkembangan otak dan kecerdasan anak. Asam glutamat juga salah satu asam amino yang penting untuk pertumbuhan fisik si kecil.


susu kambing karihome

Selain itu, kandungan protein susu kambing mengandung lebih banyak A2 beta kasein yang kalau bercampur dengan asam lambung akan membentuk dadih susu yang lebih halus dan lembut. Strukturnya yang lebih halus ini lebih mudah dicerna dan diserap dalam sistem pencernaan anak, daripada protein susu sapi. Protein beta kasein ini ternyata juga dominan terdapat di ASI lho, ternyata. 

 susu kambing karihome

Terus aku baca-baca lagi, pada umumnya susu formula sapi membutuhkan proses ekstra dan tambahan nutrisi dari luar cukup banyak agar memenuhi standar nutrisi susu formula anak. Bahkan kadang untuk anak-anak yang pencernaannya sensitif, protein susu sapi perlu dipecah-pecah lagi atau di-hidrolisis supaya lebih gampang dicerna. Susu kambing tidak perlu proses seperti itu karena protein alaminya sendiri sudah gampang dicerna dan diserap. Selain itu, susu kambing mengandung lebih banyak Asam Lemak Rantai Sedang/Medium Chain Fatty Acid (MCFA) yang lebih mudah dicerna dan lebih cepat diubah menjadi energi.



susu kambing karihome

Alasan Memilih Karihome

Seperti seorang ibu yang selalu melindungi dan berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya, menurutku Karihome memiliki semangat dan rasa tanggung jawab yang sama untuk menyediakan susu kambing kualitas terbaik. Terbukti dengan para peternaknya juga memiliki laboratorium kecil dan kemampuan teknis untuk menguji kapan saja kualitas susu kambingnya. RFID juga digunakan untuk memonitor setiap individu kambing, memastikan setiap kambing dalam kondisi sehat dan kualitas susunya dalam kondisi terbaik.

Susu kambing formula Karihome dikembangkan melalui penelitian sejak 30 tahun yang lalu dengan mengacu pada ASI sebagai gold standard. Karihome diproses mulai dari pemerahan hingga produk akhir di tempat yang sama yakni di Dairy Goat Co-operative, Selandia Baru secara ketat dan standar kebersihan yang diamanatkan oleh Kementerian Industri Primer, Selandia Baru. Infrastruktur pabrik susu Karihome dibangun khusus hanya untuk mengolah susu kambing formula untuk anak-anak dan memungkinkan produksi dalam waktu kurang dari 24 jam saja untuk menjaga kesegaran susunya. Karihome hanya melalui proses pemanasan suhu tinggi 1x, sehingga tetap higienis dan kualitas nutrisi alaminya terjaga. Pemanasan berulang kali bisa merusak nutrisi susu. 



Petunjuk penggunaan

  1. Gunakan sendok yang sudah disediakan
  2. Tambahkan satu sendok rata (4.3 g) bubuk susu kedalam 30 ml air masak
  3. Kalau moms ingin membuat segelas susu lebih banyak, moms bisa menggunakan takaran 7 sendok takat dengan 210 ml air hangat
  4. Susu Kambing karihome ini direkomendasikan dikonsusmsi sebanyak 2-3 gelas sehari

Karihome juga tersedia untuk berbagai usia sesuai dengan kebutuhan, kalau Raras konsumsi Karihome Formula Pertumbuhan 3 untuk anak usia 1-3 tahun. 

Dari tulisan aku tentang Karihome yang panjang lebar tersebut kira-kira moms juga berfikiran sama kah untuk memberikan susu kambing sebagai nutrisi untuk mengawal tumbuh kembang anak?

susu kambing karihome

Karihome juga sebenarnya sudah terkenal dan banyak dikonsumsi diluar negeri. Dan sekarang karihome juga sudah hadir di Indonesia. Jadi enggak perlu jastrip lagi dari Singapura atau Malaysia untuk membeli produk Karihome ini.

Oh yak arena sekarang masih event Launching Karihome di Indonesia, Karihome juga akan membagikan vouceher gratis tanpa diundi kalau moms ikutan activity-nya loh. Yuk registrasi sekarang di website karihomegrandlaunch.com, periode ini berlangsung sampai akhir Februari 2022.

Terimakasih ya moms, sudah membaca artikel ini. Semoga bermanfaat untuk moms yang sedang mencari referensi susu untuk anak.

Salam

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram


Untuk pertanyaan lebih lanjut, atau info kerjasama bisa kirim ke email silviepermatasari.91@gmail.com.









10 Comments

  1. oke juga nih ya anakku belum pernah coba susu kambing nih kandungannya juga bagus ya buat tumbuh kembang

    ReplyDelete
  2. Ini susu viral di blog berseliweran dong jadi pengen coba deh

    ReplyDelete
  3. Wah proses sekresinya sama kayak ASI ya, mulai happening nih susu kambing. Katanya memang bagus buat imun dan pertumbuhan anak-anak..

    ReplyDelete
  4. Anakku belum pernah coba susu kambing loh, kukira ga enak hihi ternyata enak juga ya

    ReplyDelete
  5. Aku banyak saran dari tempat utk anakku, katanya memang susu kambing salat makan otak yg bagus buat anak. Tapi dimana ya dapat produknya?

    ReplyDelete
  6. ALhamdlillah, ada susu kambing formula karihome. Susu kaming memang baik untuk anak, apa lagi dengan segudang manfaatnya.

    ReplyDelete
  7. Aku jg prefer susu kambing. Keluargaku mulai hijrah dari susu sapi ke kambing. Karihome blm pernah coba nih. Boljug utk anak.

    ReplyDelete
  8. Sekeren itu emang susu kambing formula karihome, anakku jiga suka mom. Alhamdulillah cocok susunya

    ReplyDelete
  9. Kalau bukan karena karihome, aku pikir susu kambing manfaatnya biasa aja.. Anakku picky banget sama susu formula karena lepas asi cuman minum uht.. nah yang karihome ini lumayan deh dia mau minum :))

    ReplyDelete
  10. Waaah menarik ini susu kambingnya karena rendah lemak dan gula. Bener bener rekomendasi untuk adik adikku 🥰

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)