10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an Bye Insequre #StayYoungStayGlow

  

10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an


10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an Bye Insequre #StayYoungStayGlow

Bebs,

Hulft, sebenernya aku tuh orang yang paling males kalau udah ngomongin soal umur. Takut merasa tua, dan memang menolak tua juga. Meskipun sebenarnya ya memang enggak bisa dipungkuri juga sih ya kalau soal usia, Apalagi sudah pernah melahirkan. Tanda keibuan itu berceceran diseluruh tubuh, iya kan.

Jujur … Aku juga tahun ini menginjak usia 30, dan Alhamdulillah sekarang sudah punya 2 anak yang aktif, pintar dan sehat. Punya anak sehat dan keluarga yang saling menyayangi itu jadi anugrah tersendiri dalam hidup aku sekarang, tapi disisi lain aku juga rasanya masih pengen banget tetep keliatan muda walaupun sudah beranak dua. Rasanya memang faktor penuaan tidak bisa dihindari oleh siapapun kecuali vampire ( itupun kalau benar ada). Apalagi untuk seorang wanita, soal tampil awet muda itu bisa menambah kepercayaan diri. Bahkan dulu aku pernah dibilang terlihat lebih tua daripada guru aku sendiri yang usianya belasan tahun lebih tua, sakit sih ya dibilang begitu. Tapi itu jadi bikin aku semangat buat merubah diri dan mengoreksi kira-kira apa sih yang bikin aku keliatan tua. Dan ternyata meskipun tidak bisa menghindarinya tapi kita bisa kok memperlambat penuaan.

Beberapa tips awet muda yang bisa kita dilakukan dirumah antara lain:

Minum cukup air putih

Tips ini memang terdengar sangat klise dan umum banget ya, tapi meskipun banyak orang yang sudah tau kalau cukup air putih saja bisa membantu kita awet muda dan sehat nyatanya hanya sedikit saja yang benar-benar menerapkannya dalam kehidupan.

Minum air putih adalah rutinitas yang sederhana, dan kebutuhan pokok tubuh yang tidak bisa dielakan. Manusia bisa hidup tanpa makan selama berhari-hari, tapi tidak bisa hidup 3 hari saja tanpa air. Karena kadar air dalam tubuh manusia itu 60-70% dari berat tubuh manusia. Jadi bisa dikatakan air sangat mendominasi tubuh kita, kekurangan cairan tubuh bisa menyebabkan dehidrasi yang kemudian disertai dengan gejala seperti bibir kering dan urin yang pekat. Jika tidak segera ditanggulangi bisa menyebabkan kelelahan, tubuh lunglai, pusing, berkunang-kunang, detak jantung cepat dan kulit kering.

Sewaktu muda dulu, jujur aku juga lebih suka minum minuman berwarna dan manis seperti es, lebih enak dan jadi lebih segar. Barulah beberapa tahun ini mulai benar-benar konsisten belajar banyak minum air putih.  Dan memang efeknya terasa sih, saat bangun tidur badan jadi lebih fresh, kulit juga sehat dan enggak kering burik lagi. Dulu memang parah banget, jadi sakit keringnya kulit kadang digores tipis pakai kuku aja berbekas.

Sekarang Alhamdulillah kulit aku jauh lebih baik.

10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an


Olahraga 15 -30 menit sehari

Olahraga 15-30 menit sehari dapat meningkatkan kerja jantung  dan melancarkan peredaran darah sehingga darah dan oksigen lebih banyak tersuplai ke seluruh organ tubuh termasuk kulit. Olahraga dapat membantu menjaga kadar hormone kortisol dalam darah. Karena kelebihan hormone kortisol 

Dan yang paling penting, saat berolahraga terjadi peningkatan hormone endorphin, yaitu hormone yang memberikan efek senang dan mampu meningkatkan imun tubuh serta menurunkan stress.

Selain meningkatkan hormone endorphin, olahraga juga dapat meningkatkan hormone dopamin, Hormon serotonin dan triptofan yang dapat menstabilkan emosi dan efek good mood.


Perbanyak makan buah dan sayur

Setiap harinya tubuh kita membutuhkan nutrisi untuk bisa berfungsi sebagaimana mestinya, sama seperti halnya jantung, dan organ tubuh lainnya.  kulit kita juga membutuhkan nutrisi agar tetap kenyal dan sehat. Oleh karena itu penting bagi kita mencukupi kebutuhan nutrisi harian tubuh dengan cukup mengkonsumsi buah dan sayur setiap hari.

Karena jujurnya, di jaman serba instan seperti sekarang makan buah dan sayur tuh rasanya memang males banget. Karena setiap harinya kita disuguhkan berbagai makanan yang menggiurkan, mulai dari makanan lokal seperti seblak, bakso, batagor, siomay sampai makanan korea . Duh pokoknya, sehari tanpa mereka tuh hidup aku hampa.

Kalau soal ini sih jujur aku juga masih belajar banget, biasanya aku emang enggak membatasi secara mutlak Cuma memang porsinya dikurangi. Jadi sehari sebisa mungkin Cuma sekali makan makanan seperti itu sisanya makan sehat seperti sayur, ikan, ayam dan lauk pauk olahan rumah. Cara ampuh aku buat tidak tergoda dengan makan makanan enak itu adalah dengan MASAK sendiri menu makanan harian. Jadi lebih hemat, lebih sehat dan terkontrol pola makannya.


Kurangi konsumsi gula dan tepung

Akhir-akhir ini aku memang sedang memperhatikan Dr. Zaidul Akbar, kalian pasti pernah dengar juga kan tentang rahasia hidup sehat Ala Rasullullah. Ada banyak tips dari Zaidul Akbar yang berseliweran di sosial media dan salah satu tips hidup sehatnya adalah dengan sedikit konsumsi gula dan tepung.

Jujur, dari semua tips sehat yang aku pernah coba jalani, ini hal yang paling dan tersulit yang pernah dilakukan. Karena dengan membatasi gula dan tepung artinya cakupan makanan yang dibatasi itu sangat banyak. Kebab, pizza, roti, mie, bolu, kue, camilan goreng dan teman-temannya itu juga dikurangi. Belum lagi dari produk gula kita juga sebaiknya tidak mengkonsumsi minuman kemasan, kopi instant, dan banyak lagi minuman viral kekinian yang akhirnya harus direlakan.

Buat aku memang berat banget ! jadi aku lebih ke mengurangi dulu konsumsi gula dan tepung secara perlahan, nanti saat sudah terbiasa dengan air putih, makan sayur dan ngemil buah perlahan pola hidup ini juga bisa terlaksana. Tapi bukan berarti enggak mau, tapi mungkin jadi ke mengurangi dan bisa dikonsumsi misalnya seminggu sekali. Aku tau ini berat sih, tapi demi kesehatan dan cantik. Yuk berjuang…

10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an


Cukup tidur setiap hari

Untuk yang mendambakan kulit sehat, cerah, dan segar tapi masih suka bergadang, jangan mimpi. Nyatanya kesehatan kulit memang berbanding lurus dengan kualitas tidur kita, masalah yang sering timbul saat kurang tidur adalah mata panda, keriput, dan garis halus disekitar mata.

Aku pernah konsultasi ke dokter kecantikan sebuah klinik tentang kantung mata aku yang parah banget bahkan saat itu usia aku belum menginjak 30, dan dokternya Cuma bilang. “ Treatment sebagus apapun enggak akan berpengaruh banyak tanpa diimbangi pola hidup sehat. “

Bener sih, karena treatment kan efeknya sementara. Paling lama bertahan berapa lama ? untuk botox mungkin beberapa bulan. Apalagi hanya sekedar treatment untuk memudarkan kerutan, kantung mata itu efeknya enggak akan lama. Jadi cukup tidur itu penting banget ya bebs.


Berfikir positif

Pernah dengar istilah psikosomatis, dimana fikiran kita mempengaruhi kesehatan tubuh. Dari beberapa buku yang pernah aku baca, seperti buku Cara berfikir positif Dr. Ibrahim Elfikri fikiran kita sangat berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Ada orang yang awalnya sehat, hanya karena stress kemudian mengalami berbagai gangguan penyakit baik secara fisik maupun mental.

Jadi berfikir positif itu perlu, mungkin awalnya sulit melatih kebiasaan berfikir positif apalagi dalam situasi yang sedang tidak baik-baik saja. Tapi percaya deh, saat kita sudah terbiasa dengan berfikir positif hidup berjalan lebih ringan.


Melakukan hal yang disukai

Melakukan hal yang disukai juga bisa jadi mood booster positif untuk hidup kita, sama halnya seperti berolahraga melakukan hal yang disukai bisa merangsang hormone endorphin yang membuat perasaan kita lebih bahagia. 

Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an Bye Insequre #StayYoungStayGlow


Membaca

Salah satu tips awet muda adalah dengan membaca, dengan membaca kita bisa meningkatkan kerja otak sehingga terhindar dari penyakit pikun. Dan dengan membaca kita juga bisa tetap menupdate diri dengan isu-isu yang sedang terjadi sekarang. Jadi ya enggak kudet juga jadinya.


Aktif Secara Sexual

Untuk yang sudah menikah, kaya aku aktif dalam kegiatan seksual bersama suami istri juga ternyata bisa bikin awet muda loh. Mereka yang kebutuhan sexnya kurang cendrung lebih cepat mengalami menopause.

Dikutip dari lifepack, sebuah studi jurnal Royal Society Open Science mengungkapkan bahwa wanita yang aktif melakukan hubungan seksual besar kemungkinan dapat menunda menopause disbanding dengan mereka yang jarang melakukan hubungan seksual.

10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an

Merawat diri

Terakhir, salah satu cara untuk tetap awet muda dan tampil percaya diri di usia 30an adalah dengan rajin merawat diri. Merawat diri disini diartikan secara luas ya, baik dari fisik maupun penampilan. Bisa dengan mengupdate pakaian dengan trend saat ini, dan juga melakukan perawatan fisik lainnya seperti treatment, maskeran dirumah, menggunakan produk kecantikan dan sebagainya.

Untuk urusan ini aku juga terbilang cukup terlambat karena baru rajin menggunakan skincare beberapa tahun terakhir, sebelumnya aku tuh memang cuek banget. Tapi, lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali kan ya.

Dan akhir-akhir ini aku tuh lagi rutin skincare menggunakan produk dari LANORE yang pas banget sama kebutuhan kulit aku saat ini yang sudah memasuki usia 30an. Produk LANORE yang aku gunakan yaitu Body scrub dan bodylotionnya.

Lanore Skin Body Brightening Lotion & Lanore Skin Body Brightening Mask & Scrub

10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an

Lanore Skin Body Brightening Lotion with Vit C + Vit E , Brightening + Smoothing + Antioxidant

Claim

Lanore Brightening Body Lotion diformulasikan khusus untuk melembabkan dan mencerahkan kulit. Mengandung bahan - bahan alami yang lengkap seperti Saxifraga sarmentosa extract (ekstrak tanaman strawberry begonia), Paeonia suffruticosa root extract (ekstrak akar tanaman peony), Scutellaria baicalensis root extract (ekstrak akar tanaman baikal skullcap) serta Arbutin, Glutathione,  Niacinamide, dan Aminopropyl ascorbyl phosphate (Vitamin C) untuk mencerahkan kulit.  Juga diperkaya dengan Vitamin E sebagai antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Penggunaan secara teratur menjadikan kulit tampak cerah, halus dan lembut.

 Packaging

Dikemas dalam kemasan 100 gram, dengan warna dominan yang menjadi ciri khasnya yaitu rose. Kemasannya juga terbilang cukup unik karena memiliki desain terbalik dimana tutup ada dibagian bawah sehingga lebih memudahkan dalam mengeluarkan body lotionnya apalagi kalau sisa sedikit.

Dikemasannya juga tertulis jelas claim, cara pemakaian, nama distributor, no.BPOM dan exp. Date . Lengkap

BPOM NO : NA 18191906314


How  ToUse

Gunakan ke seluruh tubuh secara teratur setelah mandi. Ulangi pemakaian bila perlu.


Ingridients

Purified water, Niacinamide, Glycerin, Cetyl alcohol, Caprylic/capric triglyceride, PEG 90, Glyceryl stearate, C12-15 Alkyl benzoate, Polysorbate 60, Polysorbate 20, Sodium PCA, Panthenol, Cetearyl alcohol, Butylene glycol, Phenoxyethanol, Mannitol, Xanthan gum, Cellulose, BHT, Fragrance, Triethylene glycol, PEG-40 Stearate, Tocopheryl acetate, CI 77491, CI 77891, Arbutin, Citric acid, Sodium sulfite, Acetyl tyrosine, Retinyl palmitate, Hydroxypropyl methylcellulose, Saxifraga sarmentosa extract, Paeonia suffruticosa root extract, Aminopropyl ascorbyl phosphate, Scutellaria baicalensis root extract, Glutathione.

10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an

Review

Untuk bodylotion yang dipakai sehari-hari kemasannya terbilang kecil, apalagi buat aku yang kalau pakai handbody bisa keseluruh badan. Rasanya mungkin akan cepat habis, tapi disisi lain handbody dari LANORE ini malah terkesan sangat ringkas dan minimalis jadi mudah dibawa-bawa didalam tas, jadi kapanpun dibutuhkan bisa langsung dipakai karena packagingnya yang travel size ini yang bisa nemenin kamu yang mungkin punya mobilitas tinggi.

Untuk body lotionnya punya wangi yang harum strawberry tapi aku juga mencium aroma lain seperti rose yang lebih mendominasi, tapi secara keseluruhan meskipun wanginya cukup kuat tapi masih soft.

Sedangkan teksture bodylotionnya sendiri cukup kental, dan efek melembabkan instan. Saat pertamakali diaplikasikan kulit jadi langsung lembab dan halus. Ada efek brightening di kulit meskipun enggak lebay, jadi terlihat lebih cerah.

Meskipun begitu buat aku pribadi rasanya untuk penggunaan siang hari dimana kondisi cuaca cukup panas, efek lembabnya ini akan cukup mengganggu sih karena kalau tercampur keringat akan lepek dikulit.

Nyamannya body lotion ini digunakan saat malam, atau bisa juga saat rutinitas harian kamu banyak diruangan berAC yang bikin kulit kering. Ini wajib banget dicoba karena bisa langsung menghidrate kulit dan melembutkan kulit seketika.

 10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an

Lanore Skin Body Brightening Mask & Scrub


Claim

Lanore Skin Body Brightening Mask & Scrub with Vit C + Vit E , Brightening + Smoothing + Antioxidant. Lanore Skin Body Brightening Mask & Scrub diformulasikan khusus untuk membantu mengangkat kotoran dan sel – sel kulit mati. Diperkaya dengan shea butter, Aloe vera, Jojoba Oil dan Panthenol untuk membantu melembabkan kulit. Lanore Skin Body Brightening Mask & Scrub juga mengandung Arbutin, Glutathione dan Paeonia suffruticosa root extract (ekstrak akar tanaman peony), Saxifraga Sarmentosa extract (ekstrak tanaman strawberry begonia), Scutellaria baicalensis root extract ( ekstrak akar tanaman baikal skullcap), serta Aminopropyl ascorbyl phosphate (Vitamin C) Untuk membantu mencerahkan kulit kusam dan tambahan vitamin E yang merupakan antioksidan baik untuk membantu melawan radikal bebas dan memperlambat penuaan dini, menjadikan kulit tampak  bersih  dan sehat.


Packaging

Dikemas dalam kemasan  jar 200 gram, dengan warna dominan yang menjadi ciri khasnya yaitu rose. Dengan kemasan jar berwarna rose dan penutup berwarna silver sukses membuatnya terkesan mewah dan elegant.

Didalamnya juga terdapat penutup ganda berwarna putih, untuk mencegah supaya body scrubnya tidak tumpah kemana-mana. Dikemasannya juga tertulis jelas claim, cara pemakaian, nama distributor, no.BPOM dan exp. Date . Lengkap

BPOM NO : NA 18190125025


How To Use

Oleskan Lanore Skin Body Brightening Mask & Scrub ke seluruh tubuh,

Gosokkan dengan lembut, diamkan 5 – 10 menit,

Kemudian bilas dengan air sampai  bersih.

(NB : Gunakan 1 atau 2 kali seminggu.)


Ingridients

Purified water, Stearic acid, Mineral oil, Glycerin, Cetyl alcohol, Cap rylic / capric triglyceride, Butyrospermumparkii (Shea butter), Sorbitan stearate, Panthenol, Simmondsia chinensis (jojoba) seed oil, Synthetic wax, Saccharide isomerate, PEG-40 Stearate, Phenoxyethanol, Cetearyl alcohol, Tocopheryl acetate, Butylene glycol, Carbomer, PEG 90, Triethanolamine, Fragrance, Cl 77289, Triethylene glycol, Maltodextrin, Aloe barbadensis leaf extract, Citric acid, Sodium citrate, Arbutin, Sodium sulfite, Acetyl tyrosine, Saxifraga sarmentosa extract,  Paeonia suffruticosa root extract, Aminopropyl ascorbyl phosphate, Scutellaria baicalensis root extract, Glutathione.


Review

Dari beberapa body scrub yang pernah aku coba dan aku review, LANORE ini punya kemasan yang mewah banget. Sumpah aku suka banget, dominasi warna rose dan silvernya eyecathcing banget.

Selain itu, yang berbeda dari body scrub kebanyakan juga adalah teksture scrubnya yang encer. Miris ice cream meleleh, lembut banget…..

Biasanya bodysrub itu terkturenya memang kental dan sedikit padat, tapi body scrub lanore ini cendrung cair dan mudah meresap dikulit. Scrubnya juga lembut dan masih nyaman digunakan.

Cuma memang minusnya adalah saat digosok tidak ada daki yang terangkat seperti menggunakan scrub kebanyakan, karena teksturenya yang cair jadi bodyscrubnya cepat menyerap dikulit. Kalau digosok terus memang ada sih sisa sisa scrub yang akhirnya rontok tapi enggak menggumpal besar-besar seperti biasanya. ( semoga kalian mengerti ya penjelasan aku). LOL !

 10 Tips Awet Muda dan Percaya Diri Di Usia 30an

Oke sekian tips dari aku, terimakasih banyak sudah membaca postingan aku semoga bisa jadi masukan supaya tetap awet muda dan percaya diri di usia 30an. Tapi yang terpenting dari itu semua, saat bertambahnya umur semoga kita tetap diberikan kesehatan baik fisik maupun mental. 

Salam

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram


Untuk pertanyaan lebih lanjut, atau info kerjasama bisa kirim ke email silviepermatasari.91@gmail.com.

 

Referensi :

https://hellosehat.com/sehat/informasi-kesehatan/bertahan-hidup-tidak-minum-air/

https://lifepack.id/bisakah-tunda-menopause-dengan-rutin-berhubungan-seksual/


13 Comments

  1. Usia 30-an mesti semanta dan lebih percaya diri dan mulai menghargai diri dengan perawatan, aku sempat nyesel juga dulu cuek dengan penampilan

    ReplyDelete
  2. cantik itu memang ga bisa dari salahs atu saja harus dijaga dua-duanya, yap dari dalam dan juga dari luar. perawatan konsumsi makanan, olahraga, istirahat cukup dna lainnya menjadi hal sangat penting. dan perawatan dari luar dengan skincare menjadi pelengkap, sehingga keduanya memang tak bisa dipisahkan

    ReplyDelete
  3. Dilulur pake Lanore enak nih berarti butirannya lembut yah. Usia boleh nambah tapi semangat tetap muda yah

    ReplyDelete
  4. Makasih tips awet muda. Yang penting juga berjiwa muda sih, age is just a number, hihi. Belum coba produk ini, kayanya bagus ya

    ReplyDelete
  5. Jadi berasa tua banget saya baca ini, usia menuju kepala 5 hehe. Lanore ini ternyata kandungannya alami ya, memadai kan ya buat yang usianya menuju kepala 5?Atau ada varian yg lebih pas?

    ReplyDelete
  6. Usiaku sudah 40 an.Tapi di usia 30 an aku memang sudah melakukan sepeti yang kakak sebutkan dalam tips awet muda, kecuali cukup tidur.Karena sampai sekarang aku tidur tuh ngalong kadang baru tidur subuh nanti bangunnya siang.Cara yang tidak baik memang dan lagi belajar untuk teratur

    ReplyDelete
  7. Mba, au jadi ingat sudah lama nggak olahraga nih aku. Padahal dulu sering aku olahraga. Dan kebiasaan minum air putih harus aku lanjutkan nih mba :)

    ReplyDelete
  8. Agak telat sih tapi better late than never soal perawatan wajah. Baru kenal skincare saat 30++

    Trus, untuk tips di atas bener banget itu harus rajin olah raga setiap hari dan menjalani hidup lebih happy

    ReplyDelete
  9. Lanore nih menjawab kebutuhan perempuan di usia cantik ya kak. Packaging nya juga eye catching banget

    ReplyDelete
  10. Setuju dengan semua tipsnya tapi baru tau yang aktif secara seksual itu bisa menunda menopause. Wah jadu makin semangat nih wkwkw

    ReplyDelete
  11. sepakat banget kak, aku juga sekarang lagi rutin minum air putih dan olahraga setiap hari. Alhamdulillah memang beda banget ketika kita sudah melakukan dua hal itu, apalagi ditambah tidur yang ckup. Badan jadi lebih fresh yaa.

    ReplyDelete
  12. Aamiin~
    Kulit sehat dan glowing itu datangnya gak otomatis yaa..
    Kudu dirawat dengan seksama menggunakan produk terpercaya.
    Bersama Lanore, kulit menjadi glowing dan sehat.

    ReplyDelete
  13. Kendalaku Cuma 1 nih mba kurang tidur. apalagi kalau dikejar deadline.. Huhu.. Kudu diniatin nih tidur cukup

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)