6 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Supaya Tampak Bersih dan Terawat

6 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Supaya Tampak Bersih dan Terawat

6 Cara Menjaga Kesehatan Kulit Supaya Tampak Bersih dan Terawat

Kulit merupakan salah satu organ manusia yang rentan terkontaminasi dengan bakteri serta kotoran, sebab letak organ tersebut yang berada di bagian terluar tubuh. 

Oleh karena itu, gangguan kesehatan yang serius bisa saja terjadi apabila kamu mengabaikan kesehatan kulit. 

Berikut cara menjaga kesehatan kulit yang bisa dilakukan untuk memperoleh tampilan kulit yang bersih dan terawat.


1. Mandi dengan Bersih

Untuk menjaga kesehatan kulit tubuh, salah satu cara yang paling efektif adalah mandi. Setidaknya kamu perlu mandi dua kali sehari untuk membersihkan kulit dari keringat, minyak, serta kotoran yang menempel. 

Namun perhatikan sabun yang kamu gunakan selama proses mandi, sebaiknya pilih yang memiliki kandungan ringan agar minyak alami pada kulit tidak hilang.

Selain itu, pastikan kamu tidak mandi terlalu lama atau menggunakan air yang terlalu panas untuk membasuh tubuh. 

Sebab kedua hal tersebut berpotensi menghilangkan minyak alami pada kulit yang membuatnya menjadi kering.


2. Rutin Mencuci Wajah

Jika kesehatan kulit tubuh dijaga dengan cara mandi, maka cara menjaga kesehatan kulit wajah adalah dengan rutin mencuci muka. 

Aktivitas mencuci wajah tersebut akan membantu kulit terbebas dari minyak, kotoran yang menempel, dan sisa make up. 

Untuk penggunaan make up, pastikan kamu membersihkannya dengan cairan pembersih terlebih dahulu sebelum mencuci muka.

Menggunakan cairan pembersih akan membantu kamu mengangkat make up secara menyeluruh, hingga kotoran dan minyak yang masih menempel. Sama seperti mandi, mencuci wajah sebaiknya dilakukan sebanyak dua kali sehari yaitu pada pagi dan malam hari.

3. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Paparan sinar matahari berlebih dapat memberikan efek berbahaya yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit. 

Itulah kenapa melindungi kulit kamu dari sinar matahari bisa menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit. 

Hindari sinar matahari pada pukul 10 pagi sampai 4 sore adalah yang perlu kamu waspadai. Karena di antara pukul tersebut, sinar matahari berada pada intensitas tertinggi. 

Jadi kamu perlu melakukan beberapa hal sebagai upaya melindungi kulit dari matahari, apabila terpaksa harus beraktivitas di luar ruangan. 

Kamu dianjurkan untuk menggunakan tabir surya dengan minimal SPF 15, berlindung di tempat yang teduh, serta menggunakan pakaian yang menutup kulit.

4. Gunakan Pelembab

Pelembab atau moisturizer dapat membantu menghidrasi kulit dengan baik. Sehingga penggunaan moisturizer termasuk ke dalam rangkaian perawatan kulit yang sangat penting dan tidak boleh terlewatkan. 

Namun penggunaan pelembab sendiri juga tidak boleh asal. Sama seperti sabun, kamu juga perlu memilih moisturizer yang sesuai dengan jenis kulit.

Untuk kamu yang mempunyai tipe kulit berminyak, sebaiknya jangan menggunakan pelembab dengan bahan dasar minyak. Sedangkan kamu yang memiliki kulit kering, sebaiknya hindari pelembab berbahan dasar alkohol. 

Waktu terbaik pengaplikasiannya yaitu setelah mencuci muka atau mandi, karena saat itu kulit masih dalam kondisi lembab.

5. Hindari Produk yang Dapat Mengiritasi Kulit

Skincare memang memiliki peran yang sangat penting sebagai cara menjaga kesehatan kulit. Oleh karena itu, pemilihan produk perawatan wajah juga tidak boleh dilakukan secara asal. 

Sebaiknya kamu menggunakan produk untuk kulit yang tepat dan menghindari produk yang bisa memicu iritasi kulit.

Misalnya dengan menghindari kandungan alkohol dan pewangi, yang  sempat ditemukan pada beberapa produk skincare. 

Kandungan alkohol seperti itu mungkin dapat mengiritasi kulit yang sensitif dan menimbulkan reaksi alergi. 

Dengan penggunaan produk perawatan kulit yang tepat, maka skincare tersebut dijamin mampu mendukung kulit yang sehat dan bercahaya.

Kamu bisa menemukan produk skincare dengan kandungan bahan alami yang aman untuk kulit melalui online beauty ecommerce BeautyHaul yang menyediakan berbagai macam produk perawatan wajah secara lengkap dengan harga terjangkau.

6. Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menjaga kesehatan kulit tidak hanya dilakukan melalui perlakuan eksternal saja. Tapi kamu juga dapat memperoleh kulit yang sehat melalui perawatan dari dalam. Caranya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat. 

Sebab mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi dan gizi seimbang memang sangat berkaitan dengan kesehatan tubuh secara keseluruhan, termasuk pula kulit.

Menerapkan pola hidup sehat juga menjadi salah satu cara menjaga kesehatan kulit kamu. Dalam penerapan gaya hidup sehat seperti itu, maka kamu pun harus melakukan beberapa hal untuk mendukung prosesnya. 

Seperti mengurangi konsumsi makanan berlemak, rutin berolahraga, mengurangi kebiasaan merokok, cukup istirahat, kelola stres dengan baik, dan penuhi kebutuhan cairan.

Terimakasih ya sudah membaca postingan ini, Salam.

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram


Untuk pertanyaan lebih lanjut, atau info kerjasama bisa kirim ke email silviepermatasari.91@gmail.com.

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)