Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Kusam dan Berminyak

Tips Memilih Sunscreen Untuk Kulit Kusam dan BerminyakSunscreen atau juga dikenal dengan tabir surya merupakan produk yang digunakan untuk menghalangi serta meminimalisir pengaruh cahaya matahari yang dapat merusak kulit. Apalagi tinggal di negara beriklim tropis seperti Indonesia, di mana sinar matahari selalu terik di setiap harinya.

Paparan sinar matahari dalam waktu lama dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti efek terbakar, keriput, flek hitam dan lainnya. Namun, menurut data dari INTAGE 2019 yang dilakukan oleh shiseido research penggunaan sunscreen di Indonesia masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena banyak orang yang merasa tidak nyaman saat menggunakan produk sunscreen, seperti efek lengket dan berminyak pada kulit.

Padahal, sama halnya seperti skincare lainnya. Setiap produk sunscreen memiliki kandungan yang berbeda, dan kita memang sebaiknya menyesuaikan sunscreen yang akan kita pakai dengan kondisi kulit yang kita miliki.

Untuk aku pribadi yang memiliki kulit yang cendrung kusam dan berminyak, akhirnya memang cukup selektif dalam memilih sunscreen, karena kalau salah pilih kulit wajah bisa jadi super oily dan timbul banyak komedo. Selain itu, karena kondisi wajah yang kusam aku juga berusaha mencari sunscreen yang memiliki kandungan yang dapat mencerahkan kulit.

Nah, beberapa tips yang harus kamu perhatikan saat memilih sunscreen untuk kulit kusam dan berminyak antara lain:

  • Pilih sunscreen non-comedogenic
  • Gunakan sunscreen dengan tekstur gel atau spray
  • Sunscreen dengan finishing mate lebih cocok untuk kulit berminyak karena tidak menimbulkan efek oily diwajah
  • Pilih sunscreen yang memiliki kandungan pencerah 
  • Optimalkan perlindungan kulit dengan memilih SPF diatas 30 

Dilansir dari beReal.id, beberapa sunscreen yang dapat digunakan untuk kulit kusam dan berminyak antara lain:

Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel SPF 45 PA++++

Pilihan sunscreen dalam bentuk gel jadi salah satu alternatif untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Selain itu sunscreen ini juga mengandung Niacinamide yang selama ini sudah terkenal efektif mencerahkan dan mencegah noda hitam di wajah.

Produk sunscreen dari Azarine ini termasuk sunscreen yang cukup banyak diminati, karena selain terjangkau sunscreen ini juga nyaman dipakai sehari-hari. Sunscreen dari Azarine ini dibandrol dengan harga Rp59.000 untuk kemasan 50 ml.



Nivea Protect & White Oil Control Sun Serum SPF 50+ PA+++

Ini merupakan salah satu sunscreen andalan aku selama ini untuk kulit berminyak dan kusam. Karena finishing akhirnya mate sehingga cocok untuk kulit berminyak. Selain itu, sunscreen ini juga bersifat non acnegenic dan non comedogenic. Jadi enggak bikin pori-pori kita tersumbat yang bisa menyebabkan komedo.

Dan yang paling aku suka adalah  perlindungannya yang cukup tinggi. Dengan SPF 50+ PA+++ yang dapat melindungi kulit secara optimal dari sinar matahari. Harga yang ditawarkan mulai dari 50 ribuan aja untuk kemasan 30 ml.

Garnier Super UV Matte SPF 50+ PA+++

Sesuai dengan namanya, sunscreen ini punya finishing yang mate dikulit sehingga tidak membuat wajah mengkilap.  Selain itu, sunscreen dari Garnier ini juga dilengkapi dengan Vitamin C yang dapat mencerahkan kulit. Serta Vitamin E yang dapat melindungi kulit dari debu dan polusi.

Untuk teksturnya sendiri sangat ringan, mudah menyerap, dan tidak lengket sehingga nyaman dipakai sehari-hari. Harga yang dibandrol cukup terjangkau cuma 60 ribuan aja untuk kemasan 30 ml.

Sebenarnya masih banyak rekomendasi sunscreen yang bisa kamu coba untuk kulit kusam dan berminyak, kalian bisa cari referensi produk lainnya di beREAL.id. Tapi sebelum membelinya, pastikan dulu kandungan produknya cocok untuk kulitmu. 

Meskipun sudah menggunakan sunscreen pastikan kamu tidak berada di bawah terik matahari terlalu lama dan reapply sunscreen kamu setiap 2 jam sekali agar kulitmu tetap terlindungi. 

Terima kasih sudah membaca artikel ini, salam.


 


7 Comments

  1. azarine sama garnier udah aku coba aku suka semua nih soalnya ringan

    ReplyDelete
  2. Wah terimakasih banyak ya kak atas infonya, kebetulan sekali ini lagi cari sunscreen yang sesuai dengan kondisi kulit wajahku

    ReplyDelete
  3. Penting banget nih pilih sunscreen yang mengandung Niacinamide yang efektif mencerahkan dan mencegah noda hitam di wajah.

    ReplyDelete
  4. Sunscreen Azarine masih jadi favorit sih, ringan banget dipakainya dan gak ada whitecast

    ReplyDelete
  5. Eh sunscreen aku ada disini yaitu Garnier SPF 50. Oke bgt klo di aku, hehehe

    ReplyDelete
  6. wah saya baru nyobain yang Nivea kak, emang agus sih buat bantu melindungi dan cerahkan kulit kusam, enak juga langsung menyerap. Azarine dan Garnier belum cobain

    ReplyDelete
  7. Makasih banyak reviewnya. Pakai sunscreen is a must! Sekarang saya lagi pakai merk yang nggak ada di list ini sih, tapi kalo udah habis mau nyobain azarine nih. Tertarik karena banyak reviewnya yang pada cocok juga..

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)