Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?

Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?


Pentingnya Link Bio di akun media sosial, pilih bit.ly atau S.id ?.  Kamu pasti sering banget deh mendengar atau membaca kalimat yang familiar  di telinga kaya, “Klik link Bio aku ya !”. Jujur, entah sedang baca caption instagram atau menonton video dari instagram, tiktok bahkan short. Semua mengarahkan kita untuk mengklik link bio pada profile mereka. 

Tapi kamu tau nggak sih apa itu link bio atau Link in Bio sebenarnya ? dan apa manfaatnya untuk kita atau untuk mereka ?. Jangan-jangan selama ini kita asal klik tapi tidak pernah tau, apa maksud dan tujuan kita diarahkan ke link bio di sosial media.

Atau bagi kita yang merupakan user link bio, kita hanya ikut-ikutan menggunakannya tanpa tau manfaat besar ditaruhnya link bio di akun media sosial.

Apa itu link bio

Link bio adalah  link yang  umumnya di taruh di dalam profil media sosial. Baik instagram, tiktok, facebook dan media sosial lainnya.  Biasanya link bio digunakan oleh orang-orang yang ingin menampilkan lebih banyak informasi untuk para followersnya di dalam akun media sosialnya.

Biasanya link bio banyak digunakan oleh para artis, influencer, tokoh masyarakat, pebisnis, public figure, bahkan toko online sekalipun sekarang juga banyak menggunakan link bio pada profil instagramnya. 

Karena memang setiap media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing dalam postingannya, sehingga link bio pada profil media sosial memudahkan penggunanya untuk memberikan informasi yang lebih detail untuk followersnya.

Tujuan penggunaan link Bio di Sosial media 

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penggunaan biolink di sosial media  secara umum bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih banyak kepada followers atau audience. Namun secara spesifik.

Beberapa tujuan penggunaan link bio di sosial media bertujuan Bagi followers :

  • Link bio memudahkan followers untuk mengetahui info tertentu yang berkaitan terhadap profil  yang dilihatnya.
  • Memudahkan followers untuk menemukan barang atau jasa yang dicari.
  • Dll

Sedangkan Bagi User link Bio bertujuan untuk:

  • Meningkatkan traffic penjualan bagi para pebisnis karena customer lebih mudah menemukan produk yang mereka cari.
  • Meningkatkan pelayanan.
  • Meningkatkan jumlah traffic pengunjung pada situs website atau blog.
  • Membuat highlight informasi tertentu
  • Memudahkan customer / follower menghubungi mereka melalui fitur tertentu seperti whatsapp, dll.

Memilih link Bio yang tepat untuk profil media sosial

Sekarang ini ada banyak sekali  situs penyedia link bio atau microsite, sebut saja yang paling sering kita temukan seperti bit.ly, S.id, shorturl.at dan banyak lagi. Untuk yang sering mengunjungi sosial media aku seperti instagram mungkin kalian akan sadar sering terjadi perubahan di alamat link bio aku. Itu karena aku juga masih mencari yang paling cocok untuk kebutuhanku dan paling terjangkau.

Memang ada fitur gratis dari setiap penyedia link tapi tentu fasilitasnya juga terbatas. Selain itu, sedikit info karena aku juga termasuk orang yang cukup aktif disosial media dan dunia maya aku butuh lebih banyak fitur untuk menampung semua info dan fasilitas yang aku butuhkan dan dengan fasilitas yang gratis saja kadang enggak cukup.

Karena dalam link bio aku biasanya aku menyematkan link postingan blog yang terbaru atau featured post dan 2 url blog utama. Aku juga menyematkan link sosial media aku lainnya, seperti tiktok, ig, youtube, linked, dan juga postingan youtube.

Aku juga sering memasang tautan produk affiliate yang sedang aku promosikan, jadi memang aku bukan hanya butuh penyingkat url tapi juga fitur dimana aku bisa memasukkan semua info tersebut dalam satu klik. Dan yang terpenting desainnya juga harus nyaman dan sesuai dengan personality yang ingin aku tampilkan. 

Link in bio seperti mini website yang menampilkan berbagai info dan fitur yang ingin kita sampaikan kepada followers dengan lebih singkat dan padat namun tetap tepat sasaran.

Kenapa harus memilih S.id

Buat kamu yang mungkin seorang konten creator, pebisnis, public figure atau apapun yang membutuhkan link bio di sosial medianya sebaiknya memang harus memperhatikan dengan detail apa saja yang ingin kamu tampilkan pada link tersebut.

Pemendek Tautan Terpendek dan pembuat Microsite

S.id adalah platform bagi orang-orang untuk menunjukkan keahliannya dalam membuat microsite dan memperpendek link terpendek dengan kode s.id/.

Tidak hanya sebagai aplikasi konten online, S.id juga merupakan sarana pemasaran yang memudahkan masyarakat, khususnya pembuat konten, influencer, brand, atau pemasar perusahaan, untuk berbagi informasi, pengetahuan, keahlian, dan pengetahuan produk yang dipasarkan ke semua orang melalui fitur yang disediakan oleh S.id.

Nah, membedakan S.id dengan shortener link dan microsite sejenis adalah S.id lebih pendek, lebih cepat, lebih mudah, dan lebih informatif. Yang terpenting, semua fitur ada dalam satu akun tanpa dikelola secara terpisah. Kita  juga dapat menggunakan semua fitur tanpa batas karena tidak ada batasan untuk menggunakan semua fitur di S.id.

 

Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?

Langkah menggunakan S.id untuk membuat link bio di media sosial :

  • Kunjungi website https://home.s.id/
  • Kemudian pilih register here
  • Masukkan data diri dan password yang diinginkan, selain itu jangan lupa untuk ceklist term of service - nya.
  • Lalu klik register.
  • Setelah akun di verifikasi ke alamat email kita bisa mulai mengedit link bio sesuai dengan kebutuhan bahkan di S.id kita bisa membuat micro site kita sendiri dengan mudah.

Cara buat short link

  • Kunjungi website https://home.s.id/
  • Log in akun
  • Ketika memasuki dashboard pilih short new link.
  • Kemudian pastekan link yang kita ingin pendekkan dan klik “Short it”
  • Dan hasil nya bisa langsung di-copy linknya atau langsung di share ke sosial media seperti facebook, twitter, whatsapp, plus url bahkan kita juga bisa membuat QR kodenya. Canggih banget kan.

Sedangkan untuk kalian yang ingin membuat microsite gratis juga bisa banget di website S.id ini. Oh ya buat yang belum tau microsite ini adalah website mini yang berisi kumpulan informasi yang ingin kita tampilkan kepada followers, seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya. 

Dinamakan microsite karena bentuknya mirip seperti website namun dengan kapasitas yang jauh lebih kecil dalam memuat sebuah informasi atau tayangan.

Menurut Wikipedia Situs mikro atau Microsite adalah halaman web individu atau kluster kecil halaman web. yang berfungsi sebagai entitas yang berbeda di dalam sebuah situs web atau melengkapi aktivitas luring. Laman arahan dari situs mikro dapat memiliki nama domain sendiri ataupun subdomain.

Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?

Cara membuat microsite di S.id

  • Kunjungi website https://home.s.id/
  • Log in akun
  • Ketika memasuki dashboard pilih microsite
  • Tentukan jenis microsite yang sesuai dengan kebutuhan
  • Setelah itu kita bisa pilih tema yang disediakan – klik continoue
  • Tuliskan nama microsite dan link yang diinginkan – klik finish
  • Maka kita akan langsung diarahkan ke microsite kita.
  • Setelah itu kita bisa mengupdate microsite sesuai dengan keinginan kita loh. Seperti merubah tampilan, memasukkan link, foto dan lainnya.
  • Kita juga bisa mengupload foto / gambar produk affiliate dan menautkannya pada link pembelian. 
Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?


Review pengalaman menggunakan S.id

Aku sendiri merasa sangat terbantu dengan menggunakan S.id ini. Pertama karena fiturnya yang sangat lengkap dan bagus untuk sebuah microsite. Awal sekali aku menggunakan penyedia shortlink seperti bit.ly yang memang sering aku gunakan untuk memendekkan link tautan blog atau youtube yang ingin aku share.

Jujur, aku juga sangat terbantu menggunakan bit.ly apalagi dengan fitur gratisnya saja aku sudah bisa copy link tautan sebanyak 10 link sebulan. Dan jujur kadang aku juga merasa kurang banget karena dalam sebulan aku bisa posting 15-20 blog, belum lagi ditambah youtube.

Dan aku punya 2 website dan 2 youtube dimana memang jumlah link yang disediakan sangat sedikit jadi terkadang untuk mengakalinya aku membuat banyak akun. Dan ini sih yang merepotkan. Tapi karena dulu aku Cuma tau bit.ly aja jadi aku tetap jalani.

 

Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?

Di bit.ly juga untuk dapat melihat traffic link yang kita share harus upgarade dulu ke fitur berbayarnya dimana biaya paling murah sekitar 8 dolar perbulan, atau sekitar  121 ribu rupiah sebulan. Dan biaya ini menurutku cukup mahal untuk aku pribadi.

Bit.ly juga memiliki fitur microsite dengan nama  link in bio,  namun menurutku agak sulit di-costume yang sesuai dengan kebutuhan aku. Desin micrositenya  sangat terbatas tidak lebih dari 5 sehingga tampilannya terasa monoton dan kurang personal.

Dan di bit.ly agak sulit menambahkan gambar dengan tautan produk, apalagi mau menambahkan feature post karena semuanya berjejer seragam dan terlihat flat. Jadi di bit.ly aku tidak pernah menggunakan link in bionya sih, hanya memanfaatkan penyedia short linknya yang itu pun sangat terbatas.

Namun, seiring berjalannya waktu dan aku menemukan S.id sebagai penyedia short link aku merasa sangat terbantu. Di fitur gratisnya saja aku bisa menggunakan 100 short link perbulan, dan ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan aku yang sekitar 25-35 link perbulan.

Short link dari S.id juga sangat pendek sehingga lebih mudah diingat, ketika aku menaruhnya di caption IG dimana link tersebut tidak bisa diklik. Orang- orang masih bisa mencari sendiri di google karena lebih mudah diingat. Selain itu hasil short linknya juga bisa langsung dibagikan ke twitter, whatsapp, facebook bahkan kita juga bisa langsung membuatnya menjadi QR kode. Dan dengan fitur gratisnya aku sudah bisa melihat traffic link yang aku share.

Selain itu di Dashsboardnya juga ada fitur analalitic dimana kita bisa melihat grafik link yang kita share dengan lengkap mulai dari tanggal, jumlah klik tautan bahkan kita juga bisa melihat link mana yang paling populer.

Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?

Dan yang paling aku suka adalah fitur micrositenya yang super lovaablle, simple and helpfull banget. Di fitur gratisnya kita sudah dapat membuat microsite yang sesuai dengan kebutuhan. Dan bagusnya lagi kita bisa membuat lebih dari 1 microsite. Buat aku yang punya banyak sosial media jadi sangat terbantu, jadi masing-masing sosial media bisa dicostume sesuai dengan kebutuhan.

Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?

Jenis micrositenya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita, seperti toko online, personal branding, toko minuman dan lain sebagainya. Dengan begitu kita bisa menyesuaikan microsite sesuai dengan kebutuhan.

Step selanjutnya, saat memilih desain microsite juga ada banyak pilihan yang bisa kita gunakan sesuai dengan personality atau branding yang ingin kita tonjolkan. Ada banyak pilihan warna dan tema yang bisa dipilih.

Nggak berhenti disitu kita juga bisa dengan mudah mendesain microsite kita dengan menambahkan fitur penambahan teks, tautan link, gambar, embed, maps, countdown, tautan horizontal, tautan pemisah dan brand/logo.

Dan yang paling aku suka di micro site S.id sudah memiliki tombol tautan ke marketplace seperti shopee, tokopedia dan bukalapak. Dan ini contoh microsite aku di S.id. Keren kan, kalian juga bisa buat microsite kalian sendiri sesuai dengan personality dan branding yang kalian inginkan.

Dengan fitur gratis saja kita sudah bisa mendapatkan fitur yang cukup lengkap seperti yang sudah aku jelaskan diatas. Namun buat kalian yang ingin mencoba beberapa fitur berbayarkan kalian bisa mendapatkan benefit lebih banyak seperti membuat microsite kamu lebih personal dengan menghilangkan logo brand S.id dan juga menghilangkan iklan hanya dengan biaya 12.500/bulan saja.

Pentingnya Link Bio di Akun Media sosial, Pilih bit.ly atau S.id ?


Dan menurutku dengan biaya ini cukup terjangkau ya, apalagi kita juga bisa menambahkan tautan link produk affiliate sehingga bisa meningkatkan komisi affiliate kita secara langsung.

Jujur, cinta banget aku sama S.id ini yang benar-benar membantu para content creator seperti aku yang memiliki budget terbatas tapi tetap butuh fasilitas yang lengkap bak sultan. Untuk kalian yang mau buat juga bisa langsung saja kunjungi websitenya di https://home.s.id ya.

Terimakasih sudah membaca postingan ini, semoga bisa memberikan insiht positif untuk kalian ya. Salam.

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram


6 Comments

  1. Aku udah coba sih pake microsite tapi rasanya belum maksimal penggunaannya. Jadi mau coba pakai s.id apalagi biayanya terjangkau banget itu per bulannya nggak nyampe 15 ribu ya.

    ReplyDelete
  2. aku selama ini cuma pakai bit.ly sih kalau mau bikin short link gitu tapi sekarang sudah malas bikinnya. hehe. bisa dicoba deh pakai s.id ini nanti

    ReplyDelete
  3. Aku belum pernah nyoba pakai s.id nih, biasanya pakai linktree sama bitly gitu. Atau pendekinnya by drop link ke Twitter. Mungkin aku perlu nyobain juga nih kapan2

    ReplyDelete
  4. Aku masih pakai bit.ly selama ini dan emang rada ribet karena ada yang berbayarnya juga. Penasaran sama s.id nih sekarang. Apalagi kalau buat drop ke twitter bs lebih singkat kan

    ReplyDelete
  5. Aku belum pernah pakai nih ternyata linknya jadi lebih singkat ya jadi lebih mudah untuk dibagikan, bisa untuk Microsite juga yaa..

    ReplyDelete
  6. Banyak yang pake link bio akun ini. Jadi lebih mudah nyari akun-akunnya. Pengen coba pake juga tapi belum sempet utak atik webnya.

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)