Resep Cah Tofu Sayur Campur Mete yang gurih menggoda


Siapa yang suka kacang mete ? kacang yang satu ini memiliki ukuran yang cukup besar dan rasanya yang gurih menggoda. Aku termasuk salah satu penggemar kacang – kacangan, apalagi mete.  Dan untungnya badanku khususnya wajar tidak pernah bermasalah dengan kacang. Jadi makan sebanyak apapun gak takut timbul jerawat.

Kacang mete sebenarnya berasal dari  biji buah Jambu monyet atau jambu mede yang dikupas kemudian dikeringkan. Rasanya yang gurih membuat kacang mete memiliki banyak penggemar. Kacang mete mengandung Vitamin dan Mineral yang baik bagi tubuh, Kacang mete mengandung karbohidrat, lemak, Protein, Tiamina, Riboflamin, Niasin, Viamin B6, Folat, Kalsium , Zat besi, Magnesium, fosfor, kalium, zink, dan asam pantotenat.


Biasanya kacang mete dibuat sebagai camilan atau bahan tambahan untuk kue. Beberapa produk makanan dari coklat juga menambahkan kacang mete sebagai isiannya, Jangan ditanya rasanya ya dijamin bikin ketagihan.

Untuk resep kali ini kacang mete dicampur dengan cah tofu sayuran yang lezat dan sehat. Perpaduan rasanya cukup matching karena memang sama – sama gurih ditambah kacang mete jadi lebih kriuk kresh gitu.
Resep ini juga tergolong kedalam makanan yang sehat, karena perpaduan antara sayur- sayuran yang tinggi vitamin dan kacang mete yang mengandung asam tak jenuh tunggal oleat dan asam palmitoleat. Kacang mete juga dipercaya mampu menurunkan kandungan kolestrol jahat dalam  tubuh lo. 

Di pasaran harga kacang mete mentah tergolong cukup mahal antara Rp. 55.000 sampai dengan Rp. 65.000 per- 500 gramnya. Tergantung merk dan tempat pembelian. Biasanya di pasar- pasar tradisional harganya cukup murah dibandingkan dengan swalayan atau supermarket. Tapi mungkin ada sedikit perbedaan kulitas.

Langsung cek resepnya ya.

( Baca juga resep lainnya : Resep Steak dorry saus blackpapper )

Resep Cah Tofu Sayur Campur Mete yang gurih menggoda
Sumber Gambar ; Instagram/noviagarnella
Bahan yang dibutuhkan :
  • 1 pack tofu
  • 1 bongol brokoli ukuran sedang 
  • 1 bongol kembang kol kecil
  • 2 buah wortel 
  • 2 buah pakcoy 
  • 5 lembar sawi putih 
  • 3 siung bawang putih 
  • 5 siung bawang merah 
  • 1 sdm maizena dilarutkan dengan sedikit air
  • Secukupnya air panas
  • Secukupnya Garam, merica dan kaldu bubuk 
  • Secukupnya kacang mete goreng dan bawang putih goreng untuk taburan 
  • Minyak goreng


Cara membuat:

Potong-potong tofu dengan ukuran 2 -3 cm, kemudian goreng sampai berkulit dan kecoklatan. Angkat dan sisihkan

Iris serong wortel,  potong kuntum brokoli dan kembang kol , sawi diiris dan pakcoy di potong pangkalnya, setelah itu cuci bersih sayuran dan tiriskan agar airnnya turun

Panaskan wajan, tumis bawang putih dan bawang merah iris, aduk rata dan masak sampai harum kecoklatan

Masukan wortel, tumis dengan api besar

Masukkan juga sayuran berurutan dari yang paling keras, wortel, blokoli dan kembangkol. Kemudian pakcoy. Aduk rata masak kurang lebih 5 menit, lalu masukkan  tofu yang sudah digoreng.
Tambahkan bumbu garam, merica, Kaldu bubuk aduk rata, masukan sedikit air panas
Masukan larutan maizena, aduk sampai kental. Masak kembali kurang lebih 5 menit. Bila anda suka sebaiknya jangan masak sayuran terlalu matang, sehingga masih ada rasa kresh pada sayuran dan gizinya pun tidak hilang.
Setelah air agak surut angkat dan sajikan dengan taburan kacang mete goreng dan bawang putih goreng.





Selamat Mencoba

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)