Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals

Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals

Me Time adalah satu kegiatan yang dilakukan untuk menyenangkan diri sendiri. Tapi seperti yang kita tau pekerjaan ibu hampir tak pernah ada habisnya. Baik Ibu pekerja maupun Ibu rumah tangga, keduanya kerap memiliki masalah yang sama yaitu tidak memiliki waktu Me time.

Aku sendiri yang merupakan seorang ibu rumah tangga juga ikut mengamini hal ini, karena memang meskipun setiap hari dirumah namun rasanya aku tidak memiliki waktu me time untuk diriku sendiri karena pekerjaan rumah dan mengurus anak yang rasanya tidak ada habisnya.

Dan keresahan inilah yang membuatku terdorong untuk datang ke salah satu talk show di Mall Kota Kasablanka, Sabtu kemarin. Dengan mengangkat keresahan yang sama mengenai bagaimana Me Time Ditengah Kesibukan Mengurus keluarga, aku mendapatkan banyak sekali benefit ilmu serta pencerahan yang selama ini rasanya menjadi ganjalan dalam diri.

Menurut Ellen Susila M.psi, Psikolog , Me time suatu upaya dalam diri untuk menghabiskan waktu secara singkat  untuk diri sendiri.  Sayangnya, Banyak dari para ibu tidak bisa melakukannya bukan hanya karena tidak memiliki cukup waktu. Selain itu saat melakukan Me Time seringkali ibu merasa bersalah  karena dianggap egois. Rasa bersalah inilah yang kemudian membuat para ibu sering mengesampingkan Me Time untuk dirinya sendiri.

Padahal, Me time sendiri memiliki peranan yang sangat penting bagi kewarasan seorang ibu. Dan seperti yang kita tau ibu merupakan jantung dalam suatu keluarga, ketika seorang ibu merasa bahagia maka dia akan menyebarkan kebahagiaan itu kepada keluarganya. Namun ketika ibu merasa sedih, stress atau lelah tentu suasana dirumah juga akan suram.
 

Manfaat Me Time bagi Ibu

Meskipun terdengar sederhana, namun Me Time memiliki banyak sekali Manfaat  Bagi seorang  Ibu, seperti ;
Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals
sumber gambar : pinterest

Menurunkan Stress

Jangan tanya bagaimana kehidupan ibu setiap harinya, karena sudah pasti sangat sibuk. Setiap hari sudah  bangun pagi untuk menyiapkan keperluan anak sekolah dan suaminya, memasak, beres-beres rumah , mencuci dan seabrek kegiatan lain.

Tapi itu belum apa-apa, melakukan rutinitas yang sama sekalipun bukan berarti tanpa kendala. Mungkin saat masak si adik tiba-tiba pup, belum lagi kakak yang harus dijemput di sekolah tapi adik tidak mau diajak, saat mencuci baju tiba-tiba detergen habis, dan semua masalah yang timbul sering kali ibu hadapi sendiri setiap harinya dan inilah yang membuat ibu rentan terkena stress.

Biasanya untuk menghilangkan penat para ibu sering mengobrol dengan ibu lain, tapi bukannya dapat pencerahan ibu mulai merasa minder dan membandingkan dirinya sendiri dengan orang lain yang malah bikin stress.

Oleh karena itu me time itu dibutuhkan oleh ibu untuk meringankan stress yang setiap harinya menumpuk, setidaknya setelah me time ibu akan jadi lebih relax dan tingkat stresnya berkurang.
Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals
sumber gambar : pinterest

Recharge Energi

Setelah seharian melakukan pekerjaan rumah dan mengurus keluarga melakukan Me Time menjadi salah satu cara untuk men-charge energy supaya bisa lebih bersemangat besok. Karena saat Me time kita akan mengistirahatkan tubuh dan pikiran kita dari kesibukan, dan memulihkan tenaga dengan melakukan hal yang kita suka.


Emosi yang Stabil

Kelelahan sering kali membuat ibu lebih mudah marah dan tersinggung, alhasil ibu jadi lebih sering mengomel dan mengeluh. Dan tentu hal ini membuat pekerjaan rumah jadi 2 kali melelahkan.

Dengan melakukan Me Time ibu memiliki waktu untuk men-charge energy, dan menurunkan stress sehingga emosi ibu menjadi lebih stabil.

Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals
sumber gambar : pinterest

Self love yang tinggi

Me time membuat ibu lebih mengenal dirinya sendiri, memahami kekurangan dan kelebihan dirinya serta membuatnya merasa mencintai dirinya sendiri , keluarga dan kehidupannya. Hal ini sangat penting, karena banyak ibu yang merasa kehilangan dirinya sendiri saat menikah. Ibu cenderung lebih mementingkan orang lain seperti suami dan anak-anaknya daripada dirinya sendiri. Sehingga seringkali membuat ibu merasa kehilangan dirinya dan merasa tidak berharga.
                                                          

Menjaga kesehatan mental diri sendiri dan keluarga

Me time yang cukup bagi ibu ternyata memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mental ibu dan keluarga. Ibu yang kurang me time akan rentan terkena stress, emosi yang tidak stabil bahkan depresi.

Dan ketika ibu dalam kondisi mental yang tidak baik tentu dia akan sering mengomel, marah yang meluap-luap hanya karena masalah sepele dan tentu yang menjadi korban pertama adalah anak-anak dan suaminya.

Oleh karena itu, ketika ibu sehat dan bahagia maka sudah bisa dipastikan seluruh anggota keluarga juga akan bahagia.


Me time Sederhana yang bisa dilakukan dirumah

Mengingat betapa pentingnya Me time untuk seorang ibu dan keluarganya maka rasanya kurang tepat jika me time ibu dikatakan egois. Mungkin memang masih banyak orang yang tidak paham dan seringkali ibu terjebak dalam budaya patriarki yang membuatnya merasa sangat tertekan.

Belum lagi keadaan ibu sendiri yang membuat Me Time rasanya tidak mungkin karena anak yang tidak ada yang membantu menjaga dan lain sebagainya. Oleh karena itu berikut beberapa me time sederhana yang bisa ibu lakukan dirumah tanpa harus meninggalkan keluarga.

Journaling

Journaling adalah kebiasaan menuliskan seluruh perasaan, keinginan, kekhawatiran, bahkan rencana kita dalam buku sehingga membuat kita lebih mudah mengenal diri sendiri, dan mencurahkan emosi yang dirasakan dengan cara yang tepat.

Mungkin kita sering menulis diary saat remaja dulu, dimana kita menulis pengalaman kita hari itu dalam buku catatan. Nah menulis diary ini juga termasuk dalam journaling.

Journaling sendiri dipercaya dapat menjadi stress release dimana kita bisa mengeluarkan emosi yang kita rasakan pada saat itu dengan cara yang tepat. Selain itu ketika kita membaca kembali jurnal yang kita tulis membuat kita lebih mudah memahami diri sendiri dan apa yang kita pikirkan dan inginkan.

Journaling juga membantu kita menetapkan tujuan, mimpi atau sekedar keinginan sehingga membuat kita merasa berharga dan termotivasi dalam hidup.

Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals

Minum kopi atau Teh dengan tenang

Me time sederhana selanjutnya yang bisa dilakukan dirumah adalah minum teh atau kopi dengan tenang. Kegiatan ini bisa dilakukan pagi , siang atau malam hari ketika anak-anak sedang beristirahat.

Seringkali saat anak-anak istirahat ibu malah melakukan  pekerjaan lain yang membuatnya nyaris kehilangan waktu untuk beristirahat.  Padahal, tidak ada salahnya mengambil waktu luang yang ada ketika anak tertidur atau bersekolah untuk menikmati me time sekedar minum teh atau kopi dengan tenang.

Nah, selama minum teh atau kopi ibu bisa sambil membaca buku atau mendengarkan musik. Atau bisa juga melakukan hal yang ibu suka lainnya. Seperti sesederhana scroll tiktok. Asalkan tidak dilakukan berlebihan tentu ada manfaat positif yang bisa kita dapatkan dari hal-hal sederhana.

Merawat diri

Salah satu Me Time yang bisa dilakukan adalah merawat diri, hal ini menurutku sangat penting karena selama ini banyak para ibu sering sekali mengeluh melihat dirinya yang terlihat “berantakan” karena tidak memiliki waktu untuk mengurus diri sendiri.

Hal ini disebabkan karena saat menjadi ibu kita seringkali lebih memprioritaskan kebutuhan orang lain daripada diri sendiri. Kita memastikan anak kita makan sehat namun seringkali kita sendiri lupa makan.

Aku sendiri sejak memiliki anak memang terasa sangat jauh berbeda saat sebelum menikah dulu, kulit jadi gelap, rambut kusut dan lebih sering digulung, lebih nyaman menggunakan daster bahkan sekedar mandi dengan tenang saja rasanya sulit sekali.

Padahal Merawat diri  seperti berdandan, berendam dan mandi adalah hal-hal sederhana yang seharusnya bisa kita lakukan dirumah. Apalagi menurut penelitian Mandi dapat membantu meringankan stress, dan membuat tubuh jadi lebih segar. Jadi minimal saat mandi lakukanlah yang terbaik untuk diri sendiri.

Untuk melakukan hal ini tentu ibu bisa meminta bantuan suami untuk menjaga anak sebentar agar ibu bisa mandi dengan tenang. Dan jangan lupa gunakan body care untuk mandi yang mengandung aromaterapi untuk membantu merelaksasi tubuh agar lebih relax dan nyaman.

Salah satu produk yang bisa digunakan saat mandi untuk relaksasi adalah produk-produk dari Dr. Teals yang mengandung Epsom Slat yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.
Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals

Me Time Sederhana Namun Berkualitas dengan Dr. Teals

Dr. Teals merupakan brand personal care yang fokus pada wellness personal care dimana produknya berfokus pada bahan alami yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Dr. Teals  sendiri merupakan produk yang berasal dari USA dan sudah banyak digunakan dan menjadi produk HITS sejak 2003. Dan saat ini Dr. Teals resmi launching di Indonesia sejak tahun 2022 kemarin.

Bahan utama yang terkandung dalam Dr. Teals adalah Epsom Salt yang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh. Epsom salt sendiri adalah nama lain dari senyawa Magnesium sulfat yang merupakan mineral esensial untuk tubuh. Sesuai namanya garam ini pertama kali ditemukan di mata air alam di kota Epsom, Inggris.

Mungkin selama ini kita lebih sering mendengar Sea Salt ya daripada Epsom Salt. Meskipun sama-sama garam namun keduanya sangat berbeda. Sea salt sendiri mengandung Natrium Klorida, sedangkan Sea salt merupakan senyawa mineral magnesium dan sulfat yang diketahui memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals



Manfaat Epsom Salt

Health & Wellness

  • Mengurangi stress dengan merangsang pelepasan serotonin
  • Meningkatkan energi dan stamina
  • Meningkatkan mood
  • Meredakan sunburn
  • Menjaga kaki tetap sehat dari infeksi jamur
  • Membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh

Sleep & Relaxation

  • Membantu tidur lebih berkualitas
  • Membantu tubuh terasa kembali segar
  • Menenangkan Indra
  • Merelaksasi otot dan menenangkan pikiran
  • Fitness & Repair
  • Meredakan rasa sakit dan peradangan
  • Meredakan luka kecil dan lecet
  • Mengurangi rasa sakit dan memar saat keseleo
  • Mengurangi rasa sakit dan pegal kaki serta kram

Beauty & Detoks

  • Membersihkan tubuh
  • Mengeksfoliasi kulit mati
  • Mengangkat Komedo
  • Melembutkan kulit
Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals


Selain Epsom Salt Dr. Teals juga menggunakan bahan natural lainnya yang memiliki manfaat luar biasa pada tubuh seperti Essential Oil, Pink Himalayan Salt, Coconut Oil, Milk, Seha Butter, dan Aloe Vera.

Saat ini Dr. Teal sendiri sudah memiliki 7 produk dengan kombinasi Epsom Salt dan kandungan bahan alami diatas, yaitu 
  • Epsom Salt Soaking Solution
  • Foaming Bath
  • Body Wash
  • Body Scrub
  • Body Lotion
  • Deodorant dan
  • Foot Care

Pengalaman aku Me Time bersama Dr. Teals

Di tengah kesibukan aku yang padat menjadi seorang ibu dan juga seorang blogger serta content creator. Rasanya punya waktu me time keluar rumah itu sangat jarang bisa dilakukan.
Dan akhirnya aku juga termasuk orang yang lebih banyak melakukan me time di rumah, dan setelah mengikuti talkshow kemarin akhirnya aku memantapkan diri untuk mencoba juga produk dari Dr. Teals.

Ada 2 Produk Dr. Teals yang aku coba yaitu Dr. Teals Pure Epsom Salt soaking Solution dan Dr Teals Pink Himalayan Salt Scrub.

Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals


Dr. Teals Pure Epsom Salt Soaking solution adalah semacam garam berendam yang memiliki aromaterapi. Ya meskipun aku sendiri dirumah tidak memiliki bathUp tapi masih bisa untuk merendam kaki, dan kapan-kapan kalau staycation lagi aku bawa supaya bisa berendam di bathup hotel. heheh

Hal pertama yang aku suka dari garam berendam ini adalah wanginya yang super enak dan bisa merelaksasi jadi rasanya seperti sedang berendam spa di salon mahal. Setelah penggunaan juga terasa kaki jadi lebih relaks, lembut dan wangi pastinya. jujur aku bener-bener nggak sabar mau berendam di bath up menggunakan produk ini.
Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals

Sedangkan Dr. Teals Pink Himalayan Salt Scrub dipakai saat berendam atau mandi. Scrubnya memang agak kasar tapi masih nyaman dikulit, scrubingnya nyaman nggak lebay dan setelah di gosok ke tubuh kulit jadi langsung lembab, dan tidak meninggalkan kotoran seperti scrub lain. jadi sebenarnya walaupun tidak dibilas juga aku tetap merasa nyaman di kulit. Ini takjub banget sih sama scrubnya. Wanginya juga soft, tercium tapi nggak lebay. Nyaman pokoknya.

Dan memang Me Time sederhana seperti mandi dan berendam dengan produk dr. Teals yang punya wangi menenangkan dan harum bisa jadi solusi sih buat para ibu di luar sana untuk tetap bisa Me Time ditengah kesibukan ibu yang tidak ada habisnya

Selain itu juga me time dengan mandi atau berendam juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan bisa dilakukan dirumah ketika ibu tidak memungkinkan untuk meninggalkan anak sendirian, jadi ketika anak tidur ibu bisa mencuri waktu untuk mandi dan berendam dan produk dr. teals yang menenangkan sekaligus merelaksasi.
Cara Me Time Sederhana di Tengah Kesibukan dengan Dr. Teals
Untuk yang mau tau produknya lebih lengkap mungkin bisa kunjungi instagramnya @drtealsindonesia atau juga bisa beli langsung di marketplace kesayangan kalian.

Terimakasih sudah membaca postingan ini, sharing sharing di kolom komentar ya kalau ibu punya pengalaman me time atau kendala yang sering ibu alami saat me time.
Salam.

---------------------------------------------
Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram

7 Comments

  1. Aku sudah coba yang scrubnya, kemarin pas longgar dan anak-anak terkendali, di kamar sendirian scrub tubuh, mandi dibawa shower, berasa fresh bangeeet

    ReplyDelete
  2. Udah paling bener buat kita ambil waktu sejenak buat me time walau sekedar minum kopi atau teh di tempat tenang sendirian ya. Tapi lebih asik sih bisa rendam kaki pakai garam yang bisa bikin rileks apalagi wanginya juga menenangkan. Dr. Teals is the best sih.

    ReplyDelete
  3. stress emang kalau ibu2 tanpa me time, karena memang kerjaan rumah dan jadi ibu itu kayak ga ada jeda banget yaa, kalau capek tuh rasanya pengen teriak yang kenceng. Me time kayaka gini tuh bakal jadi release emosi banget ditengah penatnya rutinitas sebagai seorang ibu

    ReplyDelete
  4. seperti hari ini nih, rasanya lelah udah numpuk trus berendam dengan Epsom Salt Dr Teal's langsung tenang

    ReplyDelete
  5. Kayanya sambil baca atau scroll sosmed bisa pakai si soaking salt Dr. Teal's deh hehehe. Soalnya wanginya harum dan segar banget! Aku auto melek abis pakai hehe.

    ReplyDelete
  6. Kayanya kalo udah scrub sebentar pake dr Teal's tuh stres sepanjang hari langsung terhempas yaa

    ReplyDelete
  7. Wah mbak, ini pertama kali aku dengar tentang Dr Teal's dan juga Epsom Salt. Aku jadi penasaran banget pengen nyoba. Pembeliannya bisa kemana ya mbak kira-kira?

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)