Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk. Bagi perempuan kosmetik sudah menjadi salah salah satu kebutuhan dasar dan mungkin menjadi barang yang sering kita beli. Namun meskipun begitu masih banyak orang yang masih salah dalam membeli kosmetik dengan berbagai alasan.

Tapi sebelum kita berbicara panjang lebar mengenai kosmetik ini, mari selaraskan pengertian kita tentang kosmetik terlebih dahulu.

Kata kosmetik berasal dari bahasa Yunani yaitu Kosmetikos yang berarti keahlian dalam menghias. Namun semakin berkembangnya jaman kosmetik lebih mengarah pada benda atau produknya.

Orang-orang jaman dulu membuat kosmetik dari tumbuhan dan bahan alam, seperti penggunaan serangga Cochineal yang dapat menghasilkan warna merah karmin, dan buah beri.sebagai pewarna bibir ; penggunaan berbagai jenis minyak untuk melembabkan kulit dan melindungi dari sinar matahari serta sebagai bahan baku wewangian yang digunakan untuk ritual keagamaan; penggunaan henna untuk pewarna rambut dan kulit; dan lain-lain.

Selama ini kita menganggap bahwa kosmetik adalah make up, sebenarnya tidak salah namun kurang tepat. Karena menurut Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI No 23 Tahun 2019 adalah bahan atau sediaan yang dimaksudkan untuk digunakan pada bagian luar tubuh manusia seperti epidermis, rambut, kuku, bibir, dan organ genital bagian luar, atau gigi dan membrane mukosa mulut terutama untuk membersihkan, mewangikan, mengubah penampilan, dan/atau memperbaiki bau badan atau melindungi atau memelihara tubuh pada kondisi baik.

Jadi dengan kata lain Make up, Skincare, Body Care dan Hair care juga termasuk golongan kosmetik.

Aku sendiri sampai sekarang masih sering salah dalam memilih kosmetik, dan salah memilih kosmetik bukan tanpa resiko. Terkadang ketika salah memilih kosmetik timbul masalah pada kulit karena tidak cocok seperti bruntusan, kemerahan, dan gejala lainnya. Dan menurutku, ini tuh jadi hal paling menyebalkan. Karena kita memakai produk kan memang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik ya, tapi kalau malah timbul masalah setelah pemakaian produk tuh rasanya menyebalkan sekali. Belum lagi kalau breakoutnya parah banget sampai harus konsultasi ke dokter.

Nah, untuk menghindari hal tersebut aku mau sharing beberapa tips bagaimana caranya memilih kosmetik yang tepat tanpa terjebak overclaim produk.

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Kenali jenis kulitmu dengan baik

Hal paling dasar dalam memilih kosmetik adalah mengenali tipe kulit kita sendiri. Apakah kulit wajah kita termasuk tipe normal, oily, sensitif atau berjerawat.

Begitu juga dengan kondisi kulit di tubuh, apakah kering atau cukup lembab. Hal ini sangat berpengaruh terhadap produk kosmetik yang akan kita pilih nantinya. Selain itu dengan mengetahui jenis kulit kita, maka akan meminimalisir kesalahan dalam memilih produk kosmetik.

Bagaimana cara kita mengetahui jenis kulit ? kita bisa melakukan skin check di klinik, rumah sakit atau sekarang juga banyak sekali event offline skincare dimana kita bisa cek kondisi kulit kita. Nah kalau opsi diatas tidak memungkinkan, kita bisa cek sendiri secara mandiri dengan mengenali tanda-tanda pada setiap tipe kulit.

Next time aku coba bahas lebih lanjut ya.

Sesuaikan kosmetik dengan kegiatan yang dilakukan

Selain mengetahui jenis kulit, kita juga harus menyesuaikan kosmetik dengan kegiatan yang kita lakukan sehari-hari. Aku sendiri yang punya banyak kegiatan diluar rumah, cenderung memilih kosmetik yang memiliki perlindungan dari sinar matahari.

Atau ada juga yang beraktifitas di bawah AC selama berjam-jam membutuhkan kosmetik yang  memiliki kandungan untuk melembabkan kulit.

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Cek dengan teliti kandungan produk

Mengecek kandungan produk jadi salah satu cara tepat dalam memilih  kosmetik, apalagi untuk orang yang memiliki riwayat alergi terhadap kandungan produk tertentu.

Jadi jangan asal comot produk di rak saat pembelian, atau tergiur kosmetik viral yang di review banyak orang. Pokoknya jangan sekedar ikut-ikutan. Karena dalam memilih kosmetik kita juga harus teliti pada kandungan produknya apakah itu cocok untuk kulit kita.

Cara mengecek kandungan produk paling mudah adalah dengan membaca ingredients produk dalam kemasan. Jika memang belum membelinya kita bisa cek secara online dan membaca review produk tersebut terlebih dahulu sebelum membeli.

Jangan tergoda klaim yang berlebihan

Sekarang ini banyak sekali produk kosmetik yang menawarkan berbagai claim yang menggoda, mulai dari mencerahkan, melembabkan, memudarkan kerutan, membuat badan jadi putih bersih dan banyak lagi claim lainnya yang membuat kita tergoda untuk membeli produk tersebut.

Namun, sayangnya tidak semua klaim yang dijanjikan itu terbukti nyata pada kita. Selain karena faktor perbedaan kulit yang dicoba, dan efek yang berbeda setiap orang. Claim produk juga seringkali dilebih-lebihkan guna menarik perhatian konsumen.

Dan mengantongi izin BPOM saja ternyata tidak cukup, karena overclaim yang dilakukan suatu brand seringkali memang tidak diberikan tindakan tegas dan masih dianggap sebagai teknik marketing. Padahal, sebagai konsumen rasanya seperti ditipu kan kalau memang klaim yang disampaikan tidak sesuai dengan hasil yang didapat.

Tapi tenang, sekarang sudah ada skin proof yang bantu konsumen dalam memilih kosmetik sesuai dengan kebutuhan tanpa drama overclaim. Caranya hanya dengan memastikan apakah  produk tersebut sudah diuji oleh skin proof.

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Skin Proof Bantu Konsumen dalam Memilih Produk Kosmetik Sesuai Kebutuhan

 

“Dalam industri kosmetik yang sangat kompetitif, klaim produk dapat menjadi alat yang efektif untuk membedakan merek dan menarik perhatian konsumen. Namun, penting untuk memastikan bahwa klaim produk yang dikomunikasikan dapat dibuktikan secara ilmiah karena klaim produk harus digunakan dengan hati-hati dan transparan untuk membangun kepercayaan konsumen,” ujar Theresia Sinandang, Head of Skinproof. 


Theresia juga memaparkan bahwa dalam memilih produk kosmetik yang tepat, pertama-tama konsumen perlu mengetahui hal yang sangat mendasar, yaitu kondisi dan permasalahan kulit masing-masing. “Kondisi kulit setiap orang berbeda, sehingga produk yang cocok bagi seseorang mungkin tidak cocok pada kulit orang lain karena kulitnya memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh sebab itu, sebelum memilih produk, penting untuk mengetahui kondisi dan kondisi kulit agar dapat mendapatkan produk yang sesuai,” jelasnya.

 

Selain itu, konsumen perlu berhati-hari terhadap klaim produk yang terlalu menjanjikan serta membiasakan untuk membaca label produk dengan seksama. “Dengan akses informasi yang tersedia luas saat ini, konsumen bisa mendapatkan sumber informasi yang kredibel untuk mengetahui kandungan kosmetik dan efeknya terhadap kulit dengan sangat mudah. Sehingga dengan mengetahui kandungan kosmetik dan efeknya, konsumen dapat mempertimbangkan dengan baik apakah suatu produk sesuai dengan kebutuhan kulitnya atau tidak, saat membaca label produk tersebut,” tutupnya.

 

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Dalam industri kosmetik, produk klaim merupakan salah satu strategi pemasaran yang populer dan paling sering kita temui, baik pada kemasan produk maupun melalui materi iklan pada berbagai platform media. Berbagai merek kosmetik menggunakan klaim produk sebagai narasi untuk memperkenalkan produk mereka kepada konsumen dengan menjelaskan manfaat dan hasil yang bisa didapatkan dari penggunaan produk tersebut. Sementara klaim yang digunakan untuk memasarkan kosmetik harus jujur.

 

Klaim pemasaran tidak boleh menghubungkan produk dengan properti atau efek yang sebenarnya tidak dimiliki produk tersebut, dan semua klaim yang dibuat harus dapat dibuktikan. Cosmetic, Toiletry & Perfumery Association (CTPA) dan Advertising Standard Authority (ASA) mengkategorikan klaim produk kosmetik menjadi 5 kategori, yaitu:


  • Performance claim, klaim yang berkaitan dengan efek suatu produk seperti “Mengurangi garis halus” atau “Melindungi kulit selama 24 jam”,
  • Ingredients klaim, yang menyatakan kandungan atau kombinasi dari kandungan yang memberikan khasiat tertentu pada produk, misalnya “Mengandung retinol untuk mengurangi kerutan”,
  • Sensory klaim, yang terkait dengan sensasi atau pengalaman sensori saat menggunakan produk, seperti “Membuat kulit terasa halus dan lembut”, atau dapat juga berupa estetika produk sensori, seperti “Roll-on applicator”,
  • Combination claim, yaitu klaim gabungan dari klaim-klaim tersebut di atas,Comparison klaim, atau klaim perbandingan untuk menggambarkan komparasi produk dengan produk lainnya agar konsumen dapat melihat perbedaan yang signifikan dari keduanya.
  • Setelah klaim diklasifikasi dan ditentukan, perusahaan kosmetik terkait harus memberikan bukti ilmiah yang dapat divalidasi oleh sumber yang kredibel menggunakan beberapa metode pilihan, seperti sensory property analysis, consumer testing, in vivo clinical/expert assessment, instrumental test, atau in vitro/ex vitro test. 

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Skinproof, anak perusahaan Arya Noble, yang berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di industri kosmetik, kecantikan, wellness, dan perawatan pribadi, telah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melakukan product testing dan consumer research melalui berbagai metode-metode tersebut.


Jadi sebenarnya claim produk itu tidak bisa asal-asalan ya harus ada hasil pengujian panjang terlebih dahulu. Dan selaras dengan keresahan konsumen, skinproof hadir sebagai garda terdepan dalam mengevaluasi produk demi kenyamanan konsumen.


Tentang Skinproof

Skinproof sendiri berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di Industri kosmetik, kecantikan, Wellness dan perawatan pribadi yang berdiri secara independen sejak 2017.


Skinproof merupakan anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen. , Skinproof telah melayani berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. ( Intip Instagram Arya Noble untuk tau lebih lengkap)


Didukung oleh tenaga ahli di bidangnya, tenaga ahli di bidangnya, dan lebih dari 8.000 panelis di kota-kota besar di Indonesia, Skinproof terus berupaya untuk menginovasi dan memberikan solusi dalam pengembangan produk kosmetik, memberikan dukungan holistik kepada klien Skinproof, dan mengedukasi konsumen mengenai keamanan dan efektifitas produk secara netral dan independen.

Cara Tepat Memilih Kosmetik sesuai kebutuhan Tanpa Terjebak Overclaim produk

Jadi, salah satu cara termudah untuk memastikan apakah produk tersebut tidak overclaim dan aman adalah dengan mengecek apakah produk tersebut memiliki label lulus uji skinproof. Jadi nggak perlu takut lagi salah pilih produk karena klaim  produk  yang berlebihan. 


Untuk info lebih lanjut mengenai skinproof dan produk apa saja yang sudah lulus uji. Bisa kunjungi website atau instagramnya ya .



Nah, sekarang sudah tau kan bagaimana caranya memilih kosmetik sesuai dengan kebutuhan tanpa terjebak overclaim produk, jadi jangan salah lagi ya. Buat kalian yang memiliki masalah atau mau sharing pengalaman kalian dalam memilih kosmetik bisa banget komen ya.

  


Salam


---------------------------------------------

Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram

15 Comments

  1. Yupps aku setuju bangetttt karna skr udah banyak bgt brand yg overclaim,🫠

    ReplyDelete
  2. Emang penting banget ya pilih kosmetik sesuai kulit biar gak ada lagi kulit breakout

    ReplyDelete
  3. Aku dl sering banget kejebak sama prpduk yang over claim gara2 liat review dari selebgram yang ga beneran cobain produknya huhuhuu

    ReplyDelete
  4. Menarik banget sih ini, kita jadi bisa tau skincare yang cocok buat kulit ya

    ReplyDelete
  5. Nah betul nih. Kadang kita kemakan sama overclaim padahal belum tentu cocok sama kondisi kulit kita. Thankyou bermanfaat sekali infonya

    ReplyDelete
  6. Saat ini produk kecantikan di pasaran memang lebih beragam. Kadang konsumen kurang paham hingga asal comot atau termakan penawaran yang kurang tepat.

    ReplyDelete
  7. makin banyaknya brand baru harus banget jgn mudah terjebak sm iklannya 👍

    ReplyDelete
  8. Belakangan ini memang bahaya sih lagi banyak over claimed produk... Seru ya ada Skinproof bisa bantu konsumen jadi lebih melek sama klaim produk

    ReplyDelete
  9. Wah pengetahuan baru nih buat saya, ntar saya coba jalan-jalan deh ke web-nya

    ReplyDelete
  10. Thank you infonya kak, jujur aku baru tau hal ini. Biar kita bisa jaga-jaga sebelum beli skincare ya.

    ReplyDelete
  11. Keren banget sih jadi bisa lebih aman pilih skincare

    ReplyDelete
  12. Yes bener banget ga bs sembarangan pilih produk buat kulit tuh

    ReplyDelete
  13. ini ngebantu banget buat pemula yang masih baru belajar skincarean

    ReplyDelete
  14. nah ininih, kadang krn fomo atau kejebak sm reviewer kelas A yang bilang bagus, tapi ternyata tidak sebagus itu, apalagi aku pemula yang gampang bgt tergiur kalo ada yg hype

    ReplyDelete
  15. emang kadang kalo liat fyp suka liat yg claimnya heboh heboh sih, ternyata bisa asal claim gitu ya kalo kita ga ati ati milihnya

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)