Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Asin Peda

-- --

Sebagai negara maritim yang memiliki lautan yang cukup luas, negara kita tentu memiliki sumber daya alam yang tinggi yang berasal dari laut. Salah satu kekayaan alam laut indonesia yang juga turut dinikmati masyarakatnya adalah melimpahnya pasokan ikan dipasaran.  Ada banyak sekali jenis ikan laut yang bisa kita nikmati seperti ikan makarel, ikan teri, ikan tongkol, dan masih banyak lagi jenis ikan lainnya. 

 
Resep dan Cara Membuat Tim Ikan Asin Peda
sumber gambar : www.instagram.com/herlinalaurence
Akan tetapi seringkali kelebihan pasokan dipasaran membuat ikan dihargai sangat murah dipasaran, selain itu sering kali ikan yang tidak terjual pun busuk. Oleh karena itu sejak jaman dulu kala, ikan -ikan hasil tangkapan para nelayan sering kali olah menjadi ikan asin. gunanya agar ikan lebih tahan lama.

Baca juga :


Ikan asin adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan atau memberikan garam dalam jumlah banyak kemudian dikeringkan menggunakan bantuan sinar matahari.

pengasinan menjadi salah satu metode pengawetan daging ikan yang marak di gunakan karena lebih ekonomis. Tapi jangan salah ya bunda, proses pengawetan ini tidak membuat nilai gizi dari ikan asin rusak asalkan proses pembuatannya dilakukan dengan benar.  Dalam ikan asin kering mengandung energi, kalori, protein, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi.

Meskipun juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik, akan tetapi asumsi masyarakat bahwa ikan asin identik dengan panganan kelas bawah membuat ikan asin belum bisa diterima oleh semua orang.

Ikan asin biasanya hanya digoreng kering, Tapi siapa sangka ikan asin bisa disulap menjadi menu olahan yang luar biasaa  sedap, contohnya Resep Tim Ikan Asin Peda ini, rasanya jangan ditanya, nano nano luar biasa. Asin, pedas dan asam.

nah, resep Tim ikan asin peda ini paling cocok dimakan dengan nasi hangat, lalap pete dan kerupuk, wah mantap.  Untuk bunda  pecinta makanan pedas dan cendrung suka makanan asin , resep Tim Ikan Asin Peda tak boleh dilewatkan. catat Resepnya.

"  Baca Juga ; Resep Orek Tempe Pedas Manis   "
BAHAN :

2 Buah Ikan Asin Peda
1 buah tomat
3 buah cabai merah
5 buah cabai rawit / sesuai selera
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih          
2 cm serai, geprek
1 sdm minyak sayur
1 sdm perasan jeruk lemon / jeruk nipis
1 lembar daun salam
Gula, Garam dan kaldu ayam
minyak



CARA MEMBUAT :

  • Masukkan ikan peda kedalam wadah tahan panas, usahakan tempatnya cukup untuk menampung badan ikan
  • Iris bawang merah, bawang putih, cabai dan tomat kemudian campurkan kedalam ikan peda, tambahkan gula garam dan kaldu ayam bubuk ( jika suka ).
  • Tambahkan daun salam, serai, perasan jeruk lemon sebanyak 1 sdm, aduk semua bumbu sampai merata.
  • kemudian kukus selama kurang lebih 20 menit, sampai tomat dan bawang layu.
  • Setelah matang, angkat dan sajikan dengan nasi hangat


Tips : bunda bisa menambahkan belimbing sayur, mangga muda atau nanas sebagai pengganti asam perasan jeruk lemon, karna rasanya akan lebih sedap

SELAMAT MENCOBA

Baca Juga : 






( last update 23 juni 2019 )






loading...
loading...

1 Comments

  1. Infonya menarik poll... thanks gais. untuk sharingnya :D

    ===
    Ads:
    =========
    Termudah.com ada cara apapun yang sangat mudah

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak