RESEP KUE : Cara Membuat Kue Nastar Keju Khas Lebaran


Bagi umat muslim khususnya Lebaran Idul Fitri dan Idul Adha adalah perayaan agama yang sangat besar, Apalagi saat Lebaran Idul Fitri yang disimbolkan sebagai hari kemenangan. Setelah sebulan lamanya berpuasa menahan lapar, haus dan amarah. 

Moment Idul Fitri juga menjadi moment yang disakralkan bagi banyak orang, karna ada moment bermaaf-maafan dan silaturahmi akhirnya menjadikan tradisi mudik bagi para perantau yang jauh dari kampung halamannya. 

( Baca juga : Resep Membuat Red Velvet Oreo Cake )

Biasanya saat Lebaran berbagai makanan khas lebaran disajikan seperti ketupat, opor ayam, rendang dan lainnya. Selain itu beberapa kue khas lebaran pun seperti nastar dan castangel menjadi kue yang wajib ada saat menyambut hari raya tiba.

Dipasaran harga satu toples nastar dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 55.000 sampai dengan Rp. 85.000 per-toples. Bisa dibayangkan kan budget yang kita keluarkan sekedar untuk mengisi toples camilan. Belum lagi kebutuhan lainnya. Nah, kalau biasanya bunda membeli kue untuk persiapan lebaran kenapa gak mencoba membuat kue sendiri dirumah mungkin sedikit merepotkan pada awalnya. Tapi tentu lebih hemat, terlebih lagi kita bisa belajar dan tidak menutup kemungkinan tahun depan kita bisa berjualan kue sendiri.


 Kali ini aku mau berbagi resep cara membuat nastar empuk yang cantik ini.


BAHAN yang diperlukan :

  • 250 gram margarin / butter, atau bisa menggunakan blueband cake and cookies
  • 4 butir kuning telur
  • 150 gram gula pasir
  • 600 gram tepung terigu
  • 150 gram susu putih bubuk, bisa menggunakan susu dancow
  • 50 gram keju parut

Isi :

  • 1 buah nanas parut
  • 250 gram gula pasir
  • 1 sdt Vanili bubuk
Olesan

  • 2 butir kuning telur, kocok lepas

CARA MEMBUAT :

Pilih nanas yang tidak terlalu matang, kemudian cuci bersih dan tiriskan, setelah itu parut nanas menggunakan parutan kelapa sampai semua nanas habis

Masak nanas yang telah diparut atau dihaluskan dengan gula pasir dan vanili, aduk terus hingga airnya surut dan kering,

Setelah adonan berubah warna kecoklatan dan nanas mengental matikan api dan diamkan sampai uap panasnya menghilang. Tips memasak selai nanas ini kita harus sering mengaduknya ketika air sudah mulai mengering agar tidak gosong. 

Sekarang kita membuat adonan tepungnya. Pertama-tama lelehkan margarin dengan cara di steam, siapkan wadah mixer kemudian campurkan dengan kuning telur, dan gula halus, kocok menggunakan mixer  dengan kecepatan rendah, sampai adonan tercampur rata dan sedikit mengembang

Setelah semua bahan rata, matikan mixer kemudian tungkan tepung terigu, susu bubuk dan keju parut.  Aduk adonan sampai kalis

Ambil sejumput adonan berikan selai nanas diatasnya dan tutup kembali, ulangi sampai adonan habis.

Olesi bagian atas adonan dengan kocokan telur, dan tambahkan dengan toping coklat atau bisa juga menggunakan batang cengkeh dengan bagian batang menghadap keatas

Setelah itu panggang nastar dalam oven kurang lebih selama 20-25 menit dengan suhu 180-190 derajat celcius. Jika menggunakan oven panggang bunda harus sering mengecek karna mungkin waktu yang dibutuhkan akan berbeda.

Setelah matang, angkat dan NASTAR siap disajikan.


Mudahkan,
SELAMAT MENCOBA





0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)