RESEP SEGAR : Es Timun Suri jadi Juaranya Es Saat Ramadhan Tiba


sudah tau mau buka puasa pakai apa hari ini ?. Atau masih bingung karena terlalu banyak pilihan ?. Memang moment berbuka adalah saat yang paling ditunggu-tunggu saat ramadhan. Tak heran banyak orang ngabuburit untuk mencari makanan untuk berbuka puasa nanti. Dan bersyukurnya di Indonesia saat Ramadhan datang, para pedagang makanan melimpah ruah.

Mulai dari pecel, es buah, es kelapa, es jus, gorengan, kue kering, kue basah dan banyak sekali varian jajanan mulai dari versi tradisional sampai yang kekinian. Apalagi perkembangan kuliner dari waktu ke waktu selalu mengalami perubahan yang cukup cepat.  Dan yang paling banyak diburu biasanya adalah minuman berupa es. Maklum saat puasa dan hawa cukup panas es jadi pengobat dehidrasi yang paling optimal.

Nah, Kali ini aku mau berbagi resep Es Timun Suri gula jawa plus kolang kaling yang sangat mudah dibuat. Jadi pas banget untuk sajian berbuka apalagi kalau punya waktu yang terbilang cukup sempit untuk menyiapkan sajian berbuka.


( Baca juga  RESEP KUE: cara membuat red velvet oreo cake ala cafe )

Saat Ramadhan datang, ada banyak makanan khas ramadhan yang bermunculan. Contohnya saja Timun Suri, Kurma dan Kolang Kaling. Gak heran kalau banyak sekali pedagang menjajakan jajanan ini di sepanjang jalan.Untuk saya yang memiliki masa indah hidup dikampung saat kecil, timun suri jadi buah yang cukup istimewa dan memiliki kenangan tersendiri. Nenek cuma bisa membelikan timun suri, meskipun cucuknya merengek minta es buah. Tapi meskipun resepnya cukup sederhana, es timun suri selalu bisa mengobati dahaga saat berbuka. Dan lupa soal es buah yang sempat direngek.

Timun Suri termasuk kedalam kelompok timun-timunan, sesuai dengan namanya. Meskipun Timun suri paling banyak ditemukan saat ramadhan tapi pada kenyataannya timun suri dapat tumbuh tanpa mengenal musim. Tapi memang kebetulan saat ramadahan penjualan timun suri cukup tinggi karena banyak dijadikan bahan untuk campuran es .

Timun suri memiliki daging buah berwarna keputihan dan lembut.  Selain itu timun suri juga mengandung banyak sekali manfaat untuk tubuh. Seperti :

Menangkal radikal bebas
Menjaga kesehatan mata
Menjaga tekanan darah
Meningkatkan daya tahan tubuh
Menjaga kesehatan sendi
Mencegah kanker
Mencegah penyakit jantung
Menjaga kesehatan Kulit
Meningkatkan kesehatan organ pencernaan
Sumber Energi
Menjaga kesehatan ginjal 
dan lainnya

( Baca juga RESEP KUE : cara membuat choco lava cake )


Yuk intip resepnya

Bahan yang dibutuhkan :

  • 1 buah timun suri matang
  • 200 gr gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • Kolang Kaling secukupnya
  • Air secukupnya
  • Es batu secukupnya
Cara membuat :

Cara membuatnya cukup sederhana, pertama-tama rebus gula merah dengan daun pandan sampai harum dan pandan wangi, dan air menyusut. Dinginkan

Iris timun suri, dan kolang Kaling, masukkan dalam wadah , campurkan dengan gula merah dan air aduk rata

Siapkan es batu dalam gelas. Tuangkan es dalam gelas, es siap disajikan

Mudahkan, dan cocok untuk berbuka

SELAMAT MENCOBA


0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)