Mengenal lebih dekat keindahan Corak Batik Mega Mendung Cirebon


Batik,
Kata ini merupakan salah satu kata yang melambangkan Indonesia. Sejak diakuinya batik Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 2 oktober 2009 sebagai warisan budaya dunia, batik mulai dikenal luas oleh dunia dan menjadi kebanggan Indonesia. 2 Oktober telah dijadikan hari Batik Nasional di Indonesio. Dan di beberapa daerah telah di berlakukan peraturan untuk hari tertentu PNS diwajibkan memakai batik. Sebelumnya memang banyak pengrajin di negeri kita tapi kecintaan bangsa Indonesia atas kebudayaan dan kekayaan lainnya baik bersifat alam maupun tradisi membuat batik sempat di klaim negara lain. Sejak saat itu banyak sekali aktifis sosial dan para produsen pakaian yang mengangkat batik dan kembali mengajak masyarat untuk mencintai batik. Meskipun sedikit terlambat, tapi lambat laun semua kembali sadar dan mencintai batik sebagai bagian dari warisan yang harus dilestarikan. Dan berkat tangan – tangan dingin para pekerja seni di bidang fashion batik tidak hanya menjadi satu pakaian adat yang bersifat monoton , formil atau kuno. Batik kini sudah disulap menjadi pakaian yang bisa dipakai baik untuk acara formal ataupun sehari- hari. Dengan model dan gaya yang mengikuti perkembangan trend mode saat ini.

Sumber gambar : Instagram/batikcirebononline

Di Indonesia sendiri ada beberapa 3 jenis batik berdasarkan cara pembuataannya, yaitu batik tulis, batik lukis dan  batik cap. Batik tulis merupakan metode pembuatan batik secara tradisional dengan menggunakan canting sebagai media melukisnya. Batik tulis dipercaya mulai dikenal di Indonesia sejak kerajaan Majapahit dahulu. Dan seiring berkembangnya batik dan untuk permintaan pasar yang cukup tinggi, pada sekitaran tahun 1920’an  dibuatlah batik cap yang dinilai lebih mudah dan hemat waktu.

Daerah penghasil batik diindonesia pun  cukup banyak, sebagian besarnya adalah kota-kota yang berada di jawa seperti malang, pekalongan, solo, cirebon, madura, kudus, jombang , banten, jepara. Dan juga beberapa daerah diluar jawa seperti bali dan minangkabau. Tentunya setiap daerah memiliki corah batik tersendiri yang menjadi simbol ke khasan dari daerah tersebut.

Salah satu batik yang indah adalah batik Mega mendung yang berasal dari Cirebon, meskipun tak sepopuler batik pekalongan yang sudah termashur namanya se-Indonesia. Batik Cirebon pun tak kalah memiliki corak yang indah dan kental akan sejarah dibaliknya. Seperti yang kita ketahui bahwa penyebaran islam pertama kali di cirebon dibawa oleh Sunan Gunung Jati pada abad ke -16. Kemudian pada masa itu juga Cirebon Menjadi dermaga tersibuk, banyak para pedagang dari luar negeri yang singgah dicirebon, termasuk para pedagang yang berasal dari china. Dan pada masa hidupnya  Sunan Gunung Jati pernah menikahi putri ong tien yang berasal dari china, sejak saat itu budaya china ke cirebon sangat melekat kuat. Motif  Mega Mendung sendiri pertama kali dibuat oleh pangeran Losari , yaitu cicit Sunan Gunung Jati. Beliau terispirasi oleh motif awan yang berasal dari china, bedanya awan yang dibuat dalam batik Mega mendung memiliki 7 dagrasi warna yang memiliki filosofi dibaliknya. Awannya pun harus berbentuk vertikal, artinya melebar kesamping. Dinamakan Mega Mendung karna diharapkan pemakainnya bersifat seperti Mega, yang memiliki filoosofi hati yang luas. Dan Mendung memiliki filosofi meneduhkan.

Selain batik mega mendung khas cirebon ada juga batik keraton yang banyak digambarkan berbentuk, kuda, singa dan singgasana keraton.

Batik Mega mendung khas cirebon paling bagus biasanya yang dibuat dengan ditulis langsung oleh pengrajin. Biasanya membutuhkan waktu satu setengah sampai dua bulan mengerjakan satu buah kain batik. Dimulai dari proses pembuatan motif batiknya, pewarnaan, pelunturan sampai proses pengeringan kain batik. Proses yang panjang tersebut tentunya terbayarkan dengan hasil batik tulis yang sangat detail dan indah.

Ada juga batik Mega Mendung yang dibuat dengan cara di cap, meskipun memiliki motif Mega mendung yang sama. Tapi jelas berbeda motif yang dibuat dengan Cap dan Tulis. Batik Cap biasanya berbetuk lebih besar dan memiliki pengulangan motif yang seragam di kainnya. Sedangkan batik tulis biasanya memiliki bentuk yang kecil dengan detail yang unik dan jarang sekali ada kesamaan motif sehingga motif kain lebih unik dan eksklusif. Meskipun begitu Batif Tulis membutuhkan waktu yang lebih lama dan biaya produksi yang lebih besar, jadi tak heran kalau batik tulis asli memiliki harga yang jauh lebih tinggi dari batik cap. Dan kelemahan dari batik tulis menjadi keuntungan tersendiri pada pengrajin batik cap, karna meskipun corak batiknya hampir sama tapi proses pembuatannya yang cepat dan biaya produksi yang lebih minim membuat batik cap lebih banyak diburu karena stok barangnya yang mudah ditemukan dan harganya pun murah.

Warna dari batik mega mendung ini pun cukup beragam, ada yang memiliki warna dasar hitam dengan motif awan yang berwarna biru dan banyak variasi warna batik mega mendung lainnya yang tak kalah menarik.

Tidak ada salahnya menjadikan Batik Mega Mendung ini sebagai salah satu koleksi mu dirumah.


Salam

0 Comments

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)