6 Jajanan Jaman Dulu Yang Berhasil Berevolusi Menjadi Jajanan Kekinian


Berbicara soal jajanan tempo dulu, pasti setiap orang memiliki jajanan favorit yang biasa dibeli saat kecil. Bahkan orang tua  khusus memberikan bekal “uang jajan” untuk anaknya yang akan berangkat sekolah. Meskipun tidak semua jajanan mengeyangkan, tapi tetap saja jajanan banyak dijadikan alternatif pengganjal rasa lapar.


Dewasa ini, fungsi makanan bukan hanya untuk memuaskan rasa lapar tapi juga menunjang status sosial. Makanan tidak hanya dituntut memiliki rasa yang enak tetapi juga tampilan yang menarik. Apalagi sejak munculnya aplikasi instagram, orang-orang berlomba-lomba menampilkan foto terbaiknya diberbagai aspek, termasuk makanan.


Nah, dari banyak jajanan yang kita temukan saat sekolah dulu, ternyata beberapa jajanan mampu bertahan dan berinovasi menjadi makanan yang cukup diminati saat ini loh. Dan membuktikan bahwa jajanan jaman dulu pun mampu bersaing dengan jajanan kekinian yang lebih modern.  Beberapa jajanan tersebut antara lain :

5 Jajanan Jaman Dulu Yang Berhasil Berevolusi Menjadi Jajanan Kekinia
Sumber : Instagram/martabakgue_id

MARTABAK
Siapa yang tidak kenal martabak, makanan yang satu ini disukai oleh semua kalangan dari anak – anak sampai orang dewasa. Martabak menjadi salah satu makanan yang eksistensinya cukup terjaga sejak jaman dulu sampai sekarang ini. Bahkan saat ini para pedagang mulai berinovasi dengan variasi dan sajian martabak sehingga mampu bersaing dengan makanan baru dipasaran.

Martabak terbagi menjadi dua jenis, Martabak Manis dan Martabak Telur. Meskipun sama –sama dinamakan martabak akan tetapi cara pengolahan dan penyajiannya berbeda.

Martabak manis terbuat dari adonan tepung terigu yang dilarutkan dengan air, gula, telur, baking soda dan vanili. Ada juga beberapa pedagang yang melarutkan perasa dan pewarna makanan pada adonannya agar warna martabak lebih menarik. Sedangkan Isinya biasa diisi dengan keju, Coklat, dan Kacang.  Saat ini variasi martabak manis bukan hanya sebatas coklat, kacang dan keju. Banyak Pedagang martabak menawarkan isian yang lebih menarik seperti durian, redvelvet, Oreo, teh hijau dan banyak varian rasa lainnya yang tak kalah menarik.

Sedangkan adonan martabak telur dibuat lebih kenyal sehingga mudah dibentuk. Bahan dasar yang digunakan hampir sama dengan pembuatan adonan martabak manis, seperti tepung terigu, garam, dan air. Biasanya martabak telur diisi dengan potongan daging ayam, daun bawang dan telur. Saat ini martabak telur banyak disajikan dengan lelehan keju mozarela diatasnya yang membuat rasanya semakin gurih dan nikmat.


5 Jajanan Jaman Dulu Yang Berhasil Berevolusi Menjadi Jajanan Kekinian
Sumber :instagram/saungkopi

SERABI
Jajanan yang satu ini jadi makanan favorit dan bersejarah untuk saya pribadi. Pasalnya dulu saat kecil, makanan ini selalu disuguhkan di meja setiap pagi ditemani dengan oncom goreng atau tempe. Kadang-kadang serabi juga dimakan dengan larutan gula merah dan santan, yang membuat rasanya semakin menggoda.

Saat ini serabi juga ikut menjadi makanan yang banyak dikembangkan oleh pedagang ditanah air. Serabi banyak dijual dengan variasi toping yang beragam dan unik. Topingnya pun mulai dari buah –buahan seperti pisang, strowberry, nanas, dan nangka. Sampai dengan toping rasa yang sedang digandrungi di pasaran seperti keju, coklat, oreo, susu dan vanila. Ada juga yang menawarkan variasi toping lain seperti smoked beef, ice cream, sambel rawon, dan banyak lagi.

Salah satu stand serabi kekinian di jakarta yang patut di coba adalah serabi haneut yang berada di tebet, jakarta selatan. Disini kamu bisa menikmati lezatnya serabi dengan toping favoritmu.

( Baca juga :  7 Manfaat Kemiri Untuk Kecantikan wanita )

CILOK
Cilok merupakan salah satu jajanan khas bandung, nama cilokpun merupakan sebuah singkatan dari aci di colok, yang merupakan bahasa dari daerah tersebut. Cilok menjadi jajanan terfoneminil menurut saya. Karena meskipun jarang sekali gerai atau outlet khusus yang menjual cilok di pasaran, tapi cilok tetap memiliki penggemar yang cukup banyak. Cilok biasanya dijajakan oleh pedagang keliling dengan gerobak, atau sepeda. Para pedagang cilok juga sering mangkal disekolah-sekolah. Tak jarang jajanan ini dinamakan juga jajanan sekolahan. Cilok biasanya disajikan dengan sambal kacang kental. Tapi sekarang ini cilok dibuat isian yang lebih menarik seperti keju, sosis dan sambal.

Cilok yang saat ini sedang banyak digemari adalah cilok kuah pedas. Sesuai dengan namanya cilok ini memiliki kuah dari kaldu dan cabai yang memiliki warna kemerahan dengan rasa yang sangat pedas, Rasa kuahnya mirip dengah kuah seblak. Dalam penyajiannya cilok pedas ini juga biasa ditambahkan dengan ceker ayam, bakso , bihun atau pangsit. Tak hanya itu para pengusaha kuliner juga menjual cilok dalam bentuk beku. Sehingga para penggemarnya bisa menikmati cilok kapanpun tanpa perlu resah menunggu pedagangnya datang. Tidak tau pasti kapan cilok mulai hadir di Indonesia khususnya di Bandung, tapi semua orang tau jajanan ini sudah cukup lama ada.

Selain cilok berisi keju, bakso dan cilok pedas, hadir juga cilok dengan varian kering dan renyah seperti cilok crispy. Cilok crispy memiliki teksture yang renyah namun tetap kenyal didalam, memberikan sensasi baru dalam menikmati cilok.

ES CINCAU
Tahun kemarin Cappucino cincau sempat menjadi minuman yang cukup banyak diminati dan dijual hampir di setiap pelosok, khususnya di Jakarta. Es cincau biasanya dinikmati dengan kuah gula, santan dan tambahan es serut. Berbeda dengan Cappucino cincau yang merupakan perpaduan dari es cappucino dengan tambahan cincau hitam didalamnya. Rasa es cappucino cincau terbilang cukup unik, dan tentunya enak. Rasa pahit kopi , ditambah cincau lembut yang dingin membuat siapapun jatuh hati pada es yang satu ini.

( Baca juga : 9 Kuliner di Jogja yang wajib dicoba

5 Jajanan Jaman Dulu Yang Berhasil Berevolusi Menjadi Jajanan Kekinian
Sumber : instagram/mojangcafe

KUE CUBIT
Kue cubit adalah jajan yang sudah ada sejak lama dan banyak dijajakan dipasar, sekolah atau pedagang keliling. Kue cubit terbuat dari adonan tepung terigu , gula, dan air yang kemudian dicetak dengan cetakan berbentuk dan ditaburi dengan messes coklat diatasnya.
Saat ini kue cubit bukan hanya dijual keliling, tapi juga telah masuk ke resto dan caffe dan menjadi menu yang cukup unik. Meskipun adonannya biasanya cendrung sama, tapi kue cubit yang disajikan di resto atau caffe memiliki tampilan yang lebih menarik dan rasa yang lebih beragam. Kue cubit ditambahkan dengan toping yang beraneka ragam seperti greentea, coklat, keju, strawberry , marshmellow, buah –buahan, sampai es krim. Selain membuat rasanya semakin nikmat, penambahan toping juga membuat tampilan kue cubit menjadi lebih istagramble dan kekinian banget.

LIDILIDIAN
Meskipun perbedaan antara lidilidian jaman dulu dan sekarang tidak memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Tapi lidilidian merupakan jajan yang mampu bertahan dari jaman kejaman. Sekarang ini varian rasa lidilidan bukan hanya pedas dan asin, tapi juga muncul beberapa varian baru seperti jagung, balado, dan keju. Lidilidian dulu banyak dijual di sekolah-sekolah, tapi saat ini lidilidian di jual juga di Mall, kelontong bahkan banyak lidilidian yang di jual di pasar online. Terbukti masih banyak peminat makanan ini, meskipun dengan rasa yang cukup sederhana. Mungkin bagi sebagian orang memakan lidilidian membuat seseorang bisa menikmati dan mengingat lagi masa kecilnya yang bahagia.


Sebenarnya ada banyak jajanan jaman dulu lainnya yang sampai sekarang bisa bertahan dan berinovasi menjadi jajanan kekinian. Tentunya untuk terus dapat bertahan dan bersaing dengan ratusan jenis makanan baru sekarang ini dibutuhkan inovasi sehingga masyarakat tidak bosan dengan varian yang sama dalam kurun waktu yang cukup panjang.

Dari banyak jajanan jaman dulu yang sudah disebutkan diatas, mana jajanan favoritmu ?.


loading...
loading...

19 Comments

  1. Martabak deh kl sy yg paling fenomenal. Dr dulu anak2 hingga punya anak tetap jd favorit

    ReplyDelete
  2. Dari jamann kita remaja sampai punya anak remaja, martabak tetap dihati ya mas joko..

    Hehehe

    ReplyDelete
  3. Semuanya itu, kesukaan aku. Duhh ngiler kue cubit masih anget2 setehah mateng nih jadinya

    ReplyDelete
  4. Satu lagi mbak, kue pangcong :)

    ReplyDelete
  5. Jadi lapar pas lagi puasa gini. Saya suka martabak manis aneka rasa cuma mihil 😬

    ReplyDelete
  6. Ditempat saya ada jajan tradisional namanya cenil. Semakin langka semakin wah.

    ReplyDelete
  7. Martabak telur yg ga akan pernah bosaaaaaan. Apalagi kalo pake keju di atas nya :).

    Kalo kue cubit, aku lbh suka yg original drpd yg ditambahin toppibg aneh2.

    Lidi2an ga prnh suka dr dulu :p

    Nah kalo es cincau dan cilok aku lbh suka yg versi modern drpd aslinya :p

    ReplyDelete
  8. Martabak!! Dulu harganya paling banter hanya 20an.. sekarang sekelas martabak pun ada harga 100an 😂😂😂🙈🙈🙈🙈

    ReplyDelete
  9. thank nice infonya, kunjungi http://bit.ly/2POEYXf

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak