Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia


Terlahir dan tumbuh dilingkungan yang mayoritas muslim tidak menjadi jaminan bahwa orang itu akan menjadi seorang muslim yang baik dan taat. Terkadang label islam hanya sebuah identitas dalam sebuah kartu penduduk tapi dalam kehidupan sehari-hari, namun prilakunya masih jauh dari nilai-nilai dan ajaran agama islam.
Dan dari banyak orang yang mungkin memiliki masalah yang tersebut, saya adalah salah satunya. Terlahir dari keluarga muslim, dan tumbuh dilingkungan yang mayoritas juga muslim tidak membuat saya menjadi seorang muslim yang baik. Banyak kewajiban sebagai seorang muslim yang saya tinggalkan, baik karena belum mengerti atau karena enggan. Salah satu kewajiban yang sempat saya abaikan adalah berhijab.

Dulu  saya fikir ibadah sholat dan puasa saja sudah cukup, hijab itu menjadi sebuah pilihan bukan keharusan. Untuk apa menghijabi tubuh kalau hati dan prilakunya saja masih belum baik, fikir saya dalam hati. Terlebih banyak juga orang-orang yang berhijab malah melakukan perbuatan tercela, jadi lebih baik menjadi orang yang biasa saja tapi berprilaku baik daripada berhijab tapi kelakuannya tidak terpuji. Dan hal itulah yang menjadi prinsip saya selama ini, “Cukup menjadi orang baik”.

Suatu hari, saat saya sedang bermain instagram saya tidak sengaja mendengarkan ceramah seorang ustad tentang hakikat hijab bagi seorang wanita. Dikatakan; mengumbar aurat kepada yang bukan muhrimnya adalah termasuk dosa zina, dan zina adalah salah satu dosa besar. Sedangkan didalam Al-quran sudah jelas tertulis kewajiban menutup aurat saat wanita sudah baligh. Bagaimana jika setiap hari bertemu dengan orang yang bukan muhrimnya menjadi dosa karena tidak berhijab dan itu terulang setiap hari sampai seumur hidupnya. Bisakah ibadah solat dan puasa saja bisa menolongnya kelak. Saat itu entah kenapa saya menangis perih, terbayang bagaimana saya diakhirat nanti. Ternyata saya salah, menjadi baik saja tidak cukup.


Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia

Tapi ketika hidayah itu datang dan pintu hati saya terbuka, tidak lantas membuat keinginan berhijab itu bisa terlaksana dengan mudah. Saat saya mengutarakan niat saya berhijab kepada suami, seperti yang sudah saya duga dia menolak keras. Ada banyak alasan yang diungkapkan, mulai dari yang rasional sampai yang tidak masuk diakal. Sebegitu kuat tentangannya  membuat saya menjadi frustasi,  sebegitu sulitkah hanya melilitkan kain dikepala ?.

Saya sudah berusaha memberikan alasan yang baik dengan penyampaian yang baik juga,  sampai memberikan dalil-dalil dalam Al-quran dan Hadist tentang kewajiban berhijab, tapi tetap saja suami sulit menerimanya. Jadi saya berusaha menahan diri, sambil berdoa setiap hari agar Allah membukakan pintu hati suami supaya bisa menerima keputusan saya ini. Dan beberapa bulan kemudian, barulah suami mengizinkan saya berhijab. Saya ingat betul hari itu, tepat di hari ulang tahun saya 2 tahun lalu. Meskipun setelahnya ada banyak kritikan kurang sedap datang saat saya memutuskan berhijab, mulai dari dibilang terlihat tua, sok alim dan sebagainya. Tapi saya tahan, yang penting bagi saya suami mendukung, dan itu sudah lebih dari cukup untuk menguatkan. Karena memang Hijrah itu butuh sebuah keberanian, keberanian untuk hidup yang lebih baik.
Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
Sumber Gambar : Dok. Pribadi
Sejak saat itu saya mulai mengikuti kajian dan belajar tentang islam lebih dalam, ternyata ada banyak sekali hal yang saya tidak tau bahkan keliru selama ini. Dan pelan-pelan saya mulai kembali menata hidup dengan lebih baik sesuai dengan ajaran islam. Mulai dari tuntunan beribadah yang benar,  bermuamalah dengan sesama manusia, sampai ke masalah keuangan.

Salah satu hal yang saya anggap tidak masalah, dan kemudian menjadi masalah saat saya tau hukumnya dalam islam adalah tentang MENABUNG. Loh kok menabung ?.

Pasti sudah tidak asing lagi kan dengan istilah bunga BANK, dari dulu saya tau kalau bunga bank itu termasuk riba, tapi difikiran saya dulu bunga bank yang dimaksud adalah bunga bank saat mengajukan kredit. Tapi ternyata bunga yang diberikan saat kita menabung di BANK konvensional juga termasuk riba. Nah loh….

Tapi rasanya enggak mungkin kan, menyimpan uang dirumah. Karena selain tidak aman juga kurang efisien, apalagi kalau harus pergi jauh. Masa harus bawa-bawa uang cash dalam jumlah besar kemana-mana. Untungnya salah satu teman saya yang lebih dulu hijrah, merekomendasikan untuk menabung dibank syariah karena system kerja dibank syariah berbeda dengan bank konvensional. Apa sih bedanya ? kan sama-sama bank.

Cara Kerja Bank Syariah

Mungkin selama ini kita sering mendengar istilah bank syariah, akan tetapi sebagian orang masih bingung apa yang dimaksud dengan bank syariah dan apa bedanya dengan bank konvensional.

Menurut UU Perbankan No. 10 Tahun 1998  tentang Perbankan bab 1 pasal 2 ayat (2) adalah  badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan/atau dalam bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Didalam transaksi simpan pinjam dibank konvensional biasanya bank akan memberikan bunga kepada nasabahnya sebagai biaya jasa yang diberikan bank atas simpanan atau kredit para nasabahnya. Saat menabung kita akan mendapatkan bunga bank yang besarannya telah ditentukan sesuai dengan jumlah simpanan. Begitu pula saat melakukan kredit atau pinjaman kepada bank, maka bank juga akan memberikan bunga atas pinjaman dengan besaran bunga tertentu.

Sedangkan Bank Syariah adalah lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat  berupa pembiayaan dengan sistem bagi hasil,  sesuai dengan syariat islam yang mengacu kepada Alquran dan Hadist. Bank syariah diharuskan mematuhi seluruh aturan perundang-undangan dan Fatwa SDN-MUI yang secara umum menetapkan bahwa seluruh kegiatan Bank syariah tidak mengandung riba, gharar, maysir, zalim dan haram.

Jadi pada bank konvensional keuntungan yang diberikan berupa bunga, sedangkan pada bank syariah menerapkan system bagi hasil. Jadi untung dan rugi akan ditanggung bersama karena nasabah diperlakukan sebagai mitra dengan perjanjian yang transparan dengan akad atau transaksi yang sesuai dengan prinsip syariah.

Nah ada banyak sekali bank syariah yang ada di Indonesia kita tercinta ini, salah satunya adalah Bank Muamalat Indonesia.  Tapi apa sih yang membedakan Bank Muamalat Indonesia dengan Bank syariah lainnya ? dan kenapa harus memilih Bank Muamalat Indonesia sebagai bank syariah terpecaya untuk urusan perbankan ?.

Alasan memilih  Bank Muamalat Indonesia

Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
  • Bank Muamalat Indoesia adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang sudah berdiri sejak tahun 1992.
  • Bank Muamalat Indonesia tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kermurnian syariahnya
  • Pengelolaan dana di Bank muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikaal dan diawasi oleh dewan pengawas syariah
  • Bank Muamalat Indonesia memiliki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas modern seperti mobile banking, internet banking muamalat dan jaringan ATM dan kantor cabang sampai ke luar negeri
  • Bank Muamalat Indonesia sudah menjadi peserta LPS ( Lembaga Penjamin Simpanan), artinya dana yang disimpan di Bank Muamalat Indonesia sudah terjamin keamanannya oleh LPS.
  • Bank Muamalat Indonesia adalah bank resmi BPS-BPIH ( Bank Penerima Setoran – Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji
  • Bank Muamalat Indonesia sudah terdaftar dan diawasi OJK


#AyoHijrah bersama Bank Muamalat Indonesia

Bank Muamalat Indonesia Tbk  sudah beroprasi sejak 1 Mei 1992 dan menjadi bank syariah pertama di Indonesia yang digagas langsung oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI). Selama lebih dari 20 tahun beroperasi, Bank Muamalat Indonesia terus berinovasi untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para nasabahnya, tidak hanya mengusung konsep keuangan syariah  berupa tabungan Bank Muamalat juga mengeluarkan produk  keuangan yang modern lainnya  seperti Asuransi, Dana Pensiun dan Multifinance tapi tetap pada prinsip keuangan syariah.

Saat ini Bank Muamalat Indonesia mencoba memperluas fungsi dari yang sebatas penyedia layanan perbankan syariah menjadi agen penggerak semangat umat untuk meningkatkan diri kearah ajaran islam yang lebih baik, sempurna dan menyeluruh (Kaffah). Jadi tidak hanya hijrah secara ibadah, tapi juga dalam hal mengelola keuangan. Oleh karena itu Bank Muamalat Indonesia  mengajak masyarakat untuk hidup sesuai dengan tuntunan islam untuk hidup yang lebih baik dan berkah dengan gerakan #AyoHijrah.

Melalui gerakan #AyoHijrah Bank Muamalat mengajak masyarakat untuk berhijrah dalam hal layanan perbankan atau pengelolaan keuangan dengan memanfaatkan layanan perbankan syariah untuk hidup yang lebih berkah. Dan Bank Muamalat hadir sebagai pelengkap kebutuhan masyarakat tersebut dengan menyediakan produk keuangan yang sesuai dengan syariat islam.

Produk Bank Muamalat Indonesia

Beberapa produk perbankan Bank Muamalat Indonesia antara lain :

Tabungan iB Hijrah
Tabungan iB hijrah adalah tabungan nyaman untuk kebutuhan transaksi dan berbelanja dengan kartu share-E yang berlogo visa plus yang bisa bebas biaya tarik tunai di jaringan  Prima/Bersama. Dan Bebas biaya realtime transfer melalui Mobile/Internet Banking Muamalat.
Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
sumber gambar : facebook/bankmuamalatindonesia

Tabungan iB Hijrah Haji dan Umrah
Untuk kamu yang punya rencana berangkat haji atau umroh, kamu bisa menabung di Bank Muamalat Indonesia dengan membuka Tabungan iB Haji dan Umroh.  Cukup setoran dengan setoran awal mulai dari Rp. 50.000 saja . Selain itu kamu juga bisa memilih menabung dalam bentuk rupiah ataupun dolar.
Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
sumber gambar : facebook/bankmuamalatindonesia


Tahungan iB Hijrah Muamalat Prima
Tabungan iB Muamalat Prima adalah tabungan untuk memenuhi kebutuhan transaksi bisnis sekaligus investasi dengan aman dan menguntungkan. Tabungan iB Muamalat Prima dilengkapi dengan fasilitas Shar-E Debit Gold yang dapat digunakan di seluruh jaringan Visa, dan dilengkapi dengan nisbah bagi hasil yang kompetitif dan fasilitas bebas biaya*realtime transfer, bebas biaya SKN dan RTGS.
Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
sumber gambar : facebook/bankmuamalatindonesia

Tabungan iB Hijrah Muamalat Prima Berhadiah
Tabungan iB Hijrah Muamalat Prima Berhadiah sebenarnya sama saja dengan tabungan iB Muamalat Prima, hanya saja sesuai dengan namanya nasabah akan mendapatkan hadiah langsung tanpa diundi sesuai dengan penempatan dana dan waktu menabung.


Tabungan iB Hijrah Muamalat Rencana
Tabungan iB Hijrah muamalat Rencana adalah solusi perencanaan keuangan untuk mewujudkan rencana dimasa depan dengan lebih baik.
Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
sumber gambar : facebook/bankmuamalatindonesia

Giro iB Hijrah Muamalat
Giro iB Hijrah Muamalat berbasis akad awadiah yang memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi untuk memenuhi kebutuhan transaksi bisnis nasabah non perorangan yang didukung oleh fasilitas cash management. Giro iB Muamalat tersedia dalam 3 jenis mata uang yaitu IDR, USD dan SGD.

Deposito iB Hijrah Muamalat
Untuk kamu yang ingin menyimpan uang dalam bentuk deposito, Bank Muamalat Indonesia juga menyediakan produk perbankan syariah yaitu Deposito iB Hijrah Muamalat, dimana kamu bisa menyimpan dana dalam bentuk rupiah dan US Dollar dengan jangka waktu yang fleksibel mulai dari 1,3, 6 atau 12 bulan.

KPR iB Muamalat
KPR iB Muamalat adalah produk pembiayaan yang membantu nasabah untuk memiliki rumah tinggal, rumah susun, apartemen dan condotel termasuk renovasi dan pembangunan serta pengalihan (take over) KPR dari bank lain dengan dua pilihan akad yaitu akan murabahah (jual beli) atau musyarakah mutanaqishah (kerjasama sewa).

Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
sumber gambar : facebook/bankmuamalatindonesia

Pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja
Pembiayaan iB Muamalat Modal Kerja diperuntukan untuk nasabah yang membutuhkan biaya untuk menunjung kebutuhan dan pertumbuhan bisnisnya.

Pembiayaan iB Muamalat Multiguna
Pembiayaan iB Muamalat Multiguna adalah fasilitas pembiayaan untuk berbagai kebutuhan nasabah.

Bank Muamalat Indonesia sudah beberapa kali mendapatkan penghargaan dari berbagai lembaga didalam dan diluar negeri, penghargaan terbaru yang diterima Bank Muamalat Indonesia adalah Peringkat pertama - Satisfaction, Loyality, and Engagement Award 2019.


Muslim Itu Bukan Cuma Identitas, #AyoHijrah  bersama Bank Muamalat Indonesia
sumber gambar : facebook/bankmuamalatindonesia
Selain itu ada banyak sekali keuntungan dengan menabung di Bank Muamalat Indonesia yang bisa kamu dapatkan. Untuk info lebih lanjut mengenai Bank Muamalat Indonesia, kamu bisa langsung datang langsung ke Bank Muamalat terdekat atau kunjungi sosial media Bank Muamalat dibawah ini :

Muamalat Tower
Jl. Prof Dr. Satrio Kav. 18
Kuningan Timur, Setiabudi – Jakarta Selatan 12940
Telp : (021)  80666000
Fax : (021)  80666001

Email : info@bankmuamalat.co.id
Facebook : BankMuamalatIndonesia
Instagram :Bank.Muamalat
Twitter : BankMuamalat
Youtube : Bank Muamalat

Terimakasih sudah membaca, salam.




#AyoHijrah #BankMuamalat #MiladBankMuamalat

Referensi :
https://repository.widyatama.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/8710/Bab%202.pdf?sequence=10
https://bincangsyariah.com/kalam/fikih-ekonomi-7-perbedaan-bank-syariah-dan-bank-konvensional/

0 Comments