Saatnya Memilih Produk Lokal untuk kulitmu, Pilih Skincare lokal terbaik 2023

Saatnya Memilih Produk Lokal untuk kulitmu, Pilih Skincare lokal terbaik 2023

Beb, sebagai perempuan sudah menjadi naluri rasanya untuk bersolek dan ingin terlihat cantik.  Dan untuk menunjang itu semua perempuan menggunakan banyak produk kecantikan untuk mewujudkan tampilan yang dia inginkan.

Skincare dan make up bukan trand baru, bahkan sejak jaman mesir kuno dulu para perempuan sudah menggunakan berbagai metode untuk mendapatkan kecantikan yang paripurna.

Apalagi sejak sosial media berkembang, aku merasa semakin banyak perempuan berlomba-lomba untuk tampil cantik. Dan selaras dengan ini bisnis skincare semakin bertumbuh. Bahkan menurut laporan dari statista, pendapatakan di bisnis industri kosmetik mencapai USD 8,.9 miliar dan diperkirakan akan terus tumbuh sebesar 4,59% setiap tahunnya.

Saatnya Memilih Produk Lokal Untuk Kulitmu

Masih banyak orang berfikir bahwa, barang luar itu lebih bagus dan berkualitas termasuk produk kecantikan. Entah kenapa pemikiran ini seperti sudah mendarah daging di masyarakat kita. Karena memang masih banyak loh orang yang belum tau  dan belum mencintai produk lokal sendiri.

Padahal sekarang ini sudah banyak sekali  produk lokal yang berkualitas bahkan berstandar internasional. Tapi seringnya skincare bukan lagi menjadi kebutuhan kulit tapi juga menjadi falidasi,  akhirnya FOMO pakai skincare luar biar dikira “High Class”.

Tapi ya terserah sih setiap orang punya pilihan masing-masing. Apalagi soal selera konsumen rasanya tidak bisa dipaksakan. Tapi kalau dibiarkan terus bukan tidak mungkin juga produk lokal bisa tersingkirkan dan ujung pangkalnya berpengaruh pada stabilitas ekonomi Negara kita.

Belakangan juga mulai ramai diperbincangkan soal produk lokal yang tergerus dengan produk asing di salah satu platform sosial media, dan beberapa isu mengatakan bahwa produk luar tersebut bahkan sampai memonopoli pasar sehingga mengakibatkan produk lokal semakin kurang dilirik karena promosi yang gila-gilaan.

Awalnya aku fikir, ah lebay deh namanya jualan pasti punya marketnya masing-masing. Sampai pada akhirnya aku melihat para UMKM dan produser lokal tumbang, toko offline banyak yang tutup, akhirnya aku sadar kalau kebiasaan baru berbelanja konsumen saat ini sudah sangat meresahkan.

Ah, jauh sekali ngomongnya. Tapi percaya deh, cepat atau lambat - langsung maupun tidak langsung jika para produsen lokal kita banyak yang tumbang itu akan berdampak juga pada perekonomian negara kita. Seperti teori buttryfly efect, dimana satu kejadian bisa menyebabkan kejadian lain.

Jadi, sebagai konsumen sudah seharusnya kita cerdas dalam memilih produk dan bangga menggunakan produk lokal kita sendiri. Karena banyak juga kok produk lokal yang memiliki kualitas yang bagus dengan harga yang pastinya lebih ramah dikantong.

Sesuai Quotes 90’an : Cintailah produk-produk Indonesia. Hehehe


Saatnya Memilih Produk Lokal untuk kulitmu, Pilih Skincare lokal terbaik 2023

Pengalamanku Akhirnya Jatuh Cinta Produk Lokal

Seperti yang kalian tau, aku tuh emang suka banget gonta ganti skincare dan sharing pengalamanku di blog. Jujur memang awalnya aku suka banget sama skincare dari korea yang memang banyak yang bagus, tapi ya gitu harganya juga menyakitkan. Tapi nggak semua juga skincare korea itu works ya, balik lagi ke kulit masing-masing.

Tapi sayangnya, walaupun ketemu yang cocok untuk repurchase tuh kadang suka mikir dua kali kalau memang harganya cukup menguras kantong. Dan seperti yang kita tau, hasil skincare juga tidak bersifat permanen kan, jadi kalau kita nggak pakai produknya lagi ya otomatis kulit kita akan kembali seperti semula.

Dan sejak saat itu aku mulai mencoba produk lokal yang harganya terjangkau dan kualitasnya bagus supaya kalau aku memang cocok, aku bisa repurchase terus.

Menurutku kunci dari hasil produk yang optimal adalah konsisten, jadi meskipun  pakai produk mahal sekalipun kalau nggak dipakai secara rutin hasilnya nggak akan optimal. Jadi, the best way buat  yang masih beli skincare pakai cucuran keringat dan kerja keras, lebih baik memilih skincare yang sesuai dengan budget.

Karena aku dulu sering gonta ganti produk mulai dari abal-abal sampai mahal, akhirnya aku sadar kalau untuk mendaptkan hasil yang optimal kita juga harus bisa memilih produk yang memang berkualitas, karena kalau enggak niat hati mau cantik malah ZONK karena timbul iritasi karena kandungan produknya.

Salah satu produk lokal worth it to buy yang pernah aku pakai dan cocok seperti produk-produknya Somethinc. Pasti kalian juga tau  brand ini dan mungkin juga pakai produknya. Menurutku Somethinc ini produk lokal yang high quality tapi masih terjangkau.  Dan memang beneran produknya sebagus itu makanya viral banget apalagi soal perserumannya, Mantul.

Somethinc juga mendapatkan penghargaan Best Newcomer Brand 2019 oleh Best of Beauty Award Female Daily and Sociolla, dan masuk top 50 merk skincare lokal. Dan memang sejak peluncurannya, Somethinc tuh memang menarik perhatian para anak muda khususnya. Apalagi memang produknya berkualitas dan ramah dikantong jadi wajar sih banyak orang yang suka banget termasuk aku.

Produk lokal kedua yang aku cinta banget, adalah Erha.  Berhubung karena aku suka juga treatment dikliniknya dan setiap kali ketemu skincare yang bikin breakout aku juga ke ERHA jadi hampir semua skincarenya aku cocok banget. 

Apalagi sejak Erha yang mulai Go public untuk pembelian mandiri tanpa resep dokter  beberapa tahun lalu, jadi lebih mudah kalau mau beli. Aku juga sempat review produk Home Peeling dari ERHA yang menurutku bagus banget, karena baru satu kali pemakaian aja hasilnya sudah keliatan dan rasanya kaya peeling di klinik. 

Sempet juga paksuami punya jerawat punggung yang parah banget, dan lagi-lagi sembuh sama produknya ERHA. Jadi, siapa bilang produk lokal itu enggak bagus?.

Sebenarnya ada banyak lagi produk lokal keren dan berkualitas yang mungkin nggak bisa aku sebutkan satu-satu. Aku percaya kalau produk lokal kita juga sudah banyak yang punya kualitas dan tentunya harganya jauh lebih terjangkau. Dan sudah seharusnya sebagai konsumen juga mulai berperan aktif mengangkat produk lokal agar bisa berkembang.




Cara memilih Skincare lokal terbaik

Ditengah pertumbuhan industri skincare lokal di tanah air, ada banyak banget pilihan skincare diluar sana yang bisa kamu coba. Tapi jangan salah ya, jangan sampai kamu salah beli produk hanya karena tergiur dengan harganya yang murah atau claimnya yang menggoda.

Berikut beberapa cara memilih skincare lokal:

  • Pastikan sudah terdaftar di BPOM dan Halal MUI bagi muslim
  • Kenali Ingridients Produk yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu
  • Pilih produk dengan budget yang sesuai
  • Baca dulu review produk sebelum membeli
  • Pilih produk yang lulus uji Skinproof

 

Saatnya Memilih Produk Lokal untuk kulitmu, Pilih Skincare lokal terbaik 2023

Apa itu Skinproof ?

Skinproof yang merupakan anak perusahaan Arya Noble, merupakan sebuah perusahaan yang berfokus pada riset konsumen dan pengujian produk di Industri kosmetik, kecantikan, wellness dan perawatan pribadi. Skinproof juga sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam melakukan product testing dan consumer research melalui berbagai metode.

Dengan menjadikan skinproof standar pemilihan produk lokal , membantu kita mempermudah memilih produk berkualitas, aman dan juga terselamatkan dari  overclaim produk yang terkadang menyesatkan.



“Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi,” tambah Theresia. Theresia juga memaparkan bahwa saat ini konsumen semakin paham akan kandungan dan keamanan produk kosmetik, sehingga mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi.

Belakangan animo masyarakat kita terhadap merek kosmetik lokal di Indonesia terus meningkat. Masyarakat kita juga semakin menghargai kualitas, inovasi, dan identitas kebangsaan. Tentunya hal ini juga karena tumbuhnya kesadaran dari para konten kreator yang ikut mengangkat produk lokal dan memberikan review positif sehingga memberikan pengetahuan baru bagi  para konsumen.

Tingginya animo ini memberikan peluang besar bagi merek-merek lokal untuk terus berkembang dan bersaing di pasar kecantikan dimana konsumen semakin kritis dalam pemilihan produk kosmetik bukan hanya dari segi klaim dan harga produk, tetapi juga keamanan produk yang telah teruji secara klinis. Sehingga sebagai konsumen kita juga tentu diuntungkan karena dengan begitu semakin banyak produk lokal berkualitas yang tersedia.

 

Saatnya Memilih Produk Lokal untuk kulitmu, Pilih Skincare lokal terbaik 2023

Pilihan Produk Lokal terbaik  2023

Jujur memang banyak banget list produk lokal terbaik 2023 ini, tapi menurut aku pribadi dan yang sudah aku pernah coba dan buktikan sendiri serta berkaca dari animo masyarakat, menurutku berikut ini adalah beberapa pilihan produk lokal terbaik 2023 yang bisa kamu coba : 

  • Somethinc
  • Erha
  • SKINTIFIC
  • Herborist
  • Npure
  • HALE
  • AIMSKINCARE
  • Sensatia Botanicals
  • Misool


Nah, kalau produk lokal favorit kalian yang mana nih ? share dikolom komentar ya. Terimakasih sudah membaca postingan ini. Salam

 

  

---------------------------------------------

Terimakasih ya sudah membaca postingan aku. Jangan lupa follow juga sosial media  aku  untuk dapat banyak informasi menarik lainnya.


Instagram



13 Comments

  1. wah untung ada skinproof yang ngebantu kita memilih produk lokal yang cocok untuk kebutuhan kulit kita ya

    ReplyDelete
  2. Wah makin ngebantu ya buat pilih skincare sekarang ini

    ReplyDelete
  3. Bener sih makin banyak produk - produk lokal yang worth to try

    ReplyDelete
  4. Produk lokal favorit aku salah satunya N'Pure sih

    ReplyDelete
  5. Loh emang somethinc lokal ya? Yaa Allaah kemana aja aku ini!
    beneran deh, produk lokal kita pun saat ini tak kalah saing dengan produk import!

    ReplyDelete
  6. Produk lokal sekarang tuh banyak banget ya dan udah bagus-bagus, bisa bersaing sama produk luar. Harganya juga lebih miring dan mudah didapet

    ReplyDelete
  7. Dari yang disebutkan, aku pakai Erha. Memang dari dulu aku prefer skincare lokal apalagi sekarang itu makin ketat untuk sertifikasi halal. Sebagai muslimah ya prioritas produk halal.

    ReplyDelete
  8. Pilih produk lokal karena emang secocok itu sama kulitku sihh

    ReplyDelete
  9. Produk lokal sekarang udah gak kalah ya kak sama produk brand luar. Udah makin berkembang dan cakep-cakep

    ReplyDelete
  10. Aku udah cobain hampir semua brand yang disebutkan, produk lokal emang makin canggih sih sekarang.

    ReplyDelete
  11. Skincare lokal kini sudah bersaing banget denga skincare luar.
    Jadi semakin luas pilihannya dan yang terpenting ketika menggunakan skincare lokal adalah Halal MUI dan BPOM, sehingga saat menggunakan pun nyaman, masalah kulit tercerahkan.

    ReplyDelete
  12. aku juga sekarang lebih suka pakai produk lokal mbak karena sekarang produk lokal itu juga bagus dan sesuai sama kulitku. kemarin aku coba produk korea malah jerawatan melulu soalnya. heu

    ReplyDelete
  13. aku baru kenal lho sama produk ini
    brand-nya juga baru banget di telinga
    tapi kita perlu dukung produk lokal

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak ya cantik :)