6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah

6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah. selama ini kita sudah sering sekali mendengar atau membaca istilah metime diberbagai media, sedikit banyaknya tentu tau istilah ini. Metime   adalah waktu khusus yang kita berikan untuk diri sendiri melakukan apapun yang disukai. Istilah metime menjadi populer akhir-akhir  dan menjadi topik yang banyak diperbincangkan. Tapi banyak orang masih menganggap remeh metime, padahal sebenarnya kekurangan waktu untuk diri sendiri bisa menimbulkan banyak sekali dampak psikologis yang memicu stess. Metime juga bukan hanya untuk para pekerja, metime adalah hak semua orang termasuk ibu rumah tangga yang bekerja dirumah.




KENAPA KITA BUTUH ME TIME ?

Akhir-akhir ini banyak sekali kasus yang timbul baik kasus rumah tangga, atau sosial yang timbul akibat hal-hal sepele. Salah satu faktor pemicu nya dikarenakan ketidakstabilan emosi, sehingga membuat pelaku mudah marah dan tersinggung.  Dan ketidakstabilan emosi bisa jadi disebabkan karena stress, dengan berbagai macam sebab. Salah satu kasus yang menurutku agak konyol tapi juga horor adalah kasus pembunuhan seorang PSK dikamar kosnya, motif pelaku adalah sakit hati karena dibilang "bau badan" oleh korban.  Adalagi kasus pembunuhan lain yang disebabkan hanya karena korban melemparkan kunci motor kepada pelaku sehingga kemudian terjadi percekcokan dan perkelahian yang berujung maut. Bisa dibayangkan bagaimana kejiwaan pelaku saat itu ? Hanya karena masalah sepele dia tega membunuh orang lain. Dalam kasus kasus seperti ini kadang kita berfikir masalah sepele kok dibesar-besarkan.

Tapi saat seseorang mengalami stress bahkan depresi, sulit baginya memilah mana benar mana salah. Fikirannya pendek, dan cenderung berorientasi pada masalah daripada solusi. Butuh penanganan khusus bagi orang yang mengalami stress apalagi sampai depresi. Karena jika terus dibiarkan, stress bukan hanya bisa membahayakan diri sendiri tapi juga orang lain. Selain gangguan psikis, Berbagai penyakit juga bisa timbul akibat stress, seperti penyakit jantung, gangguan imun, sindrom metabolik, rambut rontok,  bahkan kanker.

Disinilah Metime berperan penting untuk kesehatan jiwa seseorang, orang yang memiliki cukup waktu untuk dirinya sendiri cenderung memiliki jiwa yang lebih kuat. Karena aktifitas metime sesungguhnya bisa meningkatkan kepercayaan diri dan kecintaan pada diri sendiri, kehidupan dan mungkin juga pada lingkungannya.

Tapi sayangnya, dewasa ini metime sulit dilakukan karena kesibukan yang padat. Bagaimana kita bisa metime dengan pekerjaan yang menumpuk dikantor, bagaimana bisa metime saat anak-anak bahkan tidak pernah berhenti berisik dan kerjaan rumah menumpuk, bagaimana bisa metime kalau kita bahkan tidak mempunyai waktu luang sedikitpun.

Aku sendiri sering merasakannya, kadang kalau sudah terlalu lelah jadi lebih mudah marah karena hal sepele, anak-anak jadi sering dimarahi, perasaan sedih yang mendalam dan ingin menangis tanpa sebab, bahkan kadang juga merasa kalau hidup itu sudah enggak berarti lagi. Semua ini terjadi karena tubuh dan fikiran yang sudah terlalu lelah.

Sebagai seorang ibu rumah tangga dengan dua orang anak dan tanpa bantuan ART dirumah, metime menjadi salah satu obat paling ampuh dan wajib dilakukan, demi menjaga tubuh dan fikiran tetap dalam keadaan waras saat menjaga anak-anak. Pekerjaan dirumah memang terlihat sederhana tapi hampir ibu rumah tangga tidak memiliki waktu yang cukup untuk dirinya sendiri, terlebih kalau anak-anaknya masih balita ibu rumah tangga nyaris bekerja 24 jam penuh. Jadi Penting bagi seorang ibu untuk melakukan metime  demi menjaga kewarasan. Berikut beberapa  contoh metime sederhana dan bisa dilakukan dirumah.

6  Metime Sederhana yang bisa dilakukan dirumah
6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah
sumber gambar : Pixabay

Membaca Buku
Membaca buku menjadi salah satu metime yang bisa dilakukan dirumah dan tidak perlu repot hanya saja memang butuh waktu khusus tanpa gangguan dari siapapun supaya kita bisa fokus membaca.  Untuk ibu rumah tangga yang punya balita seperti aku, membaca buku memang cuma bisa dilakukan saat anak-anak tidur siang atau saat malam.

Dikutip dari Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli di Sussex University, Amerika Serikat, menjelaskan bahwa membaca buku pada malam hari—sebelum tidur—dapat mengurangi kadar stres seseorang hingga 68% banyaknya. Saat membaca, pikiran seseorang akan diajak ‘masuk’ ke dalam imajinasi sang penulis. Pada saat inilah stres dan rasa khawatir meredam.

Selain itu untuk memahami isi buku dengan baik seseorang harus dalam keadaan tenang dan stabil, oleh karena itu saat membaca kita akan memberikan waktu dan perhatian khusus pada apa yang kita baca. Dan disaat berkonsentrasi itulah stress dalam tubuh perlahan turun, mengimbangi relaksasi tubuh yang terjadi secara otomatis.

Cukup membaca buku 30 menit sampai satu jam bisa membantu merelaksasi fikiran. Selain itu membaca buku juga bisa meningkatkan daya ingat, serta meningkatkan empati. Selain itu Saat membaca buku , neuron di area otak tersebut aktif untuk menciptakan sensasi dari cerita yang dibaca. Dengan kata lain, membaca tidak hanya sekadar memberi imajinasi, tetapi benar-benar berpengaruh terhadap proses biologi di otak. Sehingga fikiran kita cenderung teralihkan dan berfikir tentang karakter dalam novel tersebut.

Menonton Film
Menonton film jadi metime favoritku dirumah, biasanya saat saat anak-anak tidur siang atau saat malam. Tidak lupa camilan dan minuman sebagai pelengkap. Bisa metime sederhana hanya dengan menonton film dan camilan saja , Nikmatnya tiada Tara...

Tapi tau enggak sih ternyata menonton film juga bisa meredakan stress loh. Pernah gak mendengar istilah Cinemateraphy ?.

Sedikit aku jelasin ya, cinemateraphy adalah salah satu pengobatan atau terapi yang diberikan kepada pasien dengan cara menonton film. Aneh ya ...

Tapi cinemateraphy ini terbukti berhasil menyembuhkan beberapa penyakit seperti depresi  dan gangguan mood. Jadi jelas menonton film bisa jadi salah satu metime yang baik, karena selain menyenangkan juga bisa menghilangkan stress.

Jaman single dulu aku sering banget menghabiskan waktu menonton drama atau film kesukaan berjam-jam bahkan sampai bergadang. Tidak bisa dipungkiri kalau saat kita menonton film, kita seolah diajak masuk kedalam dunia film yang kita tonton tersebut, apalagi kalau film drama dengan beberapa episode. Biasanya bahkan ceritanya terus terngiang - ngiang dikepala sampai beberapa hari, efeknya gak ilang-ilang.

Selama tidak mengganggu pekerjaan rumah dan dilakukan tidak berlebihan, menonton film bisa jadi pilihan metime paling asik menurutku. Meskipun seringnya aku sendiri lupa waktu karena terlalu fokus pada film atau penasaran kelanjutan filmnya. Kalau sudah begini sebaiknya buat jadwal metime yang ketat supaya metime tidak menggangu aktifitas lainnya.

Mendengarkan Radio

Untuk orang-orang introvert kaya aku, mendengar radio sambil rebahan bisa seperti sebuah perbincangan. Karena berbeda saat mendengarkan musik melalui galeri, mendengarkan radio membuat kita merasa berinteraksi dengan penyiarnya secara tidak langsung. Sesekali mungkin menjawab beberapa pertanyaan yang dikatakan penyiar, atau memikirkan hal-hal yang dibicarakan oleh penyiar radio. Itulah kenapa terkadang buat aku pribadi mendengarkan radio membuat aku merasa ditemani, meskipun secara tidak langsung.
6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah
sumber gambar : Pixabay

Luangkan waktu 15 sampai 30 menit dijam-jam dengan siaran khusus, tinggalkan semua pekerjaan sejenak dan mulai mendengarkan dengan seksama. Hal sesederhana ini bisa menjadi metime dan mood booster yang efektif.

Melakukan Perawatan Tubuh Dirumah

Sebagai perempuan kita suka dong dengan hal hal yang. Berbau kecantikan. Nah, saat metime kita bisa melakukan perawatan sendiri di rumah seperti maskeran, luluran, dan lainnya.

Memang agak merepotkan sih, tapi tidak ada salahnya memanjakan diri sendiri. Sekarang ini juga sudah banyak dijual berbagai produk kecantikan yang bisa kita pakai sendiri dirumah. Cari saja produk yang praktis dan bisa langsung digunakan tanpa perlu banyak persiapan, seperti sheet mask, lulur tanpa bilas, masker mata dan atau uap wajah. Jadi selain mendapatkan ketenangan jiwa, relaksasi sekaligus merawat diri.

Melakukan Kegiatan Yang Disukai
Melakukan kegiatan yang disukai menjadi salah satu metime terbaik dan moodbooster bagi jiwa. Biasanya saat kita melakukan hal-hal yang kita sukai atau melakukan hobi kita maka akan muncul kepuasan dan perasaan bahagia meskipun kadang yang dilakukan adalah hal yang cukup melelahkan.

Contoh, paksu dirumah lebih senang metime melakukan olahraga seperti sepakbola. Meskipun melelahkan tapi ada kepuasan tersendiri saat melakukannya, dan itulah yang membuat dia bersemangat menjalani hari-harinya. Ada juga orang yang hobinya itu masak, menurutku pribadi memasak itu melelahkan tapi untuk orang yang suka memasak itu menjadi sebuah kesenangan tersendiri.
6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah


Makanya mungkin hobi dan kesenangan setiap orang berbeda, metime buatmu belum tentu menjadi metime buat orang lain. Jadi saat kamu punya sesuatu hal yang menyenangkan dan bisa membuat kamu bersemangat,  lakukan. Karena semangat itu yang nantinya akan membuat kamu lebih tangguh.

Mandi Parfume

Metime dengan Mandi parfume ????????? Hahahaha ...

Agak membingungkan ya.

Tapi memang salah satu metime yang sering dan selalu bisa aku lakuin setiap hari  dirumah adalah mandi parfume dengan menggunakan Vitalis Bodywash.
6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Vitalis bodywash ini adalah satu satu sabun cair yang paling aku suka dan aku pakai terus dirumah. Karena wangi sabun Vitalis ini enak banget. Selain itu metime dengan mandi parfume ini simpel, sesederhana mandi tapi sukses bikin good mood. Karena wangi dari sabun Vitalis memang membuat kita merasa rileks dan nyaman.

Menjadikan Mandi metime sebenarnya bukan sebuah "akal-akalan", tapi memang mandi itu sangat bermanfaat untuk kulit agar terjaga dari kuman dan bakteri, Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mandi dengan air dingin juga dapat memicu aktivasi sistem saraf, dengan meningkatkan beta endorfin dan noradrenalin pada darah. Hal yang didapatkan berkat mekanisme ini adalah efek anti-depresi. Selain itu mandi juga bisa meringankan ketegangan otot dan melancarkan sirkulasi darah. Apalagi jika mandi dengan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash punya 3 varian wangi yang memiliki kandungan nutrisi didalam, jadi enggak cuma menjaga tubuh kebersihan tubuh tapi juga menutrisi kulit dan memberikan sensasi keharuman yang mewah.
6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah

White glow skin brightening
Varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini dikemas dalam botol pink yang cantik. Dengan kandungan Licorice ekstract dan susu membantu kulit kita terlihat lebih cerah dan menjaga kelembaban kulit. Parfum yang digunakan untuk varian ini memiliki aroma fruity yang berpadu dengan manisnya cherry, raspberry, marshmallow, gardenia, woody, dan suede, sehingga memiliki aroma yang lembut, elegan, glamor, serta tahan lama.


Fresh Dazzle Skin Refreshing
Varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle Skin Refreshing dikemas dengan botol berwarna tosca, dengan kandungan Yuzu orange ekstarct dan teh hijau membantu menjaga kelembaban kulit dengan wangi yang menenangkan. Mengandung segarnya aroma parfum jeruk bergamot, wangi floral bouqet yang elegan dan feminin, musk amber yang tahan lama, dan ekstrak yuzu orange, serta antioksidan dari green tea, membuat Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Fresh Dazzle mampu merawat kulit terasa lebih bersih, wangi, segar, dan terawat.
6 Metime Sederhana Yang Bisa Dilakukan Dirumah

Soft Beauty skin nourishing
Varian Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash Soft Beauty skin nourishing dikemas dalam botol ungu yang unyu-unyu . Dengan kandungan ekstrak alpukat dan vitamin E serta memiliki aroma parfum segar yang clean dari fruity aldehydic, rose dan violet yang feminin, manisnya tonka bean dan sandalwood yang premium menjaga kulit tetap lembut dan elastis, serta menjaga kelembaban kulit sepanjang hari .


Cara pemakainnya pun cukup mudah, Basahkan badan kemudian tuangkan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash pada showerpuff dan usapkan keseluruh tubuh. Rasakan mandi keharuman mewah dari Vitalis yang menenangkan. Setelah itu bilas sampai bersih.

Dan alasan utama aku menjadikan mandi parfume sebagai metime yang bisa dilakukan setiap hari karena metime dengan Vitalis perfumed moisturizing body wash ini enggak butuh waktu lama tapi punya efek yang tahan lama. Kadang, punya baby mandi itu enggak bisa lama. Mungkin cuma beberapa menit aja, tapiVitalis Perfumed Moisturizing Body Wash punya efek wangi yang tahan lama dibadan. Jadi setelah mandi dan beraktivitas pun badan masih terasa wangi dan fresh. Buat aku pribadi sih membantu banget.  Jadi saat paksu pulang istrinya wangi dan fresh, meskipun mandinya tadi sore. heheh

Kamu bisa memilih Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash  sesuai kebutuhan ada kemasan botol 200 ml, 450 ml dan revil 450 ml.  Aku sendiri dirumah memakai yang besar karena lebih awet, tapi saat perjalanan keluar dimana aku harus mandi aku bawa botol kecil yang ukuran 200ml. Karena lebih ringan dan enggak makan tempat. Kalau keluar kota biasanya aku tetap bawa sabun mandi meskipun kita perginya kehotel, udah jadi kebiasaan aja mandi pakai Vitalis Perfumed Body Wash ini, susah ninggalinnya soalnya aku terlalu cinta. Dan karena kemasannya juga ada yang mini jadi praktis banget.

Nah, kalau kebetulan lupa bawa atau kemasan yang kecil habis aku juga suka beli di minimarket kota tujuan. Soalnya Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini sudah tersedia ditoko, minimarket atau supermarket kesayangan kalian dengan harga yang cukup terjangkau. Buruan beli ... Kapan lagi bisa mandi parfume mewah dengan harga murah, karena cuma Vitalis  ngasih metime sederhana tapi punya efek yang luar biasa.








Uch... Sejak punya baby tingkat kerempongan naik 200%. Jangankan untuk mandi dengan nyaman, makan pun kadang sampai nyolong-nyolong waktu. Padahal sebagai seorang istri juga aku mau selalu tampil cantik dan wangi, tapi mandi aja instant gimana ceritanya. 😁 Kemarin kebetulan aku coba Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash, sabun cair dengan parfum superior. Cukup tuangkan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash di puff, kemudian gosok keseluruh badan. Dan bilas sampai bersih. Aku coba varian soft beauty , yang memiliki kandungan ekstrak avocado dan Vitamin E untuk membantu menjaga kulit tetap elastis , sehat dan lembut. Cocok buatku yang kulitnya cenderung kering.... Dan yang paling aku suka adalah busanya yang melimpah jadi cukup sekali tuang bisa untuk seluruh badan. Dan wangi Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash ini enak banget, bahkan setelah dibilas dan selesai mandi wanginya masih nempel dibadan. Gak ketauan dong ya kalau mandinya ternyata sebentar banget karena ngejar waktu. Pas suami berangkat kerja, udah nyium istrinya wangi deh. Hehehe.. Cobain Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash dan rasakan sendiri deh sensasi parfumnya yang superior. @pesonavitalis @hometesterclubid #htcxpesonavitalis #MandiParfum
A post shared by Blogger - Qoechingphie.com (@qoechingphie) on


Untuk info lebih lanjut mengenai Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash bisa mengunjungi insagram pesona Vitalis atau halaman webnya di www.pesonavitalis.comTerimakasih sudah membaca postingan ini, salam.


#MandiKeharuman

#VitalishBodyWash
#SabunKecantikan
#Glamor









Referensi :

https://www.google.co.id/amp/s/amp.kompas.com/nasional/read/2009/03/18/10182748/me-time.jangan.dilewatkan

https://www.google.co.id/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3111030/manfaat-gemar-membaca-untuk-kesehatan-otak-anda

https://glitzmedia.co/post/wellness/health-body/penelitian-membuktikan-membaca-buku-sebelum-tidur-dapat-mengurangi-stres-seseorang

https://www.google.co.id/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3631699/tak-hanya-bersih-dan-segar-mandi-juga-jaga-imunitas-kulit

Post a Comment

20 Comments

  1. Harganya berapa ya? Lagi pengen beli yang wangi wangi tapi ngga yang kebangetan mahalnya wkwkwk

    ReplyDelete
  2. Mandi dengan vitalis bodywash juga jadi me time saya nih Mba :)
    Pas banget rasanya kalau sore-sore, habis kelelahan seharian, anak-anak lagi anteng, sayanya bersantai main busa di kamar mandi.
    Duh segarrr :)

    ReplyDelete
  3. Murah kok kak harga yang botol yg kecil sekitar Rp. 10.000an aja di shoppe, dan kemasan revil 450 ml dijual kisaran harga 22 ribu sampai 23 ribu rupiah aja.

    Bisa metime mandi parfume setiap hari dengan harga terjangkau..
    Bebeb

    ReplyDelete
  4. dulu..me time saya tuh nonton film.tapi lama3 jd kebanyakan baper dan gak bersih3 rumah karena kehabisan waktu luang. wkwkwk. akhirnya sekarang pilih yg hemat waktu dah, mandi! walau sebentar tapi benar2 relaksasi

    ReplyDelete
  5. Wah, aku juga merasakan me time pas mandi pakai vitalis body wash, loh. Habis mandi mood jadi lebih enak dan lebih bersemangat.

    ReplyDelete
  6. Bener banget sebagai perempuan yang jadi ibu dan istri butuh banget me time biar enggak stress. Kondisi sendiri hanya diri sendiri yang paling tahu. Kayaknya wangi banget ya vitalis body wash. Ntar pengen coba juga ah

    ReplyDelete
  7. Kalau mpo me time cukup dengarin radio. Alhamdulilah banyak live streaming

    ReplyDelete
  8. Waduh, ini memang me time yang sering aku lakuin di rumah saat santai. Yang paling terakhir tuh yang belom. Maksudnya belom pernah nyoba mandi pake Vitalis Body Wash. Kudu nyoba kayaknya. Wanginya bikin penasaran.

    ReplyDelete
  9. Saya suka banget dengan aroma vitalis body wash, selain itu kulitku jadi wangi dan lembut. Suami saya aja jg suka mbak

    ReplyDelete
  10. Ngomong ngomong, saya sudah lama sekali nggak mendengarkan radio dengan santai untuk jadi me time. Kegiatan ini dulu sering saya lakukan di masa kuliah

    Soal Vitalis Body Wash, hmm ... saya jatuh hati dengan varian aroma Fresh Dazzle nih yang botolnya yang warna hijau..

    ReplyDelete
  11. Mandi pakai vitalis nih bkin keharuman yang awet bangt di badan ya mbaa aku pakai yang warna pink loh..harumnya badan kaya di semprot parfum

    ReplyDelete
  12. Ternyata banyak ya, me time yg bisa dilakukan di rumah..
    Dan emang paling enak me time itu mandi parfum

    ReplyDelete
  13. Salah satu metime terjitu yang saya lakukan sampai sekarang adalah membaca buku, btw. Aku pun mandinya sekarang mandinya pun pakai sabun vitalis loh. Suka banget sama aromanya yang bikin berasa mandi parfum

    ReplyDelete
  14. Setelah jadi ibu, mandi emang me time terbaik. Simple, ga perlu curi waktu terlalu banyak. Apalagi kalau udah pake vitalis, beres mandi langsung seger dehh. Siap menjalani rutinitas sehari-hari lagi

    ReplyDelete
  15. Menonton film sendiri memang asik banget mbak dan juga memanjakan diri sendiri. Aku senang banget yang terakhir dengan pakai vitalis mbak, soalnya wanginya tahan lama.

    ReplyDelete
  16. aku juga kalau lagi senggang sukanya baca atau nonton film donlotan atau drama korea. hihi.

    ReplyDelete
  17. Kalo aku sih me timenya pas anak tidur gini. Bisa blog walking, nulis dan stalking tipis2. Tapi kalo kelamaan di rumah juga bosen sih. Jadi minimal sepekan sekali, aku kudu jalan keluar, ke pengajian misalnya.

    ReplyDelete
  18. Salah satu me time saya adalah, bisa mandi lamaa tanpa digedor² anak mbaak hehe.. Mau cobaiin Vitalis ini, buat melengkapi me time nya sayaaa 😍

    ReplyDelete
  19. Wahh me time dengan badan yang harum emang menyenangkan. Apalagi kesegarannya dari vitalis body wash yg emng terkenal semerbak wanginyaaa 🥰

    ReplyDelete
  20. Sama bun. Me time aku itu nonton, baca buku, makan hahahaha. Aku penasaran ikh pengen nyobain sabun mandi vitalis ini. Rasanya kayak apa ya hihihi

    ReplyDelete

Mari budayakan berkomentar dengan bijak